Image default
  • Home
  • Berita Utama
  • Kesiapan hingga Penggalian Potensi dari Sebuah Perhelatan Momen Besar Indonesia
Berita Utama Peristiwa

Kesiapan hingga Penggalian Potensi dari Sebuah Perhelatan Momen Besar Indonesia

Dari sebuah keinginan hingga bisa mewujudkannya dibutuhkan integritas berikut sarana dan prasarana sebelumnya. Apa hendak dikata jika pagelaran yang dipaksakan untuk bisa terealisasi. Cek poin berikut adalah filosofi kedepannya jika ingin mendongkrak desa wisata baru hingga pulau wisata baru

 

 

Oleh Ahmad Bashori Al-Muhajir, Moh Ardi, Munichatus Sa’adah SPsi
Editor Imam S

 

Persiapan seluruh aspek MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat yang diselenggarakan pada 18-20 Maret 2022 diklaim sudah final.

Hal ini diungkap oleh Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Ia juga mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan, pada H-7 acara tersebut.

“Seluruhnya sudah sepenuhnya siap dan hanya menunggu waktu dalam penyelenggaraannya”,  ujar Hadi, dalam keterangan tertulis. (10/3/2022)

“Terima kasih kepada Pemda NTB dan seluruh stakeholders karena hingga saat ini beberapa aspek telah tercapai sesuai dengan target”, kata dia.

Dari insfrastruktur jalan, akses dari dan menuju Sirkuit Mandalika telah dibangun dan dipastikan berfungsi, termasuk juga dari akomodasi dan transportasi.

“Akomodasi tidak perlu takut, kita siap menampung 60.000 pengunjung, begitu juga dengan transportasi kita menyiapkan shuttle bus untuk melayani penonton di area Sirkuit Mandalika”, ucap Hadi.

Selain itu dari aspek kesehatan, menurut Hadi, kasus positif Covid-19 di provinsi NTB masih rendah, dengan positive rate per hari mencapai 1,55 persen.

“Dengan positive rate sebesar ini, kita bisa melaksanakan kegiatan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022. Tentunya dengan prokes yang ketat tetap kami lakukan,” tutur Hadi.

 

Cek poin kesiapan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan sejumlah poin yang menjadi evaluasi utama dalam penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 yang telah usai, Ahad (20/3/2022) kemarin.

Sandiaga S Uno mengatakan, masalah kesiapan lalu lintas, infrastruktur, dan penyebaran UMKM masih perlu pembenahan untuk persiapan MotoGP di Mandalika tahun depan.

“Persiapan untuk tahun depan di mulai dari hari ini, jadi tidak ada jeda. Catatan yang paling penting menurut saya yang sangat dikeluhkan adalah kesiapan pengelolaan lalu lintas, penambahan infrastruktur, dan penempatan UMKM yang lebih tersebar”,  kata Sandiaga dalam konferensi pers. (Senin,21/3/2022)

 

Kemacetan

Ia mengatakan, kemacetan lalu lintas menjadi masalah yang paling utama karena ia mengaku merasakan sendiri. Kemacetan juga berdampak pada delay penerbangan pesawat terbang karena banyak penumpang yang terjebak di jalan dan terlambat tiba di bandara.

Meski demikian, ia menjelaskan, saat ini Kemenparekraf masih akan mengumpulkan seluruh data dan catatan-catatan penting dari penyelenggaraan MotoGP 2022. Itu semua akan menjadi bahan evaluasi secara rinci agar tahun depan MotoGP 2023 bisa digelar lebih optimal.

 

Hub sport tourism 2023

Sandiaga mengatakan, persiapan agenda MotoGP 2023 akan dimulai saat ini. Pemerintah bersama ITDC selaku pengelola kawasan sirkuit terus bekerja agar memastikan manajemen sirkuis semakin optimal.

“Mumpung lagi hangat bahas MotoGP, kita langsung lakukan persiapan. Ini tidak bisa ditunda karena akan ada kegiatan-kegiatan besar tahun ini”, ujar dia.

“Banyak juga permintaan untuk menggunakan Sirkuit Mandalika untuk penyelenggaraan jogging, sepeda, tentu standar keamanan kita utamakan dan sirkuit ini harus betul-betul menjadi hub sport tourism”, kata Sandiaga menambahkan.

Akomodasi yang tersebar meliputi villa, bungalow, Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta), rumah susun (rusun), hingga camping ground.

 

Akomodasi hotel terapung

Bagi para penonton MotoGP Mandalika 2022 yang belum mendapatkan penginapan, Anda bisa memanfaatkan Hotel Terapung Kapal Motor (KM) Kelud sebagai opsi.

Pasalnya, hotel yang dikelola oleh PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) ini menyediakan 1.500 tempat tidur sebagai akomodasi para penonton MotoGP Mandalika 2022.

Hal ini sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) NTB M Faozal. (Kamis,17/3/2022).

“Hotel terapung itu memiliki kapasitas 2.000 penumpang dan berlabuh di Dermaga Gili Mas, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat,” jelas Faozal.

Dia kembali memastikan, K.M. Kelud sebagai hotel terapung siap melayani penonton MotoGP Mandalika 2022 yang digelar 18-20 Maret 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau dikenal Sirkuit Mandalika.

“Masyarakat yang sudah lengkap vaksin dan memiliki tiket MotoGP bisa menginap di KM Kelud,” jelasnya.

KM Kelud merupakan tipe kapal yang dapat menampung 2.000 dan menyediakan tempat tidur untuk sekitar 2.000 orang.

Namun, yang akan digunakan dalam menjalani penugasan hotel terapung yaitu sebanyak 1.500 tempat tidur dengan fasilitas mushola dan kantin.

Hotel terapung KM Kelud tidak melayani sarapan, melainkan disediakannya kantin di atas kapal.

Tetapi, shuttle service bus disediakan di hotel terapung ini untuk layanan Gili Mas–Mandalika pukul 06.00-12.00 WITA dan Mandalika-Gili Mas pukul 12.00-06.00 WITA, dengan periode 17-21 Maret 2022.

Dishub NTB memastikan tersedianya 283 bus gratis untuk para penonton MotoGP Mandalika 2022 yang 92 di antaranya berada di eks-Bandara Selaparang.

Kemudian, 27 unit di Bandara Internasional Lombok (BIL), 30 unit di Pelabuhan Kayangan, 92 unit di Pelabuhan Lembar atau Gili Mas, serta 42 mini bus di Pelabuhan Bangsal.

 

Masih Tersedia 6.492 Kamar Kosong untuk Penginapan

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekfraf) Sandiaga Uno menyebutkan, masih tersedia 6.492 akomodasi kamar di Nusa Tenggara Barat (NTB) menjelang ajang balap internasional MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

“Bagi wisatawan yang masih khawatir terhadap kurangnya jumlah kamar maupun transportasi, kita sudah on progress dan ready implementation”, ujar Sandi dikutip dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). (Rabu,16/3/2022)

Sandy menuturkan, jumlah kamar kosong itu tersebar di beberapa wilayah di NTB seperti di Mataram sebanyak 410 kamar, Sembalun 279 kamar, dan Gili 2.635 kamar.

Kemudian, Sekotong 134 kamar, Jerowaru 26 kamar, Senggigi 429 kamar, dan Tanjung-Pemenang-Gangga 104 kamar.

Ada juga 355 kamar kosong di Lingsar Suranadi, Batukliang Kopang 308 kamar, Senaru 224 kamar, Tetebatu Labuan Aji 245 kamar, serta Mandalika 1.343 kamar.

 

Perda batas kamar penginapan

Untuk harganya sendiri tergantung dari tiap jenis akomodasi yang dipilih dan tentunya disesuaikan dengan Peraturan Gubernur (Pergub) NTB Nomor 9 Tahun 2022 mengenai batas dan batas bawah kamar penginapan.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastuktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemad menambahkan terkait dengan sertifikasi CHSE, sebanyak 300 Sarhunta sudah diverifikasi dan mendapatkan stiker tersebut.

“Jadi teman-teman tidak perlu khawatir akan protokol kesehatan maupun beberapa standar kesehatan lainnya di Sarunta”, kata Vinsensius menambahkan.

Akomodasi tersebut bertujuan dapat memenuhi permintaan wisatawan yang turut berpartisipasi, sekaligus membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Adapun Pemerintah bersama dengan seluruh pemangku kepentingan mengkalim terus berupaya menyiapkan berbagai akomodasi, baik penginapan, transportasi, hingga konsumsi.

 

Apresiasi Kesiapan Transportasi Bandara Lombok

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno mengapresiasi kesiapan sarana transportasi di Bandara Internasional Lombok dalam menyambut pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022.

Hal ini disampaikan Sandiaga ketika mengunjungi Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (18/3).

Di bandara internasional tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menghadirkan bus shuttle gratis sebagai sarana angkutan penonton MotoGP dari Bandara Internasional Lombok ke Sirkuit Mandalika.

Sandiaga menyebutkan bahwa konektivitas transportasi merupakan hal yang sangat penting dalam membangkitkan sektor pariwisata, terlebih dalam menghadapi pelaksanaan event internasional seperti MotoGP Mandalika 2022.

 

Bus gratis

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno mengapresiasi kesiapan sarana transportasi di Bandara Internasional Lombok dalam menyambut pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022.

Hal ini disampaikan Sandiaga ketika mengunjungi Bandara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Jumat (18/3). Di bandara internasional tersebut, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menghadirkan bus shuttle gratis sebagai sarana angkutan penonton MotoGP dari Bandara Internasional Lombok ke Sirkuit Mandalika.

Sandiaga menyebutkan bahwa konektivitas transportasi merupakan hal yang sangat penting dalam membangkitkan sektor pariwisata, terlebih dalam menghadapi pelaksanaan event internasional seperti MotoGP Mandalika 2022.

Interconnectivity dari para wisatawan ini sangat penting. Mereka tidak boleh menunggu terlalu lama. Kerja sama dengan Kementerian Perhubungan ini tentunya menjadi salah satu terobosan yang sangat baik”, kata Sandiaga.

Selain di Bandara Internasional Lombok, titik penjemputan bus shuttle juga tersebar di sejumlah titik di Pulau Lombok. Di antaranya di Pelabuhan Lembar di Kabupaten Lombok Barat, eks Bandara Selaparang di Kota Mataram, dan di Pelabuhan Kayangan, Kabupaten Lombok Timur.

Bus-bus shuttle tersebut beroperasi secara dua shift. Pertama, pada pukul 06.30-12.00 WITA dengan rute dari titik penjemputan ke Sirkuit Mandalika. Kedua, pada pukul 16.00-22.00 WITA dari Sirkuit Mandalika menuju titik-titik awal penjemputan.

 

Sarana lounge pariwisata

Selain itu, salah satu perusahaan transportasi daring di Indonesia juga menghadirkan Lounge sebagai sarana untuk mempermudah wisatawan-wisatawan menuju destinasi tujuan.

“Ini kolaborasi yang menurut kami sangat apik, ciamik, dan epik dalam menyambut pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022”, katanya.

Tidak hanya meninjau ketersediaan sarana transportasi di Bandara Internasional Lombok, Sandiaga juga meninjau kehadiran Tourism Helpdesk yang disiapkan oleh Poltekpar Lombok.

Menurut Lola, salah satu Mahasiswi Poltekpar Lombok yang bertugas pada Tourism Helpdesk, dia bersama sejumlah mahasiswa lain bertugas sejak 17-20 Maret 2022 untuk memberikan informasi kepada wisatawan.

Informasi tersebut antara lain terkait dengan event MotoGP 2022, tradisi, budaya serta destinasi-destinasi wisata di Lombok, serta memfasilitasi pengaduan-pengaduan dan keluhan wisatawan ke customer service dan pihak-pihak berwajib.

“Kami juga membantu validasi kelayakan terbang wisatawan di aplikasi PeduliLindungi,” kata Lola.

 

Tarif parkir

Tarif parkir flat di Bandara Internasional Lombok (BIL) mulai diberlakukan untuk mendukung ajang balap MotoGP Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tarif parkir tersebut berlaku untuk kendaraan roda dua dan roda empat dan diterapkan mulai 17-20 Maret 2022 atau selama ajang MotoGP Mandalika berlangusng.

“Jadi selama gelaran MotoGP berlangsung, kami menerapkan tarif parkir flat untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Di luar tanggal tersebut, tetap berlaku tarif normal,” kata General Manager PT Angkasa Pura I BIL, Nugroho Jati. (Rabu,16/03/2022).

Nugroho menjelaskan penyesuaian pengenaan tarif masuk tersebut diterapkan untuk memudahkan arus keluar, supaya tidak terjadi kemacetan di pintu keluar area Bandara Lombok.

Selain itu, tarif parkir flat juga dapat memperpendek jarak atau mengurangi kepadatan trafik kendaraan yang keluar membawa penumpang di Bandara Lombok.

“Ini supaya tidak terjadi kemacetan saat arus lalu lintas keluar dari bandara,” ujarnya.

Dengan adanya kebijakan tersebut, tarif masuk pelataran dan parkir yang akan diterapkan menggunakan tarif flat berlaku kepada pengguna parkir reguler (Non berlangganan).

Pemberlakuan tarif masuk pelataran dan parkir kendaraan di Bandara Lombok pada ajang MotoGP yang digelar di Sirkuit Pertamina Mandalika yakni roda dua sebesar Rp 8.000 dan roda empat Rp 15.000 untuk satu kali masuk.

“Pembayaran tarif masuk pelataran dan parkir akan dilaksanakan di pintu masuk Bandara,” imbuhnya.

Diketahui, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok melakukan penyesuaian tarif parkir, baik kendaraan roda dua, roda empat, roda enam, maupun kendaraan yang menginap mulai awal tahun 2020.

Adapun penyesuaian tarif parkir di Bandara Lombok yakni untuk kendaraan roda dua tarif lama Rp 3.000 sekali masuk menjadi Rp 3.000 satu jam pertama dan Rp 1.000, untuk setiap jam berikutnya sampai jam ke-12, kemudian Rp 28.000 untuk di atas 12 jam atau menginap.

Sedangkan untuk roda empat tarif lama Rp 5.000 untuk satu jam pertama menjadi Rp 7.500 untuk satu jam pertama. Lalu Rp 2.500 untuk setiap jam berikutnya sampai jam ke-12, kemudian Rp 60.000 untuk di atas 12 jam sampai 24 jam (menginap).

Untuk roda enam tarif lama Rp 10.000/satu jam pertama menjadi Rp12.000 untuk satu jam pertama dan Rp 3.000 untuk setiap jam berikutnya sampai jam ke-12, kemudian Rp 80.000 untuk di atas 12 jam sampai 24 jam (menginap).

 

Pameran UMKM Planogram

Pada kesempatan yang sama, Sandiaga juga mengunjungi pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam program “Planogram Goes to Mandalika 2022”.

Sandiaga mengungkapkan, program ini merupakan bentuk kebijakan pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu dalam mengajak para pelaku UMKM untuk ikut berperan aktif membangkitkan ekonomi serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya.

“Kita juga melihat bahwa pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 ini menjadi momentum untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Selain itu ada kemudahan-kemudahan melalui digitalisasi yang sudah dilakukan dan juga promosi,” ungkap Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan, pameran ini diikuti oleh 300 pelaku UMKM dan berhasil meraih angka penjualan Rp1,2 miliar.

“Melalui program ini, kita bisa mendorong tatanan ekonomi baru yang penuh keberlanjutan dan mudah-mudahan menjadi best practices dari program pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu serta berkelanjutan,” tutur Sandiaga.

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga didampingi oleh Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf sekaligus Plt Deputi Bidang Pemasaran Ni Wayan Giri Adnyani, Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung, Deputi Bidang Produk Digital dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti, dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

 

Pasokan listrik

PT PLN memprediksi kebutuhan listrik gelaran MotoGP 2022 akan meningkat hingga 40 persen dibandingkan dengan penyelenggaran World Superbike November silam.

Saat itu, kebutuhan listrik untuk WSBK sebesar 1,1 megawatt (MW), sementara pada MotoGP di Mandalika kebutuhan listrik meningkat hingga 1,7 MW,

Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Adi Priyanto, mengatakan, PLN siap menyukseskan helatan MotoGP yang digelar di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat, setelah menyelesaikan persiapan sistem dan jaringan kelistrikan.

“Setelah kami melakukan persiapan, alhamdulillah kami bisa menghadirkan listrik berkualitas dan handal. Kebutuhan listrik diperkirakan naik 40 persen dibandingkan dengan World Superbike,” ujaajr dia, Jumat (18/3/2022).

Saat ini, proses instalasi kelistrikan seluruh venue untuk MotoGP Mandalika 2022 telah siap 100 persen. Sirkuit Mandalika, masuk dalam Sistem Kelistrikan Lombok telah dipersiapkan dengan Daya Mampu Netto sebesar 392,3 MW.

Adapun perkiraan beban puncak Sistem Kelistrikan Lombok sebesar 302,2 MW dan cadangan daya sekitar 29,8 persen. Adi mengatakan PLN berkomitmen penuh untuk mendukung event MotoGP dengan pelayanan listrik tanpa kedip.

“Kami mendukung sistem kelistrikan yang bagus, sehingga bisa mendukung event ini. PLN juga masih punya cadangan 90 MW atau sekitar 30 persen cadangan daya apabila tiba-tiba kebutuhan meningkat,” ujarnya.

Setidaknya ada lima poin kesiapan PLN untuk mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika 18 – 20 Maret mendatang, yakni:

1. Kesiapan sistem pembangkit DMP 392,3 MW, perkiraan beban 302,2 MW, cadangan 90,1 MW (29,8 persen).

2. Kesiapan sistem transmisi di Sistem Lombok dengan skema 2 sirkuit, 2 GI masing-masing GI Kuta (30 MVA) dan GI Sengkol (MVA).

3. Kesiapan sistem distribusi dipasok dari 3 feeder (Mandalika 1, Mandalika 2 dan Sengkol) dengan skema antipadam atau zero down time (ZDT)

4. Kesiapan peralatan pendukung Genset (18 unit), UPS Mobile (20 unit), Trafo (11 unit) dan ATS (18 unit).

5. Kesiapan personil dan sarana (104 petugas piket), 280 personel Yantek, 47 unit mobil, 12 unit motor.

Adi menambahkan komitmen PLN mendukung gelaran MotoGP Mandalika telah dibuktikan dengan menyelesaikan instalasi utama sejak Oktober tahun lalu, sementara persiapan backup instalasi digelarnya MotoGP Mandalika telah selesai atau 100 persen.

“Kami berharap dengan adanya persiapan yang sudah matang, PLN menjamin kondisi kelistrikan yang andal dan berkualitas. Selain fokus di MotoGP Mandalika, kami juga memastikan pelayanan listrik untuk di wilayah lainnya,” ujarnya.

 

Kesiapan fasilitas pendukung

Menurut Tenaga Ahli Utama KSP Helson Siagian, pantauan dan pengawalan langsung yang dilakukan oleh KSP ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam mengawal ajang bergengsi internasional yang berpotensi besar membangkitkan pariwisata Indonesia pasca pandemi.

“Moto GP ini adalah awal saja, kita manfaatkan proses persiapannya secara strategis untuk jangka panjang juga bagi pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika,” kata Helson, dikutip dari siaran pers KSP pada Kamis (10/3/2022).

KSP bekerja untuk memastikan kesiapan transportasi pendukung di Terminal Gilimas dan Pelabuhan Penyeberangan Lembar di Kabupaten Lombok Barat dalam menyambut dan menerima penonton MotoGP Mandalika.

 

48 unit kapal

Bahkan untuk mendukung transportasi antar pulau terutama dari Pulau Bali dan Pulau Jawa, Pelabuhan Penyeberangan Lembar siap mengerahkan 48 unit kapal penyeberangan atau dua kali lipat jumlah pelayanan dari biasanya.

Selain itu, KSP telah mengadakan rapat koordinasi bersama Pemda, Kementerian/Lembaga untuk memastikan pengendalian banjir (drainase), ketersediaan listrik, kesiapan jaringan telekomunikasi, serta kesiapan akomodasi pendukung seperti desa wisata, paket wisata, dan keterlibatan ekonomi kreatif lokal.

Beberapa hal yang juga menjadi perhatian termasuk strategi mobilisasi saat hari H perlombaan agar tidak terjadi penumpukkan massa. Selain itu dilakukan perkembangan pelebaran akses jalan Kuta-Keruak menuju Sirkuit Mandalika dan penataan rumah-rumah kumuh. Untuk pekerjaan resurfacing atau proses pengaspalan ulang trek sirkuit yang bermasalah pada pra musim lalu dipastikan telah tuntas hari ini.

“Ini event besar pertama yang diselenggarakan dalam masa pandemi, maka harus tetap profesional dan penuh kehati-hatian,” tambah Helson.

 

Dilirik Penyelenggara Balap Dunia

Pertamina Mandalika International Street Circuit diprediksi bakal semakin terkenal dan menjadi langganan ajang balap dunia.

Terlebih lagi, sejumlah penyelenggara global mulai tertarik membuat ajang balap di sirkuit yang berada di Pulau Lombok itu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, saat ini sudah banyak penyelenggara balap dunia yang tertarik dan berminat untuk menyelenggarakan event balap di Sirkuit Mandalika

Menurut dia, ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia benar-benar membuat mata dunia tertuju kepada Indonesia, tepatnya pada Pertamina Mandalika International Street Circuit di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Saat saya ingin menyerahkan pemenang Moto2, saya duduk dengan salah satu petinggi FIM yang menyatakan ada beberapa balapan tingkat internasional yang sudah menaruh perhatian kepada Mandalika,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (21/3/2022).

Mulai diliriknya Indonesia sebagai tempat untuk pergelaran internasional bukan tanpa alasan. Indonesia dianggap berhasil menyelenggarakan event balap kelas dunia.

Bahkan, sirkuit yang berada di salah satu dari lima destinasi superprioritas Indonesia itu dianggap sebagai sirkuit dengan pemandangan tercantik di dunia.

“Jadi kunci dari keberlanjutan pengelolaan (sirkuit) Mandalika adalah pengelolaan event yang terus berlangsung, berkelanjutan. Kita harus gerak cepat, satu sampai dua pekan ini mungkin kita ingin evaluasi dan setelah itu mulai langsung (persiapkan),” kata Sandiaga.

Sebelum ajang MotoGP dimulai, organisasi FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Dunia) juga menetapkan sirkuit tersebut dalam klasifikasi grade A berdasarkan hasil homologasi yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Tak heran jika banyak penyelenggara ajang balap dunia mulai melirik Sirkuit Mandalika, termasuk beberapa komunitas otomotif yang ingin menggagas test drive di dalam sirkuit yang tentunya akan dibarengi dengan standar keamanan yang tinggi.

Sandiaga menambahkan, hal itu tentu menjadi hal yang positif. MotoGP Mandalika 2022 menjadi nation branding kuat yang akan memberikan dampak terhadap kebangkitan ekonomi nasional dengan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

“Tapi, tentu kita harus review dulu hasil dari MotoGP ini. Perbaikan yang harus kita lakukan,” ucap Sandiaga.

“Kita sudah siap karena selain dari kegiatan motor sport, baik itu mobil maupun balapan motor, juga akan ada tadi, seperti sepeda, lari, dan sudah banyak peminat yang ingin mencoba sport-sport tersebut,” kata dia.

 

Aneka Pujian

Salah satu komponen yang penting pada jalannya balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika adalah marshal. Tugasnya cukup tidak kalah pentingnya dengan divisi lain di sirkuit.

Pihak FIM dan Race Director Mike Webb, mengaku cukup puas dengan kinerja para marshal lintasan pada hari kedua Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Para marshal dikatakan sangat cakap dan cekatan dalam membersihkan permukaan lintasan, serta menunjukkan peningkatan kemampuan yang pesat sejak pertama dipekerjakan.

Salah satu insiden besar yang terjadi adalah momen saat bagian bawah motor Alex Rins mengeluarkan api. Rins melewati Tikungan 12 dan melompat lalu meninggalkan motornya di Tikungan 13.

 

Terlatih sejak 2021

Insiden tersebut meninggalkan cukup banyak oli di lintasan sehingga sesi terpaksa red flag dikibarkan. Namun, para marshal yang sebagian sudah bertugas di Mandalika sejak World Superbike (WorldSBK) pada November 2021 bergerak cepat untuk memadamkan api, mengangkat serpihan, dan membersihkan lintasan dari oli sehingga sesi bisa berlanjut kembali.

“Mike Webb puas dengan kecakapan dan kecepatan marshal dalam memadamkan api dan membersihkan permukaan lintasan dari bekas-bekas bensin dan oli”, ujar Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, dalam keterangan resminya.

Pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez membonceng marshal usai terjatuh saat kualifikasi MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Praya, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (19/3/2022). Pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo merebut pole position dan berhak start terdepan pada balapan MotoGP seri kedua 2022 pada Minggu (20/3) setelah mencatatkan waktu tercepat 1 menit 31,067 detik.

Tak hanya itu, Priandhi juga menyinggung bagaimana Mike Webb melihat petugas lintasan menunjukkan perkembangan positif dari sesi tes pramusim hingga sekarang.

“Pramusim pada hari satu sampai tiga, lalu masuk MotoGP Indonesia juga dari Senin persiapan sampai hari ini kemampuannya meningkat, kecakapannya meningkat,” kata Priandhi.

“Ilmunya sekarang jauh lebih tinggi setelah mendapatkan masukan beberapa marshal dari Malaysia yang kami bawa untuk berbagi pengalaman,” ujarnya.

Menurut Priandhi, faktanya memang marshal dari Malaysia sudah sering mengadakan event balapan internasional termasuk MotoGP. Sehingga, kehadirannya tetap dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja marshal lokal.

 

Ajang unjuk para pawang Indonesia

Kondisi terakhir di Sirkuit Internasional Mandalika masih diguyur hujan deras, Minggu (20/3/2022). Balapan kelas premier MotoGP pun harus ditunda, dimana sebelumnya dijadwalkan akan berlangsung pukul 15.00 WITA.

Ada pemandangan menarik ketika pawang hujan Rara Isti Wulandari melakukan ritualnya untuk menghentikan hujan di Sirkuit Mandalika.

Rara membawa wadah seperti baskom berwarna emas dan menggunakan helm putih. Dia berjalan di depan paddock, sontak menjadi tontonan para pebalap dan kru tim yang sedang menunggu balapan.

Rara lalu berjalan menuju trek atau lintasan sirkuit dan kembali melakukan ritualnya. Penonton yang berada di tribun pun heboh sembari memberikan semangat teriakan dan tepuk tangan buat Rara.

Hujan masih mengguyur area Sirkuit Mandalika, dan race director memutuskan menunda selama 25 menit.

 

Kesiapan Infrastruktur Telekomunikasi

Ajang kelas utama kompetisi dunia MotoGP tinggal menghitung hari. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara intensif melakukan peninjauan kualitas layanan dan jaringan infrastruktur yang tergelar di venue Mandalika Circuit. Guna menjamin keandalan layanan dan jaringan, Telkom melakukan rangkaian rehearsal test atau uji simulasi di Aula STO Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada minggu lalu. Rangkaian kegiatan ini diawali dengan kunjungan Komisaris Telkom Indonesia Arya Mahendra Sinulingga, dilanjutkan dengan uji simulasi yang dihadiri oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara serta Direktur ITDC Utilitas Hari Wibisono. Selain jaringan, pada rehearsal test pun dilakukan uji coba seluruh layanan TelkomGroup yang tersedia di event tersebut.

Simulasi dilakukan kepada beberapa titik kritis di antaranya terhadap jaringan akses, menguji tingkat latensi, kualitas dan kecepatan koneksi, sistem keamanan, hingga melakukan simulasi stress test atau memberi pembebanan user yang tinggi. Selain itu, mengingat keragaman layanan yang ada meliputi layanan Telkomsel, data, dan internet, hingga WiFi, rehearsal test juga dilaksanakan terhadap jaringan akses atau last-mile yang secara spesifik dilakukan di lokasi pit building, sebagai fasilitas untuk seluruh pembalap dan team official MotoGP.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc yang menyaksikan rangkaian rehearsal test mengapresiasi simulasi yang berjalan tanpa kendala berarti.

Sementara itu dari sisi infrastruktur, Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan bahwa timnya telah banyak mencatat lesson learnt dari event World Superbike (WSBK) beberapa waktu silam di mana Telkom pun turut berperan dalam penyediaan layanan telekomunikasi.

“TelkomGroup telah memiliki lesson learnt pada event WSBK beberapa waktu silam. Telah kita lakukan perbaikan pada beberapa titik dengan menambah bandwidth layanan, sehingga saat ini kami siap untuk penyelenggaraan MotoGP. Kami menjamin bahwa apa yang disampaikan Telkom melalui konektivitas dan service ICT akan memiliki performa yang maksimum. Juga tidak lupa kita panjatkan doa kepada Allah SWT agar kita semua diberikan kesehatan dan kekuatan untuk mengawal ini semua dengan baik, dan apa yang kita harapkan berjalan dengan lancar pada saat event berlangsung,” ujar Herlan.

Selanjutnya, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Edi Witjara berharap apa yang telah dilakukan oleh Telkom tidak hanya sekadar mendukung dalam layanan telekomunikasi, tetapi juga dapat mendukung kemajuan wilayah Nusa Tenggara Barat.

“Kami TelkomGroup akan secara maksimal mendukung dan menyukseskan event internasional ini. Kami akan berupaya menyediakan berbagai sarana dan fasilitas telekomunikasi yang ada di area Mandalika. Mudah-mudahan, apa yang telah kami siapkan ini dapat dengan sempurna mendukung kesuksesan event MotoGP kali ini. Lebih dari itu, kami harap seluruh dukungan ini juga dapat berperan untuk memajukan wilayah Nusa Tenggara Barat ke depannya,” ujar Edi.

 

1.908 BTS, 125 Access Point

Untuk penyelenggaraan MotoGP, TelkomGroup menyediakan 1.908 BTS untuk layanan Telkomsel yang juga meng-cover jaringan 5G, layanan Astinet dengan kapasitas mencapai 920Mbps serta layanan Wi-Fi melalui 125 Access Point berkapasitas 6Gbps yang tersebar untuk 6 area di antaranya medical center, pit building, paddock, race control, tv compound, dan area tribune untuk spectator.

 

Posko 24/7

Sebagai fungsi monitoring, TelkomGroup menyiapkan sejumlah 4 Posko 24/7 yang berlokasi di Witel Mataram dan Mandalika untuk memonitor infrastruktur transport dan elemen network ICT services TelkomGroup. Selain itu, ratusan personel pun disiapkan untuk pengamanan seluruh alat produksi agar selalu dalam keadaan baik. Posko tersebut dilengkapi dengan Mini Network Operation Center atau Mini NOC yang terintegrasi dengan Posko Telkom Integrated Operation Center (TIOC) yang berjenjang dari level regional hingga nasional.

 

Kesiapan terpadu

Selain rehearsal test, TelkomGroup juga melaksanakan Apel Kesiapan Kerja untuk seluruh personel yang bertugas mengamankan dan menyukseskan infrastruktur pada gelaran MotoGP di Mandalika Sirkuit.

Partisipasi Telkom dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan helatan kelas dunia ini merupakan bentuk komitmen untuk selalu berperan dalam pengembangan destinasi wisata super prioritas di Indonesia.

Diharapkan melalui layanan ICT yang andal, dapat menghadirkan kenyamanan berkomunikasi dan pengalaman terbaik bagi para wisatawan domestik maupun internasional.

Sehingga para wisatawan tidak akan kehilangan momen berharga untuk dibagikan dan mengundang lebih banyak pengunjung yang nantinya akan meningkatkan pertumbuhan kawasan wisata Mandalika.

 

Presisi Aspal

PT PP Presisi Tbk (PPRE) menjamin kualitas pengaspalan Sirkuit Mandalika yang menjadi tuan rumah ajang MotoGP Indonesia pada 18 – 20 Maret 2022 terus terjaga. Perusahaan menyebut pengaspalan sirkuit standar internasional ini dilakukan menggunakan tipe aspal khusus.

Menurut Direktur Utama PP Presisi Rully Noviandar, penggunaan Sirkuit Mandalika sebagai salah satu lokasi ajang MotoGP 2022 membawa kebanggaan sendiri bagi perusahaan. Alasannya, PP Presisi adalah subkontraktor yang mengerjakan lebih dari 90% pekerjaan di sana.

Pembangunan Sirkuit Mandalika berhasil meraih 3 rekor MURI ,yakni Pembangunan Lintasan Sirkuit Tercepat, Pembangunan Sirkuit Pertama Standar Federation Internationale de Motocyclisme (FIM); dan Pengaspalan Menggunakan Teknologi Building Information Modelling (BIM) dengan volume terbanyak.

“Penghargaan dari MURI tersebut menjadi kebanggaan bagi PP Presisi, dimana kami telah mendapatkan kepercayaan untuk turut berperan dalam Pembangunan Sirkuit Mandalika tersebut,” kata Rully dalam keterangan tertulis.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang 4,3 km dan dilengkapi 17 tikungan serta kecepatan lintasan maksimal 310 km/jam. Sirkuit ini didesain MRK1 Consulting sesuai standar FIM dengan menggunakan teknologi BIM untuk pengaspalannya.

Material utama Sirkuit Mandalika memiliki spesifikasi aspal khusus yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA) yang baru keluar pada 2015. Aspal ini berstandar internasional dan digunakan sebagai bahan campuran untuk melapisi permukaan atas aspal serta memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan agar pembalap tidak mudah tergelincir saat hujan.

“Untuk menjamin kualitas hasil pengaspalan, kami menggunakan tipe aspal yang memiliki daya penetrasi tinggi dengan Penetration (PG) 82 tahun 2015, yang tidak digunakan di semua sirkuit dunia. Metode penghamparan juga dilakukan secara khusus dengan menggunakan 3 unit Milimeter GPS untuk menjamin kualitas permukaan dan kemiringan yang tepat sesuai dengan desain yang diawasi langsung oleh konsultan asing,” kata Direktur Operasi PP Presisi M Darwis Hamzah.

“Untuk pengujian kualitas aspal kami menggunakan alat berteknologi tinggi yaitu PQI 380 Non Distraction tanpa merusak lapisan permukaan aspal”, tambahnya.

Kualitas lintasan Sirkuit Mandalika sudah dibuktikan saat World Superbike (WSBK) digelar November 2021. Kemudian, ujian setelahnya sudah dilakukan ketika Sirkuit Mandalika menjadi lokasi pramusim MotoGP pada 11-13 Februari lalu.

Sejumlah pembalap dan tim MotoGP memberikan apresiasi terhadap tata letak dan desain sirkuit setelah tes pramusim. Mereka disebut menilai standar keamanan, area runoff, gravel di sirkuit sudah memadai. Akan tetapi, beberapa pembalap dan tim mengeluhkan kondisi trek yang berdebu dengan batu-batu kecil di lintasan.

Keluhan tersebut telah ditindaklanjuti oleh Dorna dan FIM dengan mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan pengaspalan ulang di sejumlah titik Sirkuit Mandalika.

“Pramusim MotoGP menjadi sarana feedback bagi kami untuk memastikan kesiapan dan mutu lintasan sebelum perhelatan akbar dilaksanakan. Untuk mendukung rekomendasi dari Dorna dan FIM, kami mendatangkan alat berat seperti asphalt finisher, cold milling, tandem roller, Pneumatic Tire Roller maupun Milimeter GPS dan telah tiba di Lombok pada Minggu, 20 Februari. Material direncanakan onsite pada 25-26 Februari dan resurfacing rencana dimulai 4 Maret dengan target selesai 10 Maret”, ujarnya.

Untuk link aplikasi Kontroversi bisa klik link berikut ini https://bit.ly/2UXs6Cf
Konten ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

 

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 menunjukkan indeks literasi keuangan sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Hal ini menunjukkan masyarakat Indonesia secara umum belum memahami dengan baik karakteristik berbagai produk dan layanan jasa keuangan yang ditawarkan oleh lembaga jasa keuangan formal, padahal literasi keuangan merupakan keterampilan yang penting dalam rangka pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan individu, perlindungan konsumen, dan peningkatan inklusi keuangan.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki komitmen tinggi dalam mendorong peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan nasional. Hal ini tercermin pada Pilar 2 Kerangka Struktural Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021 – 2025 yaitu Pengembangan Ekosistem Jasa Keuangan terdapat program ‘Memperluas Akses Keuangan dan Meningkatkan Literasi Keuangan Masyarakat’. Pilar 2 tersebut selanjutnya menjadi salah satu acuan penyusunan arah strategis peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan yang dituangkan dalam Strategi Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 – 2025.

Arah strategis dalam SNLKI 2021 – 2025 disusun dengan mempertimbangkan keberlanjutan beberapa program strategis SNLKI 2013 dan SNLKI (Revisit 2017), hasil SNLIK tahun 2019, analisis SWOT dan evaluasi strategi untuk meningkatkan literasi keuangan, rekomendasi dari berbagai pihak serta implementasi kebijakan literasi keuangan di negara lain.

Untuk kesinambungan, arah strategi dalam SNLKI 2021 – 2025 disusun berdasarkan 3 pilar program strategis SNLKI (Revisit 2017) yaitu Cakap Keuangan, Sikap dan Perilaku Keuangan yang Bijak, serta Akses Keuangan. Ketiga program strategis yang menjadi dasar dari SNLKI ini disusun atas beberapa hal. Pertama, konsep dasar literasi keuangan bukan hanya didasarkan pada tiga aspek literasi keuangan yaitu pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan, melainkan meliputi pula aspek sikap dan perilaku. Kedua, dalam kenyataannya, literasi keuangan sangat berkaitan erat dengan inklusi keuangan sehingga perlu adanya keselarasan dan kesinambungan antara kegiatan literasi keuangan dan inklusi keuangan. Ketiga, pencapaian strategi literasi dan inklusi keuangan lebih efisien dilakukan secara bersama-sama sehingga tujuan pencapaian keuangan untuk memperluas akses masyarakat ke sektor jasa keuangan dapat dilakukan dengan lebih optimal.

Untuk link aplikasi Kontroversi bisa klik link berikut ini https://bit.ly/2UXs6Cf

 

Konten ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

 

Jika berhasil tidak dipuji,
Jika gagal dicaci maki.
Jika hilang tak akan dicari,
Jika mati tak ada yang mengakui

 

Ingin Berkontribusi?

Masuk menggunakan akun microsite anda, apabila belum terdaftar silakan klik tombol di bawah.

Independensi adalah Ruh Kontroversi. Sejak berdiri pada 4 November 2002, kami menjunjung tinggi jurnalisme yang tidak berpihak pada kepentingan politik mana pun. Dalam setiap pemberitaan, redaksi Kontroversi selalu berikhtiar mencari kebenaran meski di tempat-tempat yang tak disukai.

Karena itu, kami konsisten memilih pendekatan jurnalisme investigasi. Hanya dengan metode penyelidikan yang gigih dan sistematis, kami berharap bisa melayani publik dengan informasi yang benar mengenai skandal maupun pelanggaran terstruktur yang merugikan khalayak ramai.

Tentu kami tak akan bisa menjalani misi ini tanpa Anda. Dukungan Anda sebagai pelanggan Kontroversi akan membuat kami lebih independen dan lebih mampu membiayai berbagai liputan investigasi mengenai berbagai topik yang relevan untuk Anda.

Kami yakin, dengan bekal informasi yang berkualitas mengenai isu-isu penting di sekitar kita, Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih baik, untuk pribadi, lingkungan maupun bisnis Anda.

Anda bosan baca berita biasa?
Kami persembahkan untuk Anda produk jurnalisme kontroversi terbaik. Kami memberi Anda artikel premium yang komprehensif dari sisi praktis maupun akademis, dan diriset secara mendalam.

7. Formulir Penetapan WP Non Efektif.xls 52 KB
8. Formulir Pengaktifan Kembali WP Non Efektif.xlsx

 

 

Produk  Hukum NU

AMALIYAH NU

BUKU DAN KITAB

SEJARAH

  1. Ilmu Sejarah
  2. Pengantar Ilmu Sejarah
  3. Liputan Khusus Majalah Tempo : Republik  Di Mata Indonesianis
  4. Mansia dan Sejarah
  5. Tatanan orde baru
    1. Bung Karno Pejambung Lidah Rakjat Indonesia
    2. Pesan Dakwah M.Natsir
    3. Kata Mutiara Bung Karno
    4. Riwayat Perjuangan K.H. Abdul Halim (Majalengka)
    5. Jalan Juang Ulama Muda : K.H. Wahid Hasyim
    6. Jalan Kehidupan M. Natsir
    7. Peran Besar Bung Kecil : Biografi Sutan Syahrir
    8. Kisah Hidup Dipa Nusantara Aidit (D.N. Aidit)
    9. Misteri Letkol Untung : Yang Terbaik Lalu Terbalik
    10. Meluruskan Sejarah Kartosoewirjo Bersama Irfan S Awwas (Audio)
    11. M.Natsir Di Panggung Sejarah Republik – Lukman Hakim (Editor)
    12. Riwayat Soeharto di Majalah Tempo
    13. [HOT] Edisi Khusus Majalah Tempo 14 Oktober 2013 : RAHASIA-RAHASIA ALI MOERTOPO
    14. Babad Tanah Jawi
    15. Sejarah Kerajaan Tatar Sunda (Kumpulan Tulisan Pangeran Wangsakerta)
    16. Sejarah Kerajaan Banten
    17. Kebangkitan Pemuda
    18. Hikayat Tanah Hindia
    19. Jaman Bergerak di Hindia Belanda : Mozaik Bacaan Kaum Pergerakan Tempo Doeloe
    20. ETOS POSTMODERN
    21. Catatan Sejarah
    22. Transformasi Sosial dan Gerakan Islam di Indonesia
    23. Mendajung Antara Dua Karang, Drs. Mohammad Hatta, Sidang BPKNP 2 September 1948
    24. Sejarah Perkembangan Pemurnian Islam di Indonesia oleh HAMKA (1958)
    25. Negara Islam Indonesia : Fakta Sejarah dan Perkembangannya
    26. Sejarah Perjuangan Umat Islam
    27. Daur Ulang Militan di Indonesia
    28. Tipologi Gerakan Sempalan di Indonesia
    29. Peran Tarekat Dalam Islamisasi Indonesia
    30. Sejarah Pasca Kemerdekaan (.ppt)
    31. Lajur Kanan Sebuah Jalan Dinamika Pemikiran dan Aksi Bintang Bulan (Studi Kasus Gerakan Darul Islam 1940 – 1962)
    32. Bencana Ummat Islam Indonesia tahun 1980-2000
    33. Catatan Hitam Lima Presiden
    34. A Short History of Indonesia : The Unlikely Nation (Bahasa Inggris)
    35. Sejarah, Ideologi Dan Karakter Gerakan Islam Politik Di Indonesia
    36. Daftar Isi Intel oh Intel
    37. Pengantar Intel oh Intel
    38. Intel oh Intel Jilid Satu
    39. Intel oh Intel Jilid Dua
    40. Evolusi Intelijen Indonesia

     

     

Isu-isu Masyarakat Digital Kontemporer

Strategi Kewirausahaan Digital

Wawasan Islam

  1. Proses Revolusi Islam ; Sayyid Abul A’la Al-Maududi
  2. Agama Islam dan Politik
  3. Gerakan Sempalan di Indonesia
  4. Orang Nusantara Naik Haji
  5. Komunisme Musuh Islam Sepanjang Sejarah
  6. Asas-asas Islam
  7. Beberapa Studi Tentang Islam
  8. Cara Hidup Islam
  9. Dasar-dasar Islam
  10. Beberapa Pelajaran Dalam Amal Islami
  11. Empat Istilah Dalam Al-Qur’an
  12. Menuju Madinatul Munawwarah
  13. Hand Book Imarah Islam Indonesia
  14. Perang Salib Vs Perang Sabil : Abdul Qadir Djaelani
  15. Intelijen Nabi
  16. Sirah Nabawiyah – Said Ramadhan Al-Buti
  17. Karen Amstrong – Sejarah Tuhan
  18. Ibn Katsir – Tafsir Ibn Katsir juz 1 [35.4 MB |download], juz 2 [19.6 MB |download], juz 3 [13.4 MB |download], juz 4 [15.6 MB |download], juz 5 [16.7 MB |download], juz 6 [23.3 MB |download], juz 7 [18.5 MB |download], juz 8 [15.7 MB |download], juz 9 [17.9 MB |download]
  19. Halumma Ila Mardhatillah, Ibnu Bahasan, Maramedia Publishing, 2010
  20. Terjemah Ta’alim Muta’allim Karya Syaikh Az-Zarnuji
Militer/Polisi
  1. Hukum peradilan militer
  2. Hukum acara peradilan
  3. Minimum Essential. Force (MEF)
  4. Sistem Peradilan Pidana Terpadu

 

Kejawen

  1. Kejawen
  2. Sangkan paraning dumadi
  3. Babad tanah jawi

 

Kampus Bitcoin (bisa diklik)

 

Zionisme dan Konspirasi
  1. Global Conspiracy
  2. Kabbalah dan Ksatria Templar
  3. Doktrin Zionisme
  4. Freemansory Mistis Files
  5. Strategi Kaum Pagan Menuju The New World Order
  6. Zionisme Gerakan Menaklukan Dunia
  7. Serba Singkat Tentang Rotary Club
  8. Jaringan Gelap Freemasonry
  9. Jejak Freemason dan Zionis di Indonesia, Herry Nurdi
  10. Tarekat Mason Bebas dan Masyarakat di Hindia Belanda dan Indonesia 1764 – 1962 (Full Versi)
  11. Talmud Kitab Hitam Yahudi
  12. The Diary Of Dajjal
  13. Freemasonry in Indonesia from Radermacher to Soekanto 1762-1961
  14. Knights Templar, Knights of Christ
  15. Kebangkitan Freemason di Indonesia; di Balik Kerusakan Agama-agama

 

TAREKAT MASON BEBAS
  1. Bagian kesatu (12,2 Mb)
  2. Bagian kedua (13,8 Mb)
  3. Bagian ketiga (6,73 Mb)
  4. Bagian ke-empat (27,2 Mb)
  5. Bagian kelima (30,6 Mb)
  6. Bagian ke-enam (7,98 Mb)
Komunisme di Indonesia
  1. Menguak Tabir Peristiwa 1 Oktober 1965 Bagian Pertama
  2. Menguak Tabir Peristiwa 1 Oktober 1965 Bagian Kedua
  3. Menguak Tabir Peristiwa 1 Oktober 1965 Bagian  Ketiga
  4. Menguak Tabir Peristiwa 1 Oktober 1965 Bagian Keempat
  5. Misteri Supersemar “Detak Files”
  6. Kitab Merah : Kumpulan Kisah Tokoh G30SPKI
  7. Kesaksianku Tentang G30S Dr. H. Soebandrio
  8. BUKU | THESIS oleh : Tan Malaka
  9. Sarekat Islam Dan Gerakan Kiri Di Semarang
  10. Amir Syarifudin Antara Negara dan Revolusi
  11. Soe Hok Gie : Catatan Seorang Demonstran

Masuk menggunakan akun microsite anda, apabila belum terdaftar silakan klik tombol di bawah.

 

DISCLAIMER: Komentar yang tampil sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengirim, dan bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi Kontroversi.or.id. Redaksi berhak menghapus dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

 

Independensi adalah Ruh Kontroversi. Sejak berdiri pada 4 November 2002, kami menjunjung tinggi jurnalisme yang tidak berpihak pada kepentingan politik mana pun. Dalam setiap pemberitaan, redaksi Kontroversi selalu berikhtiar mencari kebenaran meski di tempat-tempat yang tak disukai.

Karena itu, kami konsisten memilih pendekatan jurnalisme investigasi. Hanya dengan metode penyelidikan yang gigih dan sistematis, kami berharap bisa melayani publik dengan informasi yang benar mengenai skandal maupun pelanggaran terstruktur yang merugikan khalayak ramai.

Tentu kami tak akan bisa menjalani misi ini tanpa Anda. Dukungan Anda sebagai pelanggan Kontroversi akan membuat kami lebih independen dan lebih mampu membiayai berbagai liputan investigasi mengenai berbagai topik yang relevan untuk Anda.

Kami yakin, dengan bekal informasi yang berkualitas mengenai isu-isu penting di sekitar kita, Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih baik, untuk pribadi, lingkungan maupun bisnis Anda.

 

Ruang ASN
Baca juga :

Baca juga :

Konten ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

 

Jika berhasil tidak dipuji,
Jika gagal dicaci maki.
Jika hilang tak akan dicari,
Jika mati tak ada yang mengakui

 

Baca juga (bisa di-klik) :

Seluruh gambar dibawah ini bisa diklik untuk mendapatkan peluang dan  manfaat

SILAHKAN KLIK GAMBAR-GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI/MANFAAT LAINNYA



Ganti lewat pengaturan, kecamatan, cek data dasar Jumlah KK & Anggota Keluarga di Desa Anda. Sudahkah sesuai jumlahnya atau desa anda ada/tidak ada dalam daftar Kementerian Dalam Negeri, Dirjen bina pemerintahan desa ?

Baca juga:

Bursa kerja :

Unduh Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020/2021 di sini.

Unduh FAQ Panduan Pembelajaran Semester Genap 2020-2021 di sini.

Unduh Salinan SKB PTM di sini.

MODUL PEMBELAJARAN SMA TAHUN 2020/2021

Kemdikbud melalui Direktorat SMA telah menyusun Modul Pembelajaran SMA tahun 2020 semua mata pelajaran untuk siswa SMA Kelas X, XI dan XII yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan belajar dari rumah. Silakan Anda unduh pada link di bawah ini:
Modul Pembelajaran SMA Lengkap
PPKN Unduh disini
Bhs Indonesia Unduh disini
Matematika Unduh disini
Sejarah Indonesia Unduh disini
Bhs Inggris Unduh disini
Seni Budaya Unduh disini
Penjasorkes Unduh disini
PKWU Unduh disini
Biologi Unduh disini
Fisika Unduh disini
Kimia Unduh disini
Sejarah Peminatan Unduh disini
Sosiologi Unduh disini
Geografi Unduh disini
Ekonomi Unduh disini

Pelayanan dan penjelasan informasi pelaksanaan Seleksi CPNS 2021 melalui:

a. Menu Helpdesk pada https://sscasn.bkn.go.id;
b. Panitia seleksi pada :
– https://cpns.kemenkumham.go.id
– https://rekrutmen.kejaksaan.go.id
– https://ropeg.menlhk.go.id
– https://cpns.pertanian.go.id
– https://cpns.kemendikbud.go.id
– Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, dan Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Situs Terkait




Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemberian Imunisasi COVID-19

Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemberian Imunisasi COVID-19
Kontroversi.or.id – Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan R.I memberikan paparan terkait “Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemberian Imunisasi COVID-19”.Pedoman ini terdiri dari :• BAB 1 PENDAHULUAN
• BAB 2 EPIDEMIOLOGI CORONA VIRUS (COVID-19)
• BAB 3 PERSIAPAN PELAKSANAAN PELAYANAN
IMUNISASI COVID-19
• BAB 4 PELAKSANAAN PELAYANAN IMUNISASI COVID19
• BAB 5 SURVEILANS KIPI
• BAB 6 MONITORING DAN EVALUASI

Kegiatan Operasional Vaksinasi Covid-19

  •  Survei : Readiness dan Acceptence Study (sedang berlangsung)
  •  Persiapan dan Koordinasi
  •  Penetapan Permenkes Vaksinasi Covid-19
  •  Penyusunan Pedoman teknis
  •  Advokasi Sosialisasi Mobilisasi
  •  Peningkatan Kapasitas SDM, Sarana (logistic)
  •  Peningkatan Jejaring Pelayanan
  •  Sistim Informasi Manajemen
  •  Penyusunan Mikroplanning
  •  PelaksanaanVaksinasi
  •  Supervisi, Bimbingan teknis, monitoring
  •  Evaluasi Rapid ConvinienceAssesment/Survey cakupan, Post introduction Evaluation, Review Pelaksanaan

Pelaksanaan pemberian vaksinasi

1. Dosis administrasi : diberikan 2 (dua) dosis/orang dengan jarak minimal 14 hari, sehingga dapat membentuk kekebalan

2. Pemberi layanan imunisasi COVID-19 adalah dokter, perawat dan bidan di fasilitas pelayanan kesehatan baik pemerintah, swasta maupun akademi/institusi Pendidikan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), TNI dan Polri dalam jejaring Public Private Mix (PPM)

3. Teknis dan tempat pelaksanaan pemberian imunisasi, berdasarkan kajian ITAGI:

a. Kelompok usia produktif berusia 18 – 59 tahun, dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah baik puskesmas, posbindu maupun RSUD/RSUP, kerjasama dengan klinik, klinik kantor/perusahaan, rumah sakit swasta, bidan praktek swasta dan lain – lain, termasuk pos – pos pelayanan imunisasi di tempat – tempat strategis

b. Kelompok penduduk dengan kormorbid berusia 18 – 59 tahun yang masih aktif/produktif sebaiknya dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah (puskesmas dan Rumah Sakit), klinik dan rumah sakit swasta.

Teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19

Memerlukan waktu 15 menit/orang

  1. Pendaftaran
  2. Pengukuran (tekanan darah, rapid test kolestrol, gula darah, dll)
  3. Edukasi tentang Imunisasi COVID-19
  4. Anamnesa (siapkan list daftar pertanyaan)
  5. Penyuntikan
  6. Informasi jadwal imunisasi selanjutnya

Catatan :

  • Pelayanan posbindu 5 jam/hari
  • Waktu pelayanan 15 menit
  • 15 menit x 20 orang sehingga diperlukan 300 menit atau 5 jam.

Teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19

PELAYANAN IMUNISASI COVID-19 DI POS IMUNISASI (Posyandu, Posbindu, Sekolah dan Pos pos yang ditentukan)

  1. Ruang/tenda/tempat yang cukup besar, sirkulasi udara yang baik. Bila ada kipas angin, letakkan di belakang petugas kesehatan agar arah aliran udara kipas angin mengalir dari tenaga kesehatan ke sasaran imunisasi;
  2. Bersihkan ruang/tempat pelayanan imunisasi sebelum dan sesudah pelayanan dengan cairan disinfektan;
  3. Fasilitas mencuci tangan pakaisabun dan air mengalir atau hand sanitizer;
  4. Atur meja pelayanan antar petugas agar menjaga jarak aman 1 – 2 meter.
  5. Ruang/tempat pelayanan imunisasi hanya untuk melayani orang sehat;
  6. Jika memungkinkan sediakan jalan masuk dan keluar yang terpisah. Sasaran dan pengantar keluar dan masuk bergantian;
  7. Tempat/ruang tunggu sebelum dan sesudah imunisasi terpisah. Tempat duduk dengan jarak aman antar tempat duduk 1 – 2 meter. Sesudah imunisasi sasaran menunggu selama 30 menit.
” alt=”” />

Contoh Pengaturan Ruang/ Tempat Pelayanan Imunisasi

Dalam pedomen teknis ini dipaparkan pula TIMELINE PENGADAAN, DISTRIBUSI DAN PELAYANAN IMUNISASI COVID-19, serta hasil survei yang dilakukan Kemenkes.

  1. Diperlukan pelaksanaan survei persepsi masyarakat untuk vaksin COVID-19 (mempertimbangkan vaccine hesistancy di Indonesia)
  2. Country readiness assesment dalam rangka menilai kesiapan pelaksanaan pemberian imunisasi COVID-19 yang ditinjau dari berbagai aspek mulai dari tahap mikroplanning, pelaksanaan dan
    monev
  3. Pembentukan kelompok kerja tingkat nasional, provinsi/kab/kota dalam rangka koordinasi, harmonisasi pelaksanaan imunisasi COVID-19
  4. Pelaksanaan Cost Effectivess Analysis (CEA) imunisasi COVID-19, apabila imunisasi COVID-19 akan masuk sebagai Program Imunisasi Nasional
  5. Antispasi Komunikasi Risiko pelaksanaan baik isu halal-haram, kelompok antivaksin
  6. Penguatan SDM melalui pelatihan dengan BPSDM dan Sistim Informasi kolaborasi dengan Pusdatin

Kesimpulan

  •  Grand Design Operasional Imunisasi disusun berdasarkan ketersediaan vaksin yang faktanya sampai saat ini cukup dinamis.
  •  Logistik coldchain diperkirakan memadai melihat ketersediaan vaksin yang bertahap, demikian pula jumlah dan rasioVaksinator
  •  Pelaksanaan tetap mempertimbangkan pelaksanaan imunisasi rutin yang saat ini cakupannya masih rendah.
  •  Penetapan Permenkes tentang PelaksanaanVaksinasi COVID-19, jabaran teknis dari Perpres.
  •  Perlu beberapa skema : imunisasi sebagai program, imunisasi pilihan skema sektor swasta, maupun sebagai bagian dari asuransi kesehatan
  •  Pencanangan imunisasi COVID-19 oleh Kepala Negara dalam rangka
  • mobilisasi komitmen pemerintah daerah

 

  • Banner Hoax

 

Boleh share dan copy paste

Jika kau sudah membaca tulisan ini kau sudah mendapatkan pahalanya,
namun bila kau menyebarkannya dan orang lain mendapatkan manfaat juga maka akan dilipat gandakan pahalamu Insya Allah.

Redaksi mengundang daftar login menulis sendiri dalam program jurnalisme warga kontroversi.or.id pojok kanan atas untuk mendapatkan akses tayang sendiri

 

Untuk link aplikasi Kontroversi bisa klik link berikut ini https://bit.ly/2UXs6Cf sembari menunggu persetujuan google play store untuk aplikasi android


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Desa Wahas Balongpanggang Raih Juara 2 Nasional Hippa

Penulis Kontroversi

Unjuk Rasa Tuntut Pengembalian Waduk Desa

Penulis Kontroversi

Gotong Royong, Kunci Suksesnya PPKM Level 4

Penulis Kontroversi

Leave a Comment