Image default
Mulai dari sini

Tanda Kesehatan Mental Terganggu

Satu atau dua dari gejala ini saja tidak dapat memprediksi penyakit mental, tetapi mungkin menunjukkan kebutuhan untuk evaluasi lebih lanjut. Jika seseorang mengalaminya sekaligus dan gejalanya menyebabkan masalah serius dalam kemampuan untuk belajar, bekerja atau berhubungan dengan orang lain, dia harus diperiksa oleh dokter atau ahli kesehatan mental.

 

Oleh Imam Ahmad Bashori Al-Muhajir
Editor: Moh Ardi

 

Apa saja gejala penyakit mental?. Jika seorang teman atau orang yang dicintai tidak tampak seperti dirinya sendiri, bagaimana kamu mengenali perbedaan antara suasana hati yang buruk dan sesuatu yang lebih serius?.

Minum terlalu banyak, menjadi orang yang menyebalkan, menangis sepanjang waktu atau perubahan signifikan lainnya yang sedang berlangsung dalam perilaku, pikiran, atau perasaan seseorang dapat menjadi tanda-tanda penyakit mental.

Tanda berikut ini tidak untuk membantu kamu mendiagnosis masalah kesehatan mental, tetapi untuk meyakinkan bahwa mungkin perlu konsultasi dengan psikolog untuk mencari informasi lebih lanjut tentang masalahmu.

 

1. Merasa Cemas atau Khawatir

Kita semua merasa khawatir atau stres dari waktu ke waktu. Tetapi kecemasan bisa menjadi tanda masalah kesehatan mental jika terus-menerus dan mengganggu setiap saat.

Gejala kecemasan lainnya mungkin termasuk jantung berdebar-debar, sesak napas, sakit kepala, gelisah, diare, atau pikiran berlomba.

 

2. Merasa Tertekan atau Tidak Bahagia

Pernahkah kamu memperhatikan bahwa teman kamu kehilangan minat pada hobi yang biasa kalian lakukan?

Jika mereka juga tampak sedih atau mudah tersinggung selama beberapa minggu terakhir atau lebih, kurang motivasi dan energi atau menangis sepanjang waktu, mereka mungkin sedang menghadapi depresi.

 

3. Ledakan Emosional

Setiap orang memiliki suasana hati yang berbeda, tetapi perubahan suasana hati yang tiba-tiba dan dramatis, seperti rasa tertekan atau marah yang ekstrem, dapat menjadi gejala penyakit mental.

 

4. Masalah Tidur

Umumnya kita membutuhkan 7-9 jam tidur setiap malam. Perubahan pola tidur seseorang yang berlangsung lama bisa menjadi gejala penyakit mental.

Misalnya insomnia bisa menjadi tanda kecemasan atau penyalahgunaan zat. Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengindikasikan depresi atau gangguan tidur.

 

5. Berat Badan atau Nafsu Makan Berubah

Banyak dari kita ingin menurunkan berat badan beberapa kilogram, tetapi bagi sebagian orang berat badan yang naik-turun atau penurunan berat badan yang cepat bisa menjadi salah satu tanda peringatan penyakit mental, seperti depresi atau gangguan makan.

Masalah kesehatan mental lainnya juga dapat memengaruhi nafsu makan dan berat badan.

 

6. Tenang atau Menyendiri

Kita semua terkadang membutuhkan waktu tenang, tetapi menarik diri dari kehidupan, terutama jika ini merupakan perubahan besar, dapat mengindikasikan masalah kesehatan mental.

Jika teman atau orang yang dicintai secara teratur mengisolasi diri, mereka mungkin mengalami depresi, bipolar, gangguan psikotik, atau masalah kesehatan mental lainnya.

Menolak untuk mengikuti kegiatan sosial mungkin merupakan pertanda bahwa mereka membutuhkan bantuan.

 

7. Penyalahgunaan Zat

Apakah kamu khawatir orang yang kamu cintai minum terlalu banyak? Menggunakan zat-zat, seperti alkohol atau obat-obatan, untuk mengatasinya dapat menjadi tanda masalah kesehatan mental.

 

8. Merasa Bersalah atau tidak Berharga

Pikiran seperti ‘Saya gagal’, ‘Ini salah saya’ atau ‘Saya tidak berharga’ adalah tanda-tanda yang mungkin dari masalah kesehatan mental, seperti depresi. Teman atau orang tersayang Kamu mungkin membutuhkan bantuan jika dia sering mengkritik atau menyalahkan diri sendiri.

Saat parah, seseorang mungkin mengungkapkan perasaan untuk menyakiti atau bunuh diri. Perasaan ini bisa berarti orang tersebut ingin bunuh diri dan membutuhkan bantuan segera.

 

9. Perubahan Perilaku atau Perasaan

Penyakit mental dapat dimulai sebagai perubahan halus pada perasaan, pemikiran, dan perilaku seseorang. Perubahan yang sedang berlangsung dan signifikan bisa jadi merupakan tanda bahwa mereka sedang atau sedang mengembangkan masalah kesehatan mental.

Jika ada sesuatu yang tampaknya ‘tidak beres’, penting untuk memulai percakapan tentang mendapatkan bantuan.

 

10. Produktivitas Kamu di Tempat Kerja Menurun

Marlynn Wei, M.D., seorang psikiater dan terapis bersertifikat, memberi tahu bahwa kinerja kamu di kantor dapat menunjukkan potensi masalah kesehatan mental.

Dia mengatakan jika kamu berulang kali tidak muncul untuk bekerja, melewatkan banyak tenggat waktu, terlambat, atau terus-menerus kewalahan, itu sesuatu yang perlu diperhatikan.

 

11. Kamu tidak Menikmati Hal-hal yang Dulu Kamu Sukai

Jika kamu berulang kali menemukan bahwa sesuatu yang kamu sukai tidak lagi memberi kegembiraan. Goldfine mengatakan itu adalah tanda bahaya.

Sebenarnya ada istilah psikis untuk perasaan ini, anhedonia, dan itu berarti “berkurangnya kemampuan untuk mengalami kesenangan”.

“Jika biasanya saya suka jalan-jalan dengan teman-teman saya pada Jumat malam, dan sekarang sudah tidak menyenangkan lagi saya tidak suka, saya menganggapnya membosankan sering kali itu adalah tanda lain dari depresi atau kecemasan atau ada yang tidak beres,” katanya.

 

12. Menarik Diri dari Kehidupan Sosial

Demikian pula, jika kamu tidak sering keluar rumah seperti dulu, itu adalah indikator lain dari sesuatu yang tidak beres.

Wei mengatakan bahwa merasa malu saat bersosialisasi atau merasa sangat mudah tersinggung bisa menjadi sinyal juga. ” kamu mungkin menjadi lebih marah dan jengkel oleh hal-hal kecil, dan sulit untuk melepaskan hal-hal yang mungkin mengganggu Anda”, katanya.

Anda mengalami sakit fisik tanpa alasan yang jelas.

Goldfine mengatakan tubuh kita dapat mengarahkan kita pada masalah kesehatan mental melalui penyakit fisik, seperti sakit kepala, sakit perut, nyeri otot, dan nyeri. “Jika hal ini terjadi dan tidak ada alasan nyata di baliknya, itu bisa menjadi tanda bahwa mungkin ada sesuatu yang terjadi terkait dengan kesehatan mental kamu,” katanya. “Jika suatu hari kamu mengalami sakit kepala, jangan lari ke psikolog, tetapi jika itu terjadi lebih sering, ini mungkin karena perasaan yang jauh lebih tertekan belakangan ini”.

 

Bagaimana Cara Menanganinya?

Jangan takut untuk menghubungi jika kamu atau seseorang yang kamu kenal membutuhkan bantuan. Mempelajari semua yang kamu tau tentang kesehatan mental adalah langkah pertama yang penting.

Hubungi asuransi kesehatan, dokter perawatan primer, atau otoritas kesehatan mental negara daerah kamu untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Kamu juga bisa mencoba alternatif konseling online untuk pendapatkan rujukan yang lebih cepat.

 

Apa yang Dilakukan Setelah di Diagnosis?

Mengetahui tanda peringatan dapat membantu memberi tahu jika kamu perlu berbicara dengan profesional. Bagi banyak orang, mendapatkan diagnosis yang akurat adalah langkah pertama dalam rencana perawatan.

Tidak seperti diabetes atau kanker, tidak ada tes medis yang dapat mendiagnosis penyakit mental secara akurat. Seorang profesional kesehatan mental akan menggunakan Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM), yang diterbitkan oleh American Psychiatric Association, untuk menilai gejala dan membuat diagnosis. Panduan tersebut mencantumkan kriteria termasuk perasaan dan perilaku serta batasan waktu untuk diklasifikasikan secara resmi sebagai kondisi kesehatan mental.

Setelah diagnosis, penyedia layanan kesehatan dapat membantu mengembangkan rencana pengobatan yang dapat mencakup pengobatan, terapi, atau perubahan gaya hidup lainnya.

 

Pengobatan yang dapat Dilakukan

Mendapatkan diagnosis hanyalah langkah pertama; mengetahui preferensi dan tujuan kamu sendiri juga penting. Perawatan untuk penyakit mental bervariasi berdasarkan diagnosis dan orang. Tidak ada perlakuan “satu ukuran untuk semua”. Pilihan pengobatan dapat mencakup pengobatan, konseling (terapi), dukungan sosial dan pendidikan.

 

Benang merah

Satu atau dua dari gejala ini saja tidak dapat memprediksi penyakit mental, tetapi mungkin menunjukkan kebutuhan untuk evaluasi lebih lanjut.

Jika seseorang mengalaminya sekaligus dan gejalanya menyebabkan masalah serius dalam kemampuan untuk belajar, bekerja atau berhubungan dengan orang lain, dia harus diperiksa oleh dokter atau ahli kesehatan mental. Orang dengan pikiran atau niat untuk bunuh diri, atau pikiran untuk menyakiti orang lain, membutuhkan perhatian segera.

Untuk link aplikasi Kontroversi bisa klik link berikut ini https://bit.ly/2UXs6Cf

 

Konten ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

 

Jika berhasil tidak dipuji,
Jika gagal dicaci maki.
Jika hilang tak akan dicari,
Jika mati tak ada yang mengakui

 

Ingin Berkontribusi?

Masuk menggunakan akun microsite anda, apabila belum terdaftar silakan klik tombol di bawah.

Independensi adalah Ruh Kontroversi. Sejak berdiri pada 4 November 2002, kami menjunjung tinggi jurnalisme yang tidak berpihak pada kepentingan politik mana pun. Dalam setiap pemberitaan, redaksi Kontroversi selalu berikhtiar mencari kebenaran meski di tempat-tempat yang tak disukai.

Karena itu, kami konsisten memilih pendekatan jurnalisme investigasi. Hanya dengan metode penyelidikan yang gigih dan sistematis, kami berharap bisa melayani publik dengan informasi yang benar mengenai skandal maupun pelanggaran terstruktur yang merugikan khalayak ramai.

Tentu kami tak akan bisa menjalani misi ini tanpa Anda. Dukungan Anda sebagai pelanggan Kontroversi akan membuat kami lebih independen dan lebih mampu membiayai berbagai liputan investigasi mengenai berbagai topik yang relevan untuk Anda.

Kami yakin, dengan bekal informasi yang berkualitas mengenai isu-isu penting di sekitar kita, Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih baik, untuk pribadi, lingkungan maupun bisnis Anda.

Kampus Bitcoin (bisa diklik)

 

Masuk menggunakan akun microsite anda, apabila belum terdaftar silakan klik tombol di bawah.

Independensi adalah Ruh Kontroversi. Sejak berdiri pada 4 November 2002, kami menjunjung tinggi jurnalisme yang tidak berpihak pada kepentingan politik mana pun. Dalam setiap pemberitaan, redaksi Kontroversi selalu berikhtiar mencari kebenaran meski di tempat-tempat yang tak disukai.

Karena itu, kami konsisten memilih pendekatan jurnalisme investigasi. Hanya dengan metode penyelidikan yang gigih dan sistematis, kami berharap bisa melayani publik dengan informasi yang benar mengenai skandal maupun pelanggaran terstruktur yang merugikan khalayak ramai.

Tentu kami tak akan bisa menjalani misi ini tanpa Anda. Dukungan Anda sebagai pelanggan Kontroversi akan membuat kami lebih independen dan lebih mampu membiayai berbagai liputan investigasi mengenai berbagai topik yang relevan untuk Anda.

Kami yakin, dengan bekal informasi yang berkualitas mengenai isu-isu penting di sekitar kita, Anda bisa mengambil keputusan dengan lebih baik, untuk pribadi, lingkungan maupun bisnis Anda.

 

Ruang ASN
Baca juga :

Baca juga :

Konten ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

 

Jika berhasil tidak dipuji,
Jika gagal dicaci maki.
Jika hilang tak akan dicari,
Jika mati tak ada yang mengakui

 

Baca juga (bisa di-klik) :

Seluruh gambar dibawah ini bisa diklik untuk mendapatkan peluang dan  manfaat

SILAHKAN KLIK GAMBAR-GAMBAR DIBAWAH INI UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI/MANFAAT LAINNYA



Ganti lewat pengaturan, kecamatan, cek data dasar Jumlah KK & Anggota Keluarga di Desa Anda. Sudahkah sesuai jumlahnya atau desa anda ada/tidak ada dalam daftar Kementerian Dalam Negeri, Dirjen bina pemerintahan desa ?

Baca juga:

Bursa kerja :

Unduh Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020/2021 di sini.

Unduh FAQ Panduan Pembelajaran Semester Genap 2020-2021 di sini.

Unduh Salinan SKB PTM di sini.

MODUL PEMBELAJARAN SMA TAHUN 2020/2021

Kemdikbud melalui Direktorat SMA telah menyusun Modul Pembelajaran SMA tahun 2020 semua mata pelajaran untuk siswa SMA Kelas X, XI dan XII yang dapat digunakan sebagai salah satu bahan belajar dari rumah. Silakan Anda unduh pada link di bawah ini:
Modul Pembelajaran SMA Lengkap
PPKN Unduh disini
Bhs Indonesia Unduh disini
Matematika Unduh disini
Sejarah Indonesia Unduh disini
Bhs Inggris Unduh disini
Seni Budaya Unduh disini
Penjasorkes Unduh disini
PKWU Unduh disini
Biologi Unduh disini
Fisika Unduh disini
Kimia Unduh disini
Sejarah Peminatan Unduh disini
Sosiologi Unduh disini
Geografi Unduh disini
Ekonomi Unduh disini

Pelayanan dan penjelasan informasi pelaksanaan Seleksi CPNS 2021 melalui:

a. Menu Helpdesk pada https://sscasn.bkn.go.id;
b. Panitia seleksi pada :
– https://cpns.kemenkumham.go.id
– https://rekrutmen.kejaksaan.go.id
– https://ropeg.menlhk.go.id
– https://cpns.pertanian.go.id
– https://cpns.kemendikbud.go.id
– Sub Direktorat Liaison Direktorat Kerja Sama Internasional, dan Deputi Bidang Intelijen Luar Negeri.

Situs Terkait




Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemberian Imunisasi COVID-19

Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemberian Imunisasi COVID-19
Kontroversi.or.id – Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan R.I memberikan paparan terkait “Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemberian Imunisasi COVID-19”.Pedoman ini terdiri dari :• BAB 1 PENDAHULUAN
• BAB 2 EPIDEMIOLOGI CORONA VIRUS (COVID-19)
• BAB 3 PERSIAPAN PELAKSANAAN PELAYANAN
IMUNISASI COVID-19
• BAB 4 PELAKSANAAN PELAYANAN IMUNISASI COVID19
• BAB 5 SURVEILANS KIPI
• BAB 6 MONITORING DAN EVALUASI

Kegiatan Operasional Vaksinasi Covid-19

  •  Survei : Readiness dan Acceptence Study (sedang berlangsung)
  •  Persiapan dan Koordinasi
  •  Penetapan Permenkes Vaksinasi Covid-19
  •  Penyusunan Pedoman teknis
  •  Advokasi Sosialisasi Mobilisasi
  •  Peningkatan Kapasitas SDM, Sarana (logistic)
  •  Peningkatan Jejaring Pelayanan
  •  Sistim Informasi Manajemen
  •  Penyusunan Mikroplanning
  •  PelaksanaanVaksinasi
  •  Supervisi, Bimbingan teknis, monitoring
  •  Evaluasi Rapid ConvinienceAssesment/Survey cakupan, Post introduction Evaluation, Review Pelaksanaan

Pelaksanaan pemberian vaksinasi

1. Dosis administrasi : diberikan 2 (dua) dosis/orang dengan jarak minimal 14 hari, sehingga dapat membentuk kekebalan

2. Pemberi layanan imunisasi COVID-19 adalah dokter, perawat dan bidan di fasilitas pelayanan kesehatan baik pemerintah, swasta maupun akademi/institusi Pendidikan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), TNI dan Polri dalam jejaring Public Private Mix (PPM)

3. Teknis dan tempat pelaksanaan pemberian imunisasi, berdasarkan kajian ITAGI:

a. Kelompok usia produktif berusia 18 – 59 tahun, dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah baik puskesmas, posbindu maupun RSUD/RSUP, kerjasama dengan klinik, klinik kantor/perusahaan, rumah sakit swasta, bidan praktek swasta dan lain – lain, termasuk pos – pos pelayanan imunisasi di tempat – tempat strategis

b. Kelompok penduduk dengan kormorbid berusia 18 – 59 tahun yang masih aktif/produktif sebaiknya dilaksanakan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah (puskesmas dan Rumah Sakit), klinik dan rumah sakit swasta.

Teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19

Memerlukan waktu 15 menit/orang

  1. Pendaftaran
  2. Pengukuran (tekanan darah, rapid test kolestrol, gula darah, dll)
  3. Edukasi tentang Imunisasi COVID-19
  4. Anamnesa (siapkan list daftar pertanyaan)
  5. Penyuntikan
  6. Informasi jadwal imunisasi selanjutnya

Catatan :

  • Pelayanan posbindu 5 jam/hari
  • Waktu pelayanan 15 menit
  • 15 menit x 20 orang sehingga diperlukan 300 menit atau 5 jam.

Teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19

PELAYANAN IMUNISASI COVID-19 DI POS IMUNISASI (Posyandu, Posbindu, Sekolah dan Pos pos yang ditentukan)

  1. Ruang/tenda/tempat yang cukup besar, sirkulasi udara yang baik. Bila ada kipas angin, letakkan di belakang petugas kesehatan agar arah aliran udara kipas angin mengalir dari tenaga kesehatan ke sasaran imunisasi;
  2. Bersihkan ruang/tempat pelayanan imunisasi sebelum dan sesudah pelayanan dengan cairan disinfektan;
  3. Fasilitas mencuci tangan pakaisabun dan air mengalir atau hand sanitizer;
  4. Atur meja pelayanan antar petugas agar menjaga jarak aman 1 – 2 meter.
  5. Ruang/tempat pelayanan imunisasi hanya untuk melayani orang sehat;
  6. Jika memungkinkan sediakan jalan masuk dan keluar yang terpisah. Sasaran dan pengantar keluar dan masuk bergantian;
  7. Tempat/ruang tunggu sebelum dan sesudah imunisasi terpisah. Tempat duduk dengan jarak aman antar tempat duduk 1 – 2 meter. Sesudah imunisasi sasaran menunggu selama 30 menit.
” alt=”” />

Contoh Pengaturan Ruang/ Tempat Pelayanan Imunisasi

Dalam pedomen teknis ini dipaparkan pula TIMELINE PENGADAAN, DISTRIBUSI DAN PELAYANAN IMUNISASI COVID-19, serta hasil survei yang dilakukan Kemenkes.

  1. Diperlukan pelaksanaan survei persepsi masyarakat untuk vaksin COVID-19 (mempertimbangkan vaccine hesistancy di Indonesia)
  2. Country readiness assesment dalam rangka menilai kesiapan pelaksanaan pemberian imunisasi COVID-19 yang ditinjau dari berbagai aspek mulai dari tahap mikroplanning, pelaksanaan dan
    monev
  3. Pembentukan kelompok kerja tingkat nasional, provinsi/kab/kota dalam rangka koordinasi, harmonisasi pelaksanaan imunisasi COVID-19
  4. Pelaksanaan Cost Effectivess Analysis (CEA) imunisasi COVID-19, apabila imunisasi COVID-19 akan masuk sebagai Program Imunisasi Nasional
  5. Antispasi Komunikasi Risiko pelaksanaan baik isu halal-haram, kelompok antivaksin
  6. Penguatan SDM melalui pelatihan dengan BPSDM dan Sistim Informasi kolaborasi dengan Pusdatin

Kesimpulan

  •  Grand Design Operasional Imunisasi disusun berdasarkan ketersediaan vaksin yang faktanya sampai saat ini cukup dinamis.
  •  Logistik coldchain diperkirakan memadai melihat ketersediaan vaksin yang bertahap, demikian pula jumlah dan rasioVaksinator
  •  Pelaksanaan tetap mempertimbangkan pelaksanaan imunisasi rutin yang saat ini cakupannya masih rendah.
  •  Penetapan Permenkes tentang PelaksanaanVaksinasi COVID-19, jabaran teknis dari Perpres.
  •  Perlu beberapa skema : imunisasi sebagai program, imunisasi pilihan skema sektor swasta, maupun sebagai bagian dari asuransi kesehatan
  •  Pencanangan imunisasi COVID-19 oleh Kepala Negara dalam rangka
  • mobilisasi komitmen pemerintah daerah



  • Banner Hoax

 

Boleh share dan copy paste

Jika kau sudah membaca tulisan ini kau sudah mendapatkan pahalanya,
namun bila kau menyebarkannya dan orang lain mendapatkan manfaat juga maka akan dilipat gandakan pahalamu Insya Allah.

Redaksi mengundang daftar login menulis sendiri dalam program jurnalisme warga kontroversi.or.id pojok kanan atas untuk mendapatkan akses tayang sendiri

 

Untuk link aplikasi Kontroversi bisa klik link berikut ini https://bit.ly/2UXs6Cf sembari menunggu persetujuan google play store untuk aplikasi android


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Ketentuan Upah Vs Hak Sumbangan

admin

Penganugerahan Letnan Kolonel Tituler Dedi Corbuzier

admin

Operasi Rutin Sadarkan Warga dan Tekan Angka Kriminalita

admin

Leave a Comment