Image default
Solusi untuk kemiskinan ekstrim

Syarat BUMDes Unit Usaha Pertashop

Sebelumnya sudah sempat membahas mengenai bisnis Pertamini ini dapat menjadi salah satu program pembangunan daerah yang didirikan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Setelah artikel tersebut naik, ternyata banyak sekali orang yang tertarik dan ingin mengetahui cara-cara yang harus ditempuh. Untuk itu, mari kita bahas cara-cara beserta syarat yang harus dipenuhi sekarang juga.

Menurut website Pertamina, Pertashop (Pertamina Shop) adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina.

Ini merupakan kerjasama resmi antara Pertamina dengan pihak-pihak baik Pemdes atau Bumdes dalam memperluas distribusi BBM. Di sisi lain, nantinya kerjasama ini akan mampu mendongkrak pendapatan ekonomi Pemdes atau Bumdes tersebut.

Pertamina menyatakan bahwa kerjasama ini akan membawa manfaat yang besar bagi mitra. Dalam hal permodalan, modal yang dikeluarkan sangat murah jika dibandingkan dengan fasilitas yang diberikan oleh Pertamina.

Yang pertama adalah Pertamina memberikan satu perangkat Pertashop, di dalamnya termasuk totem, tangki, dan dispenser. Lalu nantinya akan ada satu petugas yang selama seminggu akan membantu dalam pelatihan dan pendampingan. Calon operator pun diberikan kesempatan magang di SPBU terdekat.

Pertamina dalam website kemitraan.pertamina.com memaparkan syarat-syarat untuk menjadi mitra Pertashop sebagai berikut:

  1. WNI yang memiliki izin usaha (UD, CV, Koperasi, PT, atau Badan Usaha lainnya )
  2. Lengkap Administrasi (KTP, NPWP, dan Akta Pendirian Perusahaan)
  3. Memiliki Luas lahan yang cukup sesuai dengan jenis paket yang dibeli.
  4. Mendapat persetujuan dan rekomendasi dari Kepala Daerah setempat.
  5. Untuk proses pendaftaran ada beberapa tahapan:
  6. Kunjungi situs kemitraan.pertamina.com lalu pilih gambar yang berjudul PERTASHOP
  7. Lalu pilih daerah yang akan diajukan, mulai dari memilih provinsi hingga kecamatanya.
  8. Setelah itu isikan alamat secara lengkap, mulai dari jalan, kode pos, dan nomor jalan atau kavling.
  9. Lalu lanjutkan dengan mengisi data diri perusahaan secara lengkap.
  10. Selesaikan dengan klik tombol submit pengajuan. Pastikan data sudah terisi dengan benar dan lengkap sebelum diserahkan.
    Setelah proses pendaftaran awal sudha diajukan akan dilakukan verifkasi data.
  11. Nantinya pemilik akun atau yang mengajukan akan diminta untuk melengkapi lagi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Dalam hal pengajuan dan verifikasi ini, Pertamina memperkirakan membutuhkan 18 hari kerja. Jadi harap ditunggu ya jika kalian sudah mengajukan.

Baca Juga Jadi Percontohan Desa Maju, Seperti Inilah Keberhasilan BUMDes Sukamanah
Untuk tipe dari Pertashop, Pertamina telah menyediakan 3 jenis paket.

Paket GOLD
Dalam paket GOLD modal yang diperlukan adalah 250 juta rupiah. Biaya tersebut adalah biaya perangkat yang didapat dan biaya pengiriman.
Modal pembelian produk (Pertamax): Rp20 jt (Rp8.150 x 2.000 liter/hari + biaya lain-lain)
Keuntungan/liter: 850/liter (untuk sales 1-1.000 liter/hari)
Estimasi pendapatan/hari: minimal 400 liter/hari
Estimasi pengembalian modal maksimal 5 Tahun (tergantung pendapatan penjualan)
2.Paket PLATINUM
Dalam paket PLATINUM modal yang diperlukan adalah 400 juta rupiah. Biaya tersebut adalah biaya perangkat yang didapat dan biaya instalasi.

Modal pembelian produk (Pertamax): Rp70 jt (Rp8.400 x 8.000 liter/hari + biaya lain-lain)
Keuntungan/liter: 600/liter (untuk sales min 1.001- 3.000 liter/hari)
Estimasi pendapatan/hari: minimal 1.000 liter/hari
Estimasi pengembalian modal maksimal 4 tahun (tergantung pendapatan penjualan)
Dimungkinkan menjual LPG Bright Gas dan Pelumas Pertamina
3. Paket DIAMOND
Dalam paket DIAMOND modal yang diperlukan adalah 500 juta rupiah. Biaya tersebut adalah biaya perangkat yang didapat dan biaya instalasi.

Modal pembelian produk (Pertamax): Rp70 jt (Rp8.565 x 8.000 liter/hari + biaya lain-lain)
Keuntungan/liter: 435/liter (untuk sales > 3.000 liter/hari)
Estimasi pendapatan/hari: minimal 3.000 liter/hari
Estimasi pengembalian modal maksimal 3 tahun (tergantung pendapatan penjualan)
Dimungkinkan menjual LPG Bright Gas dan Pelumas Pertamina

ξΆ¶

Sampai Juni 2021, terdapat 1.498 Pertashop yang telah beroperasiP

ertamina menargetkan dapat membangun 10.000 Pertashop merata di seluruh wilayah Indonesia. Target ini dibidik karena melihat animo masyarakat terhadap bisnis SPBU Mini semakin tinggi.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Sub Holding Comercial and Trading, Putut Andriatno memaparkan sampai dengan Juni 2021, terdapat 1.498 Pertashop beroperasi.

“Perinciannya, 1.491 Pertashop Gold dan 7 Pertashop Platinum yang tersebar di seluruh Indonesia,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (18/6).
Sebagai informasi, Pertahsop Gold merupakan skema paling murah, modal yang dibutuhkan Rp 250 juta. Sedangkan Pertashop Platinum membutuhkan modal Rp 400 juta. Adapun di 2021, Putut mengungkapkan, Pertamina menargetkan bisa membangun 10.000 Pertashop yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Upaya Pertamina untuk terus meningkatkan perkembangan dan penyebaran SPBU mini karena diharapkan dapat menjamin ketersediaan energi berkualitas bagi masyarakat. Selain itu, juga sebagai peluang meningkatkan perekonomian di suatu daerah.

Putut memaparkan, sejalan dengan semakin pulihnya ekonomi dan daya beli sejak pandemi Covid-19, animo masyarakat terhadap bisnis Pertashop juga turut meningkat.

“Hal ini tercermin dari semakin bertambahnya pendaftar Pertashop melalui website registrasi ptm.id/Mitrapertashop”, ungkapnya.

Makin besarnya antusiasme masyarakat, diakui Putut karena bisnis Pertashop menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan, dimulai dari modal usaha kecil, potensi keuntungan, jaminan kualitas dan kontinuitas Suplai BBM. Selain itu, lahan yang dibutuhkan relatif tidak luas, perizinan sederhana serta potensi pengembangan ekosistem non fuel bisnis seperti Bright Gas dan Pelumas.

“Ditambah juga adanya dukungan fasilitas pembiayaan baik KUR maupun Kredit lainnya dari perbankan hasil kerjasama Pertamina dengan Bank Himbara”, kata Putut


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Mental Kere 2021, Resolusi Kere 2022: Eks Milyader Tidak Untung = Bukan Bermental Kere

admin

Wacana Halaman Pemkab untuk Pertamini

admin

Penghapusan Kemiskinan Ekstrem: Penghamburan Tersistem ?

admin

Leave a Comment