Image default
Peristiwa Politik & Pemerintahan Profile

LH akan bantu komposter ke desa Jombangdelik

Kadis Lingkungan Hidup: “Sebagai bentuk apreasiasi desa jombangdelik termasuk desa kategori juara 1 Lomba lingkungan terbersih tingkat kabupaten Gresik. Dinas LH akan membantu desa Jombangdelik dalam bentuk tong Komposter, supaya kelangsungan hidup sehat dan terciptanya lingkungan yang bersih tetap terjaga dengan baik”

Kontroversi Tong Komposter: Perjuangan desa Jombangdelik meraih penghargaan Lingkungan terbersih tingkat kabupaten gresik, menuai hasil yang baik.

Konsep sehat dan bersih dalam lingkungan menjadi perhatian oleh dinas lingkungan hidup, utamanya terkait komposter ,

“Fungsi tong komposter sangat multiguna yaitu selain menampung sampah rumah tangga juga memproduksi kompos sebagai pupuk alami”, kata kades Jombangdelik.

Tong komposter hanya ditujukan bagi sampah berbahan organik, Mulai dari daun, kembang, sayur, dan sampah rumah tangga lainnya.

Dengan adanya tong komposter sampah organik yang ada bisa dimanfaatkan tanpa harus dibuang ke TPS/ tempat pembuangan sampah.

Terlebih sampah dari perkampungan tergolong besar karena memiliki penghuni yang juga banyak.

Kades Jombangdelik menuturkan keberhasilan ini, berkat kerjasama dan partisipasi warga, yang peduli dengan lingkungan bersih dan sehat.

sehingga .penghargaan juara lingkungan terbersih tingkat kabupaten bisa di raihnya, tandas ibu Sunarti kades Jombangdelik.

Camat Balonglanggang menekankan pemanfaatan lahan kosong, ditanami tanaman keras utamanya balai desa agar ditanami buah buahan, untuk di kampung toga harus diperbanyak tanamannya, juga perlu dikelompokkan ada kampung bunga.

“Serta sadar membersihkan lungkungan halaman rumah dengan membuang sampah pada tempatnya”,

Juga pola hidup bersih dan sehat tetap dijaga, kesadaran masyarakat sangat penting, guna menjaga lingkungan tetap bersih harus di budayakan, imbuh camat Balongpanggang Bapak M.Yusuf Anshori, S.Sos,MM. kamis, 7/2/19 depan awak media

Kadis Lingkungan Hidup Bapak Ir. Moch. Najikh, MM, saat ditemui awak media dikantornya, menambahkan

“Sebagai bentuk apreasiasi desa jombangdelik termasuk desa kategori juara 1 Lomba lingkungan terbersih tingkat kabupaten Gresik. Dinas LH akan membantu desa Jombangdelik dalam bentuk tong Komposter, supaya kelangsungan hidup sehat dan terciptanya lingkungan yang bersih tetap terjaga dengan baik”, kata Kepala DLH Gresik.

Serta dengan memanfaatkan limbah sampah rumah tangga bisa diproses dimasukan pada tong komposter dikelolah menjadi pupuk alami.

Juga memperbanyak tanaman untuk ditanam di lahan kosong/ pekarangan desa Jombangdelk imbuh, Bapak Ir. Moch. Najikh,MM.

selanjutnya akan kita kirimkan tim dari LH ke desa Jombangdelik kecamatan Balongpanggang, berkerjasama dengan pak camat , untuk memastikan kondisi di lapangan, papar kadis LH, Depan awak media. (arto)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Presiden dan Ibu Negara Kunjungi Korban Gempa Lombok

Penulis Kontroversi

Juragan rongsokan dibakar hidup-hidup oleh tetangga sendiri

Pengetahuan Teknis Pemilih Pemilu 2019 Masih Rendah

Penulis Kontroversi

Leave a Comment