Image default
Kajian Sosial

Masalah Sosial Saat Pandemi dan Solusinya

bebas

Perselisihan dalam masyarakat yang terdorong akibat dari interaksi sosial antar individu, interaksi sosial individu dan kelompok, atau antara suatu kelompok dan kelompok lainnya. Dalam keadaan normal masyarakat akan terintegrasi (bersatu) di dalam kehidupan yang sesuai pada hubungan unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat.

Contoh Masalah Sosial di Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan juga menjadi negara dengan penduduk terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Kondisi Indonesia yang seperti ini tentunya banyak problem (permasalahan) yang terjadi, masalah ini berhubungan erat dengan hubungan sosial di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Baik dalam ruang lingkup pergaulan di sekolah, keluarga, sampai pada segmen yang berhubungan dengan sara seperti agama, arti suku, makna ras, dan lain sebaginya.

Di tengah pandemi virus corona ini, masalah sosial nampaknya semakin mencuat naik dan mendapatkan perhatian publik. Sebagian besar, permasalahan ini terjadi karena kurangnya kemampuan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari yang memberikan dampak ke banyak hal. Di sini, redaksi Ajaib akan membahas ragam contoh masalah sosial yang terjadi di tahun 2020.

Mungkin dapat kita sepakati, Indonesia sekarang ini memiliki cukup banyak permasalahan yang perlu segera diatasi. Permasalahan ini juga tidak lepas kaitannya dengan hubungan sosial di dalam masyarakat Indonesia. Melihat kepadatan penduduk di Indonesia, masalah ini seperti tidak ada habisnya dari individu ke individu lain atau dari kelompok ke kelompok lain.

Benar, permasalahan sosial yang dialami di Indonesia memang memiliki ruang lingkup yang sangat luas. Mulai dari yang kecil seperti lingkungan keluarga, hingga ke permasalahan yang cukup besar yang menyinggung SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan)

Definisi Masalah Sosial
Secara sederhana, masalah sosial dapat diartikan sebagai perselisihan sebuah masyarakat yang disebabkan interaksi sosial individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau bisa juga antara kelompok dengan kelompok. Normalnya, masyarakat seharusnya bisa saling berdampingan dalam bermasyarakat yang memang kental atas nilai sosial dan unsur-unsur kebudayaan.

Masalah Sosial
Pengertian masalah sosial adalah perselisihan dalam masyarakat yang terdorong akibat dari interaksi sosial antar individu, interaksi sosial individu dan kelompok, atau antara suatu kelompok dan kelompok lainnya. Dalam keadaan normal masyarakat akan terintegrasi (bersatu) di dalam kehidupan yang sesuai pada hubungan unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat.

Akan tetapi apabila unsur yang telah menjadi kaidah sosial ini bentrokkan, maka dapat dipastikan bahwa hubungan-hubungan sosial akan terganggu sehingga memungkinkan terjadi kegoyahan dalam kehidupan kelompok.

Berikut ini adalah contoh kasus mengenai berbagai bentuk masalah sosial yang terjadi di Indonesia yang diberikan. Antara lain;

Berikut ini contoh masalah sosial yang terjadi di tahun 202i ini beserta solusi masalah (problem solving) di tengah tingginya angka penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona. Contoh masalah sosial lainnya adalah jauhnya kesenjangan antarmasyarakat jika dilihat dari faktor ekonomi.

Tingginya Penyakit Menular
Tingginya penyakit menular sedang menjadi perhatian banyak orang, bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Merebaknya Covid-19 di Indonesia bahkan melahirkan banyak masalah sosial baru yang tidak kalah urgensinya untuk segera dibereskan.

Covid-19 bukan hal yang remeh, bahkan pemerintah menerapkan darurat nasional untuk hal ini. Solusi untuk masalah ini adalah adanya kesinambungan antara kebijakan pemerintah dan reaksi yang diambil masyarakat.

Pemerintah harus aktif memberikan berbagai pengetahuan dan penyuluhan mengenai virus ini kepada masyarakat. Sebagai masyarakat, juga harus bisa memenuhi protokol kesehatan agar virus tidak mendapatkan inang baru untuk terus menyebar.

Kemiskinan
Sayangnya, kemiskinan masih menjadi masalah sosial yang mendarah daging di Indonesia dari tahun ke tahun. Di tambah dengan adanya virus Covid-19, banyak pihak yang bisa saja jatuh ke jurang kemiskinan jika masalah ini tidak coba dientaskan.

Solusi untuk menghadapi kemiskinan secara umum adalah dengan mendorong masyarakat untuk menjadi pelaku usaha atau berwirausaha. Khusus dalam pandemi ini, masyarakat juga harus kreatif dalam mencari cara untuk bisa berwirausaha tanpa harus melanggar protokol kesehatan yang ada.

Kemiskinan adalah salah satu bentuk masalah sosial di Indonesia yang menjadi tradisi dari tahun ke tahaun. Keadaan miskin ini akan memberikan efek yang kurang bermanfaat, lantaran masyarakat miskin bukan hanya pada fisiknya yang terancam akan tetapi dalam menjadi beban bagi negara.

Pendidikan yang Rendah
Pendidikan yang rendah merupakan permasalahan di Indonesia yang sudah mengakar. Dengan adanya pendidikan yang rendah ini, bisa timbul berbagai masalah sosial lain seperti kemiskinan dan kurangnya daya saing masyarakat Indonesia dengan masyarakat di luar negeri.

Bahkan, karena banyaknya warga yang mdnjzci korban pendidikan yang rendah, Indonesia dikenal sebagai negara pemasok Pembantu Rumah Tangga (PRT) yang biasa disebut sebagai pahlawan devisa. Padahal, Indonesia memiliki kapabilitas yang lebih baik daripada itu.

Sebenarnya pendidikan di Indonesia sudah terus membaik dari tahun ke tahun. Namun, masalahnya adalah luasnya negara Indonesia yang membuat akses pendidikan menjadi tidak merata di seluruh Indonesia.

Solusi yang bisa ditawarkan adalah pemerintah harus bisa segera meratakan pendidikan di tanah air agar kualitas pendidikan di pelosok tidak kalah dengan di kota-kota besar. Adanya aplikasi-aplikasi belajar online juga sangat membantu untuk mereka dalam mengejar ketertinggalan.

Modernisasi
Pesatnya perkembangan teknologi membuat masalah sosial yang baru, hal ini biasa disebut modernisasi. Lambatnya transisi masyarakat dari tradisional ke masyarakat modern membuat Indonesia kurang memiliki daya saing dibanding negara-negara lainnya.

Hasilnya, Indonesia masih berkegantungan dengan negara-negara lain, baik itu untuk pengelolaan bahan dasar yang sebenarnya Indonesia memiliki begitu banyak aset, hingga sumber daya manusianya. Tidak jarang, perusahaan lebih memilih mempekerjakan tenaga asing karena lebih kompeten dalam pengoperasian teknologi-teknologi teranyar.

Solusinya, pemerintah harus lebih aktif untuk membina masyarakat agar bisa lebih adaptif dengan perkembangan teknologi.

Pengangguran
Seperti yang sempat disinggung pada bagian modernisasi, kalahnya SDM lokal dengan SDM dari asing membuat angka pengangguran tumbuh subur di Indonesia. Hal ini memicu banyaknya penduduk Indonesia yang tidak produktif. Karena tidak produktif tetapi memiliki kebutuhan hidup sehari-hari, tidak sedikit masyarakat yang menimbulkan masalah sosial baru, yakni kriminalitas.

Solusinya, sebenarnya sedikit banyak pemerintah sudah mulai mengangsurnya, yakni memberikan pelatihan untuk sumber daya manusia yang dimiliki Indonesia. Pelatihan ini bisa banyak hal, baik itu untuk berwirausaha, pelatihan tenaga kerja, hingga pelatihan bahasa asing yang membuat SDM dari Indonesia memiliki kualitas untuk dipekerjakan.

Kesenjangan Hukum
Banyak masyarakat yang menyuarakan bahwa Indonesia memiliki kesenjangan hukum. Mereka percaya bahwa hukum di Indonesia dewasa ini lebih tajam ke bawah dibandingkan ke atas. Pandangan ini melahirkan ketidakpercayaan masyarakat akan hukum.

Jika masyarakat suatu negara tidak percaya dengan hukum yang menjadi batasan interaksi sosial antara masyarakat, bisa menyebabkan kegaduhan atau bahkan kekacauan yang bisa membahayakan negara.

Untuk hal ini, hanya ada satu solusinya, yakni memperbaiki seluruh ekosistem hukum di Indonesia agar bisa menjalankan hukum yang semestinya dan tidak berpihak pada pihak manapun.

Korupsi
Indonesia masih belum bisa bebas dari korupsi. Dari tahun ke tahun, ada saja kasus korupsi yang begitu masifnya terjadi. Baru-baru ini, oknum Asuransi Jiwasraya bahkan dipercaya melakukan tindakan korupsi yang nilai kerugiannya sampai triliunan rupiah.

Faktor penyebab tingginya angka korupsi di Indonesia bisa jadi disebabkan dengan adanya kesenjangan hukum yang telah disebutkan di atas. Yang mana, banyak oknum-oknum yang tidak takut dengan hukuman korupsi karena merasa hukum bisa dipermainkan.

Untuk masalah ini, solusinya sebenarnya sama dengan masalah sosial bagian kesenjangan umum, yakni mempertegas kembali hukum yang ada. Bahkan, pemerintah bisa memberikan hukuman yang jauh lebih berat kepada koruptor daripada apa yang sudah diterapkan sekarang ini.

Pertikaian
Semenjak adanya internet, kita menjadi bisa lebih banyak melihat pertikaian yang terjadi. Pertikaian ini bisa terjadi karena adanya gesekan antara satu pihak dengan pihak lainnya yang saling berselisih. Karena adanya internet, pertikaian seperti dipelihara dan sengaja dibesarkan oleh warganet agar gesekan ini terus menerus terjadi.

Solusi yang bisa dilakukan adalah mengajak pihak yang bertikai untuk bisa merefleksikan diri mereka terhadap pancasila. Di dalam ideologi pancasila kita menemukan bahwa perbedaan adalah yang membuat kita lebih berwarna jika kita bersatu. Selain itu, tiap individu masyarakat internet juga harus bisa menerapkan etika dalam berinternet agar gesekan demi gesekan tidak terus menerus terjadi.

Konflik Sosial Antar Kelompok
Dari pertikaian, bisa melahirkan masalah sosial yang lebih berbahaya, yakni konflik antar kelompok. Konflik ini biasanya terjadi karena ada kesenjangan sosial antara satu kelompok dan kelompok lainnya yang berbeda sudut pandang, budaya, dan pemahamannya.

Solusi yang bisa dilakukan untuk hal ini adalah dengan berupaya untuk mengintegrasikan tiap bagian masyarakat dan menerima keberagaman sebagai identitas dari negara Indonesia.

Kenakalan Remaja
Masalah sosial kenakalan remaja bisa terjadi karena banyak hal. Misalnya seperti kurangnya perhatian orang tua, buruknya lingkungan pergaulan, hingga asupan konten yang belum bisa ditelan mentah-mentah oleh remaja.

Solusi untuk hal ini adalah masyarakat harus bisa memberikan perhatian lebih kepada remaja di lingkungannya. Selain itu orang tua juga harus berperan aktif untuk menjaga moral dari sang anak. Institusi pendidikan juga bisa memberikan dorongan untuk remaja melakukan berbagai kegiatan positif agar tidak terlibat kenakalan remaja.

Pengangguran
Masalah sosial yang pada saat ini terjadi di Indonesia dan dapat memberikan efek yang berarati adalah pengangguran. Faktor penyebab tingginya jenis pengangguran ini adalah kekalahan SDM (Sumber Daya Manusia) Indonesia untuk berkompetisi dengan tenaga kerja dari negara lain.

Kaeadaan ini memicul negara dalam jumlah pendudukan yang tidak produktif. Salah satu cara mengatasi pengangguran dan solusinya di Indonesia ialah dengan memberikan pelatihan tenaa kerja, memberikan pelatihan bahasa, serta pelatihan ketrampilan yang membuatnya laku bekerja di sektor unggulan Indonesia.

Korupsi
Masalah sosial yang seringkali menjadi masalah yang menahun, dari tahun ke tahun adalah korupsi yang menggunakan jabatan dengan memperkaya diri sendiri. Masalah ini begitu pelik di alami Indonesia, bahkan pada saat ini masyarakat Indonesia seringkali di hadapkan dengan para pejabat yang menggunakan kekayaan negara untuk keperluan pribadi.

Pada tahun 2018 misalnya, kasus korupsi di Indonesia merajalela pada E-KTP yang memberikan efek kejerahan atas kepercayaan masyarakat dengan Ketua DPR (Setya Novanto). Bahkan di Tahun 2020 masih ada tindakan korupsi yang dilakukan oleh okunum Asuransi Jiwasraya yang merugikan negara sampai tereliunan rupiah.

Oleh karenannya cara atau solusi dalam mengatasi korupsi ini bisa dilakukan dengan memberikan hukuman yang lebih berat dibandingkan dengan hukuman yang saat ini diterpakan.

Pertikaian
Masalah sosial yang terjadi di Indonesia salah satunya dianataranya adalah pertikaian. Pengertian pertikaian ini adalah kekuarang kompakan masyarakat dalam mencapai tujuan sehingga berakibat pada perselihan antar masyarakat. Pertikaian bisa di latar belakangin dengan adanya perbedaan kepentingan serta kesenjangan sosial yang terlalu tinggi.

Cara atau solusi dalam mengatasi pertikaian bisa dilakukan dengan terus menerus mengejarkan pancasila sebagai Idiologi bangsa Indonesia yang sah, penanaman kuat terhadap Pancasila ini menjadi solusi atas banyaknya pertikaian yang terjadi.

Kesenjangan Hukum
Masalah lainnya yang menjadi sumber masalah adanya tentang ketidakberjalanan hukum di Indonesia dengan pandangan hukum tajam ke bawah (masyarakat bawah) dibandingkan dengan ke atas (pada masyarakat kaya). Pandangan tentang perturan hukum yang tidak berjalan sebagimana mestinya ini menjadi salah satu sumber berlangsungnya masalah yang terjadi.

Bahkan untuk contoh kasus terkait dengan kesenjangan hukum yang baru-baru ini terjadi misalnya saja menyikapi kasus hukuman yang diberikan oleh penyiraman Novel Baswedan yang hanya diberi ganjaran 1 Tahun kurangn penjara, akibat hal ini tentusaja memunculkan persepsi publik bahwa kesenjangan hukum masih berlangsung di negara ini.

Satu-satunya cara atau solusi yang bisa dipergunakan dalam mangatasi masalah sosial ini ialah dengan menjalankan hukum yang sesuai dengan aturan yang telah disepakati, sebab kesesuaian ini akan berdampak pada kepercayaan masyarakat dalam memandang hukum.

Pendidikan Yang Rendah
Pendidikan rendah menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di Indonesia, masalah ini berhubungan erat dengan kamampuan masyarakat dalam kualitas yang diberikan. Dengan pendidikan rendah masyarakat tidak bisa bersaing dengan tenaga kerja di luar negari, bahkan bangsa ini identik sebagai pemasok PRT (Pembantu Rumah Tangga) ketika bekerja di luar negari.

Oleh karena itulah salah satu sektor dalam upaya mengetasi masalah sosial ini ialah dengan meningkatan pendidikan dan terus menerus menyebarkan pendidikan yang merata bagi daerah-daerah tertinggal di Indonesia, untuk saat in aplikasi nyata yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan program relawan pendidikan.

Tingginya Penyakit Menular
Masalah sosial yang timbul di Indonesia berhubungan erat dengan faktor biologi, yaitu tingginya penyakit menular yang ada di Indonesia.

Penyakit ini pada umumnya melanda daerah-daerah tertinggal di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur. Solusi yang diberikan atas masalah sosial ini ialah dengan memberikan serta mengantispasi masyarakat melalui pengetahuan serta penyuluhan tenaga media yang baik.

Gizi Buruk
Masalah sosial yang ada di Indonesia dan menjadi salah satu yang belum dalam di atasi adalah masalah sosial gizi buruk.

Masalah ini berhubungan erat dengan sektor pendapaatan masyarakat dalam memnuhi kebutuhan hidupnya. Gizi buruk akan berdampak pada rusaknya SDM manusia Indonesia yang berkulitas, salah satu solusi yang diberikan ialah dengan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Konflik Sosial Antar Kelompok
Masalah lainnya yang ada dan seringkali di alami masyarakat adanya konflik sosial. Konfik ini sebagai contoh kelompok sosial di masyarakat yang tidak sepaham dengan keadaan dan tujuan yang sama, bentuk konflik ini misalnya saja adalah peperangan suku, budaya, atau lainnya.

Solusi yang diberikan dalam mengatasi masalah sosial ini misalnya saja dengan terus menerus mengutakan integrasi masyarakat dengan melibatkan masyarakat benar-benar sebagai pemilik negara yang sah, dengan cara inilah Indonesia bisa mengatasi konflik sosial yang terjadi.

Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja menjadi salah satu masalah sosial yang seringterjadi di Indonesia, masalah ini berakibat pada rusaknya mental remaja dalam menghadapi perkembangan perubahan sosial yang tinggi. Generasi mudah yang sudah rusak bahkan bisa menjadi ancaman yang berarti bagi Indonesia.

Cara mengatasi masalah sosial berupa jenis kenakalan remaja ini ialah dengan memberikan remaja peyuluhan serta bentuk kesibukan yang ada. Dorongan ini bisa dilakukan dengan mmberikan fasilitas untuk mendapatkan beasiswa di luar negri bagi remaja yang berpretasi.

Narkoba
Contoh lainnya yang berhubungan erat dengan masalah sosial di Indonesia adanya penyebarluaskan narkoba yang menjadi salah satu ditakuti bagi Indonesia. Narkoba sudah banyak dipasrakan di Indonesia, bahkan dari sejumlah kasus Pemerintah Indonesia melalui kepolisian pernah menangkan jumlah 4 Ton sabu pada tahun 2018.

Cara mengetasi masalah sosial bentuk ini ialah dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya nerkoba sehingga dengan demikian masyarakata akan mengetahui dampak negatif dari nerkoba ini.

Disorganisasi Kelurga
Bentuk masalah sosial yang ada di Indonesia selanjutnya adalah disorganisasi keluarga, hubungannya dengan hal ini ialah tingginya angka perceraian masyarakat yang menyebabkan keturuanan mereka menjadi keturan yang broken home dan sering mengelami gonjangan jiwa.

Cara mengatasi bentuk masalah sosial seperti ini ialah memberikan penanaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga pernikahan.

Konflik Ras
Bentuk contoh masalah sosial lainnya yang seringakli terjadi anatar masyarakat Indonesia adalah konflik antar ras, karena tidak bisa menerima perbedaan yang ada dalam kehidupan masyarakat. Sebagaimana Indonesia dikenal sebagai masyarakat multikultural. Pengertian masyarakat adalah kumpulan dua atau lebih orang untuk bersatu dalam kurun waktu tertentu.

Kemacetan
Salah satu bentuk masalah sosial di Indonesiayang sudah biasa terjadi adalah kemacetan, hubungan kemacetan ini erat kaitannya dengan kondisi banyaknya mobilitas masyarakat dari arah yang sama, keadaan ini seringkali terjadi di kota-kota besar di Indonesia.

Prilaku Konsumtif
Bentuk masalah sosial lainnya adalah prilaku masyarakat yang konsumtif, prilaku ini tentusaja berkaiatan dengan keinginan masyarakat menggunakan barang/jasa secara berlebihan tanpa memikirakam bagimana proses pembuatannya.

Umumnya masyarakat Indonesia hobi dengan prilaku ini yang menyebab perekonomian Indonesia bergantung pada perekonomian negara lain.

Kesehatan
Masalah sosial yang seringkali dialami oleh masyarakat tentang adanya kesehatan yang mahal. Kesehatan ini dikendari dengan keadaan masyarakat yang kurang mampu akan merasa kesulitan untuk mendapatkan haknya di dalam kesehatan. Ketidakberdayaan inilah membuat masayakat miskin sudah mendapatkan masalah kesehatan yang baik.

Modernisasi
Bagian daripada masalah sosial yang sulit diatasi tentang transiasi masyarakat dari tradisional ke modern. Masyarakat Indonesia cederung menggunakan cara-cara ya terdisional sedangkan cara ini sudah mulai ditinggalkan dan bahkan di lupakan oleh negara maju, ketradisionalan ini berdampak pada dorongan masyarakat untuk menjadi masyarakat yang modern.

Globalisasi
Maslah sosial lainnya yang bisa dimbul dari globalisasi ini sendiri adalah aspek penggunakan teknoogi yang beroritentasi pada kegemaran bukan memanfaatkan sebagi ladang mencari pengehasilan. Masalah ini timbul karena masyarakat tidak bisa meminimalir dampak positif dan dampak negatif globalisasi yang terbentuk.

Pengolaan SDA (Sumber Daya Alam)
Indikator dari masalah sosial lainnya adalah tentang pengelolaan SDA di Indonesia, dinilai pengeolaannya masih mengandalakan bantuan SDM dari luar neegri, kemadirian ini menjadi tidak terbentuk dalam masyarakat. Terutama kesaksian terhadap berbagai jumlah SDA di Indonesia yang diambil begitusaja oleh masyarakat asing, seperti freport, dan lains sebaginya.

Kejahatan Seksual
Masalah lainnya yang ada di Indonesia adalah kasus terhadap kejahan seksual, kejahatan ini berkiatan erat dengan sodomi, pemerkosaan, atau kasus lainnya yang seringkali bahkan menimpa anak-anak. Kondisi ini tentsuaja menjadi hal yang sangat di takutkan, lantaran akan berkibat pada bentuk oritentasi seks yang menympang.

Kekuarangmerataan Pembangunan
Terakhir, yang menjadi salah satu masalah sosial di Indonesia seringkali terjadi adalah ketidakmerataan masyarakat dalam pembangunan.

Daerah-daerah terpencil di Indonesia bahkan sulit mengimbangi pembangunan pad daerah yang maju, kondisi ini tentsuaja berakibat pada kehidupan masyarakat untuk melakukan trasmigrasi, urbanisasi, dan mobilitas penduduk lainnya.

Salah satu solusi yang bisa diberikan adalah dengan terus menerus melakukan pemertaan pembangunan. Pemerataan ini bisa menjadi simbul keadailan sosial bagi seluruh rakya Indonesia.

Rasisme
Arti rasisme yang ada di masyarakat tentusaja menjadi salah satu permasalahan sosial yang harus dihindari. Sikap ini kerapkali memunculkan polemik dalam kehidupan masyarakat, misalnya saja ketika ada pengeroyokan pada mahasiswa di Papua di Surabaya yang mengakibatkan marahnya masyarakat Papua dengan melakukan pengerusakan dan ingin memisahkan diri dari Indonesia.

Kost-Kost yang Bebas
Tidankan yang tergolong dalam masalah sosial dalam lingkungan pendidikan, khususnya di sekolah adalah maraknya kost-kost an bebas. Yang kenyataannya ini menjadi problematik terselubungnya bisnis haram seperti terjadinya kehamilan di luar nikah.

Faktor Pendorong Masalah Sosial
Faktor yang seringkali menjadi sumber masalah sosial di dalam kehidupan masyarakat dan lingkungannya, antara lain;

Ekonomis
Faktor ekonomis menjadi salah satu sumber masalah sosial dalam masyarakat lantaran faktor ini akan mengakibatkan kesenjangan sosial, serta kecemburuan yang berakibat pada dorongan masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Manusia yang memiliki keinginan tidak terbatas apabila kurang memenuhi kebutuhannya akan memberikan peluang terjadi penyimpangan terhadap norma sosial di masyarakat.

Biologis
Selain faktor ekonomis, seringkalipula yang menjadi latar belakang adanya sumber masalah sosial adalah faktor biologis seseorang, yang terjadi karena lingkungan tidak sehat sehingga menjadikan dia sebagai individu yang terjangkit dalam penyakit menular.

Psikologis
Psikologis menjadi salah satu unsur yang memberi pengaruh dalam masalah sosial di masyarakat. Faktor ini erat hubungannya dengan gonjangan jiwa serta fisiran setiap manusia yang tidak bisa seimbang dengan alam sadarnya, kondisi ini akan berkibat pada kegilaan serta ketidaknormalan dalam menjadi kehidupan.

Kebudayaan
Kasus masalah sosial di masyarakat yang terkhir, bisa terjadi karena kebudayaan yang berbeda dari satu kelompok sosial ke dalam kelompok sosial lainnya. Perbedaan ini bisa menyangkut pada sistem, adat, bentuk tubuh, paras wajah, kulit, dan lain sebagainya.

Kesimpulan
Dari penjelasan pengeratian masalah sosial dan faktornya di atas, Indonesia sebagai karakteristik negara berkembang dengan jumlah pendudukan yang besar tentusaja tidak terlepas dari masalah sosial yang terjadi, masalah-masalah ini penting untuk dipahami, lantaran menjadi objek kajian sosiologi.

Dari penjelasan mengenai masalah sosial di Indonesia di atas, pada dasarnya segala sesuatu yang tidak berjalan sebagimana mestinya bisa diartikan sebagai problem (masalah) sehingga akan berdampak pada hubungan sosial dan integrasi sosial dalam masyarakat, oleh karena itulah segala hal yang tidak sesuai inilah harus segera untuk di atasi, di kemudian hari.

bebas

There is no ads to display, Please add some

Leave a Comment

bebas