Image default
#mekanisme otomatis milyarder Bisnis

Kesalahan dalam Menyimpan Uang

bebas

Meskipun kedengarannya mudah, sederhana, dan sepele, tetapi siapa sangka banyak yang mengambil langkah salah untuk melakukan hal ini. Rupanya, menyimpan uang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Terlebih lagi jika kita memiliki nafsu yang besar serta sikap hedonisme yang cukup mendominasi, pasti rasanya akan sulit mengumpulkan lembar per lembar

Kesalahan-kesalahan Dalam Menyimpan Uang

Disini kita tidak akan membahas kesalahan menyimpan nominal uang tertentu. Akan dibahas beberapa kesalahan yang menyimpan uang yang general atau mencakup berapapun nominalnya.

Siapkan catatan Anda, dan catat apa saja yang harus dihindari dari kesalahan-kesalahan menyimpan uang berikut ini:

1. Tergiur Pada Apapun yang Murah

Hukum berbelanja tetap hemat dan berkualitas adalah dengan tidak tergiur dengan benda-benda murah atau benda-benda diskon. Sebaliknya, utamakanlah value dari suatu benda ketika berbelanja. Bayangkan saja, celana yang Anda beli dari diskon cuci gudang di department store pagi ini ternyata sudah robek saat dipakai di kemudian hari, dengan terpaksa Anda harus membeli celana lagi. Bukankah hal ini justru akan membuat Anda semakin boros? Benar saja, jadinya Anda harus mengeluarkan uang dua kali.

Sebenarnya, boleh-boleh saja tergiur dengan benda yang murah atau yang sedang diskon. Hanya saja, perlu Anda ketahui bahwa value dari sebuah barang adalah hal utama dalam berbelanja dan akan memberikan Anda benda yang awet. Jadi, saat Anda menemukan benda murah lihat-lihat dulu saja bagaimana kualitasnya, baru menentukan beli atau tidak.

2. Langsung Stop Tidak Berbelanja

Ya, hal ini masuk dalam daftar kesalahan menyimpan uang. Bukannya akan menyimpan uang Anda, Anda bisa saja terkena masalah lain dalam melakukan hal ini. Stop dan sama sekali tidak mengeluarkan uang hanya akan menyiksa Anda saja. Anda yang tadinya makan siang di luar saat jam kerja harus menahan lapar untuk mengumpulkan uang, bukankah hal ini akan menyiksa? Dalam aksi menyimpan uang, disarankan untuk tetap menjalani aktivitas Anda seperti biasa. Hanya saja, yang berubah adalah meminimalisir mana yang primer dan mana yang tersier.

3. Menilai Bahwa Anda Sendiri Harus Dikesampingkan

Kami tidak tahu Anda mengumpulkan uang untuk apa, bisa saja untuk liburan keluarga atau untuk dinner bersama kekasih di hotel termewah di kota. Apapun tujuan Anda dalam mengumpulkan uang, harus ada satu hal yang harus Anda ketahui. Jangan pernah mengesampingkan Anda sendiri saat Anda menyimpan uang. Hal ini berpotensi membuat penyesalan yang dalam ketika tujuan yang Anda capai rupanya kuang value. Tetaplah utamakan diri Anda saat menyimpan uang, jangan terlalu terforsir pada apa tujuan Anda menyimpan uang.

Mirip dengan poin sebelumnya. Dalam menabung atau menyimpan uang, jangan artikan hal ini sebagai agenda yang sama sekali tak mengeluarkan uang atau sebuah motivasi untuk menomorduakan diri Anda sendiri. Hal yang seharusnya terjadi saat Anda mengumpulkan uang adalah dengan mengurangi pengeluaran, meminimalisir nafsu belanja secara perlahan hingga akhirnya Anda lupa bahwa diri Anda tadinya adalah seseorang yang cukup boros.

4. Berpikir Semuanya Akan Ada dengan Instan

Rasanya memang semua yang instan itu tidak bagus dan cukup tabu. Kesalahan menyimpan uang yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah berasumsi bahwa semua akan memberi hasil dengan instan. Mereka berpikir bahwa dengan bersikap pelit dalam satu hari akan memberikan manfaat yang besar pada finansialnya. Padahal, inti dari menyimpan uang bukanlah hal ini. Hal yang harus diikhlaskan untuk menyimpan uang adalah usaha dan waktu. Jika Anda sudah menanamkan hal ini pada pikiran Anda, maka Anda akan sadar bahwa untuk bisa mengumpulkan sejumlah uang diperlukan waktu, bukannya satu atau dua hari saja.

Anda juga akan sadar bahwa mengumpulkan uang bukan soal tidak makan dalam satu hari. Melainkan sebuah usaha yang dilakukan setiap hari dan secara intens.

5. Percaya Bahwa Perubahan Itu Tidak Dibutuhkan

Salah besar jika seseorang yang ingin menyimpan uang menilai bahwa perubahan tidak perlu dilakukan. Perubahan dalam sendiri justru menjadi pokok atau landasan dalam menyimpan uang yang akan menghasilkan tabungan dengan nominal yang luar biasa. Dengan landasan atau pokok pula, orang bisa merubah gaya hidupnya dan mulai paham mana yang harus mengeluarkan uang an mana yang tidak perlu. Terkadang orang lupa bahwa menyimpan uang termasuk dalam gaya hidup. Seperti halnya jenis gaya hidup lainnya, gaya hidup yang baik akan tersemat secara otomatis dalam pikiran dan terkadang orang itu sendiri lupa akan tujuannya menyimpan uang.

Tetap sama halnya dengan poin-poin sebelumnya. Menyimpan uang bukanlah aktivitas yang hasilnya bisa dinikmati dengan instan. Menyimpan uang juga bukanlah hal yang membuat orang tersiksa dan melakukan perubahan yang drastis dalam waktu yang singkat. Realitanya, menyimpan uang bukan sama sekali hal yang negatif dan menyiksa. Menyimpan uang justru membuat orang yang melakukannya akan merasa bahagia karena berhasil mengurangi pengeluarannya, hanya mengeluarkan uang untuk yang penting-penting saja, serta bisa menikmati hasil berupa uang yang telah ia simpan, apapun tujuannya.

Kesalahan-kesalahan menyimpan uang di atas tanpa sadar sering orang lakukan, dan mungkin Anda sendiri juga selama ini melakukan kesalahan tersebut. Kini Anda sudah tahu bahwa hal-hal tersebut salah. Mulailah melangkah dengan menghindari lima kesalahan di atas saat menyimpan uang nantinya. (Isa)

bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Cara Bisnis Rumahan Cepat Sukses

Penulis Kontroversi

Mengelola Uang Ala Jutawan

Memulai Melakukan Persiapan Pensiun jauh Hari (Khusus Untuk Pegawai Swasta Sipil)

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas