Image default
Bisnis

Review Kebutuhan Manusia

bebas

Manusia disebut sejahtera ketika sebagian besar kebutuhannya bisa terpenuhi. Namun sejahtera berbeda dengan kaya. Kekayaan mengacu pada jumlah harta yang dimiliki seseorang. Seseorang tidak harus kaya untuk bisa merasa hidup sejahtera, dan orang kaya juga belum tentu merasa hidupnya sejahtera





Manusia memerlukan berbagai kebutuhan untuk menunjang kehidupannya. Mulai dari kebutuhan dasar agar bisa tetap bertahan hidup, seperti makananan, minuman, dan tempat berlindung; hingga beragam kebutuhan untuk mencapai kemakmuran seperti perhiasan, mobil mewah, dan sebagainya.

Sayangnya, beberapa orang tidak memahami apa yang jadi kebutuhan dan apa yang hanya sekadar keinginan. Padahal dengan memahami apa yang kita butuhkan, menjalani hidup jadi lebih mudah dan tenang. Juga keuangan jadi lebih terarah. Apa itu kebutuhan manusia? Berikut ulasannya.

Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan manusia merupakan hal-hal yang diperlukan oleh manusia untuk bisa bertahan hidup, juga halhal yang diingini manusia untuk memenuhi kepuasan jasmani dan rohaninya. Kebutuhan hidup merupakan pemenuhan yang diperlukan agar manusia merasa nyaman dan sejahtera.

Manusia disebut sejahtera ketika sebagian besar kebutuhannya bisa terpenuhi. Namun sejahtera berbeda dengan kaya. Kekayaan mengacu pada jumlah harta yang dimiliki seseorang. Seseorang tidak harus kaya untuk bisa merasa hidup sejahtera, dan orang kaya juga belum tentu merasa hidupnya sejahtera.

Jenis Kebutuhan

Kebutuhan manusia itu tidak terbatas. Manusia memiliki banyak ragam kebutuhan yang berbeda jenisnya.

Berikut ini beberapa kategori kebutuhan manusia dalam hidupnya.

  1. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Intensitasnya

Kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya, dilihat dari mendesak atau tidaknya kebutuhan tersebut terhadap keberlangsungan hidup manusia. Kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

Kebutuhan Mutlak: merupakan kebutuhan sangat mendasar yang harus dipenuhi oleh semua orang tanpa terkecuali. Jika tidak terpenuhi, maka orang tersebut tidak akan bisa bertahan hidup. Contohnya kebutuhan makan dan minum.

Kebutuhan Primer: merupakan kebutuhan pertama yang harus dipenuhi agar manusia bisa hidup dengan layak. Kebutuhan primer dibagi menjadi 3 macam: sandang, pangan, dan papan. Sandang, mencakup kebutuhan akan pakaian dan pelindung tubuh lainnya. pangan, mencakup kebutuhan akan makanan. Papan, kebutuhan akan rumah atau tempat berlindung lainnya.

Kebutuhan Sekunder: kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primet terpenuhi. Kebutuhan sekuder tiap orang berbeda-beda. Bergantung pendapatan yang dimilikinya. Kebutuhan sekunder diperlukan manusia untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai mahluk sosial berbudaya. Contoh kebutuhan sekunder misalnya: buku, ponsel, tempat tidur, kursi, meja, kendaraan, dan lain sebagainya.

Kebutuhan Tersier: kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini temasuk dalam kategori kebutuhan akan kemewahan. Semakin tinggi pendapatan yang dimiliki seseorang, makan tingkat kebutuhan tersiernya juga akan semakin tinggi. Contoh kebutuhan tersier misalnya: mobil mewah, barang-barang branded, rumah mewah, kapal pesiar, bahkan pesawat pribadi.

2. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, kebutuhan manusia dikelompokkan dalam 2 kategori, yaitu:

Kebutuhan Jasmani: merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh (jasmani). Tujuannya untuk memenuhi kepuasan raga. Kebutuhan jasmani ini bisa berupa barang ataupun jasa. Contoh kebutuhan jasmani berupa barang misalnya: skincare, pakaian, vitamin, makanan dan minuman, dan lain sebagainya. Contoh kebutuhan jasmani berupa jasa misalnya kebutuhan akan rekreasi, menonton di bioskop, berolahraga, dan lain sebagainya.

Kebutuhan rohani. Yaitu kebutuhan yang dibutuhkan oleh jiwa seseorang. Misalnya kebutuhan rasa aman, kebutuhan menjalankan ibadah dan lain sebagainya. Kebutuhan ini biasanya bersifat imateriil.

3. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Waktu Diperlukannya

Berdasarkan waktu dibutuhkannya, kebbutuhan manusia dikelompokkan kedalam tiga kategori, yaitu:

Kebutuhan Sekarang: merupakan kebutuhan harus segera dipenuhi ketika kebutuhan tersebut muncul. Pemenuhannya tidak bisa ditunda lagi. Contohnya kebutuhan makan dan minum untuk orang yang sedang merasa haus dan lapar; kebutuhan obat untuk orang yang menderita sakit.

Kebutuhan Masa Depan: merupakan kebutuhan yang pemenuhannya masih bisa ditunda hingga di kemudian hari. Bisa karna kebutuhan tersebut memang sifatnya tidak mendesak, atau memang karna baru akan dibutuhkan di kemudian hari. Contoh kebutuhan masa depan yang bisa ditunda adalah asuransi kesehatan. Contoh kebutuhan masa depan misalnya kebutuhan bayi yang masih didalam kandungan.

Kebutuhan Mendesak: merupakan kebutuhan yang tiba-tiba muncul dan sifatnya kritis. Jika tidak segera dipenuhi, akan mengancam nyawa orang tersebut. Contohnya kebutuhan darah untuk korban kecelakaan.

4. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjeknya

Berdasarkan subjeknya, kebutuhan manusia di bagi dalam dua kelompok, yaitu:

Kebutuhan individual: merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh setiap manusia secara individu, dan pemenuhannya juga dilakukan secara perorangan. Kebutuhan ini bisa berbeda antara individu yang satu dengan yang lainnya. Contohnya kebutuhan makanan, minuman, pakaian, sepatu, buku pelajaran, alat lukis untuk pelukis, alat pertukangan, dan lain sebagainya.

Kebutuhan kolektif: merupakan kebutuhan yang muncul karna adanya kepentingan bersama sesama manusia yang tergabung dalam suatu masyarakat. Pemenuhannya juga dilakukan secara bersama-sama, untuk mencapai kepuasan bersama. Contohnya kebutuhan pembangunan jalan, transportasi umum, listrik, keamanan dan ketertiban lingkungan, dan lain sebagainya.

5. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Sosio-Budaya lingkungannya

Berdasarkan sosio-budaya lingkungannya, kebutuhan manusia dikelompokkan dalan 2 kategori, yaitu:

Kebutuhan Sosial: kebutuhan yang muncul akibat keinginan seseorang terkait tingkat atau kedudukannya dalam masyarakat. Misalnya kebutuhan menjadi kepala desa

Kebutuhan Psikologis: merupakan kebutuhan batin seseorang yang muncul terkait dengan lingkungannya. Misalnya kebutuhan akan kebebasan, rasa aman, dan lain sebagainya.

6. Kebutuhan Manusia Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, kebutuhan manusia dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Kebutuhan Material: merupakan kebutuhan yang memiliki wujud atau berbentuk material. Contoh kebutuhan material misalnya makanan, minuman, pakaian, rumah, kendaraan, dan lain sebagainya.

Kebutuhan Immaterial: merupakan kebutuhan yang tidak memiliki wujud, atau benda immaterial. Contoh kebutuhan immaterial misalnya nasihat, dukungan, hiburan, dan lain sebagainya.

Benda-Benda Pemuas Kebutuhan Manusia

Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia memerlukan benda-benda pemuas kebutuhan. Benda-benda pemuas kebutuhan manusia ini dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu:

Barang
Barang merupakan benda pemuas kebutuhan manusia yang memiliki wujud fisik. Selain memiliki wujud fisik, ciri lain pemuas kebutuhan manusia berupa barang adalah memiliki nilai dan manfaat yang bisa dirasakan apabila digunakan. Selain itu nilai atau manfaatnya juga akan semakin berkurang setiap kali digunakan.

Contoh benda pemuas kebutuhan manusia yang dikategorikan sebagai barang misalnya: makanan, minuman, pakaian, kendaraan, ponsel, laptop, buku, dan lain sebagainya.

Jasa
Jasa merupakan benda pemuas kebutuhan manusia yang tidak memiliki wujud fisik. Meskipun tidak memiliki wujud fisik sehingga tidak dapat disentuh, namun manfaatnya bisa dirasakan ketika digunakan. Ciri lain pemuas kebutuhan manusia berupa jasa adalah nilai atau manfaatnya tidak akan habis meski terus digunakan.

Contoh benda pemuas kebutuhan manusia berupa barang misalnya ilmu pengetahuan, jasa potong rambut, jasa laundry, dan lain sebagainya.

Hal-Hal Yang Mempengaruhi Kebutuhan Manusia

Kebutuhan manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor dalam kehidupannya. Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan manusia antara lain:

Kondisi Alam
Kondisi alam secara tidak langsung akan menentukan kebutuhan manusia. Manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan kondisi dimana ia tinggal.

Misalkan, orang yang tinggal di daerah pegunungan akan memerlukan pakaian tebal untuk melindungi diri dari udara yang dingin. Sedangkan orang yang tinggal di daerah pantai lebih memerlukan pakaian tipis yang berbahan dingin, untuk melindungi diri dari sengatan panas matahari.

Agama dan Kepercayaan Yang Dianut
Ajaran agama yang satu akan berbeda dengan ajaran agama lainnya, termasuk tata cara peribadatannya. Sehingga kebutuhan yang harus dipenuhi tiap penganut agama akan berbeda.

Misalkan penganut agama Islam, akan membutuhkan busana muslim di hari raya Lebaran. Penganut agama Hindu akan membutuhkan patung sebagai simbol budayanya pada perayaan Nyepi. Penganut agama Kristen akan membutuhkan pohon cemara sebagai simbol budayanya di hari raya Natal.

Adat Istiadat
Adat istiadat suatu kelompok masyarakat didaerah yang satu akan berbeda dengan kelompok masyarakan di daerah lainnya. Adat istiadat akan mempengaruhi tujuan hidup serta prilaku setiap individu yang termasuk dalam kelompok masyarakat tersebut. Oleh sebab itu, kebutuhan masing-masing individu akan berbeda bergantung pada adat istiadatnya.

Misalnya: pada perkawinan dengan adat Batak, mempelai akan membutuhkan kain Ulos. Pada perkawinan dengan adat Jawa, mempelai perempuan akan memakai baju Kebaya. Pada perkawinan dengan adat Riau, mempelai akan menggunakan baju Kurung.

Profesi atau Pekerjaan
Pekerjaan atau profesi yang dimiliki seseorang juga akan mempengaruhi kebutuhan yang harus ia penuhi. Kebutuhan seseorang dengan profesi atau pekerjaan yang satu akan berbeda dengan yang lainnya.

Contohnya: seseorang dengan profesi dokter akan membutuhkan alat-alat medis seperti stetoskop, tensimeter, dkk. Seseorang yang berprofesi sebagai guru akan membutuhkan buku, alat tulis, alat peraga, dan pendukung pengajaran lainnya. seseorang yang berprofesi sebagai penyelam akan membutuhkan masker, wetsuit, kaki katak, dan peralatan selam lainnya.

Tingkat Pendapatan
Selain jenis pekerjaan atau profesi, tingkat pendapatan yang dihasilkan seseorang juga akan membedakan kebutuhannya dengan orang lainnya yang memiliki tingkat pendapatan berbeda.

Contohnya, orang yang memiliki pendapatan 50 juta perbulan akan memiliki tingkat kebutuhan tersier yang jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan orang yang memiliki pendapatan 2 juta rupiah perbulan.

Umur
Tingkat umur seseorang akan mempengaruhi tingkat kebutuhan yang diperlukannya. Seorang bayi misalnya, akan membutuhkan ASI dan sejenisnya sebagai makanan utamanya. Sedangkan orang dewasa memerlukan makanan berat untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

Pendidikan
Pendidikan juga akan mempengaruhi kebutuhan yang diperlukan seseorang. Seorang anak SD akan memiliki kebutuhan berbeda dengan kebutuhan seorang anak SMA atau mahasiswa Kedokteran.

Contoh lain, seorang lulusan tehnik pertanian akan membutuhkan alat-alat perkebunan, sedangkan seorang lulusan teknik elektro akan membutuhkan alat-alat elektronik.

Gender
Perbendaan jenis kelamin atau gender juga tentu akan mempengaruhi kebutuhan tiap individu. Seorang wanita misalnya, mengalami mentruasi setiap bulan, sehingga akan membutuhkan pembalut sedangkan pria tidak.

Wanita cenderung membutuhkan gaun, make up dan alat-alat kecantikan lainnya. Sedangkan pria cenderung membutuhkan alat-alat otomotif, sport, atau semacamnya.

Hobi
Hobi yang berbeda akan memunculkan kebutuhan yang berbeda juga. Misalkan seseorang yang memiliki hobi bermain basket akan membutuhkan bola basket. Orang yang hobi motor, akan memerlukan alat-alat otomotif. Orang yang hobinya memancing akan membutuhkan alat-alat pancing.

Kesehatan
Kebutuhan orang sehat dengan orang sakit akan berbeda. kebutuhan orang yang memiliki penyakit yang berbeda juga akan berbeda kebutuhannya. Misalnya, orang sakit akan membutuhkan obat, sedangkan orang yang sehat tidak membutuhkannya. Seseorang dengan penyakit diabetes membutuhkan gula diabetes. Seorang yang memiliki penyakit darah tinggi harus menghindari makanan berkoresterol tinggi.

Teknologi
Perkembangan teknologi juga mempengaruhi kebutuhan manusia. Misalnya saat ini, setelah penemuan teknologi komunikasi semakin berkembang, orang beralih menggunakan smartphone menggantikan telepon kabel.

Status Sosial
Status sosial atau tingkat kedudukan seseorang dalam masyaratat berpengaruh terhadap kebutuhan yang perlu ia penuhi. Seorang ketua RT misalnya, memiliki tanggung jawab yang berbeda dibanding warga biasa. Ia akan memerlukan alat-alat pendukung untuk melaksanakan kewajibannya sebagai ketua RT.

Trend Mode
Trend mode dalam berbusana berbeda-beda mengikuti perkembangan jaman serta musim yang sedang berjalan. Trend mode dijaman 80an berbeda dengan tren mode di jaman milenial, sehingga kebutuhan busana yang diperlukan juga berbeda. Selain itu, trend mode busana di musim dingin juga akan berbeda dengan trend mode busana di musim panas.

Kebutuhan memang sangat beragam. Tetapi agar dapat bertahan hidup, kebutuhan manusia paling dasar adalah makanan, minuman, pakaian, dan tempat berlindung. Selanjutnya kebutuhan lain akan muncul dengan tingkatan yang berbeda antar individu, bergantung kondisi lingkungan, taraf hidup, dan banyak faktor lainnya. (Isa)













bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Cara Bisnis Rumahan Cepat Sukses

Penulis Kontroversi

Kesalahan dalam Menyimpan Uang

Peluang Usaha Online Modal Kecil Yang Menjanjikan

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas