Image default
  • Home
  • Budaya
  • NGEBREAK DENGAN ANDROID KE SELURUH NUSANTARA
Budaya Hankam Tips & Triks

NGEBREAK DENGAN ANDROID KE SELURUH NUSANTARA

bebas

Sejalan dengan perkembangan jaman serta ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang radio komunikasi, Beberapa puluh tahun yang lalu di dunia radio komunikasi dikenal adanya Radio CB (Citizent Band) yang menggunakan band High Frequency ( HF ).

Pada era 1990-an hingga saat ini lebih banyak menggunakan band Veri High Frequency (VHF) meski ada juga yang menggunakan band Ultra High Frequency (UHF).
Untuk penggunaan frekuensi khususnya VHF dan UHF tersebut mula-mula hanya menggunakan Walkie Talkie kemudian berkembang menjadi Handy Talkie dan RIG seperti sekarang ini.

Walkie Talkie adalah sebuah alat komunikasi genggam yang dapat digunakan sebagai alat komunikasi antara dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio. Walkie Talkie digunakan sesuai fungsinyaa yaitu berbicara (mengirim) dan mendengar (menerima). Walkie Talkie juga dikenal dengan sebutan Two Way Radio atau radio dua arah, yang dapat melakukan pembicaraan Half Duplex, berbicara dan mendengar lawan bicara secara bergantian.

Namun karena semakin canggihnya teknologi komunikasi baru-baru ini telah di-launching IndoVWT (Indonesia Virtual Walkie Talkie) aplikasi Walkie Talkie yang beroperasi pada HP berbasis Android. Dengan menggunakan fasilitas Push To Talk (PTT) kita dapat menggunakan HP menjadi sebuah Walkie Talkie. Pada saat ini ada 2 aplikasi PTT yaitu Zello Walkie Talkie dan IndoVWT. Yang akan diuraikan pada kesempatan kali ini adalah IndoVWT, perlu diingat aplikasi ini lebih mudah digunakan dan tidak akan mengahabiskan quota internet Anda.

Cara menggunakan Aplikasi IndoVWT :
Pastikan HP Anda berbasis Android, HP berfungsi sebagai Walkie Talkie.
Pastikan Anda memiliki paket Internet, atau telah terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi, Jaringan internet sebagai pengganti frekuensi.
Pastikan Anda telah memiliki akun Facebook, karena aplikasi ini masuk melalui Facebook.
Download aplikasi IndoVWT DISINI
Install aplikasi IndoVWT
Buka aplikasi IndoVWT
Ketik Nama Pengguna, pada kotak dialog “User Name” untuk memudahkan lengkapi dengan 10.28 Anda lalu klik OK.
Ketik Lokasi atau nama Kota tempat tinggal Anda pada kotak dialog “Location”, kemudian klik Log In.
Apabila pada HP Anda telah terpasang aplikasi Facebook, aplikasi otomatis muncul kotak dialog Facebook yang isinya meminta persetujuan Anda untuk mengaktifkan aplikasi lewat FB.
Tetapi jika pada HP Anda belum terpasang aplikasi Facebook, akan muncul kotak dialog Username dan Password akun Facebook Anda untuk membuka kotak persetujuan di akun Facebook.
IndoVWT Anda siap digunakan untuk berkomunikasi ke seluruh Indonesia.

Fitur yang dapat digunakan :
CONNECT
Tombol yang berfungsi untuk mengaktifkan/on (warna hijau) dan menonaktifkan/off (warna merah).
Cara : menggeser atau tekan dan geser ke kanan on ke kiri off.
CHANNEL
Saluran/Kanal yang digunakan untuk bermodulasi yang berjumlah 100 channel, terdiri atas CH 00 sampai CH 99.
Cara : ketuk/sentuh tombol Up dan Down pada Papan bertuliskan SCAN.
IKON MEMBER
Jumlah Member yang aktif pada channel yang sedang digunakan.
Cara : ketuk/sentuh icon “Member” ( Angka menunjukkan jumlah User yang on line dan gambar orang warna biru dan kuning ) akan muncul daftar User yang on line pada Channel tersebut.
SCAN
Mencari dan memilih Channel yang diinginkan
Cara : ketuk/tekan tombol Scan akan scaning Up atau Down dan akan berhenti saat menemukan Channel yang sedang digunakan.
SET
Untuk mengatur :
ü Location
Ketik Lokasi atau nama Kota tempat tinggal Anda
ü Audio Player Max Buffer
Ketik/rubah yang semula 200 menjadi “99999” tanpa tanda petik.
ü Linked Account
Link yang digunakan adalah Account Facebook
ü Recording
Biarkan saja
ü Talk Butten
Set Size : tekan dan geser maksimal
Set Margin : tekan dan geser separuh dari bilah indicator.
ü Extra
Boleh dicontreng atau dibiarkab saja, jika dicontreng pada icon member akan muncul (!) tanda seru apabila sedang ada yang bermodulasi, muncul tanda panah ke atas jika ada yang masuk dan muncul tanda panah ke bawah jika ada yang keluar dari Channel.
ü Save
Klik SAVE untuk menyimpan.
PTT
Push To Talk adalah icon yang berperan penting pada saat Anda hendak bermodulasi dengan member lain, tekan dan tahan PTT seraya Anda berbicara, Pada saat ditekan icon akan berubah warna menjadi merah, Jika sudah selesai, lepaskan PTT warna akan kembali hijau.

Cara membuat Private Chat :
Tentukan Channel yang akan digunakan, contoh CH 10
Ketikkan Kode Private Chat, caranya tekan dan tahan CH 10. Kemudian akan muncul kotak dialog Private Key.
Ketik “indovwt” tanpa tanda petik pada kolom isian, lalu klik OK.
Undang teman Anda untuk bergabung pada Channel 10 dengan Private Chat “indovwt”.
Mengundang bisa dilakukan via aplikasi Facebook/Twitter/WA/BBM/SMS.

Penting!!!!
Ø Apabila masuk/pindah ke suatu Channel sebaiknya monitor terlebih dahulu sedikitnya 1 – 2 menit, agar tahu siapa yang sedang bermodulasi pada Channel tersebut, siapa pemegang Bintang dan siapa Moderator-nya.
Ø Apabila masuk/pindah/bergabung ke suatu Channel, gunakan isyarat pada interval dua pembicara yang tengah berlangsung dengan cukup TEKAN PTT 2 – 3 DETIK TANPA MODULASI user name Anda akan terpantau pada screen Moderator.
Ø Setiap pengguna IndoVWT harus dapat dikenali dari USER NAME dan LOCATION yang selalu muncul pada screen pada saat pengguna menekan PTT.
Ø USER NAME dan LOCATION setiap kali harus dipancarkan pada permulaan dan akhir bermodulasi, sekurang-kurangnya setiap 3 ( tiga ) menit sekali, dengan menggunakan abjad dan angka yang telah dibakukan secara internasional.
Ø Memasuki Channel dengan membawa berita penting/darurat yang tidak dapat ditunda, dapat langsung memutus pembicaraan dengan cara TEKAN PTT sambil berkata: …..Interupsi! Moderator harus memberi prioritas kepada pengguna tersebut untuk menyampaikan berita.
Ø Selalu gunakan kata ”ganti”/”silahkan”/”go a head”/”over” setiap mengakhiri pembicaraan.
Ø Usahakan selalu memberikan ”spasi” atau ”jeda” yaitu interval waktu ( tenggang waktu ) 2 sampai 3 detik setiap selesai berbicara, hal ini dimaksudkan agar apabila ada pengguna lain yang akan bergabung dengan mudah dapat dipantau melalui screen oleh Moderator dan para pengguna yang lain.
Ø Hindari pembicaraan yang menjurus kepada terganggunya kamanan dan ketertiban masyarakat, penghinaan kepada seseorang dan pembicaraan yang menyangkut SARA.

Mohon Menginformasikan ke Email info@indovwt.id Jika Ada Pengguna yang Mengatasnamakan Tim IndoVWT serta Mohon untuk Waspada Terhadap Modus Penipuan

bebas

A. Bagian Atas Aplikasi.
1.Pada Kanan atas Terdapat Icon Tombol Terhubung/Pemutusan Koneksi ke Server IndoVWT.
2. Pada Kiri atas Terdapat Logo dan Nama IndoVWT.
3. Jika sudah Terkoneksi di Belakang Nama IndoVWT Terlihat ID IndoVWT Anda sebagai Pengguna dan di bawah Nama IndoVWT Terlihat Informasi Channel.
4. Pada Kiri atas Jika Sedang ada yang Bermodulasi akan Tampil Informasi Nama, ID, Lokasi dari Pengguna Lain yang sedang Bermodulasi.

B. Bagian Layar LCD Aplikasi.
1. Pada Kiri atas Terdapat Nama Anda sebagai Pengguna.
2. Pada Kanan Atas Terdapat Sinyal Bar yang Jika disentuh akan Terlihat Angka sebagai Informasi Latency dengan Satuan ms (Millisecond/Milidetik) yang mana 1000ms adalah 1 Detik. Angka Latency yang Terlihat Menunjukkan Waktu Pengiriman Modulasi dari Perangkat Pengguna Menuju ke Server IndoVWT, yang mana dalam Bahasa Telekomunikasi disebut Transmit (Mengirimkan), disimbolkan dengan tanda huruf TX. Perbedaan Angka yang Terlihat Tergantung Kepada Perangkat Pengguna dan Jaringan Operator/Provider Masing-Masing Pengguna.
3. Pada Kiri Bawah Menunjukkan Angka CH (Channel), Jika Terkoneksi disentuh akan Terlihat Nama Channel, Percakapan Pribadi dan Pengelolaan Channel.
4. Pada Kanan Bawah Menunjukkan Icon/Simbol mengenai Daftar Pengguna dan Terlihat Angka sebagai Informasi Jumlah Pengguna yang sedang ada dalam Channel. Jika disentuh akan Terlihat Semua Nama, ID dan Lokasi Pengguna yang ada dalam Channel.

C. Bagian Scan.
1. Pada Tombol Scan Jika disentuh dan ditahan 1 sampai 2 detik akan Otomatis Menuju ke Channel lain secara Acak yang mana Channel tersebut sedang ada Aktivitas Modulasi.
2. Pada Tombol Scan Jika disentuh 1 kali akan Terlihat Daftar Channel dan Informasi Channel.
3. Jika disentuh pada Daftar Channel akan Terlihat Teks Menuju Channel dan Info Channel Tersebut.
D. Bagian Tombol Naik/Turun.
1. Jika disentuh akan Menuju Channel Naik/Turun Sesuai Pilihan.
2. Jika disentuh dan ditahan dalam Waktu 2 Detik akan Terlihat Info yang dapat diisikan Nomor Menuju Channel yang dikehendaki.

E. Bagian SET/Pengaturan.
1. Info Berfungsi sebagai Status Pengguna, Contoh Mohon Maaf, Sedang Istirahat.
2. Lokasi dipilih Provinsi dan Kota/Kabupaten Pengguna.
3. Tampilan Daftar Pengguna.
a. Opsi Pertama Klik Cepat Berfungsi untuk Menampilkan Menu Perintah secara Cepat Pada Daftar Pengguna di Channel jika Nama Pengguna Tersebut di Sentuh.
b. Tampilkan Modulator berfungsi Menampilkan Pengguna yang sedang Bermodulasi dalam Channel Tersebut.
c. Tampilkan PTT berfungsi Menampilkan Tombol PTT Jika Daftar Pengguna dalam Channel dimunculkan.

F. Akun Terhubung.
1. Akses untuk Terhubung/Memutuskan ke Akun Facebook sebagai Otentikasi dan Otorisasi ke Server IndoVWT.
2. Menampilkan Foto Profil Pengguna Kepada Pengguna Lain. Berfungsi Jika Tombol Terhubung/Pemutusan Koneksi dilakukan ulang.
3. Menampilkan Foto Profil Pengguna Lain yang Bermodulasi. Berfungsi Jika Tombol Terhubung/Pemutusan Koneksi dilakukan ulang.
4. Menampilkan Foto Profil Pengguna Lain pada Daftar Pengguna. Berfungsi Jika Tombol Terhubung/Pemutusan Koneksi dilakukan ulang.
G. Antrian Maksimal Pemutar Suara (Per 200ms. 1000ms = 1 Detik).
1. Berfungsi Menyeleraskan Suara yang diterima agar terkondisi dengan baik.
2. Angka Standar adalah 200. Angka Terkecil 10 dan Terbesar 99999. Pengubahan Angka dan Cek Modulasi dapat dilakukan di CH 100.
3. Memasukkan Angka untuk Tiap Perangkat Pengguna berbeda-beda tergantung dari Kondisi Sinyal Jaringan Operator Provider Telekomunikasi.

H. PTT ( Push To Talk ).
1. PTT Menggunakan Sentuh Langsung/Tahan serta Dapat Menggunakan Earphone, Handsfree, Headset Kabel yang Mempunyai Tombol PTT.
2. Opsi Toggle PTT adalah untuk Sentuh Tombol PTT 1 Kali dan Tidak Perlu Menyentuh PTT dengan Menahan Terus Menerus.
3. Volume Pemutar Suara saat Menekan PTT Berfungsi untuk Mengatur Suara Modulasi Pengguna lain yang masuk saat sedang Bermodulasi atau PTT disentuh dengan Opsi ke Arah Kiri untuk Mengecilkan ke Arah Kanan Membesarkan.
4. Opsi Getar dan Nada sebagai Indikator PTT disentuh.
5. Nada Mulai dan Akhir berfungsi Sebagai Indikator Bunyi jika PTT Pengguna disentuh dan dilepas.
6. Dapat Aktif di Latar Belakang berfungsi Ketika PTT disentuh kemudian Melakukan Aktivitas lain di Perangkat, Maka PTT tidak terlepas serta PTT dapat Aktif Ketika Layar Perangkat dipadamkan dengan Menggunakan Headset, Headphone, Earphone dan Handsfree yang Mempunyai Tombol PTT.
7. Mode Komunikasi Suara berfungsi untuk Menghapus Gema yang Terdengar Ketika Bermodulasi. Hal ini Berfungsi atau Tidak Tergantung Perangkat Pengguna yang mana Masing-Masing Perangkat ada Perbedaan dari Pabrik Pembuat Perangkat.
I. Tema
Pilihan Tampilan Aplikasi dengan 3 Tema yaitu Klasik, Bunga dan Kamuflase.
J. Tambahan.
Indikator Bergabung Pengguna adalah Informasi Keluar Masuk Pengguna Lain dalam Channel dengan Tanda Berkedip sebagai berikut:
1. Tanda Panah Naik adalah Informasi Pengguna Lain Masuk Channel.
2. Tanda Panah Turun adalah Informasi Pengguna Lain Keluar Channel.
3. Tanda Huruf i Kecil adalah Informasi Pengguna Keluar Masuk Channel
Informasi Tanda Indikator di atas akan Terlihat Berubah Jika Setelah Muncul Tanda Kemudian di Sentuh untuk Dihilangkan Sampai Terlihat Tanda Baru.
K. Simpan.
Menyimpan Pengubahan Semua Bagian dari Menu SET.

L. Lain-Lain.
1. Percakapan Pribadi sebagai Komunikasi Terpisah dalam Channel dengan Kunci Percakapan Pribadi Menyesuaikan dari Kebijakan Masing-Masing Channel.
2. Pengelolaan Channel adalah Sebagai Manajemen Pengaturan Channel dilakukan oleh Handler/Koordinator/PJ (Penanggung Jawab) Channel Masing-Masing.
a. Operator Otomatis untuk Menambahkan/Menghapus ID Pengguna Lain yang diberikan Akses Operator Secara Otomatis saat Masuk Channel.
b. Voice Otomatis untuk Menambahkan/Menghapus ID Pengguna Lain yang diberikan akses Voice Secara Otomatis saat Masuk Channel.
c. Ubah Mode Channel dengan Opsi Voice, Controlled, Wait Voice dan Wait Controlled.
d. Waktu Menunggu adalah untuk Mengatur Waktu PTT dapat disentuh Pengguna yang Tidak Terdaftar di Operator/Voice Otomatis Ketika Baru Masuk Channel.
e. Info Channel adalah sebagai Informasi yang Dapat disampaikan Mengenai Channel Tersebut Kepada Pengguna Lain.

M. Fitur Daftar Pengguna Dalam Channel.
1. Hang Up Berfungsi Menghentikan/Melepaskan PTT Pengguna Lain yang sedang Bermodulasi.
2. Wait Berfungsi Mengatur Waktu Pengguna Lain untuk Menyentuh PTT.
3. Silent Berfungsi Mengatur PTT agar Tidak Dapat disentuh oleh Pengguna.
4. Controlled Berfungsi Mengatur Pengguna agar Tidak Terjadi Saling Menyentuh PTT secara Bersamaan.
5. Voice Berfungsi Mengatur Pengguna agar dapat Bermodulasi Tanpa Pembatasan Waktu Bermodulasi.
6. Operator Berfungsi untuk Memberikan Akses Pengguna sebagai Operator Sementara.
7. Moderator Berfungsi untuk Memberikan Akses Pengguna sebagai Moderator Sementara.
8. Laporkan Berfungsi Melaporkan Pengguna yang Melanggar Ketentuan Penggunaan Aplikasi. Penggunaan Fungsi Laporkan Tidak diperkenankan Membuat Laporan Palsu atau Untuk Main-Main.
9. Info berfungsi Menampilkan Informasi, Nama, Info Status, Lokasi, Ping dari Latency Pengguna.
Angka Ping yang Terlihat sebagai Informasi Latency dengan Satuan ms (Millisecond/Milidetik) yang mana 1000ms adalah 1 Detik. Angka Tersebut Menunjukkan Waktu Pengiriman Modulasi dari Server IndoVWT Menuju ke Perangkat Pengguna, yang mana dalam Bahasa Telekomunikasi disebut Received (Diterima), disimbolkan dengan tanda huruf RX. Perbedaan Angka yang Terlihat Tergantung Kepada Perangkat Pengguna dan Jaringan Operator/Provider Masing-Masing Pengguna.
N.

Istilah Dalam Aplikasi indoVWT.

1. adalah Tanda Moderator.
2. adalah Tanda Operator.
3. adalah Tanda Voice.
4. adalah Tanda Controlled.
5. adalah Tanda Wait.
6. adalah Tanda Silent.
7. adalah Tanda Daftar Pengguna Dalam Channel.
8. Otentikasi di Aplikasi IndoVWT adalah Proses Verifikasi Identitas Apakah Pengguna adalah Orang yang Berhak dapat Masuk Aplikasi dengan Melalui Akun Facebook Menggunakan Username dan Password dari Pengguna.
9. Otorisasi di Aplikasi IndoVWT adalah Proses Izin Masuk ke Server indoVWT Melalui Aplikasi indoVWT setelah Proses Otentikasi yang telah di Informasikan oleh Facebook bahwa Pengguna adalah Benar Mempunyai Akun sebagai Pengguna Facebook dan Tidak dalam Status Pembatasan Akses.

O. Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Tim IndoVWT.
1. SysAdmin
System Administrator. Tugas Pokok dan Fungsi yaitu, Berkewenangan serta Bertanggungjawab Terhadap Channel, ID dan Komunikasi Secara Langsung atau Tidak Langsung.
2. N.O.C
Network Operations Center. Tugas Pokok dan Fungsi yaitu, Berkewenangan serta Bertanggungjawab Terhadap Aplikasi, Server dan Komunikasi Secara Langsung atau Tidak Langsung.
3. M.T.R
Monitoring, Traceroute, Reconnaissance. Tugas Pokok dan Fungsi yaitu, Berkewenangan serta Bertanggungjawab Terhadap Pengamanan Aplikasi IndoVWT Baik dari Dalam dan dari Luar Aplikasi IndoVWT.
4. SIRTI
Security Incident Response Team on IndoVWT. Tugas Pokok dan Fungsi yaitu, Berkewenangan serta Bertanggungjawab Terhadap Penindakan atas Pelanggaran Penyalahgunaan Aplikasi IndoVWT serta Komunikasi Baik Secara Langsung atau Tidak Langsung.
5. ERT
Education Response Team. Tugas Pokok dan Fungsi yaitu, Berkewenangan serta Bertanggungjawab Terhadap Edukasi Secara Umum Penggunaan Aplikasi IndoVWT serta Komunikasi Baik Secara Langsung atau Tidak Langsung.
6. STAFF ADMIN
Tugas Pokok dan Fungsi yaitu, Berkewenangan dan Bertanggungjawab Terhadap Administratif Operasional Tim IndoVWT serta Komunikasi Baik Secara Langsung atau Tidak Langsung.

INFORMASI:
Mohon Menginformasikan ke Email info@indovwt.id Jika Ada Pengguna yang Mengatasnamakan Tim IndoVWT serta Mohon untuk Waspada Terhadap Modus Penipuan dari Pengguna yang dengan Maksud dan Tujuan Menggunakan Aplikasi untuk Keuntungan Pribadi dengan Merugikan Pengguna Lain.

bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Persiapkan Pengamanan Pemilu 2019, Kapolres Gresik Gelar Latpraops Mantap Brata Semeru 2018

Penulis Kontroversi

Kapolres Gerak Cepat Pimpin Mediasi Siswa Yang Mempersekusi Gurunya di Wringinanom

Penulis Kontroversi

Cara untuk Maju dalam Kehidupan

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas