Image default
Tips & Triks

10 Manfaat Sumsum Tulang Sapi Bagi Kesehatan

Memang tidak terlalu banyak kandungan yang ada pada tulang sapi ini, tapi ketahuilah kandungan itulah yang sebenarnya diperlukan juga untuk tubuh. Jadi ke 5 kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan perkembangan pada tubuh

Sapi merupakan binatang peliharaan yang dijadikan suatu aset di sebuah pedesaan. Tidak hanya itu sapi ternyata memiliki banyak manfaat untuk dihasilkan, seperti susu sapi yang memang kerap dikonsumsi. Daging sapi yang harganya semakin mahal tentunya menguntungkan bagi para peternak sapi. Kulit sapi yang dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan. Banyak sekali bukan manfaat dari sapi itu sendiri, itu kenapa sapi sangat senang untuk dirawat dan dipelihara.

Selain itu, semua bagian dari sapi itu masih memiliki banyak fungsi lainnya. Seperti halnya adalah sum-sum tulang belakang sapi. Kita ketahui sum-sum tulang belakang memang sangat bermanfaat, apalagi untuk manusia sendiri sangat baik untuk kesehatan bagi tubuh kita. Mari kita simak, kandungan dan manfaatnya apa saja sum-sum tulang belakang sapi ini.

Kandungan dalam sum-sum tulang belakang
Lemak – Kandungan lemak yang ada pada sapi potong sangat banyak sekitar 51 gram per 3 setengah-oz, jadi sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan kulit anda
Protein – Sum-sum tulang sapi juga banyak mengandung protein, meskipun tidak sebanyak kandungan lemaknya. Bila kandungan lemak pada sum-sum tulang 51 Gom Player per 3 ½-oz, maka protein yang terkandung pada sum-sum tulang hanya 7g per 3 1/2 –oz saja. Memang tidak terlalu banyak namun dengan protein ini dapat membantu kesehatan anda juga.
Kalsium – Sum-sum tulang sapi mengantung 70 persen hidroksiapatit yang baik untuk kesehatan tubuh anda.
Zat besi – Zat besi yang terkandung pada sum-sum tulang sapi tidak begitu banyak hanya 480 mg saja.
Fosfor – Sedangkan kandungan fosfor pada tulang ini hanya 3,1 mg saja.

Memang tidak terlalu banyak kandungan yang ada pada tulang sapi ini, tapi ketahuilah kandungan itulah yang sebenarnya diperlukan juga untuk tubuh. Jadi ke 5 kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan perkembangan pada tubuh. Lalu apa saja manfaat dari sm-sum tulang dari sapi itu sendiri ? mari kita simak berikut ini

1. Mencegah kulit bersisik
Kekurangan lemak membuat kulit akan mudah bersisik, itu sebabnya kita membutuhkan lemak yang cukup untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam agar tidak bersisik dan agar tetap sehat, dengan kulit yang sehat, akan terlihat lebih manis dan cantik, bila kulit sudah bersisik, sangat sulit untuk mengambalikannya lagi, karena kandungan lemak yang dibutuhkan cukup banyak.

2. Membantu penyembuhan luka
Lemak juga membantu mempercepat penyembuhan luka. Pada saat lemak tercukupi di dalam tubuh dengan demikian, bagian tubuh yang terkena luka juga akan lancar bila hendak menciptakan perlindungan yang akan di gunakan untuk membantu menghambat pertumbuhan luka itu. Mempercepan penyembuhan luka tersebut, jika lemak tercukupi maka semua metabolisme dalam tubuh juga akan terbantu dan lancar.

3. Mengontrol fungsi jantung
Memang benar, ternyata manfaat sumsum tulang sapi juga dapat membantu untuk mengontrol fungsi jantung anda. Tidak begitu heran jika sum-sum tulang dapat membantu mengontrol fungsi jantung, karena fungsi jantung itu sendiri dapat di kontrol dengan mengandalkan banyak kalsium. Kita ketahui bahwa sum-sum tulang memiliki kalsium yang cukup untuk itu melengkapi kecukupan kalsium pada jantung.

4. Mengatur pembekuan darah
Fungsi tulang belakang pada manusia juga membantu pembekuan darah, bila mengkonsumsi sum-sum tulang belakang secara otomatis juga akan membantu untuk membekukan darah. Pada sum-sum tulang belakang terkandung asam lemak dan omega 3 serta omega 6 yang berperan penting dalam membekukan darah pada luka, sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka pada si penderita luka tersebut.

5. Mencegah osteoporosis
Osteoporoseis dapat terjadi apabila kombinasi antara semuanya tidak seimbang. Apalagi bila protein pada tubuh berkurang dan tidak tercukupi dengan penuh akan menyebabkan semakin cepatnya proses osteoporosis pada tubuh anda. Untuk itu agar tidak terjadi osteoporosis lebih baik mempebanyak protein untuk konsumsi asupan gizi anda.

6. Mengontrol fungsi tekanan darah
Selain mengontrol fungsi jantung, ternyata sum-sum juga dapat mengatur tekanan darah. Itu karena ada kandungan kalsium yang cukup juga dalam sum-sum tulang tersebut.

7. Memelihara kesehatan tulang dan gigi
Lagi-lagi kalsium dan kalium juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, itu sebabnya tulang sapi sangat bermanfaat karena tulang sapi memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk memberi asupan kalsium pada tubuh manusia,itu sebabnya tak heran bila sum-sum tulang sapi banyak dicari dan dimanfaatkan dokter untuk membantu mengobati pasien para penderita penyakit seperti tulang dan gigi tersebut.

8. Mempercepat proses penyembuahan tulang patah
Dalam kedokteran biasa menggunakan sum-sum tulang sapi untuk membantu menyembuhkan pasiennya yang terserang penyakit tulang patah ataupun penyakit lainya yang berkaitan dengan tulang.

9. Meningkatkan fungsi otak pada anak dan juga integelensi anak
Selain fungsi untuk tulang, juga bermanfaat untuk meningkatkan integelensi anak karena protein, kalsium dan juga kalium tercukupi sudah sejak usia dini.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh
Kandungan gizi yang cukup dari sum-sum tulang jadi dapat pula membuat kekebalan tubuh sehingga lebih kebal. Lebih dapat menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih baik, jika daya tahan tubuh baik, berarti tubuh akan sehat.

Bagaimana Cara menciptakan Sup Tulang Sumsum yang Paling Enak? – Seonggok tulang sapi yang tak ada dagingnya tampaknya hanya menjadi sampah jikalau yang mendapat tidak sanggup memasak, namun berbeda jikalau di tangan orang yang biasa memasak, meraka akan berpikir bagaimana caranya supaya tulang ini tidak terbuang sis sia dan bahkan di jadikan sajian masakan yang unik dan spesial.

Tulang sapi yang seakan tak berkhasiat itu sanggup di jadikan sop tulang yang benar benar nikmat, anda sanggup lihat di aneka macam rumah makan khususnya di perkotaan sup tulang menjadi sajian istimewa dan banyak diburu para penggila kuliner.

Cara mekannyapun sangat unik ialah dengan di sedot memakai sedotan minuman, sensasi yang didapat saat sumsum tulang berhasil di didapat sungguh laur biasa nikmatnya. Lalu bagaimana cara menciptakan sup tulang ala restoran itu? Oke di sini akan kami berikan caranya, pada dasarnya anda harus mengeluarkan aroma dari kaldu tulang tersebut supaya keluar, untuk caranya sebagai berikut;

Resep Dan Cara Membuat Sup Tulang Spesial
Bahan Bahan:
Tulang Sapi bab kaki
Sedikit Cuka
Air secukupnya
Garam
Gula pasir secukupnya (jika anda suka rasa manis)
Peyedap rasa serba guna
Sayur pelengkap (Jika anda Suka); bawang bombay, bawang putih, wortel, kentang, seledri. Dan untuk menghilagkan basi busuk tambahkan; kapulaga, cengkeh, pala, adas bintang, dan jahe

Cara Memasik Tulang
Mula mula silahkan beli tulang sapi dengan sumsum dari penjual daging langganan Anda. Minta dia untuk memotong tulang dengan pecahan agak kecil, sekitar 5 – 7 cm. Potongan kecil membantu mempersingkat proses memasak dan melepaskan nutrisi dari sumsum ke dalam kaldu.
Panggang tulang dalam panggangan suhu 200°C selama 45 – 90 menit hingga tulang berwarna kecoklatan, jikalau tidak ada panggangan anda sanggup membakarnya dengan arang. Proses pemanggangan ini akan membantu meningkatkan rasa kuah kaldu sup.
Masukkan tulang sumsum yang telah dipanggang dalam panci besar. Lalu, isi panci dengan air hingga tulang terendam sempurna. Tapi, usahakan supaya panci tidak terlalu penuh terisi air, ialah sekitar ¾ penuh saja.
Tambahkan sedikit cuka ke dalam air rebusan untuk membantu mengeluarkan nutrisi dari tulang ke dalam kaldu.
Rebus tulang dengan api agak besar hingga hampir mendidih, sebelum air berbuih. Lalu, kecilkan api dan terus rebus tulang hingga sekitar 8 jam. -Tambahkan air panas ke dalam kaldu untuk menjaga supaya tulang tetap terendam tepat dalam air. Cara ini dilakukan kalau Anda memang menginginkan sumsum meleleh ke dalam kaldu.
Kalau Anda ingin menikmati sumsum tulang dengan cara yang lebih sedap, ialah menyedot sumsum eksklusif dari tulangnya, sebaiknya tulang sumsum direbus sekitar 1 jam saja. Setelah direbus, tulang sumsum kemudian dikukus selama 30 menit. Hasilnya, sumsum yang sudah matang dan nikmat, tapi masih melekat dalam tulang.
– Tambahkan bumbu garam, penyaedap rasa dan gula pasir secukupnya. Jika mau dan berselera pedas silhkan tambahkan ulegan cabe rawit atau cabe merah, Anda sanggup menambahkan sayuran dan bumbu masak ibarat bawang bombay, bawang putih, wortel, kentang, seledri, dll. Anda bebas mengkreasikan sup sesuai selera Anda. —- Tambahkan pula rempah ibarat kapulaga, cengkeh, pala, adas bintang, dan jahe untuk menghilangkan basi busuk dari tulang sapi.
– Setelah tulang matang dan Anda sudah mendapat kaldu sesuai selera Anda, matikan api. Buang lapisan lemak yang mengambang di bab atas kaldu, selagi hangat sup sumsum tulang ini siap anda nikmati

Pada pada dasarnya cukup sederhana dan bumbunya juga tidak lengkap juga tidak apa apa, yang penting kaldu dari dalam tulang sanggup keluar sehingga menciptakan sedap pada kuahnya. Oke sahabta semua, begitulah resp dan cara menciptakan sup tulang yang benar dan pastinya nikmatnya nggak ketulungan.

Makanan dan minuman yang meningkatkan pertumbuhan tulang, baik dikonsumsi bagi penderita patah tulang

Penyembuhan bagi penderita patah tulang itu membutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam kegiatan yang sifatnya ringan monoton membosankan, terlebih jika tingkat mobilisasi menjadi terbatas, susah bergerak. Dan kenapa harus teliti? karena salah gerak dan posisi sedikit saja hasilnya bisa berakibat fatal.

Penyembuhannya bukan dalam hitungan hari, minggu atau bulan, tapi tahunan, walaupun bergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tulang tersebut, antara lain utamanya ialah usia dan zat makanan yang dikonsumsi.

Bagi penderita patah tulang, selain obat konvensional yang berisi kandungan unsur kalsium dll terkait resep dokter, yang dikonsumsi sehari-harinya diperlukan juga asupan zat makanan/minuman yg alami. Hal tersebut tidak dilakukan sekali dua kali, namun dianjurkan secara konsisten dilakukan setiap hari. Tentu saja dengan porsi yang proporsional, yang jelas, harus paham dan mengerti bahwa penderita patah tulang harus dibedakan dengan orang normal dari segi kontinuitas asupan makanannya. Terutama fokus pada makanan yang mendukung pertumbuhan tulang yang patah sebelumnya, seperti kalsium dan vitamin D.

Kalsium dan vitamin D adalah fondasi penting untuk membuat tulang dan gigi yang kuat. Kalsium mendukung struktur tulang dan gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. 😀
Sekilas, kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dari asupan makanan/minuman pada gambar ini

Makanan dan minuman yang dimaksud diantaranya ialah:
1. Yoghurt.
Kebanyakan orang mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari, tapi makanan tertentu, seperti yoghurt juga kaya dengan vitamin D. Satu cangkir yoghurt bebas lemak cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda.

2. Susu
Delapan ons susu bebas lemak akan menghasilkan 90 kalori. Pilihlah produk susu tanpa lemak yang diperkaya dengan vitamin D untuk mendapatkan manfaat ganda. Seandainya tidak gemar susu murni, bisa juga digantikan produk olahan seperti smothies atau jus buah yang dicampur dengan susu.

3. Keju
Hanya karena keju penuh kalsium tidak berarti Anda perlu makan keju berlebihan. Sebanyak 1,5 ons keju cheddar mengandung lebih dari 30% dari nilai harian kalsium. Kebanyakan keju mengandung sedikit vitamin D namun tidak akan cukup memenuhi kebutuhan kalsium.

4. Ikan Sarden
Ikan sarden ini biasanya dikemas dalam kaleng. Ia memiliki pemenuhan kalsium dan Vitamin D yang cukup tinggi. Rasanya pun gurih bisa ditambahkan di pasta dan salad.

5. Telur
Meskipun telur hanya mengandung 6% vitamin D harian Anda. Jangan memilih hanya bagian putih atau kuning saja karena akan mengurangi kalori. Vitamin D justru terdapat dalam bagian kuning telurnya.

6. Ikan Salmon
Salmon dikenal karena banyak mengandung lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Sepotong salmon dengan berat 3 ons sudah memenuhi 100 persen kebutuhan vitamin D Anda

7. Bayam
Tidak suka susu? Bayam akan jadi cara favorit Anda untuk mendapatkan kalsium. Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung hampir 25% dari kebutuhan kalsium harian Anda. Bayam diperkaya serat, besi, dan vitamin A.

8. Sereal
Sereal mengandung 25% vitamin D. Ini adalah cara termudah daripada memasak ikan salmon atau mesti berjemur.

9. Ikan Tongkol
Tuna atau lemak ikan lainnya merupakan sumber vitamin D. Tiga ons tuna kaleng mengandung 154 IU, atau sekitar 39% dari dosis harian Anda dari vitamin sinar matahari.

10. Sawi Hijau
Sama seperti bayam, sayuran berdaun hijau ini kaya akan kalsium. Satu cangkir sawi yang dimasak mengandung 25% kalsium untuk kebutuhan harian Anda. Sawi ini mudah diselipkan dalam makanan Anda.

11. Jus jeruk
Segelas jus jeruk segar yang diperas tidak memiliki kalsium atau vitamin D. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam askorbat dalam jus jeruk dapat membantu dengan penyerapan kalsium, sehingga Anda akan lebih mungkin mendapatkan manfaat dari minuman ini. (Isa)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Lakukan 12 Langkah Ini agar Karir Kamu Meroket

Penulis Kontroversi

Perbedaan PT dan CV

Penulis Kontroversi

6 Bisnis Tanpa Modal Bakal Sukses Jika Kamu Lakukan

Penulis Kontroversi

Leave a Comment