Image default
  • Home
  • Hankam
  • Wawan Hari Purwanto: 41 Masjid Pemerintahan Terpapar Radikalisme
Hankam Peristiwa Politik & Pemerintahan

Wawan Hari Purwanto: 41 Masjid Pemerintahan Terpapar Radikalisme

Paparan radikalisme dari 41 masjid itu terbagi dalam tiga kategori: Tujuh masjid masuk kategori paparan rendah, 17 masjid masuk kategori sedang dan 17 masjid kategori tinggi

Kontroversi Radikalisme: Badan Intelijen Negara (BIN) mengungkap ada 41 masjid di lingkungan kantor kementerian, lembaga serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terindikasi terpapar radikalisme.

Wawan Hari Purwanto Juru Bicara BIN mengatakan, 10 masjid di antaranya ada di kantor kementerian, 10 masjid di lembaga, dan 21 masjid lagi ada di kantor BUMN.

Menurut Wawan, paparan radikalisme dari 41 masjid itu terbagi dalam tiga kategori. Tujuh masjid masuk kategori paparan rendah, 17 masjid masuk kategori sedang, dan 17 masjid kategori tinggi.

Salah satu indikatornya, dakwah yang disampaikan khatib dalam ceramahnya berisi ajakan berperang ke Suriah atau Marawi, Fipilina Selatan, dan disampaikan dengan memelintir ayat-ayat Al Quran.

Hasil survei Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) Nahdatlul Ulama, terhadap kegiatan cermah di masjid lingkungan kantor pemerintahan.

BIN juga mensinyalir sedikitnya ada tujuh masjid di lingkungan perguruan tinggi negeri yang terpapar radikalisme, dan 39 persen mahasiswa di 15 provinsi tertarik dengan paham radikal.

“Penyampaian data ini adalah upaya BIN untuk memberikan peringatan dini dalam rangka meningkatkan kewaspadaan, menjaga toleransi dan menghargai kebhinekaan di Indonesia. Jangan sampai ujaran kebencian terhadap suatu kalangan mempengaruhi masyarakat, dan mndegradasi Islam sebagai agama yang menghargai keberagaman”, ujarnya dalam keterangan pers di Jakarta. (20/11)

Untuk menangkal penyebaran paham radikal itu BIN melakukan gencar memantau dan melakukan tindakan persuasif terhadap khatib yang kerap menyampaikan pesan-pesan radikal dalam ceramahnya.

BIN juga menggandeng ormas Islam seperti Muhammadiyah dan NU untuk aktif berdakwah di lingkungan masjid pemerintahan, memberikan dakwah yang menyejukkan.

Hasilnya dari Juni 2018 sampai sekarang, sekitar 60 persen masjid yang sebelumnya terpapar radikalisme kategori tinggi, sudah mulai berkurang kadarnya. (FK)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

KPK Duga Suap Bowo Sidik untuk Serangan Fajar Pemilu

Penulis Kontroversi

Fakta Pembunuhan Satu Keluarga di Sigi

Penulis Kontroversi

Panglima TNI Mutasi Dan Promosi Jabatan 136 Perwira Tinggi

Penulis Kontroversi

Leave a Comment