Image default
Politik & Pemerintahan

Ketidaktransparanan Papan APBDesa Diamini oleh Pihak Kecamatan?

bebas

Papan anggaran pendapatan dan belanja Desa Surowiti yang sebelumnya telah dipasang  secara terbuka di kantor desa yang memuat 5 (lima) pokok pembangunan secara global dan tidak di detailkan, serta sangat disayangkan tempat pemasangan papan anggaran diganti dengan banner foto dan ucapan sang kepala desa sehingga papan anggaran pendapatan dan belanja desa jadi hilang dan tidak terlihat lagi

Oleh Charif Anam
Ketua Ilham Nusantara

Gresik – Pemerintah telah memberikan kepercayaan anggaran dana yang bersumber dari APBN, APBD, BHP yang diberikan kepada desa,  dana diberikan oleh pemerintah disebut Dana Desa, besar harapan pemerintah agar  desa mampu menciptakan pemberdayaan masyarakat serta tujuan terpenting pengentasan kemiskinan, pengurangan pengangguran, serta menciptakan Sumber daya Manusia yang handal di setiap desa.

Pemberdayaan masyarakat desa, tentunya tidak luput dari pembangunan dibidang infrastruktur, sarana dan prasarana serta peningkatan pendapatan masyarakat desa dengan cara mengoptimalkan potensi alam mdengan manfaatkan kearifan lokalnya.

Desa merupakan pemerintah otonom terpisah, Kepala desa selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sekaligus Penanggungjawab dalam Pengelolaan dana desa. Pembangunan desa di laksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

Dalam Pengelolaan keuangan desa harus dilakukan secara Transparan dan akuntebel, mulai dari penganggaran, pengadaan barang, pelaksanaan kegiatan, pemeriksaan, pengawasan semuanya tidak boleh ada yang ditutupi.

Transparan yang dimaksud adalah memaparkan semua penggunaan anggaran desa jadi dalam papan anggaran pendapatan dan belanja desa wajib disampaikan secara terperinci, detail sesuai dengan pos-pos anggarannya

 

Transparan anggaran di papan APBDesa sesuai dengan Pos-pos penggunaannya

Sebagai bentuk dari transparan keuangan desa, desa membuat Papan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang wajib dipasang di kantor desa secara terbuka dan dapat diakses oleh semua elemen masyarakat.

Transparan yang dimaksud adalah memaparkan semua penggunaan anggaran desa jadi dalam papan anggaran pendapatan dan belanja desa wajib disampaikan secara terperinci, detail sesuai dengan pos-pos anggarannya.

 

Contoh papan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang terperinci sesuai.dengan Pos-pos anggarannya

Dalam pemasangan papan anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dapat kita lihat contoh salah satu papan anggaran Pendapatan dan Belanja desa milik salah satu desa di kecamatan dukun yang telah dipaparkan secara terperinci dan detail terkait anggaran desa sesuai dengan pos-pos anggarannya.

Di desa Dalegan kecamatan Panceng asalnya memasang papan anggaran pendapatan dan belanja desa hanya memuat  5 (lima) pokok perencanaan pembangunan desa, lalu kepala desa dalegan dan sekretaris desa Dalegan ditemui oleh Charif Anam ketua umum LSM ILHAM Nusantara dan diingatkan,  “agar papan anggaran pendapatan dan belanja desa dibuat secara transparan dan detail sembari ditunjukan contoh foto papan anggaran salah satu desa di kecamatan Dukun”.

Akhirnya oleh pejabat desa papan anggaran pendapatan dan belanja desa Dalegan dilakukan penggantian dari yang semula hanya memuat global anggaran mencakup 5 (lima) pokok pembangunan desa saja menjadi papan anggaran pendapatan dan belanja desa yang mencakup 5 (lima) pokok Pembangunan dengan keterangan secara detail sesuai dengan pos-pos anggarannya.

 

Desa di Kecamatan Panceng yang menutup Papan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dengan Banner Ucapan

Papan anggaran pendapatan dan belanja desa Surowiti yang sebelumnya telah dipasang  secara terbuka dikantor desa yang memuat 5 (lima) pokok pembangunan secara global dan tidak di detailkan yang sudah diingatkan oleh Charif agar diganti dengan papan anggaran pendapatan dan belanja desa yang terperinci seperti di contoh yang ada, sangat disayangkan tempat pemasangan papan anggaran diganti dengan banner foto dan ucapan sang kepala desa sehingga papan anggaran pendapatan dan belanja desa jadi hilang dan tidak terlihat lagi.

Kepala desa surowiti saat ditemui diruangan kerjanya tidak komentar terkait penggantian papan APBDesa dengan papan ucapan. (05/05/2021)

 

Kepala desa Surowiti siap berbenah

Banner APBDesa di balai atas masih terpasang. di balai pertemuan panceng masih terpasang. di depan balai desa gampeng semula sudah terpasang tapi untuk sementara waktu awal bulan puasa , pemdes Surowiti ingin menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa. sebab balai desa dekat masjid. tidak ada instruksi mengenai hal itu, dan segera akan dipasang lagi”.

Contoh, “papan APBDesa Dalegan bagus ngge mas. coba nanti saya minta petunjuk dulu nggih mas”,(07/05/2021)

Kepala desa Pantenan siap melepas Banner Bupati dan Wabup Gresik yang menutupi akses penglihatan Papan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa

Desa pantenan juga melakukan hal yang sama, papan anggaran pendapatan dan belanja desa ditutup dengan Banner Bupati dan wakil bupati sehingga papan anggaran tidak lagi bisa diakses khalayak umum.

Oh ya Cak, itu sementara saja setelah Romadhon besok akan di lepas, Mungkin kmaren gak ada tmpatnya yg Pas Cak, jadi sama teman2 langsung di pasang situ aja. Begini jawaban kepala desa Pantenan moh. Ilmin (07/05/2021).

Camat Panceng tidak merespon

Charif telah menyampaikan ke Camat panceng namun tidak direspon. (14/04/2021)

 

Papan anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dibuat secara Global sesuai Juklak yang ada

charif juga menyampaikan ke kasi pemerintahan kecamatan terkait papan APBDesa yang dinilai kurang transparan dalam pos-pos anggarannya yang telah ditanggapi “memang juklaknya seperti itu, papan anggaran yang memuat 5 (lima) pokok pembangunan, adapun terkait perincian anggaran bisa dilihat di siskeudes atau langsung bertanya ke pemerintahan desa setempat, dan semua sudah dilaporkan ke DPMD Gresik”. (05/05/2021)

 

LSM ILHAM Nusantara siap berikan Banner Papan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Gratis

Charif mengatakan bahwa pentingnya transparansi anggaran yang diterangkan dipapan anggaran pendapatan dan belanja desa sangatlah penting dilakukan agar bisa diakses khalayak umum, disamping bisa dilihat di siskeudes dan ditanyakan langsung kepada pejabat desa setempat. Karena masyarakat desa itu majemuk ada yang paham ada yang tidak paham, apalagi masih banyak yang gaptek. Apa susahnya memesan banner untuk memaparkan keuangan desa secara terperinci penggunaannya, kalau desa tidak ada anggaran kami LSM ILHAM Nusantara bersedia membantu untuk pembuatan papan anggaran pendapatan dan belanja desa secara Gratis yang disampaikan ke kasi pemerintahan kecamatan Panceng diruangan kerjanya. Tutup charif. (07/05/2021)

 

 

 

 

 

bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Pemerintah Siapkan Aturan Baru Pungutan Ekspor Sawit

Penulis Kontroversi

OM Rosabella Music meriahkan kaum milenial di lapangan Desa Cinandang Dawarblandong Mojokerto

Penulis Kontroversi

5 Tersangka Kasus Pembobolan 14 Bank Senilai Rp.14 Triliun Ditangkap

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas