Image default
Politik Pemerintahan Dalam Advertorial

Prupuh Menuju Keterbukaan Informasi Terbaik

bebas

Pemerintahan Desa Prupuh, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, kembali torehkan prestasi dalam kesiapannya menuju bidang keterbukaan informasi publik, Jawa Timur tahun 2022.

Orientasi yang diharapkan adalah Penghargaan Anugrah Keterbukaan Informasi Publik & Achievement Motivation Person AWARD 2022 Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Timur,

Pemerintahan Desa Prupuh sebagai Badan publik ke depan seharusnya tidak hanya melaksanakan keterbukaan informasi publik prosedural semata.

Artinya melaksanakan kegiatan sesuai dengan tekstual UU dan hanya sekedar lepas tanggung jawab saja. Namun yang diharapkan adalah keterbukaan informasi publik yang substantif. Yaitu harus berkomitmen dan melakukan upaya upaya inovatif serta membumikan keterbukaan informasi publik ke tengah masyarakat.

“Alhamdulillah, Pemerintahan Desa Prupuh sudah siap meraih penghargaan sebagai, desa informatif dengan peringkat 1 nominasi keterbukaan informasi publik Kategori Tingkat Desa”ucap Msshuda yang diamanahkan sebagai operator teknologi informasi desa Prupuh (yang notabene juga sebagai kaur pemerintahan, red).

Memiliki terobosan-terobosan digitalisasi nagari, Msshuda yang berlatar belakang pendidikan ilmu komputer ini, mewujudkan nagari yang informatif. Mengajak masyarakat mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk mengakses informasi bermanfaat.

Inovasi kedepannya, kata Msshuda yang akan didapuk oleh Indonesia Bebas Masalah sebagai divisi pengembangan sekretariat Desa Digital Terbuka (Open Desa) ini, nagari harus selalu bisa mengembangkan sistem informasi ini sesuai kebutuhan di nagari dan berdasarkan peraturan dan perundangan terkait administrasi desa.

“Masyarakat Cerdas, Badan Publik Informatif, Walau di Masa Pandemi”, ambah yang biasa disapa huda ini,  kian percaya diri dengan sumber daya terbatas, jika berkomitmen dan bersungguh-sungguh akan bisa mencapai hasil terbaik.

“Orientasi awal, gak muluk-muluk mas. Cukup menjadi peringkat terbaik dan bisa  mendapat penghargaan Prupuh Informatif dan peringkat satu Terbaik, kategori desa terbaik di Provinsi Jawa timur Informasi publik hak anda untuk tahu sesuai UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa”, tutur Mushollin singkat

 

Kenapa Harus Sistem Informasi Desa ?

Dalam konteks OpenSID, yang dimaksud dengan Sistem Informasi Desa adalah proses dan aplikasi yang:

  • Berbasis komputer
  • Mengelola informasi kantor desa
  • Mendukung fungsi dan tugas kantor desa, termasuk administrasi kependudukan, perencanaan, pelaporan, pengelolaan asset, pengelolaan anggaran, layanan publik, dsbnya

Dengan pengertian ini, jenis aplikasi yang tercakup dalam “Sistem Informasi Desa” suatu desa bisa saja lebih dari satu: misalnya OpenSID untuk pengelolaan data kependudukan, SISKEUDES untuk mengelola keuangan desa, aplikasi lain untuk mengelola BUMDes, dan sebagainya.

 

Peran dan Manfaat SID

Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat SID menurut pengertian di atas (tidak terbatas pada fitur yang ada di OpenSID saja).

  1. Kantor desa lebih efisien
    Misalnya, dengan memakai OpenSID, kantor desa dapat menyediakan layanan surat keterangan pada warga jauh lebih cepat dibandingkan cara manual. Dengan OpenSID, data penduduk sudah tersimpan dan dapat diisikan secara otomatis pada surat yang bisa dicetak langsung.
  2. Kantor desa lebih efektif
    Sebagai contoh, karena SID menyimpan data penduduk beserta atribut-atributnya, kantor desa dapat dengan mudah memilah data penduduk secara akurat berdasarkan kriteria yang diinginkan, sehingga bisa mentargetkan suatu program pemerintah secara tepat sasaran. Ini berbeda dengan proses serupa tanpa SID, di mana sering dilakukan penentuan sasaran program secara kira-kira dan tidak berbasis data.
  3. Pemerintah desa lebih transparan
    Dengan SID, pemerintah desa dapat mengelola informasi kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses warga. Misalnya, kantor desa dapat memakai SID untuk mengelola informasi perencanaan pengembangan desa dan menampilkan informasi tersebut pada berbagai media, seperti di web desa, papan pengumuman dsbnya.
  4. Pemerintah desa lebih akuntabel
    Dengan adanya informasi perencanaan, kegiatan pembangunan, penggunaan dana desa dsbnya di dalam SID yang mudah diakses warga, pemerintah desa akan dituntut untuk lebih akuntabel. Kantor desa akan mempunyai kesempatan untuk secara lebih mudah membuat laporan pertanggung-jawaban kegiatan, penggunaan dana desa dsbnya.
  5. Layanan publik lebih baik
    Seperti disebut di atas, dengan SID kantor desa akan lebih efisien dan lebih efektif dalam melakukan fungsi dan tugas mereka. Karena salah satu tugas utama kantor desa adalah memberi layanan publik, fungsi ini pun akan lebih baik. Contoh sederhana yang diberikan di atas, warga akan bisa memperoleh surat keterangan yang mereka butuhkan secara lebih cepat dan dengan data yang lebih akurat.
  6. Warga mendapat akses lebih baik pada informasi desa
    Dengan SID, informasi kependudukan, perencanaan, asset, anggaran dsbnya akan terrekam secara elektronik. Semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah diakses oleh warga. Kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa. Karena tahu data itu ada, warga juga mempunyai kesempatan untuk menuntut kantor desa untuk menyediakan akses pada informasi yang mereka butuhkan.
  7. Warga dapat berpartisipasi lebih aktif dalam pembangunan desa
    Ketersediaan data dan informasi desa yang mudah diakses akan meningkatkan potensi warga untuk berpartisipasi dalam pembangunan desa. Warga akan tahu kegiatan apa yang sedang berjalan dan apa yang direncanakan, sehingga dapat ikut mengawal kegiatan tersebut ataupun memberi usul, saran dan masukan lain terkait pembangunan desa. Lebih dari itu, SID juga mempunyai potensi untuk menyediakan media elektronik untuk menggalang partisipasi warga, seperti forum diskusi atau formulir komentar/usulan elektronik.

Silahkan cetak mandiri link dibawah ini:

Secara geografis Desa Prupuh terletak diantara 6  desa yaitu

  • Utara           : Desa Dalegan Kecamatan Panceng
  • Timur          : Desa Surowiti Kec. Panceng, Desa Canga’an Kec. Ujung Pangkah
  • Selatan       : Desa Ketanen Kecamatan Panceng
  • Barat           : Desa Ketanen, Desa Campurejo Kecamatan Panceng

 

Topografi ketinggian Desa Prupuh adalah berupa dataran sedang dan berbukit yaitu  sekitar 332 m diatas permukaan air laut. Curah hujan terbanyak terjadi pada bulan Nopember s/d Pebruari yang merupakan curah hujan tertinggi selama kurun waktu 2014 – 2019.

Secara admnistratif, Desa Prupuh terletak di wilayah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa – desa tetangga.

Jarak tempuh Desa Prupuh ke Ibu Kota Kecamatan adalah 1 Km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 5 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota Kabupaten adalah 30 Km yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 60 Menit.

bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Pembangunan Islamic Center Segera Tuntas

Penulis Kontroversi

Polsek Ujungpangkah  kawal Pengambilan vaksin COVID-19 Jenis Sinovac

Penulis Kontroversi

PT Smelting Bantu 12.500 APD Ke Pemkab Gresik

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas