Image default
Peristiwa Politik & Pemerintahan Referensi Bantuan

Perbarui Data KPM BLT Agar Lebih Tepat Sasaran

bebas

Pada Januari ini saya meminta kepada seluruh desa untuk melakukan updating data penerima BLT dengan basis data kemarin

Pewarta: Moh Salim Kontroversi
Editor : Imam Ahmad Bashori

Kontroversi.or.id – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mendorong seluruh desa untuk memperbarui data Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa agar target penyaluran bantuan itu lebih tepat sasaran.

“Pada Januari ini saya meminta kepada seluruh desa untuk melakukan updating data penerima BLT dengan basis data kemarin”, kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers di Kantor Kemendes PDT. (Rabu,30/12/2020)

jaring pengaman sosial tersebut masih akan terus disalurkan seperti penyaluran pada 2020, mengingat pandemi belum juga berakhir

Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa terkait program BLT di 2021, sesuai keputusan Presiden Joko Widodo, jaring pengaman sosial tersebut masih akan terus disalurkan seperti penyaluran pada 2020, mengingat pandemi belum juga berakhir.

“Jadi Kemensos juga mengeluarkan bansos dengan basis data yang sudah dimiliki. Dan Dana Desa juga masih digunakan sebagian untuk BLT Dana Desa, dengan basis data yang sudah ada,” kata Mendes.

Nominal dana minimal yang akan disalurkan untuk penyaluran BLT Dana Desa pada 2021 adalah sebesar Rp.300 ribu per bulan per keluarga penerima manfaat (KPM).

Untuk itu, pada hari ini Abdul Halim Iskandar berencana mengeluarkan surat edaran kepada seluruh desa untuk mengarahkan agar pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) segera dilakukan.

Terkait alokasi BLT dari Dana Desa, Gus Menteri mengatakan alokasi tersebut akan dilakukan dengan basis data 2020, tanpa menutup kemungkinan adanya perubahan data.

“Bukan berarti tidak boleh ada perubahan. Silakan ada perubahan. Tapi basis data penganggarannya tetap menggunakan basis data 2020”, kata Abdul Halim Iskandar.

data penerima kemudian perlu diverifikasi ulang untuk kemudian diputuskan di dalam musyawarah desa khusus (Musdesus) guna memutuskan siapa saja yang layak menerima bantuan tunai tersebut

Setelah desa diperbarui, data penerima kemudian perlu diverifikasi ulang untuk kemudian diputuskan di dalam musyawarah desa khusus (Musdesus) guna memutuskan siapa saja yang layak menerima bantuan tunai tersebut.

“Dengan demikian nanti akan kita informasikan kepada teman-teman berapa persen kira-kira penggunaan Dana Desa untuk BLT di 2021 dengan basis data real, tidak lagi asumsi”, demikian lanjut Abdul Halim Iskandar. (Moh.Salim)­


Unduh Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020/2021 di sini.

Unduh FAQ Panduan Pembelajaran Semester Genap 2020-2021 di sini.

Unduh Salinan SKB PTM di sini.

Penggantian Peserta Yang Mengundurkan Diri Sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Hasil Akhir Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil  (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Jadwal Wawancara Peserta Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Jadwal Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Pengumuman Pendaftaran Ulang Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Pengumuman Perubahan Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Kemensetneg Tahun 2019 bagi Peserta di Sesi 3 pada tanggal 17, 18, 19, 20, 22, 23, dan 24 Februari Tahun 2020 (download)

Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Pengumuman Hasil Verifikasi Sanggahan Pelamar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Pelamar Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Penyesuaian Persyaratan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Sekretariat Negara Tahun 2019 (download)

Pelayanan dan penjelasan informasi pelaksanaan Seleksi CPNS Kementerian Sekretariat Negara TA 2019 melalui:

a. menu Helpdesk pada https://sscasn.bkn.go.id;
b. email panitia seleksi pada rekrutmen@setneg.go.id.
c. telepon (pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB)
– untuk Formasi Jabatan Kemensetneg di (021) 3848265
– untuk Formasi Jabatan Sekretariat Kabinet di (021) 3843457



Situs Terkait

bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Kasus UAS Salah Alamat

Penulis Kontroversi

Diharapkan Perekonomian Pulih Kembali, Wabup Qosim Kunjungi Pasar Tangguh Duduk Sampeyan

Penulis Kontroversi

Personil Kodim 0817 dan Polres Gresik Bersenjata Lengkap Amankan Seluruh Kotak Suara dan Surat Suara di Seluruh PPK

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas