Image default
Dinamika Peristiwa

90% Menuju Pemungutan Pilkada Serentak

Persiapan lain yang juga tidak kalah penting adalah aplikasi Sistem Informasi Rekapitalisasi Penghitungan Suara (Sirekap). Simulasi aplikasi kepada semua petugas PPS dan PPK di Jatim sudah dilakukan

Pewarta : Imam Ahmad Bashori, Moh Ardi, Moh Salim
Editor    : Munichatus Saadah

Kontroversi.or.id – Choirul Anam Ketua KPU Provinsi Jawa Timur mengklaim, sampai hari ini. (Senin, 30/11/2020) Kesiapan 19 kabupaten/kota yang akan menggerakkan pemungutan suara Pilkada Serentak pada 9 Desember sudah 90 persen.

Pertama, terkait kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) sudah sejak 26 November lalu KPU telah melaksanakan rapid test untuk semua petugas di Tempat Pemungutan Suara.

Ke-dua, 470 ribu orang Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Petugas Linmas yang akan bertugas di TPS di 19 kabupaten/kota di Jatim.

Ke-tiga, semua anggaran penyelenggaraan pemungutan sudah cair sejak jauh-jauh hari. “Anggaran ini juga sudah klir,” katanya setelah Rakor Persiapan Pilkada Serentak Jatim 2020 di Surabaya.

Ke-empat, KPU Jatim memperkirakan logistik pemungutan suara yang sudah terdistribusi ke Kabupaten/Kota penyelengara sudah 80 persen.

“Bahkan sebagian besar sudah sampai di tingkat kecamatan. Jadi untuk logistik utama, seperti surat suara, kotak suara, bilik suara, semua sudah ada di kabupaten/kota,” ujarnya.

Tidak hanya logistik utama, Anam bilang, KPU juga sudah mendistribusikan logistik berupa alat pelindung diri (APD) untuk petugas. Ada 11 jenis APD yang disiapkan KPU.

“Hampir seluruh APD itu juga sudah sampai ke kabupaten/kota. Jadi untuk logistik, kami memastikan juga sudah klir,” katanya.

Ke-enam, persiapan lain yang juga tidak kalah penting adalah aplikasi Sistem Informasi Rekapitalisasi Penghitungan Suara (Sirekap). Simulasi aplikasi kepada semua petugas PPS dan PPK di Jatim sudah dilakukan.

“Sudah sejak tiga hari lalu simulasi kami lakukan terhadap semua petugas PPS dan PPK yang akan bertugas di Jatim,” ujarnya.

Untuk memastikan kelancaran penghitungan suara dengan Sirekap, KPU Jatim juga KPU kabupaten/kota penyelenggaraan Pilkada perlu memastikan bahwa semua TPS punya akses jaringan internet.

“Kami dua menginventarisasi. Total ada 48.607 TPS di Jatim. Kami sudah mengecek, 98 persen TPS ada sinyal (internet). Tinggal 360-an TPS yang kesulitan sinyal,” ujarnya. “Jadi kesiapan seluruhnya sudah 90 persen.”


Unduh Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020/2021 di sini.

Unduh FAQ Panduan Pembelajaran Semester Genap 2020-2021 di sini.

Unduh Salinan SKB PTM di sini.






There is no ads to display, Please add some

Related posts

Manfaatkan Domain go.id Untuk Mafia

admin

Presiden ajak TNI berantas komunisme dan warisan PKI

Penulis Kontroversi

Warga Antusias Ikuti Serbuan Vaksinasi Covid-19, Desa Glindah di Gresik

admin

Leave a Comment