Image default
#mekanisme otomatis milyarder Bisnis e-commerce Ekonomi Hobby & Komunitas

Cara Memilih Produk Untuk Dijual Online Dan Offline

bebas

Jika Anda ingin menjual produk secara online dan offline , ada baiknya Anda mencari jenis produk yang memiliki banyak peminatnya. Memang benar semua produk yang digunakan oleh manusia dapat dijual secara online, akan tetapi memilih produk yang memiliki potensi pasar tinggi itu jauh lebih baik ketimbang asal pilih saja.

Terbukti sekarang ini ada banyak kisah sukses para penjual online. Hal ini terjadi karena trend pengguna online terus mengalami peningkatan pesat.

Cara Memilih Produk Untuk Dijual Online Dan Offline

Oleh: Imam S Ahmad Bashori

Memilih niche yang salah atau produk yang tidak tepat berarti Anda telah gagal sebelum memulai. Tapi di waktu yang sama, Anda tidak bisa benar-benar memulai proses yang menyenangkan ini hingga Anda tahu kalau Anda ingin menjual sesuatu secara online.

Bukan hal yang baik bila apa yang Anda jual dan target pasarnya super kompetitif, sehingga kemungkinan sukses sangat kecil. Ada banyak variabel yang perlu dipertimbangkan, dan permintaan dan persediaan bukan satu-satunya faktor.

Kemungkinan keberhasilan Anda juga sangat bergantung pada seberapa baik eksekusi Anda. Variabel terbesarnya adalah “Anda.”

Jangan ajukan pertanyaan seperti:

Berapa lama yang dibutuhkan untuk bisa menghasilkan uang?
Seberapa cepat saya bisa meluncurkan toko online?
Yang perlu Anda tanyakan pada diri sendiri adalah:

Seberapa baik Anda bisa meluncurkan sebuah toko online?
Bagaimana Anda bisa menambahkan nilai pada niche ini?
Seberapa banyak waktu yang bisa Anda alokasikan untuk menjalankan toko Anda?
Aspek Penting Dalam Menentukan Produk Untuk Dijual online dan offline
Anggap saja Anda merupakan orang yang kompeten dan bisa mengalokasikan setidaknya 5 jam seminggu untuk bisnis Anda. Lantas aspek apa yang paling penting dalam menemukan produk yang tepat untuk dijual?

> Ketahui Trend 
Mengetahui trend lebih cepat dari yang lain akan memberikan kemenangan tersendiri bagi bisnis. Anda dapat menjual lebih dahulu dari yang lain sehingga dapat dengan mudah menjadi leader dalam bidang tersebut.

Nah dengan adanya teknologi kita bisa mendapatkan informasi ini secara mudah. Ada banyak platform yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan data trend.

Anda hanya perlu memahami cara kerjanya saja dan mau meluangkan waktu untuk melakukan riset.

Perhatikan Media Social => Caranya yaitu dengan memperhatikan apa yang sedang hangat dibicarakan. Misalkan dengan melihat hastag Twiter, memperhatikan topic trend Facebook. Untuk yang lebih canggih, Anda bisa menggunakan tool khusus untuk melihat trend media sosial.

Melihat data dari Google Trend => Google trend memberikan data pencarian yang mengalami kenaikan berdasarkan waktu. Nah Anda bisa perhatikan kapan dan apa saja yang trend pada waktu tertentu. Ini bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda menguasai trend.

Perlu Anda catat bahwa trend terbagi beberapa jenis berdasarkan waktu. Berdasarkan waktu trend ada yang jangka panjang, menengah dan seterusnya. Untuk itu Anda perlu membuat pertimbangan yang baik mengenai pola trend ini.

Mengetahui gambaran trend secara jelas dapat membantu Anda jauh lebih baik dari kompetitor Anda. Inilah alasan mengapa perusahaan besar selalu menggunakan big data sebagai basis analisis mereka.

> Mengetahui kompetisi
Setelah Anda menemukan jenis produk yang dipilih, selanjutnya coba ukur tingkat kompetisi yang ada.

Mengukur tingkat kompetisi penting dilakukan agar Anda dapat menentukan apakah produk layak dijual atau tidak. Banyak sekali pemula yang memilih produk yang tepat namun tidak mengetahui cara berbisnis yang tepat.

Hal ini terjadi karena pemula tidak mengukur tingkat kompetisi, memperhatikan tawaran kompetisi, strategi kompetitor dan bagaimana memberikan nilai tambah bagi produk Anda.

> Baca review konsumen pada produk yang Anda pilih
Tujuan dari poin ini adalah Anda menemukan apa yang menjadi kendala bagi konsumen pada produk tersebut. Nah jika ada, Anda bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen pada produk tersebut. Cara ini cukup banyak contohnya dan bisa dikatakan cukup efektif.

Jika Anda belum punya toko, Anda bisa melihat review produk yang laris pada toko besar lainnya. Coba temukan apa yang mereka butuhkan pada produk tersebut, bisa kah Anda memenuhi kebutuhan mereka.

> Memperhatikan hot selling
Pada toko online besar biasanya menyediakan informasi produk yang sedang laris manis. Dari informasi ini sebenarnya Anda sudah bisa mendapatkan gambaran secara jelas tentang apa yang memang dicari oleh konsumen.

Di Indonesia terdapat beberapa toko online besar seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak. Biasanya terdapat menu yang menyediakan informasi tersebut.

Dari informasi yang diberikan, Anda pasti sudah tahu apa yang sedang hot dibeli oleh konsumen. Nah selanjutnya ukur tingkat kompetisi yang ada dan apa saja strategi yang harus Anda terapkan.

Selain itu Anda bisa memperhatikan hot list dari toko online luar negeri. Misalkan toko online Amazon, Alibaba dan sebagainya.

Caranya juga sama yaitu cobalah perhatikan pada bagian hot sell di list mereka. Melihat trend pada kancah dunia memang baik, apalagi bisnis Anda menargetkan pasar dari luar negeri.

> Cari produk yang memberikan selisih keuntungan besar
Menjual produk yang memiliki modal kecil namun memberikan untung tinggi juga bisa Anda perhatikan. Karena seperti kita ketahui ada beberapa produk yang memang memiliki biaya produksi rendah namun memiliki permintaan yang tinggi.

Sebagai seorang pebisnis, tentu sudah sangat wajar mencari nilai jual dan beli dari suatu produk. Dari informasi ini, kita bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai.

Anda harus menghitung secara rinci biaya produksi, biaya promosi bahkan biaya pengiriman untuk dijual secara online.

Sebagai contoh, produk yang memiliki berat ringan akan sangat murah ketika dikirim melalui kurir. Sebab bisnis online biasanya sangat identik dengan biaya kurir.

> Menciptakan Solusi Bagi Konsumen
Seperti pada poin sebelumnya, membaca review konsumen. Sebenarnya bisnis jualan atau jasa terbentuk karena adanya solusi bagi konsumen. Misalkan solusi mengirim barang dari toko online, maka muncul berbagai jasa kurir pengiriman.

Anda dapat menciptakan atau menjual suatu produk secara online berdasarkan solusi bagi konsumen. Bisa jadi dari produk yang sedang laris, ada beberapa kekurangan dari segi tertentu, nah Anda bisa mengambil kesempatan tersebut untuk dijadikan produk bisnis.

> Ide Produk Sebenarnya ada Dimana mana
Sebenarnya menentukan produk untuk dijual online bisa didapat dari berbagai sumber. Mulai dari sekarang selain dari berapa poin diatas, cobalah Anda perhatikan sekitar Anda, televisi dan obrolan masyarakat.

Secara umum memang semua produk yang digunakan manusia dapat dijual secara online. Akan semua produk memiliki tingkat permintaan dan modal yang berbeda. Nah agar bisnis Anda lancar, Anda perlu melakukan analisa terlebih dahulu.

Tips tambahan sukses Jualan online Dan off-line
Teknologi online kini memang sangat membantu manusia dalam melakukan aktivitas. Trend belanja pun kini telah berubah ke transaksi online. Hal ini lah yang membuat mengapa bisnis online terus mengalami pertumbuhan pesat.

Agar Anda berhasil menjadi pebisnis yang sukses secara online. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

Miliki mindset yang tepat > Mindset merupakan faktor penting. Perbaiki pribadi menjadi lebih baik dan semakin baik.
Buat target secara jelas> Setiap orang pasti impian dan target. Untuk itu Anda perlu memiliki gambaran secara jelas target Anda.
Buat catatan secara rinci > Tak peduli apapun skala bisnis Anda, pastikan untuk mencatat kegiatan bisnis Anda.
Berikan yang terbaik untuk konsumen.

>Mengukur Permintaan
Yang pertama dan paling penting, harus ada permintaan. Kebanyakan orang mungkin tidak punya masalah dengan bagian ini karena selalu ada kecenderungan untuk memilih benda yang lumrah dijual ketika Anda memulai untuk pertama kali.

Sebaliknya, kadang muncul ide produk yang aneh dan tidak umum. Secara keseluruhan ada banyak cara untuk mengukur permintaan. Pertama, Anda bisa gunakan Google keyword planner untuk mencari tahu apa yang orang cari secara online.

Anda bisa lihat EBay completed listings dengan menggunakan tool seperti Terapeak. Anda juga bisa melihat Amazon untuk mengetahui apa yang dijual dan apa yang tidak dengan menggunakan tool yang disebut Jungle Scout. Menemukan permintaan produk cukup sederhana dilakukan bila Anda tahu dimana mencarinya.

>Mengukur Kompetisi
Setelah Anda tahu ada permintaan, Anda juga harus mengukur kompetisi, dan ada dua aspek yang perlu dipertimbangkan. Anda perlu mencari tahu apakah Anda bisa berkompetisi pada level kualitatif.

Apakah kompetitor memiliki website yang baik?

Apakah Anda bisa menawarkan pengalaman belanja yang lebih baik?

Apakan Anda bisa menawarkan pilihan yang lebih luas?

Apakah harga Anda kompetitif?

Banyak orang yang masuk ke proses pencarian produk untuk dijual tanpa mempertimbangkan siapa yang akan mereka lawan. Bila Anda tidak menawarkan alasan bagus untuk seseorang membeli dari Anda, maka tak ada alasan untuk membuka toko online.

Aspek selanjutnya dari evaluasi kompetisi Anda adalah dari perspektif mesin pencari. Seberapa kuat website yang jadi pesaing Anda dalam hal SEO? Bagaimana kemungkinan Anda berada di halaman depan pencarian? Baca artikel kami tentang tool SEO untuk optimasi website.

Bila ada banyak website yang sangat kuat di halaman depan pencarian, maka niche Anda kemungkinan sudah memiliki banyak pemain kuat yang sulit dikalahkan.

Beberapa hal tambahan yang perlu Anda ketahui:

Sudah berapa lama kompetitor ada di bisnis ini?
Bisnis yang tidak menghasilkan uang bukan bisnis namanya. Anda bisa gunakan layanan seperti Who Is untuk mencari informasi tentang domain tertentu dan mengetahui dimana didaftarkan.

Sebagai tambahan, Twitter dan Facebook akan menunjukkan pada Anda tanggal pembuatan akun. Mengetahui berapa lama usia bisnis kompetitor membantu Anda lebih baik membangun dan memahami kesuksesannya.

Seperti apa interaksi sosial mereka?
Interaksi sosial tidak hanya berhubungan dengan penjualan tapi menggabungkan dengan informasi lain. Ini membantu memberi gambaran yang lebih baik tentang kompetitor Anda. Satu hal penting yang perlu diingat di sini adalah Anda tidak bisa menganggap jumlah follower sebagai nilai lebih. Sekarang tidak sulit membeli ribuan follower palsu dengan harga yang murah.

Karenanya, Anda harus melihat seberapa banyak interaksi yang sebenarnya mereka terima pada postingan. Terakhir, ketika mengulas akun sosial kompetitor, perhatikan platform yang mereka gunakan, seberapa sering mereka berinteraksi dengan pelanggan, dan bagaimana mereka berbicara dengan pelanggan?

Traffic dan backlink
Traffic dan backlink bisa jadi indikator untuk kekuatan kompetisi dan keberhasilan pada sebuah market. Meski tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti jumlah traffic yang diterima sebuah website

Ada tool yang bisa membantu Anda mengukur perkiraan jumlah traffic yang didapat sebuah website, bersama dengan jumlah backlink yang mengarah ke website. SEMRush dan SimilarWeb menjadi tool bagus untuk mencari traffic kompetitor, sumber traffic, dan backlink.

Faktor Yang Paling Penting
Kadang Anda perlu mengabaikan permintaan dan kompetisi karena pada dasarnya ini adalah aturan umum. Aspek yang paling penting menemukan niche yang tepat adalah kemampuan untuk menyediakan proposisi nilai yang unik untuk toko Anda. Cari tahu niche yang menguntungkan untuk situs Anda.

Bila Anda memiliki sesuatu yang kompetitor tidak miliki atau bila Anda bisa membuat toko Anda menonjol, maka panduan, terutama panduan SEO, bukan lagi jadi faktor besar. Jadi meski bila halaman depan pencarian menunjukkan toko-toko besar atau bila website kompetitor terlihat sangat bagus, jika Anda bisa memberikan alasan bagus untuk seseorang berbelanja di toko Anda, maka ada potensi bagus Anda bisa berhasil. Tentu nilai proposisi Anda membutuhkan pengujian dan validasi.

Ini yang menyebabkan toko online berdasarkan niche memiliki keuntungan dibanding toko-toko besar. Kebanyakan toko besar memiliki budget besar tapi mereka juga memiliki banyak produk dan tidak mungkin mereka bisa fokus hanya pada satu jenis produk.

Karenanya bila Anda memilih niche yang sangat sempit dan menjadi yang tebaik dalam menjual produk kategori kecil, Anda bisa dengan mudah menjual melebihi toko terkenal. Tapi pastikan Anda memiliki sesuatu yang unik untuk ditawarkan.

Menemukan Sesuatu Yang Unik
Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menemukan sesuatu yang unik pada bisnis Anda. Bagaimana agar bisnis Anda bisa menonjol? Jawabannya berada pada keahlian Anda sendiri dan kesulitan apa yang Anda lewati untuk bisa menonjol. Baca informasi kami tentang kreatif dan produktif dalam bisnis.

Kebanyakan orang yang memulai bisnis online fokus pada seberapa mudah melakukan sesuatu. Tapi bila sesuatu mudah dilakukan maka bisa dengan mudah ditiru. Daripada fokus pada seberapa mudah sesuatu dilakukan, fokuslah pada melakukan sesuatu yang sulit dan memakan waktu. Bila sesuatu sulit untuk Anda, maka kemungkinannya akan sulit juga untuk siapapun.

Di awal tahun 2000, memulai sebuah toko online sulit dilakukan karena tidak ada infrastrukturnya dan tidak ada platform standar untuk ecommerce. Karenanya orang yang bekerja keras menciptakan toko online sendiri dari awal akan mendapat keuntungan paling banyak.

Tapi sekarang, memulai toko online sangat mudah dan tidak cukup hanya dengan memiliki toko yang menjual produk. Anda perlu bekerja keras untuk membuat Anda berbeda. Semakin sulit sesuatu dilakukan, semakin berkurang kompetisi yang Anda peroleh.

Menjual Sesuatu Yang Bernilai
Jadi bila Anda memulai toko ecommerce atau bisnis untuk tujuan ini, pastikan Anda memiliki seuatu yang berharga untuk ditawarkan. Daripada melakukan riset kata kunci dan melihat kompetisi pada mesin pencari, perhatikan dengan seksama semua kompetitor Anda.

Cari tahu apa yang mereka lakukan dengan baik dan apa yang mereka lakukan kurang baik. Beli produk mereka dan cari tahu bagaimana Anda bisa meningkatkannya. Hanya karena niche yang Anda ingin kejar menyatu dengan kompetitor tidak berarti Anda harus meninggalkannya selama Anda bisa meyakinkan orang kalau produk Anda lebih baik.

Sekarang ini, tiap orang terobsesi dengan kemudahan untuk mendapatkan uang atau kemudahan mendirikan bisnis dan menjalankannya. Bila sesutu sangat mudah maka kemungkinan Anda tidak layak melakukannya. Selalu ada uang yang dihasilkan bila Anda meluangkan waktu melakukan sesuatu yang orang lain tidak ingin melakukannya.

Posisikan Diri Sebagai Pelanggan
Toko online harus menampilkan produk yang menyediakan nilai, kualitas, dan performa yang baru dan lebih baik ke pelanggan dibanding apa yang sudah ada sebelumnya. Sering kali triknya adalah menyederhanakan produk yang rumit.

Survey Target Pasar Anda
Setelah mengumpulkan riset sekunder, waktunya mengumpulkan riset sendiri berdasarkan pada produk sebenarnya, pilihan niche, juga demografi target. Cara paling cepat dan murah untuk menciptakan survey adalah dengan menggunakan tool sederhana seperti Survey Expression, eSurveysPro, Survey Gizmo atau QuestionPro.

Untuk menulis validasi produk yang baik Anda perlu menyentuh tiap elemen berikut dalam pertanyaan survey:

Verifikasi audiens target. Anda perlu memulai dengan mengajukan pertanyaan kunci untuk memvalidasi audiens Anda. Menanyakan orang yang salah tentang ide produk Anda hanya akan membuang waktu percuma.
Minat awal. Selanjutnya, Anda perlu menentukan apakah orang menyukai ide produk Anda, apa yang mereka sukai dan apa yang tidak mereka sukai.
Niat membeli. Akhirnya Anda ingin mengajukan beberapa pertanyaan untuk mengukur niat membeli. Banyak orang, terutama bila Anda mengenal mereka, akan memberi respon sangat positif. Jadi penting untuk memasukkan orang-orang ini dalam tes untuk mengetahui apakah mereka sebenarnya membeli produk Anda.
Jangan takut bila Anda tidak mengenal siapapun di target market Anda. Ada beberapa layanan berbayar yang bisa membatu seperti Google Customer Surveys atau Survata. Layanan ini memungkinkan Anda menciptakan survey dan lalu mendistribusikan survey ke orang di target audiens atas nama Anda.

Pra-jual di Media Sosial dan Email
Bergantung pilihan produk dan niche Anda, kontak pada jaringan media sosial dan kontak email mungkin bagus untuk menguji ide produk Anda. Contohnya seseorang menggunakan akun sosial dan kontak email personalnya, untuk menghubungi teman dan kolega yang ia anggap tertarik dengan layanan potensial barunya dan menanyakan apakah mereka mau membeli.

Ia pertama mengirim email ke kontaknya. Lalu memposting di Facebook personal untuk mendapat feedback. Kemudian ia menggunakan Facebook’s Search Graph untuk menemukan dan menggapai orang yang jadi temannya yang belakangan menyukai apa yang ia tawarkan.

Melakukan Uji Toko
Satu dari sekian banyak cara paling baik untuk menguji dan validasi ide Anda adalah dengan melakukan uji toko. Metode populer ini melibatkan sebuah toko dengan produk Anda dan traffic ke dalamnya dalam periode waktu tertentu untuk menguji minat konsumen dan permintaan produk Anda.

Produk Apa yang Bagus Dijual Secara Online?

Jualan online menjadi tren yang sedang diminati oleh banyak masyarakat zaman sekarang. Mulai dari ibu rumah tangga, pekerja kantoran, hingga anak sekolah, semua bisa memulai usaha jualan online. beragam kemudahan yang ditawarkan oleh sistem jualan online disinyalir menjadi alasan terbesar mengapa orang-orang beralih profesi menjadi pemilik online shop.

Untuk bisa mulai usaha jualan online, kamu tak butuh modal yang banyak. Hanya smartphone, laptop/komputer, supplier barang dagangan, akun media sosial, rekening bank, dan kemampuan untuk menarik pelanggan membeli produkmu. Yang satu ini memang membutuhkan trik tersendiri. Tapi kalau barang daganganmu adalah yang termasuk laris manis di pasaran alias banyak yang mencari, maka menjualnya pun menjadi lebih mudah.

Produk apa saja yang paling laris jika dijual secara online!

Produk pakaian

Produk pakaian menempati posisi teratas daftar barang yang laris dijual secara online. Tren mode yang terus berkembang dengan semakin sedikitnya waktu yang dimiliki seseorang untuk berbelanja di toko fisik, menjadikan online shop yang menjual aneka macam jenis busana kebanjiran pesanan. Adanya online shop yang menjual aneka jenis pakaian untuk semua usia dan jenis kelamin ini tentu sangat menguntungkan bagi para customer karena hanya dengan scroll di smartphone, sudah mendapat referensi mode pakaian apa yang sedang tren, sekaligus bisa melihat harga, kualitas, serta biaya kirim.

Contoh publik figur yang sukses dengan produk jualan online berupa pakaian adalah Alice Norin dengan brandnya @8wood dan Zaskia Adya Mecca dengan @meccanism.

Produk perawatan tubuh

Jika melihat media sosial artis yang sering di­-­endorse barang dari berbagai online shop, tentu kamu akan menemukan banyak sekali produk perawatan tubuh yang mereka review. Sebut saja skincare, sabun wajah, sampo, lotion, obat anti jerawat, penumbuh kumis, dan yang lainnya. Menariknya, produk perawatan tubuh ini tidak terbatas untuk wanita saja lho. Ada banyak online shop yang menawarkan berbagai perawatan tubuh yang dikhususkan untuk pria.

Produk makanan kemasan

Semakin terbatasnya waktu yang dimiliki oleh masyarakat modern juga membuat produk makanan kemasan yang dijual online memiliki banyak peminat. Biasanya, jualan online produk makanan ini adalah homemade alias buatan sang pemilik sendiri dan tidak terbatas pada makanan berat seperti lauk pauk, tetapi juga jajanan dan camilan.

Pemilik online shop makanan kemasan biasanya menerapkan dua cara untuk memproduksi dan menjual produknya. Bisa dengan sistem pre order, yang artinya makanan kemasan diproduksi terlebih dahulu sesuai dengan permintaan, atau bisa juga dengan memproduksi makanan kemasan dalam jumlah banyak, tanpa mempertimbangkan jumlah pesanan, lalu kemudian dijual. Contoh publik figur yang memiliki bisnis jualan online makanan kemasan adalah Sarwendah (istri Ruben Onsu) dengan brandnya @resepsarwendah dan artis cantik Prilly Latuconsina dengan @bumbunona.

Sepatu

Penggila sepatu bermerk terkadang terlalu sibuk dan malas untuk membeli produk yang mereka inginkan di store fisiknya. Hal ini merupakan peluang yang baik bagi kamu untuk jualan online produk sepatu, seperti contohnya menjadi reseller resmi. Tentunya kamu harus pastikan bahwa orang yang menjual sepatu tersebut hanya memasarkan produk yang asli. Hal ini demi kredibilitasmu serta akun online shop yang kamu jalankan.

Produk kecantikan

Beberapa waktu ke belakang, skincare dan makeup menjadi dua produk jualan online shop yang sangat digemari. Memulai bisnis online shop produk kecantikan juga terbilang mudah, dengan target pasar yang sudah jelas. Kamu hanya tinggal cari saja produk makeup apa yang sedang digandrungi oleh banyak wanita. Lalu kemudian cari supplier terpercaya dari produk kosmetik tersebut dan pasarkan melalui akun online shop kamu.

Hijab

Busana muslimah ini sangat banyak yang mencari. Mulai dari anak remaja hingga ibu rumah tangga, semua mencari hijab. Terlebih jumlah umat muslim di Indonesia sangat banyak. Kalau kamu memilih untuk jualan online hijab, ketahui dulu bahan hijab apa yang paling nyaman dikenakan dan motif seperti apa yang paling laris di pasaran.

Untuk referensi dalam memulai usaha online hijab, kamu bisa lihat akun @alurcerita milik Natasha Rizky atau @hallybyawkarin milik selebgram Awkarin.

Disamping yang sudah disebutkan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi produk jualan online yang lumayan laris di pasaran. Satu hal yang harus kamu ingat saat memilih produk adalah untuk memastikan produk tersebut awet. Artinya, produk jualan online harus tahan lama sejak masa produksi, pemasaran, hingga pengiriman.

Peluang Bisnis Rumahan yang Menguntungkan
Posted Byby Dewaweb Team September 26, 2020
‘Peluang bisnis rumahan dengan modal kecil’ mungkin terdengar kurang menjanjikan bagi sebagian orang. Padahal, banyak bisnis-bisnis besar dimulai dari rumah dengan modal tak begitu besar. Namun, jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin peluang bisnis rumahan bisa mengantarkanmu menjadi pemilik bisnis yang lebih besar.

Meski disebut dengan “modal kecil”, tapi kamu tetap wajib memiliki modal. Tak melulu soal materi, tapi modal yang dimaksud juga bisa dalam bentuk pengetahuan soal bisnis. Ada dua kategori bisnis yang bisa kamu jalankan, yaitu bisnis offline dan online. Selain kategori, kamu juga bisa menemukan inspirasi bisnis menguntungkan dari artikel ini.

Bisnis Rumahan Offline

Sejak pandemi COVID-19 mulai memengaruhi kegiatan normal, mau tak mau masyarakat harus mampu bertahan untuk tak keluar rumah. Oleh karena itu, beberapa ide bisnis menguntungkan yang bisa dilakukan dari rumah ini mungkin bisa menjadi inspirasi untukmu.

Meski tak sepenuhnya offline, karena kamu harus menggunakan internet untuk mempromosikan diri dan berkomunikasi dengan pelanggan, tapi setidaknya kegiatan produksi dari beberapa peluang bisnis rumahan berikut dapat dilakukan tanpa internet alias offline.

Bisnis Kuliner

Menjual makanan merupakan salah satu peluang bisnis rumahan yang menguntungkan, mengingat semua orang memerlukan makanan. Tentukan pasar yang akan kamu targetkan dan cari tahu bagaimana caranya mempromosikan produk makananmu, misalnya promosi di Instagram. Jangan lupa, pastikan bahan makanan yang kamu gunakan higienis dan berkualitas.

Bisnis Laundry Pakaian

Jika kamu mempunyai mesin cuci, tak ada salahnya jika kamu menawarkan bisnis laundry pakaian yang dihitung per kilogram. Akan lebih baik jika kamu mempunyai modal tambahan berupa mesin cuci atau budget untuk membeli mesin cuci khusus laundry. Namun yang terpenting, pastikan bahwa kamu bisa menjamin kebersihan pakaian yang telah kamu cuci, ya!

Pembuat Pakaian

Apakah kamu mempunyai passion di bidang fashion? Jika ya, mungkin inilah kesempatanmu untuk mengembangkan diri. Buatlah beberapa sampel pakaian terlebih dulu dan promosikan di media sosial. Lalu setelah menerima beberapa pesanan, kamu bisa mulai memproduksi pakaian hasil desainmu dalam jumlah yang lebih besar.

Budidaya ikan hias

Peluang bisnis rumahan yang satu ini bisa memberikan keuntungan besar jika dijalankan dengan baik. Namun, tentunya kamu harus memahami target pasar dan jenis-jenis ikan yang biasanya dijual beserta kisaran harganya. Pastikan pula kamu memahami bagaimana cara merawat ikan yang benar.

Jasa memperbaiki barang elektronik

Tidak semua orang memahami bagaimana cara memperbaiki barang elektronik. Di saat yang bersamaan, semua barang elektronik akan rusak pada waktunya. Jika kamu mempunyai kemampuan atau pemahaman dalam memperbaiki barang elektronik, mengapa tidak dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan? Lumayan, ‘kan?

Event organizer

Meski pasca dimulainya pandemi ada banyak event atau acara yang dibatalkan, namun perlahan bisnis ini dapat kembali bernapas. Namun, kamu harus tau bagaimana memastikan acara dapat berjalan sukses dan protokol kesehatan tetap dijalankan.

Bisnis ini mungkin membutuhkan modal awal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu bisa mengakalinya dengan menyewa beberapa barang dari tempat lain. Namun tetap saja, orisinalitas ide harus dari dirimu.

Bisnis Rumahan Online

Tak hanya offline, ada pula berbagai jenis bisnis online yang bisa kamu lakukan tanpa perlu keluar rumah. Tapi jangan lupa, persiapkan koneksi internet dan perangkat yang memadai, ya! Setelah itu, simak beberapa peluang bisnis rumahan yang menguntungkan berikut.

Membuat toko online

Ketika jiwa berdagangmu tak lagi terbendung dan di saat yang bersamaan sudah banyak layanan yang bisa kamu maksimalkan, sudah saatnya kamu mengasah kemampuan berjualan secara online. Kamu bisa membuat toko online-mu sendiri.

Jika belum mempunyai cukup modal untuk memproduksi sendiri, mungkin kamu bisa menjalankan bisnis dengan sistem reseller atau dropship. Namun, pastikan kamu paham bagaimana cara mempromosikan produk tersebut di media sosial.

Virtual photographer

Apakah kamu pernah mendengar virtual photography? Istilah ini mulai terkenal beberapa bulan sejak masyarakat diwajibkan untuk mengisolasi diri di rumah. Tanpa dibatasi oleh jarak, kegiatan fotografi ternyata tetap dapat dilakukan secara virtual melalui video call. Mungkin kamu juga bisa mengasah kemampuan fotografimu dengan peluang bisnis rumahan yang satu ini.

Jasa membuat website

Mengingat banyak orang mulai membuat bisnis mereka dari rumah, kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk membuka jasa membuat dan mengelola website. Selain tak memerlukan modal besar, kamu juga bisa mengasah kemampuanmu mengenai website, baik dasar-dasar SEO maupun mendesain website.

Meski kamu tidak diwajibkan untuk menguasai coding dan programming, tapi setidaknya kamu harus memahami konsep dan cara membuat website. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan layanan cloud hosting murah dan terpercaya dari Dewaweb yang sudah dijamin cepat, aman, dan selalu bisa diandalkan, ya!

Jasa desain grafis

Banyaknya waktu yang dihabiskan selama di rumah aja bisa kamu manfaatkan untuk mencoba usaha menguntungkan yang satu ini, terlebih jika kamu mempunyai ketertarikan pada desain grafis. Tak hanya membuka jasa desain grafis sesuai permintaan orang lain, kamu juga bisa membuat desain sesuai keinginanmu yang bisa dicetak sebagai kaos, mug, atau merchandise lainnya. Tertarik?

Penulis lepas

Peluang bisnis rumahan yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang gemar menulis. Bagaimana tidak, jika menjadi penulis lepas, kamu akan lebih sering menulis dengan berbagai topik sesuai permintaan klienmu. Tentunya akan menjadi tantangan tersendiri, ‘kan? (Isa/Ahmad bashori/Ardi)

 

Unduh Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020/2021 di sini.

Unduh FAQ Panduan Pembelajaran Semester Genap 2020-2021 di sini.

Unduh Salinan SKB PTM di sini.

bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Mengenal Perilaku Konsumen Digital

Penulis Kontroversi

SBSN Pra Pandemi Vs Pasca Pandemi Untuk 700 Proyek Senilai Rp.138 Triliun

Penulis Kontroversi

Kinerja BPOM Awasi 9.392 Iklan Obat dan Makanan

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas