Image default
#mekanisme otomatis milyarder Referensi Referensi Kaya Raya Referensi UMKM

Kontroversi Omset Atau Profit yang Lebih Menguntungkan dalam Bisnis Anda

bebas

Omset atau profit? Pertanyaan ini tentunya kerap muncul di kalangan pengusaha, baik Owner, Distributor, Agen, Reseller, ataupun Dropshipper. Ya apapun jenis usaha anda, penyedia produk, jasa maupun retailer tentunya penasaran, sebenarnya mana yang lebih penting untuk usaha anda? Omset atau profit?

Oleh Imam S Ahmad Bashori

Pemasaran umumnya dilakukan untuk meningkatkan penjualan dari sebuah usaha. Pemasaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui internet. Berikut dijelaskan tentang pengertian pemasaran dan dasar-dasar pemasaran internet.

Pengertian pemasaran atau marketing dapat dikatakan mudah, namun sulit untuk dijelaskan. Pertama-tama, Anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian pemasaran. Peter Ferdinand Drucker, salah satu pakar bisnis yang paling terkenal memberikan penjelasan mengenai pengertian pemasaran sebagai berikut.

“ Tujuan ideal dari pemasaran adalah untuk meniadakan kegiatan penjualan. Pemasaran dilakukan untuk memahami pelanggan, menyesuaikan pelayanan dan produk dengan pelanggan agar dapat terjual dengan sendirinya ”.

Kesimpulannya, tujuan ideal dari pemasaran yang diutarakan oleh Drucker adalah meningkatkan jumlah penjualan tanpa melakukan promosi penjualan. Di era seperti sekarang, pemberitahuan tentang informasi yang tepat kepada calon pelanggan dapat dilakukan tanpa mengeluarkan biaya dengan memanfaatkan internet. Pemasaran melalui internet dapat mengurangi permasalahan yang dihadapi saat menggunakan metode penjualan tradisional. Pada artikel ini, akan dijelaskan dasar-dasar pemasaran internet yang perlu diketahui.

Jika Diberi Pilihan
Jika Anda diberi pilihan, apakah Anda lebih mengejar omset atau profit yang Anda dapatkan dari bisni Anda? Omset merupakan pendapatan yang didapatkan dari penjualan atau transaksi bisnis Anda, umumnya merupakan pendapatan kotor karena belum melihat pengeluaran produksi.

Jika anda diberi pilihan, lebih baik berhasil mendapat omset hingga Rp100 juta dengan profit Rp10 juta, atau anda bisa mendapat omset Rp20 juta dengan hanya mencapai omset Rp40 juta? Tentu pilihan kedua lebih menggiurkan bukan.
Benarkah? Mari kita coba bedah.
Pertama, anda harus memahami dulu, omset adalah hasil penjualan, apapun jenis produk yang anda tawarkan. Cara menghitungnya pun mudah karena hanya dua komponen yang diihat, harga dan kuantitas produk yang dijual.

Profit merupakan pendapatan bersih dari suatu bisnis yang telah dikalkulasi dan dikurangi dengan biaya produksi, biaya alat, dan biaya lainnya sehingga didapatkan keuntungan perusahaan. Kalau demikian, manakah yang harus Anda fokuskan untuk dikejar?

Profit merupakan pendapatan bersih dari perusahaan. Cara menghitungannya jauh lebih rumit dari omzet karena ada komponen tambahan seperti biaya HPP (Harga Pokok Produksi) dan Expense atau pengeluaran termasuk gaji, tagihan Listrik, biaya iklan, Pemasaran dan sebagainya. Dalam profit profit, sudah ada laba atau keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan baik dapat berupa laba bersih atau mungkin laba kotor yang belum dikurangi oleh pajak

Jika Anda Mengejar Omset

  1. Mengejar omset dalam jumlah besar dapat sesuai bagi bisnis dengan produk yang cepat kadaluarsa atau fast moving. Penjualan yang banyak dengan omset yang tinggi tentu akan menggerakkan perputaran produk yang cepat. Hal tersebut sangat penting untuk menghindari ketidaklayakan produk untuk dijual karena telah busuk atau kadaluarsa.
  2. Pengejaran omset yang besar dapat mengubah fokus dan arah sebuah bisnis. Bisnis tersebut harus memiliki perputaran produk yang cepat. Mau tak mau, bisnis itu akan memasuki pasar distribusi dan harus membangun jaringan. Namun demikian, bisnis tersebut harus memiliki pengukuran profit yang tepat sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian.
  3. Mengejar omset yang besar cocok bagi bisnis berjenis fast moving artinya produk bisnis kita sangat cepat kadaluarsa. Dengan demikian perputaran produk (inventory) menjadi jauh lebih penting untuk menghindari produk gagal jual akibat kadaluarsa yang dapat berakibat fatal bagi kelangsungan perusahaan.
  4. Yang perlu anda pahami juga, mengejar omset yang besar dapat mengubah fokus dan orientasi sebuah bisnis. Karena bisnis dengan model ini harus memiliki skema inventory mapan. Artinya bisnis anda mau tak mau akan masuk dalam pasar distribusi dan membangun jaringan.
  5. Bisnis model ini juga membutuhkan pengukuran cashflow dan profit yang tepat sehingga perputaran produk dalam waktu yang cukup lama ini tidak menghabiskan nafas perusahaan.
  6. Ini berarti bisnis anda akan lebih berorientasi jangka panjang. Jika anda dapat bertahan dengan baik, seiring dengan berjalannya waktu, anda akan mendapatkan konsumen yang puas serta produk yang berkualitas sehingga margin profit dapat ditingkatkan. Dan yang lebih penting bisnis anda akan berpeluang bertahan jauh lebih lama dari yang anda bayangkan.

Jika Anda Mengejar Profit

  1. Sebelum Anda menargetkan untuk mengejar profit yang besar, terlebih dahulu perhatikanlah jenis bisnis Anda. Apabila bisnis Anda menawarkan produk dengan tenggat waktu kadaluarsa yang lama, maka keputusan mengejar profit adalah tepat. Hal tersebut karena waktu kadaluarsa masih lama sehingga Anda tidak perlu terlalu terburu-buru untuk menghabiskannya dalam penjualan.
  2. Umumnya pengusaha yang mengejar profit lebih memilih bisnis jangka pendek saja. Namun, bisnis ini mempunyai kompetisi yang ketat dan banyak saingan. Oleh sebab itu, Anda harus bekerja lebih giat dan pantang menyerah untuk mendapatkan profit yang melesat.
  3. Ini berarti jika anda memilih mengejar bisnis dengan profit yang besar dengan nilai omset tidak terlalu besar, maka anda harus memperhatikan jenis bisnis yang anda geluti. Jika produk yang anda jual merupakan produk pasar retail ataupun produk yang tidak memiliki tenggat kadaluarsa, maka ini merupakan pilihan yang cukup tepat.
  4. Anda tidak perlu pusing bagaimana cara menjual barang sebanyak-banyaknya dengan cepat. Sebaliknya pengejaran omset dalam bisnis jenis ini tanpa sadar banyak menjebak para pebisnis untuk menggejot omset melalui promosi besar-besaran hingga diskon yang tidak terkontrol.
  5. Akibatnya meski angka penjualan besar ternyata margin keuntungannya tidak terlalu besar. Dan bukan tak mungkin jika malah merugi lantaran uang perusahaan habis untuk biaya promosi serta perhitungan diskon yang tidak tepat.
  6. Konsekwensi bagi anda yang menyukai angka profit yang besar biasanya cenderung lebih memilih bisnis yang berorientasi jangka pendek saja. Namun mesti diingat bisnis jenis ini, apalagi dalam pasar retail, memiliki kompetisi yang cukup ketat sehingga anda harus ekstra kerja keras untuk sukses

Bagaimana Solusinya?

Sebuah bisnis dapat dikatakan sehat jika mampu mengontrol dan mengelola cashflow dengan baik dan optimal. Profit atau omset yang Anda pentingkan, tak jadi masalah jika Anda memastikan kesehatan cashflow perusahaan Anda.

Salah satu cara yang cukup mudah untuk melakukan hal tersebut adalah dengan memfokuskan bisnis Anda terhadap aktivitas-aktivitas yang meningkatkan serta lemejitkan penjualan. Apabila hal tersebut meningkat, maka omset dan profit pun cenderung sama-sama besar.

Pencatatan keuangan perusahaan sangat penting untuk mendukung perencanaan profit atau omset Anda. Pastikan Anda memiliki pembukuan keuangan yang cermat, tepat, tak ada yang terlewat, dan selalu dimonitoring. Hal tersebut dapat berfungsi untuk merencanakan profit dengan tepat. Selain itu, cashflow perusahaan dapat diukur dengan akurat.

Lakukan perencanaan keuangan secara berkala. Pantaulah terus penjualan produk Anda. Amati pola penjualan, segera tangani masalah yang terlihat sedari dini sebelum masalah membesar. Apabila Anda ingin memberikan suatu diskon atau promo tertentu, maka sebaiknya hitunglah terlebih dahulu perkiraan omset dan profit yang akan didapat.

Apabila omset yang didapat sangat besar tetapi biaya produksi, pegawai, alat-alat penunjang lebih besar, maka profitnya pun tidak dapat dikatakan besar. Oleh sebab itu, analisislah terlebih dahulu tentang segala kemungkinan penjualan.

Pembukuan omset Anda tentu akan semakin baik dan rapi jika dilakukan dengan fitur kasir online. Kasir online tersebut dapat menghubungkan berbagai titik komputer sehingga dapat saling mengecek antara komputer satu dengan yang lainnya.

Anda pun dapat mengontrol pemasukan sementara perusahaan Anda secara berkala walaupun Anda tidak sedang di tempat kerja. Selain itu, fitur ini menghindarkan dari kecurangan pegawai karena data terpantau secara bersama.

Utamakan kesehatan transaksi

Meski demikian pada dasarnya sebuah bisnis akan sehat jika mampu mengontrol cashflow dengan baik. Jadi apakah anda lebih memilih mementingkan omset ataupun profit, anda harus memastikan cashflow perusahaan anda sehat. Karena profit miliaran jika semua dalam bentuk piutang tentu sama memusingkan bukan?
Cara termudah yakni dengan memfokuskan perusahaan anda pada aktivitas yang mampu meningkatkan penjualan. Bahkan jika aktivitas penjualan anda meningkat, anda dapat sekaligus mendapatkan omset dan profit yang sama-sama besar.

Untuk itu pencatatan akutansi dan keuangan perusahaan anda haruslah cermat agar dapat membidik profit dan mengukur cashflow dengan tepat. Anda dapat mengandalkan kerapihan akuntansi dan keuangan anda pada penyedia software akuntansi terbaik dan terpecaya sebagai langkah awal kesehatan bisnis anda.

Memahami kebutuhan pelanggan

Memahami kebutuhan pelanggan merupakan dasar dari pemasaran dan juga merupakan hal terpenting dalam pemasaran melalui internet. Oleh karena itu, Anda perlu memahami teori dasar dari pemasaran atau marketing. Penjelasan dalam artikel ini akan berfokus pada pengertian 4P dan 4C yang merupakan kerangka kerja pemasaran yang sangat serbaguna.

Sebelum memasuki penjelasan tentang 4P dan 4C, pertama-tama akan dijelaskan tentang STP (Segmentation Targeting Point) yang merupakan salah satu kerangka kerja pemasaran. STP sangat penting untuk melaksanakan kerangka kerja pemasaran yang menggunakan 4P dan 4C.

Hal Penting Saat Membuat Rencana Bisnis

Secara teori, mengamankan modal awal dan membuat arahan perusahaan merupakan rencana terpenting membangun bisnis. Rencana bisnis membantu menentukan akan menjadi seperti apa perusahaan itu nantinya, siapa yang akan mengoperasikannya, bagaimana tingkat pengalaman mereka, segmentasi, serta keuntungan yang diharapkan.

Konsep pemasaran selalu berubah.

Konsep pemasaran merupakan pola pikir yang mendasar dalam pemasaran.
Perusahaan melakukan aktivitas bisnis berdasarkan ‘pola pikir dan ideologi dalam pasar’ yang disesuaikan dengan waktu dan lingkungan dalam bisnis tersebut.
Bisnis selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Hubungan antara market dan pesaing akan berubah dengan signifikan berdasarkan kemajuan teknologi dan persaingan yang intensif.

Sebagaimana dalam bisnis, pemasaran juga akan berubah seiring dengan perkembangan zaman.

7 Langkah Rencana Bisnis

Rencana bisnis akan membantu mendapatkan pendanaan. Sebab, yang nantinya akan kamu presentasikan adalah rencana bisnis. Bukanlah hal yang rumit merancang sebuah rencana bisnis, berikut adalah 7 langkah yang perlu kamu lakukan:

1. Ringkasan Eksekutif
Membahas tentang poin keseluruhan rencana bisnis, biasanya terdiri dari satu hingga dua halaman. Beberapa poin penting yang harus kamu jabarkan adalah sasaran bisnis, operasional, upaya pemasaran, dan modal pendapatan.

2. Deskripsi Bisnis. Deskripsi bisnis biasanya dimulai dengan deskripsi singkat dari industri. Saat mendeskripsikan industri, diskusikan pandangan saat ini dan kemungkinan masa depan.

Kamu harus tahu dunia bisnis yang kamu hadapi, secara luar dalam. Kamu juga harus memberikan informasi tentang semua pasar di dalam industri ini, termasuk produk atau perkembangan baru yang akan menguntungkan atau mempengaruhi bisnismu.

3. Strategi Pasar
Strategi pasar ini biasanya mengacu pada hasil analisis secara teliti terhadap pasar bisnis yang akan kita jalankan. Analisis pasar dapat membantu pengusaha terbiasa dengan semua aspek pasar, sehingga target dapat didefinisikan.

Rancangan strategi bisnis harus dibuat secara realistis, unik dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan sehingga dapat bersaing dengan perusahaan yang sejenis.

Strategi pasar bisa dibuat dalam beberapa fase yang sesuai dengan kondisi bisnis perusahaan. Seperti fase pengenalan produk atau jasa, fase pemasaran lewat digital ataupun sosial media, fase pricing strategy, dan lain-lain.

Pemasaran Jasa Untuk Tingkatkan Omset

Apakah Anda merupakan pemilik salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, namun omset per bulannya tak kunjung naik juga? Ingin tahu apa saja yang menjadi penyebabnya? Ada banyak kemungkinan mengapa omset penghasilan Anda tak kunjung naik, diantaranya adalah publik belum mengenal bisnis Anda, proses marketing yang kurang tepat dan kurang mempromosikan bisnis Anda.

Perlu diketahui, bahwa salah satu parameter terpenting dalam bisnis adalah seberapa besar jumlah omset yang diperoleh. Sebab sebagai pemilik bisnis Anda pasti sudah mengetahui secara akurat mengenai seberapa besar pendapatan omset Anda secara berkala.

Apabila Anda menawarkan jasa profesional, maka Anda bisa meningkatkan omset lewat strategi pemasaran jasa yang tepat. Dengan teknik dan strategi pemasaran yang tepat, maka memungkinkan bagi Anda untuk meningkatkan omset dalam jumlah besar dan usaha Anda pun akan selalu diminati serta mendapatkan kepercayaan penuh dari pelanggan.

Pemasaran

Salah satu tujuan dilakukannya strategi pemasaran jasa tentu saja untuk meningkatkan pendapatan omset perusahaan. Namun sebelum mengatur teknik pemasaran untuk bisnis Anda, terlebih dahulu penting bagi Anda untuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan omset. Setelah Anda mengetahui informasi lengkapnya, tentu Anda bisa mengatur segala sesuatunya dengan baik sebagai upaya untuk meningkatkan omset perusahaan.

Pengertian Omset

Omset merupakan sejumlah uang yang dihasilkan dari keberhasilan penjualan produk / jasa selama masa jual yang ditentukan oleh perusahaan yang kalkulasinya biasanya akan dilakukan sebulan sekali maupun satu tahun sekali. Dapat dikatakan bahwa kesimpulan dari pengertian omset adalah pendapatan dari hasil keseluruhan jasa atau produk dalam kurun waktu tertentu.

Namun total pendapatan tersebut belum termasuk pengurangan untuk HPP (Harga Pokok Penjualan dan biaya-biaya lainnya seperti gaji karyawan, biaya perlengkapan dan lain sebagainya. Dalam hal ini bisa dibilang bahwa omset merupakan laba kotor yang dihasilkan dari penjualan produk / jasa Anda.

Pengertian Profit

Setelah mengetahui pengertian dari omset, apakah Anda sudah mengetahui mengenai pengertian profit? Profit merupakan surplus atau jumlah yang tersisa setelah total biaya keperluan dikurangkan dari total pendapatan. Bisa juga diartikan bahwa profit merupakan pendapatan bersih setelah dikurangi segala biaya keperluan perusahaan, seperti gaji perusahaan, biaya perlengkapan, biaya listrik dan lain sebagainya.

Cara Menghitung Omset

Dari pengertian di atas Anda bisa langsung menarik kesimpulan bahwa untuk menghitung omset, Anda harus mengetahui biaya jumlah total penjualan Anda. Berikut ini adalah cara penghitungan omset secara sederhana.

Omset = jumlah jasa yang disewa x harga jasa

Namun untuk Anda yang hanya menjual jasa profesional dengan variasi harga yang berbeda, maka proses penghitungannya harus disesuaikan. Sesudah Anda mengetahui informasi yang berkaitan dengan omset, maka yang menjadi pertanyaan saat ini adalah, “bagaimana cara Anda untuk meningkatkan omset penjualan?”

Strategi Pemasaran Jasa Untuk Tingkatkan Omset

Strategi Pemasaran

Berikut akan diinformasikan mengenai strategi pemasaran jasa terbaik untuk meningkatkan omset. Strategi ini dapat Anda terapkan dalam bisnis jasa yang sedang Anda jalankan. Mungkin masih banyak juga orang yang belum mengetahuinya, Simak informasinya berikut.

Memperkuat Brand Perusahaan

Diketahui bahwa sekitar 60% konsumen pengguna internet lebih suka menggunakan jasa profesional dari brand atau perusahaan yang telah mereka kenal dengan baik. Untuk itu, Anda wajib memperkuat branding perusahaan. Sebab tanpa brand yang kuat persaingan Anda hanya berlangsung mengarah pada persaingan harga saja, sehingga Anda tidak bisa berharap untuk meningkatkan omset perusahaan.

Namun jika Anda mampu untuk membangun brand dengan baik, maka akan menjadi lebih mudah untuk keluar dari persaingan harga, sehingga Anda pun tetap bisa menetapkan harga tinggi. Contohnya apabila Anda menjalankan bisnis di bidang jasa sewa kursi pesta, tetapi jika Anda menyewakan kursi pesta tanpa brand yang sudah dikenal public, maka Anda akan langsung bersaing harga dengan layanan jasa sewa kursi pesta lainnya. Akan tetapi, jika Anda mampu menggunakan brand perusahaan, maka persaingan lebih teralihkan pada segi kualitas pelayanan.

Mengenali Pelanggan

Mengenali pelanggan sangat berguna untuk mengidentifikasi target pasar Anda. Misalnya, jika usaha Anda bergerak di bidang jasa pembuatan kaos sablon distro, maka target pemasaran Anda adalah generasi milenial yang gemar mengenakan kaos, terutama di kalangan laki-laki. Proses identifikasi target pasar harus dilakukan dengan tepat, agar Anda mampu menyusun strategi pemasaran jasa yang lebih efektif.

Melakukan Promosi Offline

Penting untuk memperkenalkan jasa Anda kepada para calon pelanggan dengan cara se-kreatif mungkin. Usahakan untuk melakukan promosi secara konsisten, dalam hal ini Anda juga bisa meningkatkan omset penghasilan melalui promosi offline, yakni dengan menyebarkan brosur, beriklan di media cetak hingga melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Memilih Lokasi Yang Strategis

Dalam berbisnis di bidang jasa, rasanya tak cukup apabila hanya bermodalkan website maupun media sosial saja. Oleh karena itu Anda harus memiliki lokasi fisik perusahaan secara strategis. Dengan memilih lokasi yang tepat untuk perusahaan Anda, maka akan semakin memudahkan para pelanggan yang hendak datang langsung ke kantor untuk melakukan pemesan atau hanya untuk memastikan profesionalitas perusahaan Anda.

Menggunakan Internet Marketing

Memanfaatkan internet merupakan wujud promosi pemasaran yang paling banyak digunakan saat ini. Namun untuk menerapkan internet marketing tak cukup apabila hanya dilakukan di media sosial saja, karena setidaknya Anda membutuhkan sebuah website resmi untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan akan kualitas layanan jasa yang Anda tawarkan. Dalam pelaksanaan internet marketing melalui situs website, ada beberapa hal yang harus dioptimalkan. Adapun diantaranya, meliputi :

Menerapkan SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan traffic pengunjung website Anda, adalah dengan menerapkan SEO. Ketika website Anda berhasil mendapatkan banyak kunjungan, maka penghasilan yang bisa Anda peroleh pun semakin berlipat ganda, yakni dari hasil penjualan dan juga dari hasil kunjungan pengunjung yang terus meningkat.

Menerapkan SEM (Search Engine Marketing)

Tak jauh berbeda dengan SEO, SEM juga dapat digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran jasa yang efektif untuk bisnis Anda. Pasalnya, penerapan SEM juga merupakan cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan traffic pengunjung web Anda. Namun, dalam hal ini SEM lebih merujuk pada optimasi mesin pencarian dengan cara memasang iklan.

Menerapkan SMM (Social Media Marketing)

Penerapan SMM memiliki dampak yang besar terhadap penjualan jasa yang Anda tawarkan. Yang mana, penggunaan SMM akan membawa Anda untuk melakukan pemasaran lewat media sosial. Walaupun demikian, proses pelaksanaanya tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Facebook Ads merupakan salah satu metode SMM yang bisa digunakan untuk memperbanyak leads yang lumayan handal, yakni dengan cara memaksimalkan penggunaan iklan Facebook untuk meningkatkan omset penjualan jasa Anda.

Memberikan Harga Spesial Kepada Pelanggan Setia

Salah satu cara yang paling efektif untuk mendatangkan pelanggan baru dalam jumlah yang lebih besar, adalah dengan merawat pelanggan lama atau pelanggan setia. Di saat para pelanggan lama Anda sudah merasa puas dengan layanan jasa yang Anda berikan, maka sepenuhnya mereka akan memberikan kepercayaannya, sehingga tak menutup kemungkinan bahwa mereka juga akan merekomendasikan layanan jasa Anda kepada banyak pihak.

Memperbanyak Metode Penjualan

Setiap pelanggan memiliki latar belakang yang berbeda-beda, sehingga mengharuskan Anda untuk menggunakan metode penjualan yang beragam. Sebab di zaman serba digital seperti sekarang ini, metode berjualan online pasti lebih banyak dipilih. Namun, Anda tetap harus memperbanyak metode penjualan, yakni dengan berjualan di media sosial, berjualan lewat website dan semacamnya. Anggaplah ketika melaksanakan marketing online, bahwa jarak antara penjual dan pembeli tidak dibatasi oleh waktu serta tempat, sehingga Anda bisa memperbanyak metode penjualan dengan mudah.

Melakukan Promosi Yang Efektif

Bisa dikatakan bahwa promosi merupakan ujung tombak dari penjualan jasa yang Anda tawarkan. Untuk itu, dalam melakukan promosi dibutuhkan strategi marketing yang tepat. Sebab, ini bukan hanya perkara membuat calon pembeli segera menggunakan layanan jasa Anda atau tidak, melainkan tentang bagaimana kondisi perekonomian negara kita saat ini. Oleh karena itu, Anda harus mampu untuk melakukan promosi yang efektif dan juga tepat sasaran.

Meningkatkan Kualitas Layanan Jasa

Karena yang ditawarkan dan yang dijual merupakan layanan jasa, maka Anda pun harus meningkatkan layanan jasa Anda dengan lebih baik, mulai dari segi kualitas, kinerja yang maksimal, hasil memuaskan hingga respon pelayanan yang cepat. Sebab, kepuasan pelanggan merupakan kunci kesuksesan untuk bisnis Anda.

Setelah Anda mengetahui beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan layanan jasa yang Anda tawarkan, sebaiknya terapkan strategi-strategi tersebut terus-menerus dengan konsisten, maka dengan sendirinya Anda akan merasakan sendiri bagaimana hasilnya nanti.

Pentingnya Strategi Pemasaran Jasa

MARKETING

Penjualan jasa profesional memang terbilang lebih sulit untuk mendapatkan kepercayaan dari calon pelanggan, mengingat bahwa yang dijual bukan dalam bentuk fisik, sehingga tak heran jika masih ada banyak orang yang merasa kurang yakin dengan layanan jasa yang Anda tawarkan.

Untuk itu, peran dari strategi pemasaran jasa sangatlah penting, terlebih lagi jika memang Anda memang terbilang baru menggeluti bidang ini.

Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat meningkatkan kepercayaan para pelanggan.
Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat meningkatkan omset penghasilan perusahaan.
Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat menjadikan bisnis Anda dalam pengelolaan sistem yang lebih baik dari sekarang.
Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat bisa memperbaiki kualitas dan kemampuan marketing Anda.
Strategi pemasaran layanan jasa yang tepat dapat membuat bisnis Anda sukses dan berpotensi untuk memiliki masa depan yang lebih baik.
Cara Menerapkan Strategi Pemasaran Jasa Yang Tepat Untuk Hal-Hal Yang Bersifat Sederhana

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi marketing jasa dalam hal-hal yang bersifat sederhana, diantaranya adalah :

Memberikan Bukti Layanan Jasa Anda

Sebab yang Anda jual sekaligus yang ditawarkan merupakan layanan jasa profesional, maka satu-satunya cara untuk memperlihatkan bukti kualitas layanan Anda, yakni dengan memberikan foto-foto maupun video hasil pengerjaan Anda. Semisal jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa pembuatan kaos sablon / jersey olahraga, maka Anda bisa menampilkan foto kaos-kaos yang Anda buat, sekaligus Anda bisa menampilkan cara pembuatannya agar lebih terlihat profesional di mata para pelanggan.

Memberikan Informasi Testimoni Pelanggan

Untuk para pelanggan yang masih merasa belum yakin dengan kualitas pelayanan yang mampu Anda berikan, maka Anda bisa mencoba menyakinkan mereka dengan menginformasikan review pelanggan atau pembeli sebelumnya lewat testimoni pelanggan yang berisi tentang bukti kualitas pelayanan jasa Anda, bukti kualitas kinerja Anda, bukti respon layanan dan lain sebagainya. Dengan begitu, calon pembeli dapat memberikan penilaian tersendiri mengenai kualitas jasa Anda melalui testimoni-testimoni yang telah diberikan.

Memberikan Layanan Paket Murah

Sebagai penyedia layanan jasa berkualitas, Anda harus paham bahwa tidak semua calon pembeli memiliki kondisi keuangan yang sama. Agar memudahkan mereka bertransaksi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, sebaiknya siapkanlah layanan paket jasa dengan harga yang lebih murah. Dengan demikian, para pelanggan pun dapat memilih paket harga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka masing-masing.

Sebenarnya ada banyak lagi cara strategi pemasaran jasa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan omset penghasilan sekaligus menyukseskan bisnis Anda. Namun dalam pelaksanaanya, Anda harus membuat strategi marketing jasa yang se-kreatif mungkin agar para pelanggan menjadi lebih tertarik untuk menggunakan layanan jasa yang Anda tawarkan saat ini.

Pemasaran jasa tak jauh berbeda dengan pemasaran produk. Walaupun memiliki wujud yang berbeda, namun setiap pelanggan selalu menginginkan pelayanan dengan kualitas terbaik agar mereka merasa terpuaskan. Lantas, apakah Anda bisa selalu meningkatkan kualitas pelayanan Anda secara berkala?

Sekali saja pelanggan merasa dikecewakan, maka hal tersebut akan berimbas pada reputasi bisnis Anda. Sebab, saat ini masyarakat kita sudah menjelma sebagai pribadi yang menjadi be smart consumer, sehingga mereka akan lebih selektif memilih apapun, tak terkecuali jika hendak menggunakan layanan jasa tertentu.

Berbisnis dalam bidang pelayanan jasa memerlukan ekstra kerja keras dalam hal waktu, tenaga dan juga kemampuan. Walaupun Anda tidak akan pernah dipusingkan dengan masalah expired produk, karena memang yang Anda tawarkan adalah jasa. Kendati demikian, Anda akan terus dituntut untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki, agar menjadi lebih unggul dengan para kompetitor bisnis Anda, sekaligus agar mampu selalu meningkatkan kualitas jasa dari perusahaan Anda.

Intinya dalam mengelola bisnis di bidang jasa, sebagai pemilik sekaligus pihak pengelola, Anda harus pintar-pintar dalam melakukan berbagai upaya untuk mengatur strategi pemasaran jasa tersebut agar layanan jasa yang Anda miliki menjadi semakin dikenal khalayak public agar mampu menjadi layanan jasa yang selalu disukai oleh semua orang karena kualitasnya, sehingga dapat meningkatkan omset penghasilan bisnis Anda dengan lebih cepat.

Pada dasarnya meningkatkan pendapatan omset secara berkala sangat mudah dilakukan dengan pemilihan strategi dan teknik marketing yang tepat. Namun yang menjadi kesulitannya adalah, bagaimana Anda mampu mempertahankan penghasilan omset yang terus mengalami peningkatan?

Mudah sekali karena pada awal menjalankan bisnis, Anda harus sudah memiliki gambaran mengenai hal-hal apa saja yang akan dilakukan sebagai bagian dari perencanaan bisnis. Dengan demikian walaupun nantinya terjadi masalah terburuk bagi perusahaan Anda, maka Anda mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan upaya yang terbaik, yakni dengan tujuan untuk membangun dan membangkitkan usaha Anda menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tempat Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

Dewasa ini, berkembangnya teknologi di Indonesia memunculkan beragam startup e-commerce berkonsep tempat jual beli online yang menjual produk lengkap layaknya mall dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya.

Hal tersebut bertujuan sebagai wadah para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara mudah dan cepat dengan hanya bermodalkan laptop maupun smartphone yang terhubung koneksi internet.

Seperti Tempat Jual Beli Online berikut ini misalnya, akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi jual beli online. Dari banyaknya situs belanja online yang ada di Indonesia, berikut ini kami rekomendasikan tempat terbaik dan terpercaya yang bisa Anda kunjungi.

1. Buka lapak
Tempat jual beli online yang pertama adalah Bukalapak, toko online ini merupakan pasar online terkemuka di Indonesia. Sama halnya dengan situs layanan jual beli online dengan sistem bisnis consumer to consumer, Bukalapak menyediakan sara penjualan dari konsumen kepada konsumen.

Siapa saja dapat membuka toko online dan melayani calon konsumen dari seluruh Indonesia. Pengguna atau perusahaan dapat membeli ataupun menjual beragam produk, dari produk bekas maupun baru seperti sepeda, sepatu, ponsel, dan lainnya.

2. Lazada Indonesia
Lazada Indonesia adalah pusat belanja online yang menyediakan berbagai macam produk, seperti produk elektronik, buku, alat kesehatan, produk kecantikan hingga peralatan rumah tangga.

Hal ini juga mempengaruhi peningkatkan jumlah pengunjung untuk bertransaksi online, sehingga Lazada menjadi salah satu situs online terbesar saat ini. Total kunjungan di toko online ini mencapai 499.990.700 per bulan.

3. Tokopedia
Tokopedia merupakan mall online di Indonesia yang mengusung konsep bisnis marketplace. Layanan dasar Tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis dengan visi untuk membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet.

Toko online ini memiliki program memberi dukungan kepada para UMKM maupun perorangan guna mengembangkan usaha dengan cara memasarkan produk secara online.

4. Shopee
Dengan pencapaian kunjungan 30.843.400 per bulan, situs e-commerce yang dibuka pada tahun 2016 ini menjadi bagian induk terbesar perusahaan terbesar di Indonesia.

Saat ini, Shopee dikenal di seluruh Indonesia, sebab Tempat Jual Beli Online ini memiliki promo dan diskon yang menarik calon konsumen sehingga Shoppe menjadi salah satu situs e-commerce terfavorit di Indonesia.

5. OLX Indonesia
OLX Indonesia sebuah situs web iklan baris yang difokuskan sebagai tempat membeli dan menjual produk hingga jasa secara online.

OLX Indonesia merupakan situs e-commerce untuk mencari barang baru atau bekas yang berkualitas, dengan harga sepadan seperti produk elektronik, peralatan rumah tangga, aneka jasa, lowongan kerja, dan lainnya. OLX Indonesia yang mempopulerkan sistem COD di Indonesia.

6. Blanja.com
Blanja.com adalah marketplace online yang murah, aman, dan terpercaya. Situs jual beli online ini sebuah joint venture antara Telkom Indonesia dengan Ebay yang menawarkan berbagai produk, seperti produk fashion, ponsel, komputer, otomotif, properti, dan lainnya.

Online shop ini memiliki aplikasi mobile untuk smartphone Android maupun iOS yang dilengkapi dengan sistem pembayaran yang lumayan lengkap, pengguna yang bertransaksi pada situs ini dapat melakukan pembayaran dari berbagai bank di Indonesia seperti Mandiri, BNI, BRI, BCA, Mega, BII,Niaga, dan sebagainya.

7. FJB Kaskus
FJB Kaskus merupakan forum jual beli kaskus atau forum para pengguna Kaskus yang dapat menjual atau membeli barang maupun jasa yang diinginkan. Pada awalnya, Kaskus hanya sebuah forum komunitas, namun semakin banyak user yang memanfaatkan sebagai tempat jual beli, maka dibuat FJB Kaskus.

Pada forum ini, Anda dapat menjual atau membeli barang dan jasa secara mudah dan gratis. Untuk memulainya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar sebagai member Kaskus. Menjual dan membeli barang di FJB Kaskus sangat aman, sebab menggunakan pembayaran dengan sistem rekening bersama yang dikelola Kaskus.

8. Bhinneka
Bhinneka merupakan situs pelopor online store yang hingga kini semakin berkembang dan tumbuh menjadi situs e-commerce terbesar di Indonesia.

Situs ini berdiri sekitar tahun 1996, meskipun tergolong sudah lama Bhinneka masih berkembang hingga saat ini. Bhinneka sangat dipercaya masyarakat Indonesia, meskipun saat ini terdapat banyak toko online.

9. Blibli
Blibli adalah pelopor situs e-commerce dengan mengusung konsep mall online di Indonesia. Selain itu, Blibli merupakan toko online terbaik saat ini.

Layaknya mall, Anda dapat menemukan barang yang dibutuhkan maupun hanya melihat berbagai macam barang. Situs Blibli dikenalkan pada tahun 2010 dibawah PT Global Digital Niaga dengan slogan anytime, anywhere, shopping. Para pengguna dapat melakukan transaksi belanja online kapanpun.

Blibli juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan guna mendukung kinerja bisnis, seperti perusahaan teknologi provider, perusahaan logistik, banking, maupun merchant partner sehingga memenuhi kebutuhan para konsumen.

10. Elevania
Situs Elevania merupakan tempat belanja online yang terhitung masih baru jika dibandingkan dengan beberapa marketplace lainnya. Elevania menggunakan konsep open marketplace, sehingga semua orang dapat berbelanja dengan jaminan keamanan dan kemudahan dalam melakukan transaksi.

Elevania memiliki 8 kategori produk, diantaranya fashion, babies and kids, beauty and health, home and garden, gadget and komputer, elektronik, mokado and service, sport and hobby. Jumlah pengguna Elevania sudah menyentuh angka lebih dari 1 juta orang, sehingga situs ini terbukti sebagai toko online yang terpercaya.

11. Zalora
Zalora adalah situs toko online yang menjual berbagai produk fashion dari berbagai merk. Zalora menyediakan layanan gratis ongkos kirim kepada konsumen yang berbelanja di situs ini.

Bahkan, konsumen dapat melakukan refund jika barang yang dibeli tidak sesuai spesifikasi yang diuraikan pada website Zalora, hal ini merupakan kelebihan yang ditawarkan.

Situs ini dibangun pada tahun 2012 dimana sebagai anak perusahaan situs belanja online Zalando. Di Indonesia Zalora berada di naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.

Artikel terkait Apa itu Dropbox? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

12. Mataharimall
Mataharimall adalah belanja secara online dari Matahari Department Store dimana sebuah pusat perbelanjaan populer dan terbesar di Indonesia. Mataharimall merupakan situs e-commerce yang didirikan pada tahun 2015.

Kelebihan dari mataharimall adalah sebuah brand yang sudah dikenal luas yang didukung market offline dengan segmentasi pasar luas dan memiliki pengalaman bisnis retail, pemasaran secara online akan menawarkan berbagai produk keunggulan.

13. Jualo
Jualo adalah tempat jual beli online dalam hal tukar menukar barang dan tawar menawar harga barang. Jualo sebagai sarana jual beli secara online yang dilakukan para pengguna, situs ini mengusung konsep bisnis customer to customer yang berarti proses jual beli online di Jualo dapat dilakukan oleh siapapun.

Produk yang dijual di situs ini sangat beragam, seperti barang baru maupun barang bekas. Dalam menjamin keamanan proses jual beli, Jualo menyediakan fasilitas rekening bersama untuk proses transaksi.

Jualo bekerjasama dengan perusahaan ekspedisi ternama dan terverifikasi sehingga dapat membantu proses pengiriman barang kepada konsumen.

14. Traveloka
Traveloka merupakan situs reservasi pembelian tiket pesawat dan hotel di Indonesia. Situs ini dikenalkan pada tahun 2012 dibawah PT Traveloka Indonesia.

Situs Traveloka merupakan buatan orang Indonesia yang menawarkan kemudahan pembelian tiket pesawat dan reservasi hotel secara online. Pada awalnya, Traveloka adalah mesin pencari tiket pesawat untuk menemukan harga tiket yang sepadan. Namun, saat ini situs Traveloka menjadi situs pembelian tiket pesawat dan reservasi hotel.

15. JD ID
Memiliki slogan dijamin ori, situs belanja online JD.id menempati urutan ke 10 besar sebagai situs e-commerce yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Meskipun e-commerce baru, kunjungan di situs ini sudah mencapai 11.269.00 per bulan.

JD ID menjual berbagai macam barang dengan berdasarkan kategori kebutuhan, berupa fashion, elektronik, peralatan rumah tangga, anak-anak maupun orang dewasa.

16. Duahari.com
Duahari.com merupakan situs e-commerce yang fokus menjual produk gadget dan aksesoris. Beberapa produk yang dijual pada situs ini, diantaranya smartphone, tablet, aksesoris seperti tempered glass, usb, gantungan ponsel, komputer dan laptop.

Situs ini memiliki tampilan sederhana dan user friendly sehingga memudahkan pengunjung dalam menemukan berbagai produk yang ditawarkan berdasarkan kategori.

Duahari.com menyediakan beberapa metode pembayaran, seperti internet banking, kartu kredit dengan cicilan 0 persen, pembayaran melalui Indomaret dan Pos Indonesia hingga pembayaran di toko. Selain itu, Duahari.com memberikan give away dan diskon untuk para konsumen yang disesuaikan dengan tema kegiatan atau event.

17. Qoo10 Indonesia
Situs e-commerce ini berasal dari Singapura yang merupakan perusahaan joint venture antara eBay dengan Gmarket Korea Selatan yang bergerak di bidang one stop shopping berbagai produk lokal maupun produk internasional.

Qoo10 Indonesia dikenalkan ke publik sejak tahun 2012 dan mengklaim proses transaksi dengan jumlah lebih dari 32 miliar rupiah per bulan. Bahkan angka kunjungan sudah mencapai 1.141.600 per bulan. Situs ini tergolong populer, sebab memudahkan para konsumen dalam membeli barang import.

18. Salestock
Meskipun tergolong baru, namun Salestock cukup dikenal masyarakat. Hal ini dibuktikan pada Googla Playstore yang menduduki peringkat ke 9 dalam kategori aplikasi belanja. Untuk menarik minat pengguna, situs ini berusaha menghadirkan berbagai produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Selain itu, Salestock menawarkan transaksi mudah menggunakan perangkat mobile. Bahkan, situs ini didesain khusus bagi pengguna smartphone sehingga Anda dapat membeli barang melalui fitur chat akun resmi Salestock di LINE.

19. Sophie Paris
Meskipun hanya menjual satu brand saja, Sophie Paris tetap memiliki kepopuleran dengan nama merek Internasional. Sophie Paris merupakan tempat belanja yang menawarkan produk eksklusif berdesain Prancis, seperti tas, aksesori mode, hingga kosmetik.

Brand ini menjadi favorit di kalangan kaum hawa sehingga berhasil masuk di peringkat 20 besar sebagai salah satu e-commerce yang ramai dikunjungi di Indonesia pada Agustus 2018 dengan total kunjungan 3.226.100 per bulan.

Artikel terkait HOST ID dan NETWORK ID | Pengertian dan Contohnya

20. Hijup
Hijup merupakan situs e-commerce yang memiliki segmentasi untuk wanita muslim yang berhijab dan kesulitan dalam membeli pakaian muslim secara online. Koleksi pakaian wanita muslim dari Hijup memiliki gaya muda dan modern yang mengusung konsep padu padan ciri khas Hijup.

Selain digemari konsumen Indonesia, koleksi busana muslim yang ditawarkan Hijup digemari oleh Malaysia, Singapura, Australia, Perancis, Dubai, Kanada, Amerika Serikat, dan lainnya. Tempat Jual Beli Online ini sangat populer sehingga memiliki kunjungan yang mencapai 930.300 per bulan.

21. Sephora
Sephora merupakan situs e-commerce yang fokus menjual alat-alat makeup dari berbagai brand terkemuka baik dalam negeri maupun luar negeri. Situs ini merupakan distributor official terpercaya, bahkan situs ini memiliki angka kunjungan mencapai 193.400 per bulan.

Tidak hanya menyediakan peralatan makeup dari brand-brand terkemuka, Sephora pun memiliki serangkaian produk skincare seperti pelembab, pembersih muka, hingga CC Cream. Menjelang akhir tahun dan musim liburan, Sephora sering mengadakan gift set dari berbagai macam merk kosmetik untuk rekomendasi hadiah yang sudah dikemas dengan cantik.

22. Bukupedia
Bukupedia merupakan toko buku online yang menjadi solusi bagi setiap kalangan yang ingin mendapatkan buku yang diinginkan dengan cara mudah dan harga murah.

Bahkan, jika Anda bingung ingin membeli buku, di situs ini sudah memiliki kategori buku berdasarkan kategori buku terbaru, buku terlaris, dan buku yang direkomendasikan sehingga memudahkan bagi orang yang hanya sekedar hunting buku.

Saat membuka situs ini, Anda akan dihadapkan pilihan negara sehingga membantu menemukan buku-buku dari negara tersebut. Selain katalog buku luar negeri, buku lokal pun memiliki banyak katalog bahkan ribuan buku lokal tersedia di Bukupedia yang berasal dari beragam penerbit.

Selain itu, belanja buku di Bukupedia memiliki program diskon yang tertera di banner side halaman depan situs Bukupedia.

23. Electronic City
Electronic City merupakan situs e-commerce yang fokus menjual barang elektronik. Selain produk yang lengkap, Electronic City menawarkan harga yang aman dan terjangkau.

Bahkan, Anda dapat memanfaatkan program cicilan jika berbelanja di Electronic City, sehingga tidak mengeluarkan uang yang besar untuk melengkapi perabotan rumah. Dengan angka kunjungan sebanyak 138.00 perbulan, menjadikan Electronic City sebagai tempat membeli dan menjual barang kategori elektronik terlengkap.

24. Tees
Tempat Jual Beli Online khusus brand pakaian lokal berhasil memikat perhatian masyarakat akan desain-desain khas Indonesia yang sangat unik, sehingga tees menjadi populer pada kalangan fashion unik.

Tees adalah situs marketplace dimana Anda dapat mendaftar sebagai anggota untuk mendesain kaos dan langsung menjualnya dengan menggunakan nama brand Anda sendiri. Tees merupakan fasilitator bagi para pelaku kreatif dengan konsumen tanpa terhalang kekurangan pengetahuan bisnis.

Tees memiliki jumlah kreator lebih dari 10 ribu dan memiliki desain kaos mencapai angka 30 ribu. Selain itu, return atau pengembalian barang akan ditanggung pihak Tees dan pembatalan transaksi sama dengan saldo akan kembali dikurangi sejumlah transaksi yang dilakukan.

25. Maskoolin

Maskoolin adalah situs belanja pakaian online pria dengan berbagai jenis pakaian yang didesain gaya kekinian dan lengkap seperti kemeja, kaos, sepatu, snapback, jam tangan, dan produk lainnya.

Saat Anda mendaftar akan diminta memilih dari 8 gaya yang disediakan, mulai dari basic, casual, formal streetwear, sporty, vintage, slick, dan bearded. Proses tersebut dilanjutkan pada pemilihan warna dan Anda dapat memilih karakteristik yang sesuai.

Selesai memilih, Anda akan disuguhi produk berkualitas dari lokal maupun internasional. Bahkan, pada situs ini terdapat berbagai artikel tentang gaya hidup yang dapat dijadikan referensi dan beberapa informasi mengenai produk terbaru dari berbagai jenama ternama.

Anda juga akan mendapatkan informasi seputar kehidupan, mulai dari merawat rambut dan kumis, memilih wewangian maupun cara menjaga kebugaran tubuh.

Belanja secara online menjadi kegemaran baru masyarakat Indonesia di samping melesatnya perkembangan teknologi. Alasannya, berbelanja di Tempat Jual Beli Online lebih efektif dan efisien sebab Anda tidak perlu pergi keluar rumah. Hanya membuka smartphone dan terhubung dengan jaringan internet, Anda dapat memilih suatu barang yang hendak dibeli. Cukup dengan memilih, memesan, dan bayar maka barang akan segera diantar ke rumah Anda.

Unduh Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020/2021 di sini.

Unduh FAQ Panduan Pembelajaran Semester Genap 2020-2021 di sini.

Unduh Salinan SKB PTM di sini.

bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Panduan Penulisan Referensi Akademis

Penulis Kontroversi

Negara Tidak Punya Laut tetapi Miliki Angkatan Laut

Penulis Kontroversi

Pengantar Ilmu kesejahteraan sosial

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas