Image default
Referensi Android Referensi Aplikasi Referensi Bumdes Referensi Kaya Raya Referensi Keahlian Referensi Tenaga Kerja

Membangun Bisnis Semudah yang Dibayangkan

Membangun Bisnis Semudah yang Dibayangkan
Oleh. Imam Ahmad Bashori

Tak heran, berdasarkan statistik 9 dari 10 perusahaan rintisan digital mayoritas berguguran pada tahun pertama membangun bisnis. Tak hanya di Indonesia, hal itu juga terjadi secara global. Namun, hal itu tentunya bukan menjadi alasan bagi para pelaku usaha untuk berhenti mengejar mimpi melalui start-up digital. Kegagalan-kegagalan yang ada malah bisa dijadikan sebagai pelajaran agar menghindari kesalahan serupa dalam membangun perusahaan rintisan digital.

Memulai segala sesuatu terkadang tidak mudah, selalu ada tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Namun, ketika semua kendala itu berhasil dilewati, kesuksesan sudah siap menyambut di depan mata.

Hal tersebut juga berlaku bagi para calon pengusaha yang bergerak dalam perusahaan rintisan atau startup di bidang digital. Ada banyak hal yang harus diketahui saat mulai membangun dan mengembangan startup.

Start-up teknologi tengah berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang dengan berbagai alasan berlomba-lomba untuk membangun perusahaan digitalnya sendiri.

Misalnya, mereka mencoba memecahkan permasalahan yang dialami masyarakat melalui sistem dan teknologi, atau untuk memulai bisnis tanpa modal yang besar karena semua dilakukan secara online.

Beberapa nama startup digital karya anak bangsa pun mulai naik ke permukaan, misalnya saja aplikasi pemesanan ojek secara online, website e-commerce dan marketplace, game dan animasi online, serta aplikasi mobile lainnya.

Pertumbuhan itu juga didorong oleh banyaknya kisah tentang orang-orang sukses dan kaya raya karena membangun sebuah perusahaan digital. Sebut saja Mark Zuckerberg pendiri Facebook, Jack Dorsey pendiri Twitter, serta deretan panjang nama lainnya yang berhasil jadi miliader pada usia muda.

Semakin lama, teknologi informasi memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Hal itu yang membuat start-up digital atau start-up teknologi memiliki potensi yang sangat besar pada saat ini dan di masa depan.

Pepatah mengatakan berharaplah hal untuk yang terbaik, dan bersiaplah untuk hal yang terburuk, hal itu juga berlaku saat merintis perusahaan digital. Para pendiri start-up jangan hanya memandang terhadap potensi sukses di depan, tetapi juga harus siap terhadap risiko kegagalan yang terus mengintai.

Rhein Mahatma, Co-founder Startupbisnis.com, mengatakan bahwa 4 tahun yang lalu belum banyak orang yang mengenal apa itu itu startup, tetapi sekarang banyak orang yang ingin membangun start-up sendiri.

“Membayangkan memiliki start-up dengan membangun start-up sangat berbeda. Saat dibayangkan, semuanya tampak mudah, tetapi kenyataannya sangat sulit”, katanya pada saat pertemuan start-up dengan tema Raising Giants: Celebrating Indonesian Startups.

Tak heran, berdasarkan statistik 9 dari 10 perusahaan rintisan digital mayoritas berguguran pada tahun pertama membangun bisnis. Tak hanya di Indonesia, hal itu juga terjadi secara global.

Namun, hal itu tentunya bukan menjadi alasan bagi para pelaku usaha untuk berhenti mengejar mimpi melalui start-up digital. Kegagalan-kegagalan yang ada malah bisa dijadikan sebagai pelajaran agar menghindari kesalahan serupa dalam membangun perusahaan rintisan digital.

Yudhi Mandey, Co-Founder Wavoo–sebuah aplikasi kencan secara online, mengatakan dia mengalami tiga kali kegagalan dalam membangun start-up, sebelum akhirnya berhasil membangun aplikasi yang telah digunakan sekitar 500.000 orang tersebut.

“Wavoo merupakan start-up keempat saya, saya gagal sebanyak tiga kali. Tapi saya tidak berhenti karena saya ingin bekerja keras untuk mimpi saya sendiri, bukan untuk orang lain”, katanya.

Untuk menghindari atau meminimalisasi risiko kegagalan perlu ada riset sebelum membuat sebuah perusahaan start-up. Pendiri start-up harus memastikan apakah produk yang akan dibangunnya tersebut bisa bekerja di Indonesia. Pasalnya, banyak aplikasi yang sukses di luar negeri ternyata tidak berhasil saat diadaptasi untuk pasar Indonesia.

“Saat membuat start-up pastikan semuanya akan berjalan di Indonesia, selain itu siapkan mental karena akan terus menghadapi tantangan tiap hari. Jika tidak bersiap, mungkin hanya akan bertahan 2 hari”, katanya.

Yudhi mengatakan setiap kali dirinya gagal, dia selalu mencoba untuk menjadi lebih baik. Namun, ternyata tantangannya tak hanya sampai di sana. Ketika sebuah produk atau aplikasi telah berhasil dibangun, tantangan selanjutnya adalah dukungan pendanaan.

“Saat sudah memiliki produk yang bernilai dan memiliki daya tarik, tetapi tidak ada investor yang mau membiayai, ini menjadi tantangan tersendiri”, katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Abraham Viktor, Co-Founder Taralite, sebuah perusahaan yang memberikan pinjaman dana untuk berbagai kepentingan secara online.

Dia mengatakan selama ini dia menggunakan semua tabungannya untuk mendanai start-upnya tersebut. Sehingga, ketika startup yang dibangunnya gagal, maka risikonya adalah dia akan kehilangan semua uang yang selama ini dia simpan.

“Beruntung saya bergabung dengan komunitas dan inkubator bisnis, di sana saya bisa mendapatkan banyak hal dalam membangun start-up”, katanya.

Salah satu inkubator bisnis yang memfasilitasi start-up teknologi adalah Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI). Di sana, para start-up tak hanya berkesempatan untuk mendapatkan pendanaan, tetapi juga mendapatkan bantuan dalam hal publikasi, pemasaran, dan terutama adalah mentoring.

“Memiliki mentor sangat membantu, karena kita tidak perluterlalu banyak menghabiskan sumber daya saat berjuang membangun start-up dari awal”, katanya.

Lakukan 12 Hal sebelum Memulai

Untuk memulai usaha baru, ada 12 hal yang bisa Anda lakukan, dikutip Laman Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM), lpdb.id.

1. Siapkan Mental
Hal pertama yang harus disiapkan adalah mental. Mental pengusaha berbeda dengan karyawan. Karyawan cenderung menghabiskan gaji bulanan.

Sedangkan, pengusaha harus menginvestasikan sebagian penghasilan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Maka, ketika sudah memilih untuk membuka usaha, terapkanlah mental sebagai pengusaha.

2. Siapkan Modal
Apapun jenis usahanya, pasti memerlukan modal. Banyak pengusaha yang mengeluhkan modal. Sebenarnya, tak perlu dirisaukan. Dengan modal kecil pun sudah bisa membuka usaha. Besarnya modal tergantung dari besar atau kecilnya usaha yang Anda jalankan.

3. Bidang Usaha
Tentukan bidang usaha yang akan dibuka. Anda bisa memilih bidang usaha yang belum pernah ada atau yang sudah banyak. Pada awalnya, orang merasa ragu untuk mulai membuka usaha, baik bidang yang belum pernah ada maupun yang sudah banyak dilakukan.

4. Lokasi
Lokasi merupakan peran penting dalam membuka usaha. Lokasi yang ramai diyakini akan membuat usaha cepat dikenal dan menarik banyak peminat. Pilih lokasi yang strategis, yaitu dekat dengan tempat aktivitas masyarakat, kantor, sekolah, atau kampus.

5. Fokus
anda ingin buka usaha, lakukan 12 hal ini
Fokuslah pada satu bidang usaha terlebih dahulu. Banyak pengusaha yang gagal saat mulai berkembang, karena tidak fokus pada peningkatan bisnis awal, melainkan terlalu banyak ingin mencoba bidang usaha lain.

6. Cari Pelanggan
Kenalkan bidang usaha ke luar. Sebarkan informasi barang dagangan atau usaha jasa Anda ke semua orang, agar bisa mendapatkan klien. Ada banyak cara untuk promosi, baik dari

7. Cara Berbisnis
Sebenarnya, berbisnis itu mudah, kok. Contohnya, barang seharga Rp1000, tugas Anda adalah menjualnya dengan harga lebih dari itu, misalnya Rp 1.500. Intinya, dari sebuah barang, Anda bisa menjualnya dengan memperoleh keuntungan. Setelah itu, jual lah barang tersebut sebanyak-banyaknya.

8. Pegawai
Pada awal membuka usaha, hanya membutuhkan sedikit pegawai. Selain Anda sendiri yang mengurus usaha tersebut, bisa melibatkan pasangan atau anggota keluarga yang lain untuk ikut mengelola.

Tujuannya agar mereka dapat ikut merasa memiliki usaha tersebut. Setelah usaha berkembang, baru bisa mempekerjakan pegawai tambahan.

9. Perencana Keuangan
keuangan
Keuangan untuk membuka bidang usaha, tak hanya terpaku pada modal awal. Ketika usaha sudah berjalan, Anda harus pandai mengatur alur keluar masuknya uang.

Pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Banyak pengusaha yang gagal karena keuangan pribadi dan bisnis, tercampur aduk.

10. Mulailah!
Sudah memikirkan segala sesuatunya? Kalau begitu, mulailah!

11. Risiko
Membangun bisnis, tentu saja ada risikonya. Namun, kalau Anda sudah menyadari risikonya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Semakin maju usaha tersebut, reputasi semakin dipertaruhkan. Karena itu, sambil menjaga kelangsungan bisnis, juga harus terus menjaga reputasi.

12. Antisipasi Kegagalan
Risiko kegagalan dalam berbisnis, selalu ada. Karena itu Anda dituntut untuk bersikap tegas dan cepat bertindak, terutama bila melihat sesuatu yang tak beres.

Unduh Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020/2021 di sini.

Unduh FAQ Panduan Pembelajaran Semester Genap 2020-2021 di sini.

Unduh Salinan SKB PTM di sini.


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Penentuan Ulang Harga Pasca Pandemi Corona: Pengertian, Konsep, Tujuan, dan Metodenya

Penulis Kontroversi

Tanda Keuangan Bumdes yang Sehat

Penulis Kontroversi

Mengenal Perilaku Konsumen Digital

Penulis Kontroversi

Leave a Comment