Image default
Referensi Kerja

Mengupas Kerja di Perusahaan Besar vs Perusahaan Kecil

Mengulas Kerja di Perusahaan Besar vs Perusahaan Kecil

Mempertanyakan kerugian dana kerugian Ketika bekerja di perusahaan yang besar dan perusahaan yang kecil tentu bukan sesuatu yang mudah dijawab. Hal ini hanya mungkin terjawab Ketika anda sudah pernah bekerja untuk keduanya.

Perusahaan yang besar tentu memiliki jumlah karyawan yang lebih banyak dengan pekerjaan yang juga lebih banyak. Sedangkan perusahaan kecil atau perusahaan yang baru memulai tentu memiliki jumlah karyawan yang terbatas dengan pekerjaan yang relatif lebih mudah ditangani.

Namun bagaimana sebenarnya untung rugi kerja di dua perusahaan dengan skala yang berbeda tersebut? Berikut adalah beberapa untung dan rugi yang mungkin bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi anda pencari kerja.

Manfaat yang didapatkan
Keuntungan pertama Ketika anda bekerja untuk perusahaan besar adalah anda akan mendapatkan banyak manfaat. Apa yang dimaksud dengan manfaat? Manfaat disini adalah fasilitas yang ditawarkan.

Tentu saja, sebuah perusahaan besar akan memberikan gaji yang cukup tinggi sesuai dengan kualifikasi karyawannya. Dan tentu saja, perusahaan juga akan memberikan fasilitas lengkap yang lebih baik.

Fasilitas yang dimaksud adalah dengan memberikan asuransi atau tambahan uang untuk hal-hal lain seperti transport, Kesehatan dan mungkin makan. Hal ini yang menjadi salah satu keuntungan utama bekerja pada perusahaan besar.

Sedangkan pada perusahaan yang relatif lebih kecil, bukan berarti tidak mendapatkan fasilitas yang seharusnya. Perusahaan yang lebih kecil akan memberikan fasilitas sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan perusahaan besar.

Sebagai contoh adalah asuransi yang diberikan. Mungkin, asuransi yang ditawarkan pada pekerja adalah asuransi yang tidak mengcover beberapa hal. Mungkin, uang transport dan tambahan uang makan juga diberikan tidak sebesar apa yang diberikan oleh perusahaan besar.

Sumber Daya
Pada perusahaan besar, sumber daya juga akan lebih banyak, yang seperti telah dibahas sebelumnya bahwa anda akan mendapatkan gaji yang tinggi. Disamping memberikan gaji yang tinggi, sumber daya lain juga akan diberikan pada para karyawan.

Katakan saja Ketika anda memiliki kesulitan pada hal teknologi Ketika mengerjakan suatu proyek. Anda tidak perlu lagi mencemaskannya, karena aka nada tim IT tersendiri yang akan menangani kesulitan anda.

Tak hanya itu, umumnya banyak perusahaan besar yang juga akan mendukung pengembangan potensi karyawannya. Pengembangan ini dalam arti yang luas, dan tidak jarang perusahaan memberikan dukungan bagi karyawannya yang memang berprestasi untuk memperluas keahlian mereka.

Sebaliknya, pada perusahaan kecil. Resource atau sumber daya yang ada juga lebih terbatas. Gaji yang diberikan juga lebih rendah dengan dukungan professional yang juga terbatas. Bukan hanya itu, sumber daya lain seperti teknology dan semacamnya juga lebih rendah sehingga anda mungkin akan mengalami lebih banyak hambatan dalam hal tersebut.

Peluang
Kesempatan pada perusahaan besar tentu saja juga lebih baik. Promosi dan peningkatan karir tentu adalah sesuatu yang anda inginkan. Dan Ketika anda bekerja untuk perusahaan besar, peluang untuk mendapatkan promosi dan jaringan kerja yang lebih luas juga terbuka lebar.

Anda akan lebih berkembang dalam hal profesi dan juga karir anda. Dengan semakin banyaknya jaringan yang anda bisa dapatkan, karir anda juga akan semakin meningkat dan bukan tidak mungkin anda akan mendapatkan promosi.

Berbeda dengan perusahaan kecil, anda mungkin tidak akan mendapat peluang promosi dan kenaikan gaji yang besar. Bukan berarti anda tidak akan mendapatkan promosi aatau kenaikan jabatan, namun kemungkinannya mungkin lebih kecil mengingat kestabilan dan sumber daya yang dimiliki juga terbatas.

Struktur dan ketertiban
Perusahaan besar memiliki struktur dan ketertiban yang jelas. Salah satunya adalah dengan adanya struktur serta aturan yang jelas dan paten. Bagi anda yang menyukai lingkungan kerja yang terstruktur, bekerja di perusahaan yang besar adalah hal yang menyenangkan.

Biasanya ada akan diberikan panduan untuk bekerja, menyelesaikan pekerjaan serta bagaimana cara menyelesaikannya. Perusahaan besar biasanya juga memberikan pelatihan yang telah pasti dan harus diambil oleh pegawai dan karyawan dalam rangka meningkatkan potensi mereka.

Berbeda dengan perusahaan kecil, anda tidak akan menemukan tatanan yang baku seperti di perusahaan besar. Anda akan lebih memiliki kebebasan dalam melakukan pekerjaan anda. Anda juga akan memiliki keleluasaan dalam mengembangkan kreativitas anda, berbeda dengan Ketika anda bekerja di perusahaan besar.

Gesit
Gesit mungkin bukan keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan besar. Karena suatu perusahaan besar umumnya lebih sulit untuk mengubah spesialisasi mereka. Ketika trend pasar berubah perusahaan besar tidak akan dengan mudah mengubah perusahaan atau mengubah fokus mereka karena banyak yang perlu dipertimbangkan.

Berbeda dengan perusahaan yang lebih kecil, mereka akan lebih mudah menyesuaikan dengan perubahan yang akhirnya akan lebih mudah untuk bertahan. Bekerja di perusahaan yang bisa bertahan dalam berbagai keadaan tentu adalah salah satu keunggulan tersendiri.

Bekerja di perusahaan besar vs perusahaan kecil tentulah memiliki untung rugi tersendiri. Bagi anda yang menginginkan kestabilan dan tatanan jelas dalam bekerja, tentu bekerja pada perusahaan besar akan menjadi pilihan yang sangat tepat.

Dengan bekerja di perusahaan besar anda mendapat berbagai kelebihan yang mungkin tidak akan anda dapatkan pada perusahaan kecil. Namun, bagi seseorang yang lebih mengutamakan kebebasan dalam berkreasi, bekerja di perusahaan besar bisa menjadi bentuk lain dari pembatasan.

Pada perusahaan kecil, anda akan mendapat kebebasan yang lebih dan kontribusi anda pada perusahaan sangat dibutuhkan. Dan tentu saja tidak semua orang akan menikmati bekerja dengan kebebasan tanpa aturan yang lebih mengikat.

Unduh Pedoman Pembelajaran pada Semester Genap TA 2020/2021 di sini.

Unduh FAQ Panduan Pembelajaran Semester Genap 2020-2021 di sini.

Unduh Salinan SKB PTM di sini.


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Libur 2 hari: Lecehkan MA atau Akal-akalan ?

admin

PANDUAN AWAL BERJUALAN ONLINE

Penulis Kontroversi

Leave a Comment