Image default
Referensi Menghafal

Pendahuluan Teknik Menghafal

bebas

Cara Menghafal Cepat dan Tidak Mudah Lupa

Kamu tentu ingat ketika kita masih kelas 1 SD, kita sudah diminta untuk mulai menghafal perkalian dan lain-lain. Hingga saat ini, ada banyak guru yang masih menerapkan cara-cara tersebut, yaitu, menghafal untuk belajar.

Banyak orang mengatakan bahwa, jika kamu ingin pintar dan menguasai banyak hal, maka kamu harus menghafal.

Di samping mengandung beberapa kebenaran, tetapi pernyataan tersebut juga sedikit sulit diterima oleh beberapa orang, mengingat setiap orang memiliki cara untuk belajar yang berbeda-beda.

Bagaimanapun cara belajarmu, berikut adalah beberapa tips umum yang sering digunakan untuk menghafal dengan cepat dan agar tidak mudah lupa.

Namun, sebelum kita membahas satu persatu mengenai tips tersebut, ada baiknya kamu mengetahui kekuatan terbesarmu terlebih dahulu. Apakah kamu adalah seorang yang mudah belajar dengan mendengar? Melihat? Atau mungkin kamu adalah seseorang yang selalu ingat dan mudah saat belajar dari pengalaman.

Setelah mengetahui kekuatan terbesar yang kamu miliki, kamu juga bisa bereksperimen dengan mencoba beberapa cara termasuk dengan mengombinasikan cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya.

1. Segarkan dirimu
Tips cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa yang pertama adalah dengan mengetahui waktu dimana kekuatan otakmu bisa keluar 100%, ada yang mudah menghafal saat tengah malam, ada yang pada pagi hari, sore hari, atau sebelum tidur. Temukan yang mana yang paling cocok untukmu.

Selain itu, buat dirimu dan otakmu segar agar lebih mudah berkonsentrasi, lebih bersemangat, dan lebih kuat hafalan. Salah satu caranya adalah dengan mandi.

2. Mempersiapkan segala sesuatunya
Kita akan mulai dari langkah pertama yaitu dengan mengoptimalkan menghafal dengan memperhatikan lingkungan yang akan kita pilih. Bagi kebanyakan orang, persiapan tersebut biasanya dilakukan dengan memilih daerah yang benar-benar aman dari gangguan sehingga mereka lebih bisa berkonsentrasi. Namun, beberapa orang juga bisa melakukannya di tempat-tempat umum yang ramai. Cobalah mencari tempat yang paling kondusif untuk belajar dan memulai.

3. Menghafal membutuhkan motivasi
Ada dua jenis stres yang dikenal dalam dunia kesehatan yaitu, stres yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan stres yang dapat membuat kita semakin sehat.

Stres yang membuat kita menjadi semakin sehat dan pintar adalah dengan memaksakan diri terutama melalui semangat dan motivasi. Stres akan menyebabkan hormon adrenalin kita terpompa sehingga kemampuan yang kita miliki akan keluar semuanya.

Begitu juga jika kamu ingin cepat menghafal, kamu harus memiliki motivasi yang bisa mendorong dan mengeluarkan semua kekuatan otakmu.

4. Beberapa orang membutuhkan doping
Doping yang saya maksud bukanlah doping sebenarnya berupa obat-obatan yang terlarang, melainkan seseorang terkadang bisa meningkatkan kemampuan memori dengan mengonsumsi sesuatu misalnya minum teh, minum kopi, atau sesuatu yang segar. Beberapa orang mungkin bisa berkonsentrasi dengan baik setelah mengkonsumsi cokelat.

Mekanisme kekuatan otak untuk mengingat informasi sebenarnya berasal dari neuron dan sinapsis. Sinopsis bekerja dengan cara mengulang, mengulang, dan terus mengulang sehingga otak bisa menghafal.

Namun, kamu juga harus tahu bahwa, seiring bertambahnya usia, berbagai bahan kimia beracun yang masuk ke dalam tubuh kita dapat merusak sinopsis dan neuron yang menyebabkan kita kehilangan banyak memori. Menurut banyak ahli kesehatan, teh hijau adalah salah satu minuman yang mengandung senyawa tertentu yang akan menjaga sel-sel otak agar bisa bekerja dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi, di sini kamu dianjurkan untuk minum teh hijau sebelum mulai menghafal.

5. Catat kembali apa yang kamu hafal
Cara menghafal cepat dan tidak mudah lupa adalah dengan mencatat kembali semua informasi yang sudah melekat di otakmu untuk dirimu.

Bagian III: Teknik Menghafal Dengan Cepat

Untuk merangkai ingatan tak terlupakan, cukup dengan mempertajam visualisasi (gambar) dan daya imajinasi (fantasi). Seringkali daya imajinasi kita terbelenggu oleh batasan ketidak-mungkinan yang kita ciptakan di otak kita. Lepaskan belenggu imajinasi Anda, dengan teknik di bawah ini…

Bayangkan bahwa Anda adalah seorang yang sangat sakti, Anda bisa memerintahkan semua benda (yang hidup atau yang tak hidup) untuk mengikuti apa saja kehendak Anda. Misal: bayangkan benda-benda yang ingin Anda ingat dengan mengubahnya menjadi salah satu atau gabungan dari hal-hal berikut :
Super Konyol, Menggelikan, Lucu, Badut
Super Besar, Raksasa, Monster
Super Kecil, Cebol, Kerdil
Super Sakti, Heroik, Ajaib, Menakjubkan, Magis, Mencengangkan
Super Seksi, Eksotis, Erotis, Menggairahkan
Super Indah, Romantis, Pujaan, Idola
Super Horor, Menakutkan, Menegangkan
Hidupkan, Gerakkan, Guyur dengan air, Siram dengan gas, Bungkus dengan es, dsb…
Lagukan/Puisikan mantra yang sulit untuk dihafal: Rock, Dangdut, Qasidah, Gambus, Rap, Keroncong, dsb…
TODO: Kembangkan lagi isinya.

= Teknik Mengingat Urutan dengan Mantra (Mnemonic)

tuhan hanya satu There is only one god

Ucapan adalah doa Words are prayers

Teknik Mengingat Nomor dengan Mantra Sunting
Berikut ini adalah beberapa teknik menghafalkan nomor dengan mantra-mantra pengingat. Silakan menikmati.

Teknik Bentuk Nomorku 
Dalam teknik bentuk nomor ini, Anda bisa menghafalkan nomor dengan membayangkan bentuknya.

Nomor Bentuk Nomor
0 telor, bola, kelereng, bumi, mars, matahari, goa, lubang apa saja
1 tongkat, pedang, pensil, rokok, tiang, ulat bulu, sapu
2 angsa, gantungan baju, orang (duduk) sholat, zorro,
keluarga berencana, peace (salam dua jari)
3 burung terbang, kelelawar, batman, gunung kembar, bra, di dalam bra, (maaf) pantat
4 layar kapal, bendera, salah satu dari fantastic four,
(jangan bayangkan kursi, sudah digunakan untuk angka 5)
5 kuda laut, kursi roda, orang hamil, ular kobra, tangan bajak laut
6 tali gantung diri, tongkat golf, belalai gajah, peniti
7 kapak, cangkul, sabit, clurit
(jangan bayangkan bendera, sudah digunakan untuk angka 4)
8 boneka salju, batu ditumpuk, orang-orangan di sawah,
kaca mata, teropong (binocular), lubang hidung
9 raket, raket nyamuk elektrik, kecebong, (maaf) spermatozoa, ikan paus, balon
Untuk menggabungkan dua nomor, cukup bayangkan nomor belakang naik nomor depannya, atau nomor belakang dibungkus nomor depannya. Contoh:

Nomor Bentuk Nomor
10 raja telor (telor bawa tongkat/pedang)
11 sumpit,
raja ulat (ulat bulu bawa tongkat/pedang),
ulat bulu penyihir (ulat bulu naik sapu terbangnya harry potter)
12 raja donal bebek, raja angsa (bebek bawa pedang / tongkat),
bebek merokok, bebek ditusuk pedang
bebek tukang sihir (bebek naik sapu terbangnya harry potter)
13 raja kelelawar (kelelawar bawa tongkat/pedang)
14 raja kapal (bajak laut bawa tongkat / pedang)
15 raja kobra (ular bawa tongkat/pedang)
16 raja gajah (gajah bawa tongkat/pedang)
17 raja kapak (malaikat pencabut nyawa berbaju hitam bermuka hitam gelap)
18 raja boneka salju (boneka salju bawa tongkat/pedang)
19 raja kecebong, raja spermatozoa (don juan?)
20 telor naik bebek air (pernah naik bebek air di ancol?)
21 ulat bulu naik bebek air (bebek airnya gatel)
22 orang sholat di atas bebek air (kurang ajar banget tuh bebek)
23 batman naik bebek air (batman nya mbebek i)
24 bebek air merdeka (ada benderanya)
25 kuda laut naik bebek air
26 (belalai) gajah naik bebek air
27 cangkul naik bebek air
28 boneka salju naik bebek air
29 balon naik bebek air
30 telor naik kelelawar
31 ulat bulu naik kelelawar raksasa, ulat bulu e-ek
32 zorro naik kelelawar raksasa,
donal bebek naik kelelawar raksasa, bebek e-ek
33 batman naik kelelawar raksasa, batman e-ek
34 bendera naik (nancap di punggung) kelelawar
35 kuda laut naik kelelawar
36 gajah naik kelelawar
37 cangkul naik kelelawar
38 boneka salju naik kelelawar
39 balon naik kelelawar
40 telor naik kapal layar
41 ulat bulu naik kapal layar
42 zorro naik kapal layar
43 batman naik kapal layar
44 fantastic four naik kapal layar (lagi nyamar neeh)
45 kuda laut naik kapal layar
46 gajah naik kapal layar
47 cangkul naik kapal layar
48 boneka salju naik kapal layar
49 balon naik kapal layar
50 telor naik kuda laut
51 ulat bulu naik kuda laut
52 zorro naik kuda laut
53 batman naik kuda laut
54 fantastic four naik kuda laut (lagi tugas di laut)
55 kuda laut naik kuda laut juga
56 gajah naik kuda laut
57 cangkul naik kuda laut
58 boneka salju naik kuda laut
59 balon naik kuda laut
60 telor naik gajah
61 ulat bulu naik gajah
62 zorro naik gajah (kudanya ngambek milih tinggal di rumah)
63 batman naik gajah
64 bendera naik gajah
65 kuda laut naik gajah
66 gajah naik gajah juga
67 cangkul naik gajah
68 boneka salju naik gajah (lama kelamaan gajahnya kedinginan)
69 balon naik gajah
70 telor naik cangkul terbang
71 ulat bulu naik cangkul terbang
72 bebek naik cangkul terbang
73 batman naik cangkul terbang (mobilnya lagi diservis)
74 bendera naik cangkul terbang
75 kuda laut naik cangkul terbang
76 gajah naik cangkul terbang (gajahnya berhasil diet pamer..pamer..huuuu!!!)
77 cangkul naik cangkul terbang juga (ngak mungkin)
78 boneka salju naik cangkul terbang (satu fakultas sama harry porter)
79 balon naik cangkul terbang
80 telor orang-orangan sawah (wiiii….hiiii. ngak deh kayaknya)
81 ulat bulu masuk hidung
82 orang-orangan sawah duduk (nungguin yang datang bawa makanan)
83 pantat orang-orangan sawah (terbuat dari jerami)
84 fantastic four orang-orangan sawah (kalau ngak ada pak tani mereka bertugas membela kebenaran)
85 orang-orangan sawah lagi hamil (pacarnya tidak bertanggungjawab)
86 orang-orangan sawah gantung diri (ditinggal pacarnya)
87 orang-orangan sawah bawa celurit (pacarnya direbut orang)
88 orang-orangan sawah sama orang-orangan sawah (lagi pacaran)
89 orang-orangan sawah bawa raket
90 bawa raket sambil hola hop (ini mau ikut olympiade atau mau main main)
91 ikan paus nyangkut di tiang (ikan pausnya belajar terbang)
92 ikan paus ikut keluarga berencana (2 anak cukup)
93 kecebong di dalam pantat (jangan eek di sungai)
94 kecebong bawa bendera
95 kuda laut bawa raket (olympiade bawah laut)
96 ikan paus gantung diri (karena anaknya diekspor ke jepang)
97 kecebong bawa celurit (wow… atut)
98 orang-orangan sawah jualan balon (ngak bisa dipanen karena kena lumpur LAPINDO)
99 ikan paus bawa raket (olympiade bawah laut)
100 ulat bulu bawa telor sambil hola hop (latihan keseimbangan)
101 ulat bulu main bola sambil rokokan (nyantai banget)
102 ulat bulu bertelor sambil duduk (di sungai)
103 ulat bulu bertelor di antara gunung kembar (beruntung banget tuh ulet bulu gue juga mau)
104 ulat bulu main hola hop sambil bawa bendera (untung bukan manusia)
105 ulat bulu main hola hop pakai kursi roda (gaya banget tuh ulat bulu, sialan)
106 ulat bulu main hola hop sambil gantung diri (?????????)
107 ulat bulu main hola hop sambil bawa celurit (nantang neh)
108 boneka salju punya telor ngisep rokok (ini paling gaya)
109 kecebong dan ulat bulu main kelereng (yang rukun ya !!!)
110 makan telor pake sumpit (susah yeee)

111 ada teknik tersendiri untuk menghafalkan angka di atas ratusan,
silakan tunggu kelanjutannya.

Teknik Nomor Cadel
Teknik Nomor Cadel menghafalkan nomor yang diciptakan oleh Abd Shomadik. Teknik ini dikembangkan dari teknik Major System, yang ditemukan oleh Stanislaus Mink von Wennsshein pada in abad ke-17 (lihat : Major System). Tujuan dari dibuatnya teknik ini adalah untuk membuat sistem yang bisa digunakan untuk mengkonversikan nomor menjadi kata-kata dan sebaliknya mengkonversikan kata-kata menjadi nomor. Teknik Major System ini diperbaiki oleh Dr Richard Grey pada abad ke-18. Dengan teknik ini, Anda bisa mengkonversikan nomor 00 sampai 99, bahkan bisa juga dari 000 sampai 999 ke dalam bentuk kata-kata, sehingga mudah untuk dihafalkan. Teknik ini terbatas terhadap perbendaharaan kata dari bahasa yang digunakan. Semakin kaya perbendaharaan kata suatu bahasa, semakin mudah teknik ini diterapkan. Dengan teknik SEM Cube yang dikembangkan oleh Tony Buzan, Anda akan bisa mengkonversikan 00000 sampai 80,000 ke dalam bentuk kata-kata! Teknik SEM Cube ini tidak akan dijelaskan dalam buku ini. Silakan mencarinya di beberapa search engine.

Teknik Nomor Cadel ini dikembangkan dengan cara yang cukup lucu. Ketika Anda mengajarkan anak kecil bagaimana mengenal nomor, pada awalnya mereka akan hanya mengucapkan penggalan kata yang terakhir saja, dan diucapkan dengan cara yang lucu. Misal, ketika Anda mengajarkan urutan nomor kepada anak kecil, si anak kecil akan mencoba untuk melafalkan urutan nomor itu dengan gaya berikut: “(a)tuh!”, “(u)wah!”, “(i)gah!”, “patsz”, “mah”, “nyam”, “(u)cuh”, “(a)pany”, “(i)y(l)an”, “(u)y(l)uh”, dengan beberapa variasi gaya tentunya.

Dalam Teknik Nomor Cadel ini, Anda akan dikembalikan lagi menjadi bayi yang baru belajar menghafal nomor. Setiap nomor akan dikonversikan dengan konsonan. Berikut daftar konversinya:

Pelafalan Bayi:
1 2 3 4 5 6 7 8 9 0
Tuh – Wah – Gah – Patts – Mah – Nyam – Cuh – Pany – Yan – Yuh Unyil ucing…

Si Unyil sedang bermain ikan-ikanan (jawa: betengan, iwak-iwakan; english: hide-and-seek)
Pelafalan Anda:

1 2 3 4 5 6 7 8 9 0
Tu – Wa – Ga – Pat – Ma – Nam – Ju – Pan – Lan – Luh Unyil kucing…

Konversi 1: WA-RA, PAN-VAN, LUH-SEP
Tu – Ra – Ga – Pat – Ma – Na_ – Ju – Van – Lan – Sep WA menjadi RA, PAN menjadi VAN, LUH menjadi SEP
Ingat R diucapkan cadel. Contoh:
mawar dibaca mawaw, roti dibaca woti
Konversi 2: Ucapkan semua dengan vokal “A”, ambil konsonan pertama saja.
Ta – Ra – Ga – Pa_ – Ma – Na_ – Ja – Va_ – La_ – Sa_
Konversi 3: Konversi terakhir yang harus selalu diingat
T – R – G – P – M – N – J – V – L – S
1 2 3 4 5 6 7 8 9 0
Anda mungkin bertanya mengapa WA diganti menjadi RA? Ingat, nama teknik ini adalah Teknik Nomor Cadel. Bayangkan Anda memiliki seorang teman yang cadel dan tidak bisa mengucapkan R dengan benar. Setiap kali mereka mengucapkan R, mereka seperti mengucapkan W. Mudah sekali bukan? Contoh-contoh yang dibewikan (= beri, cadel) di bawah akan sewing (= sering, cadel) menggunakan pengucapan cadel dalam buku ini.

Untuk memperkaya perbendaharaan, berikut beberapa aturan yang bisa diterapkan:
1. Semi-konsonan (semi-vokal) W, H dan Y tidak dianggap sebagai konsonan, karena pengucapannya mirip dengan pengucapan vokal. Ingat wang (malay) = uang (indo), iaitu = yaitu, iya = iyah. Anda juga bisa mengingatnya dengan pertanyaan gaya bahasa inggris “Why W-H-Y?” Dan akan terjawab dengan sendirinya. 2. Setiap konsonan yang pengucapannya mirip dikelompokkan bisa menjadi satu. Misal:
T dan D pengucapannya hampir sama, jadi T bisa diganti dengan D,
G, K dan Q pengucapannya hampir sama, jadi G bisa diganti dengan K dan Q,
P dan B pengucapannya hampir sama, jadi P bisa diganti dengan B,
N, NY dan NG pengucapannya hampir sama, jadi N bisa diganti dengan NY dan NG,
J dan C pengucapannya hampir sama, jadi J bisa diganti dengan C,
V dan F pengucapannya hampir sama, jadi V bisa diganti dengan F,
S dan Z pengucapannya hampir sama, jadi S bisa diganti dengan Z,
3. Setiap konsonan boleh dilafalkan dengan beberapa macam vokal dan semi-vokal, misal: P bisa dilafalkan dengan Pa, Pi, Pu, Pe, Po atau aP, iP, uP, eP, oP atau Py, yP.

Dengan beberapa aturan tambahan di atas, Anda bisa membuat daftar konversi benda yang hampir tak terbatas. Berikut ringkasan konversi nomor ke dalam kata-kata dari aturan-aturan di atas:

Ingat, yang Anda perhatikan adalah pengucapannya, bukan hurufnya.

Nomor Konversi Contoh Keterangan
1 T, D teh, ade ade = sebutan mesra untuk anak kecil
2 R ara, ari, aru ara = sejenis tumbuhan seperti labu, ari = plasenta bayi
3 G, K, Q oga, ko(ko), e-ek oga = salah satu lakon di serial Si Unyil yang
berkepala gundul dan selalu minta cepe
ko(ko) adalah sebutan kakak untuk orang Tionghoa
e-ek = kotoran bayi yang kita buang ke jamban
4 P, B pa(pa), abah, ibu, semuanya adalah orang tua, lebih baik bayangkan
orang super tua
beo, bayi beo = sejenis burung yang bisa menirukan ucapan apa saja
bayi = anak manusia yang masih sering ngompol dan eek :p
5 M meow, mooa, mie meow = kucing kecil yang masih cadel
mooa = sapi kecil mengembek
mie = makanan kesukaan kita
6 N, NG, NY Nuh, Nyah Nauh = salah satu nabi dalam Al-Quran dan Injil
Nyah = sebutan untuk nyonya rumah, ingat pembantu
memanggil nyonyahnya
7 J, C jiwa, jawa, aji, aci, jay, ce, co
aji = mantra yang dirapal untuk mengeluarkan ilmu
serat jiwa atau pelajar berkacamata yang pintar
dalam film ACI (Aku Cinta Indonesia)
aci = temannya aji, pelajar wanita yang ditaksir aji
jay = teman Anda yang jayus, ngocol, temannya aji juga
ce = cewek paling cantik yang Anda taksir
co = cowok paling ganteng yang Anda taksir
8 V, F fa, eva, evy fa = merek bedak yang dulu pernah terkenal
eva = nama teman Anda
evy = teman Anda juga
9 L lee, leo, la(lala) lee = celana jeans super ketat yang melekat erat
leo = singa lucu di majalah bobo
lala = bidadari yang menyanyi tralala trilili
0 S, Z asu, ozy, soho asu = anjing dalam bahasa jawa
ozy = nama artis berkepala botak dalam
si manis jembatan ancol
soho = rumah kecil yang digunakan sebagai kantor
soho = small office home office
4. Huruf yang ditulis dua kali secara berturut-turut akan dianggap sebagai satu huruf saja. Misal: tissue harus diucapkan dengan lafal ti-su, horreee diucapkan dengan lafal ho-re.

Dengan modal hafalan di atas, Anda bisa membuat urutan nomor sebanyak Anda suka. Kalimat yang digunakan untuk menggantikan nomor ini biasa disebut dengan mnemonic. Berikut beberapa contoh mnemonic yang bisa Anda hafalkan (tolong ditambahkan lagi):

Nomor Konversi Mnemonic
10 tas, tissue, tes, toss, dasa(muka), desi, dus, dos
11 tata, titi, tut (bunyi kentut), tet (bunyi terompet), tot (bunyi kentut),
dada (lambaian perpisahan), dadu, dido (penyanyi), dut (kentut), dot (bayi)
12 tar, tiri, turu (jawa), tere, taro, duaaar (bom!), duri,
dera (dicambuk), dorr (tembak!)
13 tag, tig, tug, tek (tektek baso),
tek (tek-kotek-kotek, anak ayam turun berkotek), teko, toge,
tak, tik, tuk, tek, tok (ketokan palu),
dag, dig, dug, deg, dog (jantung berdebar ketemu pacar)
14 tapa (pertapa), topi, dop (lampu dop)
15 tamu, tim (nasi tim), tom (tom & jerry),
dam, demo, doom (permainan komputer)
16 tanah, tang, atun, ateng, otong, tong
deni (manusia ikan), dini (pernikahan dini, masih subuh), dono (pelawak)
17 taj (taj mahal), taji (kuku ayam)
18 taf (taft, mobil jeep), tivi,
dive (menyelam di air), dove (merk kosmetik)
19 tali, (sensor), tuli (celupin tangan di telinga), tol (jalan tol)
dali (burung dadali), dil (tarian india), doel (film anak sekolahan)
20 razia, rasa (ciuman pertama), risih (pipis di tempat umum),
rusa, resah (mau pipis masih dalam bis),
rossa (penyanyi), reseh (berisik banget sih)
21 ratu, ruth (sahanaya), roti
22 rara (mendut), rara (jonggrang), rara (nyi roro kidul), riri
23 raga, rugi (taoge banting piring), reog, rogoh (saku, copet!)
rak, riki (martin), ruko (rumah toko, bedakan dengan
soho), reiki (teknik pernafasan), roko (asap diisep)
24 rap (negro nyanyi ngerap), rupiah
25 ram (ram komputer), rim (satu rim kertas), rum (minuman memabukkan), rem (sepeda),
roma (Julius Caesar, Colosseum)
26 rani, rini, reni, roni
27 raja, ruju (kembali ke istri tercerai), rojo (raja jawa),
receh (uang logam), ricoh (mesin photo copy)
28 rafi, rif (penyanyi), ref (nyanyian), ravi (orang india)
29 rel (kereta), roll (gulungan film), roll (rock n roll)
30 gas, gus (gus dur), geisha (artis jepang), goes (mangayuh sepeda),
kas, kasa, kis (permen wangi), kos (ibu kos)
31 gat, git, gut, get, got (belajar bahasa asing?), gada (tongkat raksasa)
kat (kit-kat), kit (kit-kat)
32 gaharu, giro, geerrr (ketawa renyah), gor (gedung olah raga)
33 gaga (makanan kaleng), gigi, guk (anjing menggonggong)
34 gap (gaptek, gagap teknologi, orang dusun)
kap (topi lampu), kipi, kupu (kupu malam),
koboi
35 gam (pejuang aceh bersenjata rencong), gym (aa gym, dai yang santun),
kameha (mantra dragon ball), kemah, komo
36 gin (arak dari buah beri), gen (DNA dikepang dua),
kano (perahu italia?), khan (kubilai khan, kaisar mongol),
kina (pil malaria, kapsul – nyamuk), koni
37 gaji, kaji (menelaah teks kuno)
38 giv (sabun kecantikan), kafe, koffi (koffi anan, PBB)
39 kali, kol (sayur kol), gool!
40 pas, piss (pipisss…), puss (kucing kecil?), pos (kotak pos)
basi, bis, bus, busa, boss
41 pati, pit (sepeda jawa), pot (tempat bunga)
batu, bot (sepatu bot)
42 pir (buah pir),
bar (nite club), bir, bor
43 pagu, paku, pak, pax, bak, buk!
44 papa, baba, pub, pipi, baba, babi, babu, bibi
45 pam (air), puma, pom (bensin), bam (samson), bim (slank),
bum! (meledak), bem (badan ekskutif mahasiswa), bom
46 panama, pana(h), pin, pon (pekan olahraga nasional),
ban (roda), bin (badan intelijen negara), ben (bang ben), bon
47 paja, pojo, baju, biji, bej (bursa efek jakarta), bojo
48 pav (paviliun), beef (daging)
49 palang, palu, pil, pulau, pel (kain), bulu, bella (saphira), bola
50 mas (emas), miss (universe), mouse (komputer), mess
51 mata, mati, mitu (tissue), mete, mede
52 mara, mur
53 mak, mik (microphone), muka, moka (kopi moka)
54 map (peta,
55 mama, mummy, memo
56 mani, mina, mini, men, mona, moni
57 maju, mojo (buah), macho
58 ma’af (nyesel banget), muff(in),
59 mal, malu, milo
60 tol, tal, tiloks
silakan dilanjutkan….

Yang mengunjungi saya harap disunting jika ada kesalahan, karna saya juga manusia pasti punya kesalahan.

bebas

There is no ads to display, Please add some

Leave a Comment

bebas