Image default
Referensi Referensi Android Tanya Jawab & Misteri Tips & Triks

Mengatasi HP Android Sering LAG / Macet

Untuk mengatasi lag pada smartphone android, caranya berbeda – beda. Banyak sekali penyebab dari masalah tersebut. Dan untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini

LAG atau macet sekali kali terjadi pada saat menjalankan aplikasi atau game tertentu di android. Hal ini memang membuat para pengguna sedih dan galau karena merasa tidak nyaman saat beraktifitas dengan smartphone kesayangan.

Lag atau macet, tidak hanya terjadi pada smartphone android, bisa saja terjadi pada komputer atau laptop. Lag sering terjadi saat sedang bermain game atau menjalankan aplikasi yang berukuran besar.

Dan masalah semacam ini dapat terjadi pada semua perangkat Android seperti Samsung, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS, Xiaomi, VIVO, Huawei, dan lainnya.

Kenapa Android Sering Macet tiba-tiba?

Ada banyak sekali penyebab dari lag android, salah satu penyebab yang paling sering yakni RAM penuh. Saya sendiri dulunya juga pernah mengalami hal yang sama. Saat saya sedang chatting dan main sosmed dengan koneksi Wifi tiba – tiba aplikasi bbm saya berhenti tiba-tiba dan terasa sangat berat.

Mengapa demikian? Karena saya membuka banyak aplikasi mulai dari LINE, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan UC Browser.

Bagi anda yang menggunakan smartphone dengan kualitas hardware yang mumpuni mungkin tidak masalah, tapi bagi saya yang hanya menggunakan smartphone RAM 512MB – 1024MB, benar-benar jadi masalah besar.

Penyebab HP Android Sering LAG dan Macet

Untuk mengatasi lag pada smartphone android, caranya berbeda – beda. Banyak sekali penyebab dari masalah tersebut. Dan untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini…

Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Seperti yang saya jelaskan diatas, banyaknya aplikasi yang anda jalankan membuat Android sering Lag dan macet. Maklum saja, hal ini terjadi karena RAM Android anda penuh sehingga Android pasti akan macet karena memori RAM tidak dapat memberikan Ruang pada aplikasi atupun sistem android itu sendiri.

Lebih parahnya lagi jika anda membuka internet sambil bermain game tentu RAM Android tidak kuasa dalam melakukan semua itu. Hal ini sering terjadi pada smartphone android dengan kapasitas RAM 512MB – 2GB.

Terlalu Banyak Aplikasi yang Terinstall

Walaupun memori internal ataupun eksternal android anda besar bukan berarti anda bebas menginstall semua aplikasi yang ada. Makin banyak aplikasi yang anda install juga makin lemot pula android anda.

Tidak hanya memberatkan RAM saja, tetapi juga memberatkan memori android itu sendiri. Apalagi jika aplikasi yang anda install suka berjalan di background layar tentunya RAM android pasti terkuras habis.

Penumpukan Cache yang Berlebihan

Cache atau file sampah akan terus di produksi saat anda membuka dan menjalankan aplikasi tertentu, entah itu aplikasi messenger, sosial media, ataupun game android.

Pada intinya cache sifatnya file sementara yang artinya tidak begitu penting dan harus di bersihkan. Jika tidak dibersihkan maka akan menumpuk di memori internal dan membuat android sering lag, lemot, dan macet.

Memori RAM Penuh

Sebenarnya RAM penuh sama seperti point yang pertama yakni karena banyak membuka aplikasi. Tak hanya itu saja, tidak membuka aplikasi juga bisa membuat RAM penuh. Jika anda perhatikan aplikasi messenger seperti BBM ataupun WhatsApp, walaupun anda tidak membukanya tetap saja aplikasi tersebut membutuhkan ruang memori.

Kenapa? Karena aplikasi tersebut berjalan di belakang layar. Intinya adalah aplikasi yang berjalan, entah itu terbuka atau tidak tetap membutuhkan RAM. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu banyak dalam menjalankan aplikasi di Android.

Wallpaper Animasi dan Tema

Jika kita perhatikan wallpaper animasi dan tema memang terlihat menarik dan keren. Banyak sekali aplikasi launcher yang menyediakan tema unik, lucu, dan keren, tapi dibalik itu semua, tema android sangat membutuhkan memori RAM yang cukup besar.

Nah, apabila anda menggunakan tema tapi anda tidak imbangi dengan penggunaan aplikasi lainnya tentunya Android akan serasa sangat berat. Terbukti saya sendiri memasang tema dan saat menjalankan aplikasi Instagram, LINE, dan UC Browser secara bersamaan ternyata android serasa sangat berat sekali.

Root Kurang Sempurna

Root yang kurang sempurna atau gagal di tengah jalan akan mengakibatkan sistem andoid sering mengalami error. Tidak hanya lag, lemot, atau macet tiba – tiba, terkadang ada juga yang sampai mati total.

Solusinya sulit, harus menginsall OS Android yang baru atau jika masih bisa nyala lakukan factory reset.

Virus Menyerang Sistem

Virus yang menyerang aplikasi dan sistem android tentunya akan berdampak buruk bagi performa android itu sendiri. banyaknya virus yang menyerang akan membuat aplikasi sering error, lag, dan lemot.

Mengatasi HP Android LAG dan Lemot

Setelah mengetahui penyebab – penyebab android sering lag, selanjutnya anda bisa langsung memperbaiki. Simak beberapa solusinya berikut ini…

1. Bersihkan Cache Android

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menghapus cache android. Cukup mudah untuk menghapusnya, anda bisa gunakan aplikasi clean master atau CCleaner dengan sekali tap maka semua proses pembersihan akan berjalan.

Jangan lupa harus juga history pencarian pada browser yang anda gunakan.

2. Hapus Aplikasi & Game

Aplikasi dan game yang jarang anda gunakan atau sudah tidak pernah anda gunakan, maka sebaiknya uninstall aplikasi tersebut. tujuannya agar memori internal dan eksternal android anda memiliki banyak ruang kosong.

Menghapus Aplikasi Android
Untuk menghapus aplikasi cukup mudah, masuk pada menu Pengaturan » Aplikasi » Semua, cari dan pilih aplikasi yang anda ingin hapus. Tap “Copot Pemasangan” untuk menghapus aplikasi.

3. Gunakan Wallpaper Biasa

Apabila sebelumnya anda menginstall tema atau launcher android. hapus tema tersebut, gunakan wallpaper biasa dan jangan yang animasi.

Jika smartphone anda memiki kapasitas RAM 2GB mungkin tidak masalah, tapi jika dibawah kapasitas tersebut maka nantinya akan jadi masalah. Untuk lebih baiknya memang tidak perlu memasang tema.

4. Scan dengan Antivirus

Gunakan antivirus terbaik untuk melakukan scanning. Mungkin saja ada virus yang melekad pada sistem dan aplikasi sehingga membuat android serasa berat dan lemot.

Rekomendasi antivirus terbaik adalah AVAST Mobile Security, AVG Antivirus Security, CM Security, dan Kapersky Internet Security.

5. Gunakan Aplikasi Seeder

Aplikasi Seeder dapat mengoptimalkan smartphone android agar bisa bekerja lebih agresif. Unduh aplikasi Seeder, dan pasang pada android anda. Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mudah, anda tinggal nyalakan tombol mati menjadi nyala “ON”.

Cara Mengatasi HP Android Lag Dengan Seeder
Kemudian pada bagian light, anda ubah menjadi aggressive. Cara ini hanya bisa dilakukan untuk android yang sudah di root.

6. Update OS Android

Apabila sistem android anda error atau terdapat banyak bugs (kerusakan) maka sebaiknya lakukan update. Tujuannya agar error tersebut bisa hilang.

Dan lebihnya lagi anda juga akan mendapatkan fitur terbaru dari update OS Android yang anda lakukan.

7. Factory Reset Smartphone

Jika semua cara tidak bisa anda lakukan, jalan terakhir yakni dengan factory reset atau mengembalikan smartphone ke kondisi awal (pabrik). Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya anda backup semua data pada komputer atau SD Card agar nantinya bisa anda kembalikan lagi.

Reset HP Android
Untuk melakukan factory reset, masuk pada menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan ke setelan Pabrik, dan selanjutnya anda bisa tap “Setel Ulang Telepon”.

Aplikasi Anti, Dijamin Jalan Mulus

Apakah kamu pernah tiba-tiba berhenti atau merasakan lag saat main Free Fire? Tentu saja itu suatu masalah yang akan mengganggu performa kamu saat mode ranked. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari aplikasi anti lag Free Fire yang akan membantu membuat permainan berjalan dengan mulus.

Lag saat bermain game memang salah satu yang biasa dirasakan. Untuk Free Fire sendiri, ada beberapa alasan yang bisa menyebabkan game menjadi lag. Ada kalanya, perangkat smartphone yang kamu gunakan mengalami kelebihan muatan sehingga performanya menjadi sangat lambat. Ada pula alasan karena jaringan internet yang sedang kamu gunakan nge-down sehingga lag tak bisa terelakkan.

Nah, kali ini kami akan membagikan kepada kamu 5 aplikasi anti lag yang sangat berguna saat bermain game. Buat kamu yang penasaran, langsung saja cek daftarnya di bawah ini.

1. Super Pinger

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Super Pinger. Yap, seperti namanya aplikasi ini akan membuat memperkuat ping saat diaktifkan dan bisa membuat game lancar.

Ping yang tinggi memang membuat pergerakan kamu menjadi lelet. Tapi dengan aplikasi ini akan membuat ping kamu akan menjadi rendah dan stabil. Ukuran file Super Pinger ini juga tidak terlalu besar sehingga tidak terlalu membebani memori handphone kamu. Jika kamu ingin menggunakannya, bisa langsung download lewat tombol yang kami sediakan di bawah ini.

2. Anti Lemot & Anti Lag

source: Google Play
Masih sama seperti aplikasi sebelumnya, Anti Lemot & Anti Lag juga bisa membuat kamu lancar bermain game battle royale ini. Cara kerja kedua aplikasi ini juga masih sama sehingga kami tak perlu menjelaskannya lebih panjang.

Selain menstabilkan jaringan, aplikasi ini juga bisa membuat hp kamu lebih lancar dengan menghapus cache. Ditambah lagi, aplikasi ini juga kecil dan tidak akan mengganggu performa.

3. Aplikasi Anti Lag Free Fire: GLTool
Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah GLTool. Bisa dibilang aplikasi ini adalah pengatur grafis game yang sedang kamu mainkan. Jadi kualitas grafis Free Fire akan di sesuaikan sehingga lebih bersahabat untuk kamu yang cuma hp kentang.

Jadi kamu tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan cara setting dan main Free Fire patah-patah.

4. GFX Tools

Masih seperti aplikasi sebelumnya yang akan mengatur masalah grafik, GFX Tools bisa menjadi alternatif dari GLTool. Aplikasi ini bisa digunakan di hp dengan RAM kecil dan menghilangkan lelet saat main Free Fire.

Aplikasi anti lag Free Fire satu ini sangat kami rekomendasikan karena memang banyak pemain pro dan streamer yang menggunakannya.

5. 4G Only Net
Kembali ke masalah jaringan, kamu pasti sering mengalami masalah saat jaringan nge-down dari 4G menjadi 3G. Ini merupakan salah satu alasan kenapa Free Fire jadi lag. Untuk itu kamu memerlukan sebuah aplikasi yang bisa membuat jaringan tersebut tidak menurun.

Sebagai yang terakhir, kami sarankan kamu menggunakan 4G Only Network Mode sebagai aplikasi anti lag Free Fire. Kamu bisa mendownloadnya dengan link yang kami sediakan di bawah ini.

Download 4G Only Network Mode
Nah, itulah 5 aplikasi anti lag Free Fire yang bisa membuat kamu bermain dengan mulus. Selain itu, kami juga punya rekomendasi Game Booster terbaik buat yang ingin menggunakannya.


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Studi Perencanaan Migrasi Sistem Digital

Penulis Kontroversi

Aplikasi Uji Perangkat Keras Ponsel Android

Penulis Kontroversi

Cegah Penyebaran Covid, UPDATE Sebaran Covid Gresik, Per Jumat (18/9), Mencatat Kasus Covid 26, Dan Sembuh 30

Penulis Kontroversi

Leave a Comment