Image default
Dari Rumah

Aplikasi untuk Video Conference Selama Kerja dari Rumah

Meski bekerja dari rumah, bukan berarti produktivitas Anda menurun. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa menunjang produktivitas selama bekerja di rumah, salah satunya adalah aplikasi video conference yang sering digunakan untuk rapat ataupun berdiskusi secara online

Covid-19 telah menyebar luas di Indonesia. Hal ini berdampak pada banyak hal, termasuk memengaruhi bagaimana seseorang dalam bekerja. Dari yang semula bekerja di kantor, menjadi bekerja di rumah. Meski bekerja dari rumah, bukan berarti produktivitas Anda menurun. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa menunjang produktivitas selama bekerja di rumah, salah satunya adalah aplikasi video conference yang sering digunakan untuk rapat ataupun berdiskusi secara online.

Video conference saat Work from Home
Berikut ini adalah beberapa aplikasi video conference populer yang dapat digunakan di Android maupun iOS.

WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi chatting paling populer di dunia. Selain fungsinya sebagai aplikasi chatting, WhatsApp juga dapat digunakan untuk melakukan panggilan video hingga 8 orang, sehingga cocok digunakan untuk Anda yang ingin melakukan konferensi video di tim yang lebih kecil.

Anda juga dapat membuat grup di WhatsApp sehingga Anda dapat mengelola anggota tim dengan lebih mudah dan terorganisir.

Google Meet

Google sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia juga memiliki aplikasi video conference yang cukup populer yakni Google Hangout Meet. Dengan aplikasi ini ada dapat melakukan konferensi video hingga 250 orang sekaligus.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk membagikan layar penggunanya, sehingga memudahkan Anda jika ingin mempresentasikan sesuatu.

Google Meet juga terintegrasi dengan Google Calendar sehingga Anda bisa menerima notifikasi saat rapat akan segera dimulai.

Skype

Skype merupakan aplikasi percakapan buatan Microsoft yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan suara dan video. Aplikasi ini dapat mendukung hingga 25 orang dalam satu kali panggilan.

Selain untuk panggilan suara dan video, Skype juga dapat digunakan sebagai media percakapan berbasis teks baik itu secara personal maupun dalam sebuah grup, serta mendukung layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel atau nomor rumah.

Slack

Slack merupakan aplikasi perpesanan berbasis grup dan bisa digunakan untuk berkomunikasi antartopik. Dengan aplikasi ini Anda dapat berbagi dokumen dan melakukan konferensi video hingga 15 orang.

Salah satu fitur Slack adalah dapat diintegrasikan dengan beberapa tools lain dan media sosial seperti Google Drive, Dropbox, hingga Twitter sehingga memudahkan Anda dalam mengirim file dan memantau pekerjaan tim Anda.

Zoom

Meski belakangan ini Zoom sedang diterpa isu negatif terkait privasi penggunanya, tidak bisa dipungkiri bahwa Zoom adalah salah satu aplikasi video conference yang populer di dunia.

Zoom dibekali dengan berbagai fitur yang dapat memudahkan Anda dalam mengelola ruang virtual. Selain itu, Anda dapat membagikan tampilan layar (screen share) ke semua anggota tim lain yang bergabung. Anda juga dapat berbagi foto dan video dengan mudah berkat dukungan Google Drive dan Dropbox.

Cisco Webex

Meski belum begitu populer di Indonesia, Cisco Webex sering digunakan oleh banyak perusahaan di dunia. Jumlah peserta yang bisa bergabung dalam konferensi video mencapai 100 orang, bergantung jenis paket berlangganan.

Beberapa fitur di aplikasi ini mencakup screen sharing, dukungan Google Assistant, Google Home Hub, papan virtual untuk menggambar, unggah dokumen, dan perekaman video.

Demikian pembahasan mengenai 6 aplikasi video conference selama kerja dari rumah. Selain dengan menerapkan sistem kerja jarak jauh, Anda juga harus memaksimalkan sistem penjualan secara online sebagai bentuk partisipasi aktif perusahaan Anda dalam meminimalisir penyebaran Covid-19. Agar penjualan online berjalan dengan lancar dan efektif, pastikan Anda dapat menyediakan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi pelanggan. (Isa)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Menyembunyikan Kesedihan: Ciri, Cara dan Resiko

admin

Puree: Buah Lokal untuk Pemenuhan Gizi Masyarakat

Penulis Kontroversi

Menyusun Skala Prioritas Di Saat Pandemi

Penulis Kontroversi

Leave a Comment