Image default
#mekanisme otomatis milyarder Bisnis

CARA MENJADI TRILIUNER

bebas

Anda yang tidak terlahir dari keluarga kaya raya, mewarisi harta melimpah dari orang tua, atau memenangkan undian lotere senilai miliaran rupiah, Anda harus bekerja sangat keras untuk menjadi seorang Triliuner.
Dan yang terpenting bukan berapa jumlah yang Anda dapatkan, tetapi bagaimana cara Anda mengelola dan menghabiskan uang Anda.

Menjadi kaya adalah TUJUAN BAGI HAMPIR SEMUA MANUSIA DI DUNIA. Namun sayangnya, tidak sedikit dari mereka yang berpikir bahwa mustahil rasanya menjadi seorang miliuner. Padahal kalau Anda tahu caranya, hal tersebut sangat mungkin dilakukan.

Saran yang paling umum Anda dengan tentu seperti rajin menabung, berhati-hati dalam pengeluaran, dan hidup hemat. Padahal Anda butuh serangkaian langkah yang terperinci untuk mencapai tujuan tersebut. Dan bagi setiap orang, cara yang mereka butuhkan untuk menjadi seorang Triliuner tidaklah sama.

Tergantung dari kondisi finansial dan tujuan yang ingin diraih, Anda harus meracik formula tersendiri untuk menjadi kaya. Meskipun demikian, Anda tetap membutuhkan petunjuk-petunjuk besar dari pada ahli finansial tentang bagaimana cara mempercepat Anda menjadi seorang Triliuner.

Berikut adalah beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan sekarang juga:

1. MENCARI SUMBER PENGHASILAN TETAP
Anda yang tidak terlahir dari keluarga kaya raya, mewarisi harta melimpah dari orang tua, atau memenangkan undian lotere senilai miliaran rupiah, Anda harus bekerja sangat keras untuk menjadi seorang Triliuner.

Dan yang terpenting bukan berapa jumlah yang Anda dapatkan, tetapi bagaimana cara Anda mengelola dan menghabiskan uang Anda. Seperti yang dilakukan oleh banyak Triliuner, mereka tidak menggantungkan diri hanya pada satu jenis pekerjaan saja. Di samping pekerjaan utama, mereka memiliki sumber penghasilan yang lainnya. Dengan demikian, jika satu sumber hilang Anda masih bisa mengandalkan sumber yang lain.

Ini bukan berarti Anda harus bekerja di dua tempat sekaligus, tetapi bagaimana cara Anda memanfaatkan waktu luang untuk menghasilkan lebih banyak uang. Karena Anda punya tujuan yang besar, Anda harus siap bekerja lebih keras dari orang kebanyakan.

Anda bisa melakukan apa saja untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Mulai dari berjualan secara online, menjadi pekerja lepas atau freelance, dan masih banyak lagi. Atau pilihan terbaik adalah mulai berinvestasi dan mendapatkan penghasilan tambahan dari sana.

2. MEMBUAT RENCANA FINANSIAL YANG BAIK
Banyak orang yang bermimpi menjadi Triliuner tetapi gagal di tengah jalan karena mereka tidak memiliki rencana yang matang. Hanya berhemat, menabung, dan berinvestasi tanpa rencana dan perhitungan yang benar tidak akan membawa Anda semakin dekat pada tujuan.

Ambil kertas dan pulpen, lalu tuliskan rencana finansial Anda. Jika Anda bisa membayar jasa finansial advisor, tentu akan jauh lebih baik lagi. Tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya ekstra.

Tapi tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa menggunakan jasa profesional. Anda tetap bisa belajar dari buku dan internet tentang bagaimana cara menyusun rencana finansial. Anda akan menemukan banyak hasil dan harus mempelajarinya satu per satu. Temukan mana yang paling pas dengan kondisi finansial Anda saat ini.

Dengan membuat rencana finansial, Anda akan menyadari bahwa tujuan Anda bukan tidak mungkin untuk diwujudkan. Anda harus memperhitungkan semua aspek di sini. Meskipun tujuan akhirnya adalah menjadi kaya, namun yang tidak kalah penting adalah mempertimbangkan kondisi finansial saat ini dan pilihan-pilihan apa saja yang Anda miliki.

3. PENDAPATAN LEBIH BESAR DARI PENGELUARAN
Orang-orang kaya menyimpan uang mereka miliki agar mereka bisa semakin menambah kekayaan, bukan menghabiskannya untuk keperuan yang bersifat konsumtif. Mereka selalu hidup di bawah standar kemampuan mereka. Memiliki barang-barang yang sederhana, berpenampilan sederhana, dan tidak terbawa arus tren.

Inilah yang harus Anda terapkan. Hidup dengan berhemat bukan berarti Anda tidak boleh membahagiakan diri sendiri dan hidup prihatin sepanjang waktu.

Dimulai dari hal yang paling sederhana seperti kebiasaan makan. Membeli makanan di luar bisa seharga 300 kali lipat dibandingkan jika Anda memasak sendiri di rumah. Anda yang lebih suka makan di luar dengan alasan tidak mau repot, mulai repotkan diri Anda dengan memasak makanan Anda sendiri.

Boleh-boleh saja makan di luar sesekali, namun jangan sampai menjadi kebiasaan yang tidak bisa dihilangkan. Jika ada cara yang lebih hemat, maka tempuh cara itu. Karena hidup di bawah standar adalah cara untuk menyimpan lebih banyak uang dan membuat Anda lebih cepat kaya.

4. LUNASI SEMUA HUTANG
Jeratan hutang akan mencegah Anda menjadi seorang Triliuner. Itulah mengapa salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan melunasi semua hutang yang dimiliki. Akan sulit bagi Anda untuk menabung dan berinvestasi jika masih dihantui dengan hutang-hutang yang belum dibayar.

Belum lagi beban bunga yang membuat jumlah hutang semakin bertambah. Bisa-bisa uang yang sudah Anda kumpulkan akan habis terlebih dulu untuk membayar hutang sebelum Anda mencapai tujuan. Lunasi hutang-hutang yang Anda miliki, lalu bukalah lembaran baru untuk menjadi seorang miliuner.

Namun ini juga tergantung dari jenis hutang. Jika Anda punya tunggakan tagihan kartu kredit lebih dari satu macam, maka lakukan transfer saldo untuk menurunkan jumlah bunga atau mengajukan keringanan pada pihak bank. Lakukan apa saja yang bisa membuat Anda lepas dari hutang tersebut sesegera mungkin.

Jika hutang Anda adalah cicilan rumah atau bangunan, temukan penyedia kredit yang memberikan bunga paling rendah. Kemudian jika Anda punya cukup uang, sebaiknya segera tutup tagihan tersebut atau bayarkan secara lump sum.

5. POTONG PENGELUARAN YANG TIDAK PERLU
Pengeluaran bulanan yang selalu Anda anggap kecil dan sepele seringkali menjadi penyebab Anda sulit mengumpulkan uang. Misalnya seperti langganan internet, Netflix, keanggotaan di pusat kebugaran, dan masih banyak lagi.

Segera periksa pos pengeluaran bulanan Anda dan lihat mana yang paling mungkin untuk dipangkas. Kalau Anda lebih sering berada di kantor dan jarang menonton televisi atau menggunakan internet di rumah, cabut kedua layanan tersebut. Jika Anda bisa lari pagi setiap hari dan menggunakan ruang olahraga publik secara gratis, hentikan keanggotaan di pusat kebugaran.

Dengan demikian Anda mengajarkan pada diri Anda untuk mengorbankan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu, namun Anda tidak pernah bisa melepaskan. Di masa mendatang, akan lebih mudah bagi Anda membuat keputusan-keputusan yang lebih besar dengan cepat dan tepat.

Setelah memangkas satu atau banyak pengeluaran, Anda akan punya uang lebih setiap bulannya. Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk hal-hal yang lebih baik, yang bisa mendekatkan Anda selangkah lebih maju dengan tujuan finansial Anda. Kunci dalam mengatur pengeluaran adalah tahu kapan waktu yang tepat untuk memiliki sesuatu dan kapan waktu yang tepat untuk membuangnya.

6. MENABUNG SEBAGIAN BESAR PENGHASILAN
Banyak orang berkata bahwa menabung tidak akan membawa Anda menjadi orang yang kaya. Hingga saat ini, banyak orang yang masih boros dalam pengeluaran dan menyepelekan manfaat menabung. Padahal, jika Anda tidak bisa menyimpan sebagian besar uang Anda dan selalu berusaha mengikuti tren, Anda justru akan terjebak dalam kubangan hutang yang mengerikan.

Hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang miliuner adalah menabung sebagian besar penghasilan Anda. Tidak cukup hanya sebagian saja, tetapi sebagian besar. Namun jangan lupakan aspek finansial lainnya seperti dana darurat pada rekening Anda.

Para ahli finansial menyarankan jumlah yang paling ideal untuk disimpan setiap bulannya adalah 40%. Bahkan jika Anda mampu, simpan lebih dari jumlah itu. Anda bisa menghabiskan lebih banyak uang dan membeli barang-barang mewah nanti ketika Anda sudah kaya dan uang bukan lagi menjadi masalah buat Anda.

Meski terdengar sulit dan mustahil, Anda harus ingat bahwa saat ini Anda sedang menapaki jalan menuju miliuner. Tentu Anda harus menabung jauh lebih banyak dari orang lain. setelah Anda mencapai puncak, Anda tidak akan merasa semua kerja keras Anda sia-sia.

7. RUTIN MELAKUKAN INVESTASI
Cara yang paling cepat untuk mengembangkan uang Anda adalah melalui investasi. Hal ini tidak terbantahkan dan sudah banyak dibuktikan oleh para miliuner dunia seperti Warren Buffet dan Michael Bloomberg. Compound interest atau bunga berbunga dianggap sebagai kekuatan investasi yang paling besar di dunia. Ada banyak jenis dan macam investasi yang bisa dipilih, dan Anda bisa sukses melalui jenis investasi apa saja selama Anda bisa membuat keputusan yang tepat dan bersabar seiring berjalannya waktu.

Investasi akan terlihat mengerikan dan mengintimidasi Anda jika Anda belum memulainya, berapapun uang yang Anda miliki, mulailah berinvestasi sekarang juga.

8. MEMULAI BISNIS SENDIRI
Sangat jarang ada Triliuner di dunia ini yang sukses dari bisnis orang lain. Sebanyak 2/3 dari mereka mendirikan kerajaan bisnis mereka sendiri sebagai sumber utama penghasilan mereka. Jika saat ini Anda masih menjadi karyawan, cobalah untuk mendirikan usaha sendiri. Tidak perlu keluar dari pekerjaan, lakukan sebagai hobi dan sarana mendapatkan penghasilan tambahan.

Kembangkan usaha Anda secara perlahan sampai bisa diandalkan untuk menjadi sumber penghasilan yang utama. Para pengusaha menjadi Triliuner karena aset-aset mereka yang mengalami kenaikan nilai, sehingga berimbas pada jumlah kekayaan mereka juga.

Namun sebelum memulai usaha, Anda sebaiknya juga belajar tentang bagaimana cara mengelola dan mengembangkan usaha dengan benar. Pilih bidang usaha Anda dengan hati-hati, pelajari medannya dengan baik, dan tanamkan mentalitas tidak mudah menyerah dalam diri Anda.

Ada orang yang berhasil dalam percobaan pertama, namun lebih banyak lagi yang harus jatuh bangun hingga mengalami kerugian sebelum mereka menjadi pengusaha dan Triliuner yang sukses. Anda membutuhkan kerja keras dan harus berkompromi dengan waktu untuk mencapai tujuan besar tersebut.

9. TENTUKAN TUJUAN YANG REALISTIS
Dalam membentuk dan merealisasikan mimpi Anda sebagai seorang Triliuner, hal yang harus Anda lakukan adalah menjadi seorang yang realistis. Inilah yang membuat banyak orang meragukan apakah mereka bisa menjadi seorang Triliuner.

Jika saat ini tujuan tersebut sangat tidak mungkin diwujudkan dalam waktu dekat, atau justru terlalu jauh untuk bisa mendorong Anda menabung saat ini, Anda harus mengakui semua hal itu.

Pikirkan secara realistis tujuan finansial apa yang bisa Anda wujudkan, baik itu jangka pendek maupun jangka panjang, dengan kondisi ekonomi Anda saat ini. Mulailah menerapkan kebiasaan menabung dan menghemat pengeluaran mulai dari sekarang. Lama kelamaan, tanpa sadar Anda akan menjadi seorang Triliuner karena kebiasaan baik yang terapkan tadi.

Menabung adalah proses yang sangat panjang dan membutuhkan banyak waktu. Anda tidak tahu kapan Anda akan berhasil mencapai tujuan. Namun yang terpenting adalah Anda harus memulainya saat ini juga.

10. FOKUS PADA TUJUAN
Begitu Anda menetapkan tujuan untuk menjadi kaya, fokuskan diri pada tujuan tersebut. Semua keputusan, langkah, dan pemikiran Anda harus membawa Anda semakin dekat pada tujuan tersebut. Jangan mudah teralihkan hingga Anda lupa apa yang harus Anda lakukan.

Jangan tergoda dengan orang lain yang bisa mencapai tujuan mereka lebih cepat dari Anda. Ingat bahwa setiap orang memiliki waktu dan cara yang berbeda untuk meraih tujuan mereka. Tanamkan keyakinan pada diri Anda bahwa Anda pasti akan bisa menjadi Triliuner seperti yang Anda impikan. (Isa)

bebas

There is no ads to display, Please add some

Related posts

Cara Bisnis Rumahan Cepat Sukses

Penulis Kontroversi

Kesalahan dalam Menyimpan Uang

Mengelola Keuangan Untuk Masa Pensiun

Penulis Kontroversi

Leave a Comment

bebas