Image default
Kopisiana

Mengurangi Rasa Pahit Pada Kopi

Ada trik-trik tertentu yang bisa dilakukan untuk menurunkan tingkat kepahitan pada minuman kopi

Bagaimana cara mengurangi rasa pahit pada kopi? Minuman kopi identik sekali dengan rasanya yang pahit serta warnanya yang hitam pekat. Bagi para penggemarnya, perpaduan tersebut mampu menimbulkan sensasi yang tiada duanya. Hanya kopi yang sanggup membuat kita merasakan kenikmatan dari rasa pahit dan warna hitam.

Sayangnya tidak semua orang menyukai minuman kopi yang rasanya pahit, terutama untuk para peminum kopi pemula. Mereka lebih suka dengan kopi yang terasa ringan. Untungnya ada trik-trik tertentu yang bisa dilakukan untuk menurunkan tingkat kepahitan pada minuman kopi. Trik ini mudah sekali dikerjakan sehingga bisa Anda coba sendiri untuk mengurangi kadar rasa pahit pada minuman yang ingin dibuat.

Trik 1. Pilih Biji yang Disangrai Light Roast
Aslinya biji kopi sama sekali tidak memiliki rasa pahit. Buah kopi yang telah matang justru terasa sangat manis. Demikian pula dengan green bean yang malah terasa flavor dan notes. Penyebab utama kenapa biji kopi berubah menjadi terasa manis ialah proses pengolahannya yang melalui penyangraian. Perlu Anda ketahui, ada beberapa level dalam menyangrai biji kopi sesuai keperluannya. Pada level light atau at least light to medium, Anda akan mendapatkan biji kopi dengan rasa pahit yang tidak kentara. Berbeda dengan metode penyangraian pada level dark yang akan menghasilkan rasa pahit kuat sekali.

Trik 2. Giling Biji Pada Ukuran yang Pas
Ada berbagai teknik yang dapat dilakukan untuk menyeduh bubuk kopi. Masing-masing dari teknik tersebut membutuhkan bubuk kopi dengan ukuran yang berbeda-beda agar menghasilkan minuman kopi yang mantap. Kuncinya yaitu Anda harus rajin belajar teknik dalam penyeduhan kopi yang benar serta pemilihan bubuk kopi yang sesuai. Jika ukuran bubuk kopi yang dipakai terlalu halus, minuman yang dihasilkan akan terasa pahit. Sedangkan bila bubuk kopinya terlalu kasar, hasilnya justru minuman tersebut terasa lebih asam.

Trik 3. Gunakan Air Bersuhu 85-90 derajat
Secara teori, semakin panas air yang Anda gunakan untuk menyeduh kopi bubuk makan minuman yang dihasilkan akan terasa makin pahit. Bagi orang awam yang belum mengetahui teori tersebut, mereka biasanya menyeduh kopi menggunakan air yang baru mendidih atau suhunya sekitar 100 derajat sehingga membuat rasa pahit di kopinya kian terasa. Adapun yang benar adalah Anda bisa menggunakan air yang memiliki temperatur antara 85-90 derajat celsius untuk dipakai menyeduh kopi.

Trik 4. Segera Minum dan Habiskan
Janganlah berlebihan dalam segala sesuatu. Begitu pula ketika Anda ingin membuat minuman kopi. Seduhlah kopi dalam porsi yang secukupnya. Minuman kopi yang didiamkan terlalu lama mengakibatkan rasanya akan bertambah pahit. Hal ini terjadi lantaran air panas tetap berekstraksi dengan ampas bubuk kopi. Rasa pahit tersebut akan semakin menjadi-jadi manakala Anda menggunakan teknik french press dalam proses penyeduhannya. (Isa)


There is no ads to display, Please add some

Leave a Comment