Image default
Berita Utama

Fakta Belva Devara, Sang CEO Ruangguru Idola Baru Para Cewek

Ruangguru adalah startup pendidikan terbesar di Indonesia!

Ruangguru Idola Baru Para Cewek

Tampan, pintar, dan sukses!

Tiga kata itulah yang bisa menggambarkan sosok Adamas Belva Syah Devara yang akrab disapa Belva, pemuda Indonesia yang meraih banyak penghargaan di dalam dan luar negeri. Pendidikan tingginya di luar negeri tak membuatnya melupakan tanah air. Ia pun mendirikan Ruangguru bersama sahabatnya untuk memajukan pendidikan Indonesia. Yuk, simak 10 fakta Belva!

  • Merupakan orang Indonesia pertama yang mendapat beasiswa penuh dalam program gelar ganda di Harvard University dan Stanford University

Pria berusia 28 tahun ini berhasil menerima beasiswa penuh dari LPDP (Lembaga Pengelola dana Pendidikan). Ia mengambil jurusan Kebijakan Publik di Harvard University dan Bisnis Manajemen di Stanford University.

Tak hanya itu, Belva juga terdaftar silang (cross-registered) pada fakultas lain dalam Harvard University, termasuk Harvard Medical School, Harvard Law School, dan Harvard Graduate School of Education. Wah, keren banget!

  • Merupakan orang Indonesia pertama yang diterima dalam program gelar ganda program studi Ilmu komputer dan Bisnis di NTU (Nanyang Technological University)

Lagi-lagi gelar ganda! Belva pun mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Singapura, lho! Tak hanya itu, Belva juga meraih banyak prestasi semasa kuliah dan berhasil tercatat pada Double Dean’s List sebagai salah satu dari 5% mahasiswa dengan pencapaian prestasi tertinggi, dalam kedua program studi.

  • Pendiri Ruangguru, perusahaan teknologi berbasis pendidikan terbesar di Indonesia, bersama sahabatnya, Muhammad Iman Usman

Setelah menyelesaikan studi program gelar gandanya di Harvard dan Stanford University, ia fokus mendirikan Ruangguru bersama sahabatnya itu yang tak kalah hebat, lho!

Muhammad Iman Usman merupakan lulusan Universitas Indonesia dan Columbia University. Belva dan Iman fokus dalam meningkatkan pendidikan Indonesia lewat Ruangguru yang memudahkan siswa SD, SMP, dan SMA untuk belajar secara online.

  • Menerima penghargaan 30 under 30 dari Forbes Magazine di Asia pada tahun 2017

Penghargaan lagi, dan lagi! Ruangguru yang dibangun oleh Belva bersama sahabatnya ini mampu membawa nama mereka ke tingkat Asia dan mendapatkan penghargaan 30 under 30, yaitu 30 orang tersukses di bawah usia 30 tahun, dari Forbes Magazine dalam bidang kewirausahaan dan teknologi pada tahun 2017 silam. Nama mereka bersanding dengan tokoh-tokoh lain di Asia seperti Anvitha Vijay dan Eric Gnock Fah.

  • Menjadi pembicara dalam World Economic Forum on ASEAN 2018

Terpilih menjadi pembicara dalam salah satu forum bergengsi di ASEAN ini tentu bukanlah hal yang mudah. Pada forum tersebut, Belva berada di antara tokoh-tokoh penting di ASEAN, termasuk presiden negara-negara ASEAN. Hebat!

  • Menjadi pembicara Konferensi Dunia untuk Kecerdasan Buatan dan Pendidikan Adaptif di Beijing, China

Tak diragukan lagi, kecerdasan Belva sudah diakui oleh dunia. Pada konferensi ini, Belva membagikan ilmunya soal strategi yang digunakan dalam Ruangguru.

  • Menggaet pemuda-pemuda yang berpengaruh di Indonesia sebagai Brand Ambassador Ruangguru

Nama Iqbaal Ramadhan pasti tak asing lagi di telinga kita. Tak hanya dikenal sebagai pemain film dan penyanyi, Iqbaal juga peduli dengan pendidikannya, loh! Ia menempuh pendidikan SMA di Armand Hammer United World College of the American West di New Mexico. Ia terdaftar dalam program beasiswa United World Colleges (UWC) sebagai satu-satunya representatif dari Indonesia.

Selain Iqbaal Ramadhan, aktor Jefri Nichol juga termasuk salah satu brand ambassador Ruangguru. Kemampuannya berakting dan kerap memainkan film layar lebar membuatnya meraih beberapa penghargaan di bidang film, salah satunya adalah sebagai Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop dalam Festival Film Bandung 2017.

Prestasi yang ditorehkan Anthony Sinisuka Ginting dalam dunia olahraga Indonesia, bahkan dunia, tak perlu diragukan lagi. Peraih medali perak beregu putra dan medali perunggu di Asian Games 2018 ini juga merupakan Juara 1 HSBC Word Tour Super 1000 Victor China Open 2018. Wah, semuanya berprestasi, ya!

  • Menjadi pembicara RAKERNAS 2018, di hadapan hampir semua rektor PTN di Indonesia

Acara yang digelar di Universitas Sumatera Utara tahun 2018 ini merupakan agenda tahunan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (KEMENRISTEKDIKTI). Mengangkat isu revolusi industri 4.0, Belva dipercaya menjadi salah satu pembicara di acara yang dihadiri hampir semua rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia, para pimpinan lembaga negara, serta Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani ini.

  • Menerima penghargaan 40 under 40 ASEAN tahun 2018

Tak hanya penghargaan 30 under 30 dari Forbes Magazine yang ia peroleh. Belva juga terpilih menjadi salah satu dari 40 pemuda di bawah usia 40 tahun yang paling berpengaruh di ASEAN. Selain Belva, terdapat pula beberapa nama yang berasal dari Indonesia, seperti Nadiem Makarim, yakni pendiri GO-JEK.

  • Menjadi pembicara Ministerial Programme of Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona

Kongres tingkat dunia yang membahas mengenai peran industri seluler ini mempercayakan Belva sebagai salah satu pembicaranya. Wah, keren banget, ya!

Sosok Belva benar-benar menginspirasi anak muda zaman now, ya! Siapa, nih, yang ingin meraih banyak prestasi dan mengharumkan nama bangsa seperti Belva? (Isa)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Gubernur Khofifah Sarankan UMKM di Lamongan Ikut Virtual Expo

Penulis Kontroversi

Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan: Indonesia perlu contoh Komisi Pergaraman Nasional India

Penulis Kontroversi

Kontroversi Nuklir 2 Milyar Tahun Yang Lalu

Penulis Kontroversi

Leave a Comment