Image default
  • Home
  • Ekonomi
  • Bisnis
  • Memulai Melakukan Persiapan Pensiun jauh Hari (Khusus Untuk Pegawai Swasta Sipil)
Bisnis

Memulai Melakukan Persiapan Pensiun jauh Hari (Khusus Untuk Pegawai Swasta Sipil)








Anda harus memulai melakukan persiapan jauh sebelum masa pensiun tiba, maka saat sudah pensiunan, langsung melanjutkan

Bagi Anda yang sedang melakukan persiapan pensiun, maka ada baiknya memulai kerja di rumah atau bisnis di rumah dari sekarang. Agar setelah pensiun nanti sudah ada pekerja atau bisnis yang menghasilkan dan sebagai pengganti aktivitas Anda. Banyak pensiunan yang bingung setelah mereka pensiun, mau bisnis apa? Mau usaha apa? Tentu diperlukan waktu untuk mencari ide dan membangun bisnisnya.

Bahayanya saat tubuh kehilangan momentum dalam beraktivitas, maka bisa menjadi melambat. Akan lebih saat transisi pensiun menjadi bisnis atau kerja dirumah berjalan mulus. Bagus untuk dompet, bagus untuk kesehatan.

Untuk itu, Anda harus memulai melakukan persiapan jauh sebelum masa pensiun tiba, maka saat sudah pensiunan, langsung melanjutkan.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis atau kerja di rumah menjelang pensiun?

Terlepas apakah Anda akan pensiun purna bakti karena sudah mencapai usia pensiun atau akan mengambil pensiun dini, meski usia Anda masih jauh dari usia pensiun.
Persiapan Pensiun Dipengaruhi Kapan Anda Akan Pensiun

Persiapan pensiun akan lebih baik jika dilakukan jauh-jauh sebelum pensiun tiba. Mengapa? Supaya cukup waktu untuk:
Memilih bisnis, usaha, atau kerja di rumah yang cocok. Mungkin Anda perlu mencari dan mencoba sampai menemukan yang cocok. Proses ini mungkin belum menghasilkan, tetapi tidak masalah sebab Anda masih bekerja. Jika dilakukan setelah pensiun, maka akan ada masa-masa dimana Anda tidak memiliki penghasilan.

Membangun bisnis dan aset, sehingga saat pensiun nanti sudah siap dijalankan bahkan sudah memberikan penghasilan.
Belajar bisnis terlebih dahulu dengan waktu yang cukup, sehingga memiliki kemampuan yang memadai saat memulai nanti.

Jadi, kapan Anda pensiun? Jika sudah dekat, mungkin ketiga hal diatas kurang optimal kita jalani. Namun jika masih cukup waktu, akan sangat baik untuk masa depan bisnis Anda.

Saat persiapan pensiun, tentunya Anda masih bekerja. Waktu yang Anda miliki tentu tidak banyak karena mungkin masih harus masuk kantor. Anda hanya menggunakan waktu luang setelah bekerja atau hari libur.

Nah, dengan waktu sedikit ini, bagaimana kita memulai menjalankan bisnis, usaha, atau kerja di rumah?

Maka disinilah kita harus jeli dalam memilih bisnis:
Pilihlah bisnis yang bisa dilakukan di waktu luang
Pilihlah bisnis yang tidak terikat waktu
Pilihlah bisnis yang mudah untuk didelegasikan
Pilihlah bisnis yang bisa dilakukan oleh orang yang kita bayar (out sourcing)

Strategi: Fokus Membangun Aset
Strategi kedua adalah fokus membangun aset sehingga saat pensiun nanti, aset sudah siap dan tinggal digunakan dan langsung menuai hasil.

Aset yang dimaksud tidak selamanya aset fisik, namun meliputi semua aset yang akan menjadikan bisnis Anda bernilai dan berpotensi menghasilkan.

Contoh-contoh aset yang bisa Anda bangun saat persiapan pensiun:
Mulai mencicil membeli mesin-mesin yang diperlukan untuk produksi.
Secara bertahap bisa mulai membangun tempat untuk bisnis.
Bisa membangun website, sebab website juga aset. Menulis artikel dan membangun backlink juga akan menambah nilai website, sehingga bisa dikatakan aset.

Membangun audiens baik melalui mailing list, social network, pembaca blog, PIN BB, no HP, dan sebagainya. Calon pelanggan adalah aset.
Mulai membuat berbagai karya cipta, sebab karya cipta itu juga aset seperti buku, ebook, video, audio, artikel, karya seni, metode, resep, dan sebagainya.

Keahlian juga aset, maka bangunlah keahlian sejak dini, mulailah membeli buku dan mempelajarinya, kemudian mengikuti seminar, workshop, dan pelatihan. Keahlian yang dimaksud bukan hanya berkaitan dengan produk, tetapi juga cara menjalankan bisnis, dan juga pemasaran.

Membangun aset ini bisa Anda lakukan saat sedang persiapan pensiun. Ada yang perlu mengeluarkan biaya ada juga yang tidak perlu. Jangan takut untuk mengeluarkan biaya, sebab itu adalah aset, dan sangat berharga untuk bisnis Anda nanti.

Penerapan Kedua Strategi
Mana yang harus dipilih? Apakah memilih bisnis yang tepat sehingga bisa dilakukan sambil bekerja atau mulai membangun aset untuk persiapan bisnis? Itu tergantung kondisi Anda. Anda bisa memilih yang pertama atau yang kedua atau digabungkan keduanya.

Anda bisa memilih bisnis yang bisa dilakukan saat masih bekerja, kemudian Anda mulai membangun aset mengembangkan bisnis tersebut.

Contohnya ada seseorang yang membangun website. Bisnis internet bisa dilakukan sambil bekerja. Dia terus membangun aset website tersebut dengan konten. Semakin hari semakin besar saja website tersebut dan dia lakukan selama 3 tahun, nyaris tanpa penghasilan.

Setelah 3 tahun, dia langsung mencari peluang “menguangkan” website tersebut dan langsung memanen hasilnya. Penantian selama 3 tahun, terbayar lunas. Dia memiliki website yang memiliki penghasilan besar.

Memilih Bisnis Sambil Bekerja
Untuk mempersiapkan sumber penghasilan setelah Anda pensiun nanti bisa dilakukan dengan memilih bisnis yang bisa dilakukan sambil bekerja. Dan/atau lakukan apa yang bisa Anda lakukan sekarang untuk membangun bisnis Anda nanti.

Ini adalah persiapan pensiun untuk urusan penghasilan tambahan, tentu masih ada persiapan-persiapan lainnya yang bisa Anda konsultasikan dengan ahlinya. (Isa)




































There is no ads to display, Please add some

Related posts

Menjamin Kelangsungan Skema Ponzi

Penulis Kontroversi

Review Kebutuhan Manusia

Penulis Kontroversi

Pemkab Gresik  Permudah Layanan Legalitas UMKM

Penulis Kontroversi

Leave a Comment