Image default
Kajian

Rupanya Manusia Punya Lebih dari 5 Indra








Ada beberapa indra manusia atau human sense yang dipisahkan dari panca indra manusia secara umum

Jika diminta untuk menyebutkan panca indra manusia, mungkin teman-teman akan menyebut lima panca indra yang sering disebutkan.

Baca Juga:  Alasan Jokowi memilih menterinya dan tugas masing-masing menteri, silahkan klik masing-masing nama yang tercetak biru

Biasanya, panca indra manusia yang dikenal adalah mata untuk penglihatan, lidah untuk perasa, kulit untuk sentuhan, telinga untuk pendengaran, dan hidung untuk penciuman.

Namun, peneliti mengungkapkan kalau panca indra manusia mungkin lebih dari itu lho.

Panca Indra Manusia
Sebelum mencari tahu yang lainnya, yuk, kita cari tahu dulu lima panca indra manusia yang biasanya kita kenali, yuk!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, indra adalah alat untuk merasa, mencium, mendengar, melihat, meraba, dan merasakan sesuatu secara naluri.

Kita sering menyebutnya panca indra karena indra yang dikenal umumnya ada lima. Ini merupakan indra yang disebutkan oleh ilmuwan Aristoteles, teman-teman.

Panca indra menurut Aristoteles ini adalah:
Penglihatan: Untuk melihat sesuatu dari mata kita, ada sebuah proses yang panjang, teman-teman. Saat melihat, manusia menjalankan dua saraf penerima, lo, yaitu menerima stimulus berupa warna dan berupa cahaya.

Baca juga : Lima Hal Besar untuk Lima Tahun Mendatang

Pendengaran: Telinga kita membantu mendeteksi getaran yang ada di udara, air atau perantara lainnya, dan kita mendengarnya sebagai bunyi.

Penciuman: Indra ini membuat kita bisa mendeteksi aroma. Tahukah kamu? Hidung bekerja sama dengan indra lain yaitu indra perasa untuk bisa membuat kita mengetahui rasa, lo.

Perasa: Indra perasa bisa mendeteksi berbagai macam rasa, lo, teman-teman, yaitu manis, asin, asam, pahit, dan umami. Namun secara umum ini hanya disebut sebagai satu indra.

Sentuhan: Nah, yang satu ini diperankan oleh reseptor di kulit kita, teman-teman. Namun ada beberapa indra lain yang kita rasakan di kulit tapi disebut sebagai indra yang berbeda, misalnya seperti tekanan dan suhu.

Parameter bisnis digitalmu untuk capai decacorn

Indra Manusia Lainnya
Ada beberapa indra manusia atau human sense yang dipisahkan dari panca indra manusia secara umum, sebagai berikut:

Rasa Gatal: Peneliti memisahkan rasa gatal dari indra sentuhan, teman-teman. Ini karena di tubuh ada sistem sensor yang berbeda dari sensor penerima sentuhan.

Thermoception: Ini adalah kemampuan indra merasakan panas dan dingin. Ini juga dibedakan karena menurut peneliti ada saraf penerima dingin dan panas sendiri, serta adanya saraf penerima di otak yang memantau suhu tubuh.

Selain gatal dan suhu panas/dingin, indra yang merasakan tekanan juga dipisahkan oleh indra yang menerima sentuhan.

Nociception: Kita juga bisa merasakan sakit di tubuh. Ini dibedakan dari sentuhan karena saraf penerima rasa sakit ada tiga, yaitu di kulit, di tulang dan sendi, dan di organ tubuh.

Lapar: Yap, bisa merasakan lapar juga disebut sebagai indra manusia oleh peneliti.

Haus: Sama dengan lapar, ada sistem khusus di tubuh yang bsa mendeteksi seberapa banyak cairan dalam tubuh dan kapan harus diisi ulang.

Proprioception: Ini adalah indra atau sense manusia yang bisa mengetahui bagian tubuh tanpa melihatnya.

Sensor Ketegangan: Saraf penerima ini ada di tempat seperti otot tubuh dan membuat otak bisa memantau ketegangan otot.

Equilibrioception: Ini adalah kemampuan indra manusia menjaga keseimbangan dan mendeteksi gerakan tubuh seperti perubahan arah dan percepatan.

Selain itu, masih ada banyak lagi, kemampuan indra tubuh yang diuangkapkan peneliti. (bci/aa/isa)




































There is no ads to display, Please add some

Related posts

Omong Kosong Menggandakan uang

admin

Masa Depan Indonesia, Antara IPM, Harapan dan Tantangan

Penulis Kontroversi

Bukti Kehidupan di Mars sejak Tahun 1970

Penulis Kontroversi

Leave a Comment