Image default
Iklan & Advertorial Politik & Pemerintahan Profile

Tugu Lontar Diresmikan, Masyarakat Kagumi Keindahannya

Seumur-umur baru kali ini aku lihat gituan…Amazing

Gresik kontroversi.or.id- Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meresmikan Tugu Lontar yang terletak di Perempatan Kebomas Gresik Jawa Timur pada Rabu (7/8/2019) malam.

Peresmian yang dihadiri Bupati dan Wabup Gresik Drs. Mohammad Qosim sangat meriah. Karena seluruh pejabat dan Forkopimda serta beberapa tokoh masyarakat juga hadir.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penyerahan dokumen oleh Mr. Hiroshi Kondo President Director PT.Smelting kepada Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto.

Dalam sambutannya Bupati Gresik Dr. Sambari Halim Radianto mengatakan menayampaikan terima kasih kepada PT Smelting.

“Saya selaku Pemerintah dan mewakili masyarakat Gresik menyampaikan terima kasih kepada PT Smelting yang telah menghibahkan Tugu Lontar ini kepada masyarakat Gresik. Saya berharap apa yang telah dilakukan oleh PT Smelting ini bisa diikuti oleh Perusahaan yang lain” harap Sambari.

Bupati juga menyatakan, dimasa kepemimpinannya banyak sekali monument yang telah dibangun. Kedepan dia akan merealisasikan untuk mengembalikan monument gardu suling (garling). Merealisasikan monument gajah mungkur serta monumen perahu syahbandar.

Sedangkan Mr. Hiroshi Kondo President Director PT.Smelting yang diberi kesempatan untuk memberikan sambutan menyatakan, bahwa ini merupakan sumbangsih PT Smelting kepada masyarakat untuk mempercantik kota Gresik.

“Saya berharap masyarakat ikut memiliki dan menjaga keberadaan tugu lontar ini agar bisa lebih bermanfaat terutama untuk menambah keindahan kota Gresik” ujarnya dengan Bahasa Indonesia yang agar terpatah patah.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik Sutrisno, Tugu yang dibangun sejak 3 Desember 2018 lalu itu adalah hasil kerjasama antara Pemkab Gresik dengan PT Smelting. Seluruh pembiayaan dicukupi oleh PT Smelting.

“Tugu Lontar dibangun sebagai monumen kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Gresik dan PT Smelting. Seperti keinginan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Mr. Hiroshi Kondo President Director PT.Smelting. Pembangunan Tugu Lontar ini diharapkan bisa menjadi bangunan baru untuk mempercantik Kota Gresik. Tugu Lontar menjadi penanda semangat bersama dalam mencapai kemajuan yang terus-menerus dan memberi warna baru pada perkembangan Kota Gresik” ujar Sutrisno.

Tugu Lontar dirancang Ir Daniel Mirmanoe Candra Sujanto. Arsitek lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini dikenal sebagai perancang Tugu Pelangi Surabaya.

Tugu Lontar atau Sculpture Lontar merupakan karya seni kontemporer yang menggabungkan dua tema dari dua kebudayaan yang berbeda, yakni Indonesia dan Jepang. Lontar adalah salah satu media tulis yang menjadi sejarah kebudayaan Indonesia yang sangat tinggi pada zamannya.

Perlu diketahui, Tanaman Daun Lontar tumbuh di Gresik sampai sekarang. Sedangkan Kirigami merupakan seni memotong dan melipat yang menjadi bagian dari kebudayaan Jepang.

Ada Empat elemen penting di dalam Tugu Lontar yaitu, Puncak Lontar terbuat dari kuningan berwarna emas yang melambangkan kemakmuran. Bentuk Kirigami Lontar merupakan perpaduan kerjasama harmonis Indonesia-Jepang. Bilah Metalik sebagai lambang kekuatan dan modernisasi. Air Terjun sebagai oase lambang kesegaran dan kemakmuran.

Filosofi Tugu Lontar adalah iron/silver plate perlambang kuatnya perindustrian di Gresik. Pebbles zen berarti membawa ketenangan, kerapian, dan kedisiplinan. Brass plate (gold) perlambang glory atau Gresik yang menuju masa keemasannya. Bentuk kirigami lontar adalah seni Jepang yang berpadu kelokalan Gresik. Water fountain, elemen air perlambang sejarah Gresik sebagai salah satu pusat penyebaran Agama Islam yang terus mengalir bagai oase yang menyejukkan.

Peresmian tugu lontar sempat menyedot perhatian masyarakat Gresik. Dengan berjubelnya masyrakat yang ingin menyaksikan, maka jalan di Perempatan Kebomas ditutup total.

Selain itu sejak sebelum peresmian, tugu lontar tersebut menjadi trending topik di beberapa grup media social. Beberapa komentar netizen seakan mengagumi keindahan tugu lontar yang sempat dibuka sehari sebelum diresmikan. Seorang netizen yang bernama Rizky mengunggah foto tugu lontar saat malam hari.

“Kayaknya saat siang hari biasa-biasa aja. Namun saat malam hari tampak luar biasa dengan air mancur dan pancaran sinar lampu” katanya dalam komentar salah satu grup FB terbesar di Gresik.

Sementara Fafa Fardhon juga juga berkomentar, seumur-umur baru kali ini aku lihat gituan…Amazing..wooowww. (rud)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Kapolres Gresik Hadiri Deklarasi Kalah Terhormat Menang Bermartabat

Penulis Kontroversi

Wakil Bupati Gresik Sambangi Warga Pucung, Berencana Pecahkan Solusi Banjir

Penulis Kontroversi

Calon Anggota DPRD Gresik Periode 2019 – 2024

Penulis Kontroversi

Leave a Comment