Image default
  • Home
  • Peristiwa
  • Khofifah Ajak Warga Jatim Tanam Cemara Udang untuk Cegah Abrasi
Peristiwa Politik & Pemerintahan

Khofifah Ajak Warga Jatim Tanam Cemara Udang untuk Cegah Abrasi

Hari ini kami bisa langsung melihat fisik pohon cemara udang dan pohon itu memiliki kekuatan yang cukup teruji, sehingga bisa menjadi penyangga atas kemungkinan terjadinya abrasi pantai maupun gelombang tinggi seperti tsunami

Kontroversi.or.id: Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengajak masyarakat Jawa Timur menanam cemara udang di pesisir pantai untuk mencegah abrasi.

“Pohon cemara udang itu bisa mampu mencegah terjadinya abrasi pantai dan sebagai penyangga jika terjadi gelombang tinggi atau tsunami dan pohon itu mampu bertahan hingga 500 tahun”, katanya di tepi Pantai Payangan Kota Probolinggo. Minggu (28/7/2019)

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu hari ini menghadiri puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia. Dia mengajak semua pihak turut menjaga ekosistem dan ekologi alam sekitar dengan menggalakkan penanaman pohon di kawasan pesisir pantai.

“Hari ini kami bisa langsung melihat fisik pohon cemara udang dan pohon itu memiliki kekuatan yang cukup teruji, sehingga bisa menjadi penyangga atas kemungkinan terjadinya abrasi pantai maupun gelombang tinggi seperti tsunami”, katanya.

Tidak hanya menggalakkan menanam pohon di kawasan pesisir, mantan Menteri Sosial itu juga mengajak masyarakat bersama-sama menanam pohon untuk menjaga lingkungan dari polusi udara dalam rangka puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Jatim itu.

Pada kesempatan itu, Khofifah menyerahkan penghargaan Lingkungan Hidup Tahun 2019 yakni penghargaan Laporan Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (IKPLHD) kabupaten/kota terbaik tahun 2019.

Selain itu, ada penghargaan Pelestari Lingkungan Hidup Tahun 2019, penghargaan desa/kelurahan berseri Provinsi Jatim Tahun 2019 Kategori Mandiri, serta penghargaan Sekolah Adiwiyata tahun 2019.

Gubernur Jatim juga menandatangani MoU kerja sama program adopsi Sungai Brantas dengan 23 perusahaan di Jawa Timur. (ssn/as)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Pabrik di Mojokerto Didemo Warga Tuntut Pengelolaan Sampah

Penulis Kontroversi

3 Pilar Gresik Promoter Guna Terciptanya Kondusifitas Kamtibmas Menjelang Pemilu 2019

Penulis Kontroversi

Joy Sailing Panglima TNI dengan media massa

Penulis Kontroversi

Leave a Comment