Image default
  • Home
  • Ekonomi
  • Petrokimia Gresik Tumbuhkan Ekonomi Mikro, Lestarikan Kearifan Lokal
Ekonomi Iklan & Advertorial

Petrokimia Gresik Tumbuhkan Ekonomi Mikro, Lestarikan Kearifan Lokal

Direktur Teknik dan Pengembangan PG Arif Fauzan: “Pengunjung pameran dan bazar semakain aware dengan isu lingkungan sampah plastik dan memiliki kepedulian untuk melakukan peribahan di mulai dari hal kecil seperti membawa kantong belanja sendiri”

Gresik-kontroversi.or.id: PT. Petrokimia Gresik, anggota holding PT. Pupuk Indonesia (Persero) menggelar pameran dan bazar di komplek Sarana Olahraga (SOR) Tri Dharma. Acara yang berlangsung selama sembilan hari (20-28/7/2019) ini merupakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke -47 PG.

Bazar tahun ini diikuti oleh 402 pelaku bisnis, yang terdiri dari 15 stan kuliner food truck, 51 stan indoor UMKM termasuk didalamnya stan pengusaha kecil binaan PG. Selanjutnya, 7 stan teras, 16 stan tenda, 300 Pedagang Kaki Lima (PKL), 10 stan makanan tradisional, satu stan musik tradisional serta area mainan tradisional dan modern.

Direktur Teknik dan Pengembangan PG, Arif Fauzan mewakili Direktur Utama PG Rahmad Pribadi menyampaikan pameran dan bazar merupakan pesta rakyat tahunan yang diselenggarakan PG. Selain sebagai sarana hiburan rakyat juga untuk menumbuhkan perekonomian mikro di Kabupaten Gresik.

“Melalui bazar, Petrokimia Gresik memfasilitasi para pelaku bisnis,baik itu mitra binaan maupun UMKM sekitar perusahaan untuk mengenalkan produk yang mereka hasilkan,”ujar Arif usai pembukaan Pameran dan Bazar di halaman SOR Tri Dharma Sabtu (20/7).

Sedangkan pameran, lanjut Arif merupakan sarana bagi pegiat seni dan fotografi baik di internal perusahaan maupun komunitas sekitar perusahaan untuk menunjukkan eksistensinya dengan menampilkan karya terbaik mereka. Pameran tahun ini akan kembali menampilkan karya fotografi dari Petrokimia Photography Club (PHEPHOC) dan karya lukisan Sanggar Seni Petrokimia Gresik.

Untuk semakin menyemarakkan Pemeran dan Bazar, panitia juga menyuguhkan parade band, Pagelaran Pencak Silat serta Festival Seni Kreasi Qosidah dan Rebana. Festival dan pagelaran yang sebelumnya menjadi acara terpisah dalam rangkaian HUT PG, tahun ini bakal ikut meramaikan pameran dan bazar.

” Festival Qosidah dan Pagelaran Pencak Silat merupakan wujud¬† komitmen Petrokimia Gresik untuk melestarikan dan menumbuhkembangkan seni budaya bernafas Islam dan kearofan lokal di Kabupaten Gresik. Hal ini sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada masyarakat sekitar yang telah banyak menduking kelancaran operasional guna mewujudkan transformasi bisnis Petrokimia Greaik menjadi Solusi Agroindustri,”ujar Arif Fauzan.

Melalui festival dan pagelaran ini, diharapkan para seniman juga dapat meningkatkan silaturahmi dan komunikasi sehingga bakat-bakat dan kreativitas yang dimiliki semakin tergali serta akan merangsang munculnya grup-grup baru di tahun-tahun mendatang.

Di samping itu, pada penyelenggaraan pameran dan bazar tahun ini Petrokimia Gresik juga menggalakkan kampanye#Cerdas Berplastik untuk mengedukasi oengunjung agar bijak dalam menggunakan plastik sekali pakai.

Pengunjung dihimbau untuk membawa kantong belanja sendiri serta diedukasi berbagai fakta akibat sampah plastik yang ditampilkan dalam eksibisi foto dan monster plastik sebagao ikon kampanye#Cerdas Berplastik. Selain itu, panitia jiga melakukan aksi rampok plastik kepada pengunjung yang masih menggunakan kantong plastik dan menukarnya dengan kantong belanja bertuliskan#Cerdas Berplastik.

Tujuannya,tentunya selain untuk mengurangi sampah plastik dari kegiatan yang diselenggarakan selama 9 hari ini, juga sebagai langkah nyata kepedulian PG terhadap isu lingkungan sampah plastik yang saat ini mengantarkan Indonesia s3bagai negara penghasil sampah plastik terbesar ke -2 di dunia.

“Kami berharap, melalui kampanye ini masyarakat Gresik khususnya pengunjung pameran dan bazar semakain aware dengan isu lingkungan sampah plastik dan memiliki kepedulian untuk melakukan peribahan di mulai dari hal kecil seperti membawa kantong belanja sendiri. Karena hal sekecil apapun jika dilakukan secara konsisiten dan bersama-sama maka akan mengjasilkan perubahan yang besar”, tandas Arif.(rud)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Kontroversi Tingginya Bunga Pinjaman Online

Penulis Kontroversi

Kapolres Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Gerbang Mutasi Jajaran Polres Gresik

Menyusun Skala Prioritas Di Saat Pandemi

Penulis Kontroversi

Leave a Comment