Image default
  • Home
  • Peristiwa
  • Ridwan Kamil: Media berperan mendewasakan masyarakat mengolah informasi
Peristiwa Politik & Pemerintahan Profile

Ridwan Kamil: Media berperan mendewasakan masyarakat mengolah informasi

Hoaks merupakan sisi gelap dari sebuah informasi yang harus ditangkal melalui sebuah kerja sama antara pemerintah dengan media

Kontroversi Hoaks: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengajak media ikut mendewasakan masyarakat dalam mengolah informasi di era digital yang dipenuhi dengan kabar sumir, berita rekayasa, hoaks atau berita bohong, serta informasi yang bersifat fitnah.

Berita-berita hoaks yang menyebar di masyarakat dengan sangat cepat membuat resah Ridwan Kamil. Menurut Gubernur, hoaks ini sulit untuk dibendung tanpa keterlibatan media.

Konsumsi media Vs Filter
Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, warga Jabar merupakan kelompok pengonsumsi media yang sangat tinggi, sehingga jika tidak memiliki filter yang bagus cenderung akan sangat mudah mempercayai berita bohong atau hoaks.

Menurut Emil, hoaks merupakan sisi gelap dari sebuah informasi yang harus ditangkal melalui sebuah kerja sama antara pemerintah dengan media.

“Saya resah karena berita hoaks yang dikonsumsi publik banyak sekali dan kita sulit untuk membendungnya. Jadi, media ini harus ikut terlibat bagaimana mendewasakan masyarakat Jawa Barat dalam mengolah informasi”, kata Emil saat bertemu dengan para pemimpin redaksi media Jawa Barat di Nara Park, Kota Bandung, Jumat (12/4).

Terlebih saat ini bertepatan dengan momentum Pemilihan Presiden dan Legislatif 2019, Emil berharap informasi atau isu sensitif yang berpotensi memunculkan multipersepsi dan keresahan di masyarakat sebaiknya disikapi dengan bijak bahkan jika perlu dihindari oleh media.

“Karena kita harus jaga betul transisi kekuasaan ini supaya aman, damai, lancar sebagai syarat kita melanjutkan pembangunan”, tuturnya.

Tanggung jawab moral
Emil berpandangan media mempunyai tanggung jawab moral menyampaikan informasi yang benar dengan dukungan teknologi informasi yang berkembang saat ini. Terlebih masyarakat Indonesia yang mempunyai budaya ngobrol dan sharing dengan indeks literasinya yang rendah.

Emil juga meminta media mempertimbangkan kembali cara menulis isi dan membuat judul berita. Menurutnya, dampak negatif dan positif pemberitaan perlu diperhitungkan dengan matang.

“Hanya dari judul, cara memilih kata. Kenapa? Nggak dibaca isinya, yang dibaca hanya judulnya. Itulah kita hari ini. Jadi, peran pemimpin redaksi sekarang kalau saya boleh kasih masukan, menulis judul pun betul-betul harus hati-hati. Mohon dihitung dampak positif dan negatif dari cara memilah kata”, ujar Emil.

Adil (negatif ~ positif)
Emil berharap, sikap adil juga berlaku bagi para pelaku media. Dia ingin media tidak hanya memberitakan sisi negatif dari sebuah peristiwa, tapi juga sisi positif.

“Kalau dari saya harapannya cuman satu kata, yaitu adil. Adil itu tidak hanya tugas pemimpin, tapi siapapun yang mempengaruhi pikiran masyarakat, setiap mau nulis mohon ingat satu kata itu (adil),” kata Emil.

“Mohon adil. Adil itu kalau dalam Islam menempatkan segala sesuatu sesuai dengan tempatnya. Jangan menaruh sesuatu itu tidak pada tempatnya, itu namanya tidak adil,” tandasnya. (Abm/aj/esc)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Sekjen Kemendikbud: PAUD Bukan Tekankan Calistung

Penulis Kontroversi

Tim Panitia Pilkades Kabupaten Gresik, pantau langsung pelaksanaan pilkades serentak di wilayah kecamatan Balongpanggang

Penulis Kontroversi

Komisi IV DPRD Gresik Bersama Dinsos Sinkronisasikan Data KPM Dan Sejahterahkan Warga di Gresik,

admin

Leave a Comment