Image default
  • Home
  • Budaya
  • Presiden: Bela Negara Bisa Dilakukan Berbagai Profesi
Budaya Hankam Peristiwa Politik & Pemerintahan

Presiden: Bela Negara Bisa Dilakukan Berbagai Profesi

Membela negara bukan cuma dalam bentuk pengumpulan massa, tapi bisa dilakukan dengan kerja nyata, salah satunya melalui profesi

Kontroversi Bela Negara: Joko Widodo Presiden hari ini menghadiri acara pembukaan Jambore Nasional Bela Negara, yang diselenggarakan Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) di Bumi Perkemahan Ragunan Jakarta Selatan.

Di tengah jadwal kerja yang padat, Jokowi menyempatkan diri hadir di tengah 1300-an Kader FKPPI dari 34 provinsi seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya Presiden mengatakan bahwa membela negara bukan cuma dalam bentuk pengumpulan massa. Tapi bisa dilakukan dengan kerja nyata, salah satunya melalui profesi.

“Misalnya dokter, bisa membela negara dengan mengabdi menangani masalah kesehatan rakyat, khususnya di daerah yang terpencil”, ujarnya di Jakarta. (7/12)

Presiden juga menyebut insinyur juga bisa berpartisipasi aktif membela negara. Dengan latar belakang teknik sipil, insinyur bisa merencanakan dan mengawasi proyek konstruksi.

“Bisa jadi guru yang tanpa kenal lelah memberikan yang terbaik bagi bangsa. Juga bisa jadi pengusaha, sociopreneur yang menghadirkan solusi persoalan masyarakat”, imbuhnya.

Lebih lanjut Jokowi meminta kader FKPPI jangan sampai lengah menjaga Pancasila. Jangan sampai ideologi impor masuk ke Indonesia dan menggerogoti Pancasila.

“Kita harus selalu jaga Pancasila, jaga NKRI, dan memastikan nilai-nilai Pancasila terus diterapkan dalam kehidupan berbangsa kita sehari-hari. Jangan sampai ideologi impor menggeser Pancasila yang pada akhirnya mengoyak NKRI, mengoyak Merah Putih”, katanya.

Jokowi menambahkan perpecahan harus dihindari di tengah keragaman suku, agama, tradisi, dan bahasa. Persatuan, kerukunan, dan persaudaraan harus terus dirawat.

“Di negara Pancasila, kepentingan negara harus diletakkan di atas kepentingan pribadi”, tegasnya.

Bambang Soesatyo selaku Ketua Penyelenggara Jambore menjelaskan para Kader FKPPI siap menjadi mata dan telinga dalam menghadapi segala macam ancaman keutuhan NKRI. (FK)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Banjir Menyapu Desa Morowudi Cerme

Penulis Kontroversi

Diskursus Inflasi: Pengendalian, Dampak, Hitungan, Faktor, Komponen, Indikator dan Cara Pemerintah Mengatasinya

admin

Kapolres Gresik Menyerukan Deklarasi Damai Dan Sehat, Dengan Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan Secara Ketat

Penulis Kontroversi

Leave a Comment