Image default
  • Home
  • Hankam
  • Kemenkumham Jatim Jadi Leading Sector Rakor PORA Jatim
Hankam Hukum & Kriminal Peristiwa Politik & Pemerintahan

Kemenkumham Jatim Jadi Leading Sector Rakor PORA Jatim

Provinsi Jatim akan dijadikan Pilot Project PORA bagi Provinsi lain di Indonesia

Kontroversi PORA: Tim Perancang Peraturan Perundang-Undangan (Per-UU) dan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim menjadi leading sector dalam rakor Pengawasan Orang Asing (PORA) Jatim. Terutama dalam hal pembentuka payung hukumnya.

Rakor itu diinisiasi oleh Bakesbangpol Pemprov Jatim. Pelaksanaannya pada 5-6 Desember 2018. Acara ini dihadiri oleh OPD terkait di lingkungan Pemprov Jatim, Intelkam Polda, BNNP, BAIS, Kanwil Kemenag Prov Jatim, dan SKPD terkait dari seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Jatim.

Tim Kanwil Kemenkumham diwakili oleh Kabid Inteldak dan Insarkom Keimigrasian Wishnu Daru Fajar, Kasubbid FP2HD Haris Nasiroedin, dan Perancang Per-UU ahli muda Yovan Iristian.

Wishnu menyampaikan apa saja yang menjadi tugas dan fungsi keimigrasian dalam PORA. Dia juga memaparkan visi misi presiden dalam urusan kemudahan investasi. Dimana akan berdampak pada banyaknya orang asing yang masuk ke Indonesia.

“Kami akan mengawal hal ini sampai benar-benar terealisasi”, ujar Wishnu.

Sedangkan Haris menyampaikan bahwa Pengaturan PORA ini apabila sukses maka Provinsi Jatim akan dijadikan Pilot Project bagi Provinsi lain di Indonesia.

Pembahasan lebih teknis disampaikan Yovan. Dia menjelaskan mengenai mekanisme PORA. Mulai dari tata cara memberikan informasi dan/atau laporan, serta pentingnya sinergitas antar Kementerian, Lembaga, Dinas terkait yang menjadi Tim PORA.

“Agar semua dapat berjalan seirama sesuai aturan,” ujar Yovan. (Isa)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

KPK panggil 2 Saksi Infrastruktur Mesuji

Penulis Kontroversi

Anggota BPD resmi dilantik oleh Bupati Gresik

Penulis Kontroversi

DIRGAHAYU RI KE-73, KERJA KITA PRESTASI BANGSA

Penulis Kontroversi

Leave a Comment