Image default
Budaya Hukum & Kriminal Peristiwa Politik & Pemerintahan

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Naik

Survei terbaru yang dilakukan Transparency International, Indonesia menempati peringkat ke-96 Indeks Persepsi Korupsi 2017 dari 180 negara di dunia

Kontroversi Indeks Korupsi: Agus Rahardjo Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa Indeks Persepsi Korupsi atau Corruption Perception Index (CPI) di Indonesia semakin baik.

Dalam kurun waktu 1998-2017 skor Indonesia tercatat naik 17 poin (dari 20 menjadi 37). Kenaikan tersebut jauh lebih tinggi ketimbang negara lain dengan jumlah penduduk yang hampir setara seperti Brasil dan Nigeria.

Bahkan negara China yang menerapkan hukuman mati untuk koruptor indeksnya cuma naik 6 poin selama hampir dua dekade terakhir.

Data itu disampaikan Agus Rahardjo di hadapan Joko Widodo Presiden, dalam acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) yang diselenggarakan KPK di Jakarta. (04/12)

Walau belum dalam kondisi ideal, tetapi capaian itu menjadi penyemangat KPK dan seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang bebas dari segala bentuk korupsi.

Menurut Agus Rahardjo capaian itu berkat kerja keras seluruh pihak sejak pemerintahan pasca reformasi mulai dari BJ Habibie sampai kepemimpinan Joko Widodo Presiden.

“CPI Indonesia mencapai pertumbuhan yang paling tinggi di dunia. Ini tak lepas dari kerja keras seluruh pihak sejak pemerintahan Indonesia mulai dari era Presiden BJ Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY hingga Joko Widodo”, ujar Agus Rahardjo di Hotel Bidakara Jakarta Selatan. (4/12/2018)

Agus Rahardjo juga membandingkan Indonesia dengan negara kawasan ASEAN seperti Indeks Malaysia pada tahun 1998 sudah mencapai angka 53, sekarang turun jadi 47. Filipina yang pernah mencapai 33 kemudian naik 36 di tahun 1999, sekarang mengalami penurunan.

Pada kesempatan tersebut Joko Widodo mengatakan masih banyak yang perlu dibenahi untuk memberantas korupsi di Indonesia.

Upaya Serius KPK Dengan Bantuan Masyarakat
Upaya serius juga terus dilakukan pemerintah lewat aparat penegak hukum khususnya KPK serta dengan bantuan masyarakat.

Dalam survei terbaru yang dilakukan Transparency International, Indonesia menempati peringkat ke-96 Indeks Persepsi Korupsi 2017 dari 180 negara di dunia.

Skor yang diperoleh saat itu Indonesia dalam daftar indeks tersebut adalah 37. Skor tersebut sama seperti skor yang diperoleh Indonesia pada tahun 2016.

Negara peringkat pertama Indeks Persepsi Korupsi tahun 2017 adalah Selandia Baru dengan nilai 89. Sedangkan Somalia ada di posisi paling belakang karena cuma mendapat sembilan poin. (fk)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Mutasi Brigjen Pol Muhammad Iqbal Sebagai Kadivhumas Mabes Polri

Penulis Kontroversi

Mayat Mengapung di Sungai Brantas Mojokerto

admin

Kapolres Gresik Ikut Serta Padamkan Lokasi Kebakaran Gudang Biji Plastik di Driyorejo

Penulis Kontroversi

Leave a Comment