Image default
Berita Utama Hukum & Kriminal Peristiwa Politik & Pemerintahan

Birokrasi Perizinan Menjadi Beban Dunia Usaha

Penyalahgunaan kewenangan pemberian izin itu tidak sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menciptakan kemudahan berusaha di Indonesia melalui Penerbitan Perpres 91/2017

Kontroversi Perizinan: Direktur Eksekutif Pusat Studi Hukum Konstitusi (PSHK) M Nur Sholikin menyatakan biaya birokrasi perizinan pada pemerintah daerah menjadi beban dunia usaha seperti kasus dugaan suap Meikarta.

“Kasus Meikarta dan kasus suap perizinan lainnya menunjukkan ada masalah ‘administrative governance’ pada birokrasi, ongkos yang ditimbulkan akibt penyakit birokasi perizinan yang menjadi beban masyarakat dalam dunia usaha”, kata Sholikin di Jakarta. (10112018)

Sholikin menyatakan biaya birokrasi perizinan menimbulkan peluangan penyimpangan pemberian izin yang harus dapat dipertanggungjawabkan dan merugikan masyarakat.

Berbagai kasus suap birokrasi perizinan menunjukkan persoalan dalam pelaksanaan kewenangan pemerintah terkait perizinan yang sering menjadi kendala dalam memulai usaha di Indonesia.

Seperti halnya pengungkapkan kasus suap Meikarta yang menyeret bupati dan kepala dinas pada Pemerintah Kabupaten Bekasi menambah daftar kasus suap yang bersumber dari penyalahgunaan kewenangan dalam memberikan izin usaha.

“Selama ini kasus suap perizinan tak hanya terkait dengan usaha pengembangan kawasan tapi juga perizinan di sektor tambang dan insfrastruktur”, kata Sholikin.

Penyalahgunaan kewenangan pemberian izin itu tidak sejalan dengan kebijakan Presiden Joko Widodo untuk menciptakan kemudahan berusaha di Indonesia melalui Penerbitan Perpres 91/2017.

Pemerintah harus lebih serius untuk memperbaiki birokrasi perizinan mengurangi transaksi izin antara swasta dengan birokrat.

“Presiden juga perlu mengoptimalkan kembali kebijakan pemberantasan pungli yang pernah dicanangkan dalam paket revitalisasi hukum tahun 2016 yang lalu. Pungli kelas kakap juga harus ditertibkan”, ujar Sholikin.


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Sambut Kedatangan Presiden RI: Kapolres Gresik Bersama Dandim 0817 Pimpin Apel Pengamanan VVIP

Penulis Kontroversi

Pendaftaran Tanah dengan BPJS Kesehatan Tak Logis

admin

Dukungan Bank Dunia Terhadap Sektor Agraria Indonesia

Penulis Kontroversi

Leave a Comment