Image default
Peristiwa Politik & Pemerintahan

Fakta Menarik Pertemuan IMF-WBG 2018

Kontroversi IMF: Sejak tanggal 8 hingga 14 Oktober mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group (WBG) 2018 di Bali. Persiapan yang dilakukan sangatlah maksimal karena diperkirakan lebih dari 30 ribu orang akan datang ke Bali.

Tamu yang menghadiri pertemuan ini berasal dari 189 negara dengan beragam latar belakang. Mulai dari utusan bank sentral, masyarakat sipil, media, dan akademia dari seluruh dunia akan datang ke Bali.

Semua hadir untuk membahas isu global, termasuk di antaranya stabilitas finansial, penumpasan kemiskinan, bahkan isu lingkungan hidup. Anggaran sekitar Rp810 miliar pun disiapkan pemerintah.

Di luar segala isu ekonomi dan pro-kontra yang ada, terdapat beberapa fakta menarik di pertemuan ini. Berikut fakta menarik Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group 2018 di Bali:

1. Patung Garuda Wisnu Kencana Menyapa Dunia
Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 September 2018 lalu. Patung megah setinggi 121 meter tersebut lebih tinggi dari patung Liberty.

Lokasi patung GWK tidaklah jauh dari bandara I Gusti Ngurah Rai. Maka, dengan adanya pertemuan ini, patung GWK dapat menyapa langsung para tamu dari 189 negara. Tentu ini berpotensi membuat Bali semakin terkenal sebagai lokasi wisata.

2. Perputaran Uang yang Masif
Anggaran Pertemuan IMF-WBG memang tinggi, akan tetapi pihak pemerintah optimistis pengeluaran itu merupakan investasi yang bakal memberi keuntungan besar.

Arief Yahya Menteri Pariwisata memprediksi akan ada perputaran uang yang mencapai Rp1 triliun sepanjang berjalannya acara. Bank Indonesia pun percaya ekonomi Bali akan tumbuh di kisaran 5,9 hingga 6,3 persen.

4.000 kamar hotel di Bali sudah dipesan, dan omzet UMKM diprediksi naik sampai 400 persen. Rini Soemarno Menteri BUMN juga berkata akan terdapat bermacam tanda tangan kerja sama investasi masuk dalam acara tersebut.

3. Sri Mulyani Akan Bahas Terumbu Karang
Pada Minggu (7/10/2018) Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan bersama Christine Lagarde Direktur Pelaksana IMF menyempatkan diri untuk menanam terumbu karang. Keduanya tampak akrab berinteraksi dan bergandengan tangan.

Sri Mulyani berjanji akan membahas masalah lingkungan hidup di Pertemuan IMF-WBG 2018. Bagi Menkeu, masalah lingkungan bukan hanya isu di Indonesia, melainkan kepentingan seluruh dunia demi generasi mendatang.

4. Penuh Festival
Dalam ajang ini, Indonesia mendapatkan kesempatan emas untuk menunjukkan kekuatan dalam bidang kuliner, seni, dan pariwisata. Sebab, akan ada beragam festival khas Indonesia yang akan menghibur para delegasi dari 189 negara.

Festival Kuliner berlangsung selama seminggu penuh dari Senin sampai Minggu. Menariknya lagi, ada yang namanya Indonesia Pavilion. Di pavilion ini terdapat ekshibisi bermacam kerajinan Indonesia dengan desain interior bernuansa kayu.

Para investor yang tertarik pun tak hanya akan disuguhi potensi berbinis, melainkan turut dibuai oleh beraneka seni dan kerajinan khas Indonesia.

5. IMF dan Bank Dunia Donasi Korban Bencana
Rangkaian Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 diawali dengan berbagai kegiatan solidaritas untuk Indonesia. Salah satunya adalah kepedulian kepada masyarakat Lombok yang terkena bencana gempa.

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia berkunjung ke Lombok bersama Luhut Panjaitan Menko Maritim, Sri Mulyani Menteri Keuangan, dan Christine Lagarde Direktur Pelaksana IMF dalam kegiatan Solidarity for Lombok.

Dalam kunjungan kali ini, dilakukan penyerahan bantuan untuk Lombok. Bank Indonesia menyerahkan bantuan rehabilitasi bangunan 5 masjid dan 2 sekolah dan sarana-prasarana kepada di wilayah Lombok Barat, Lombok Utara dan Mataram. Perwakilan IMF pun turut memberikan sumbangan untuk korban gempa di Sulawesi Tengah.

6. Jack Ma dan Bill Gates Akan Hadir
Jack Ma Miliarder dijadwalkan turut hadir di acara ini sebagai pembicara. Jack Ma memang sudah terkenal di pemerintahan Indonesia, dan diketahui akrab membahas perkembangan SDM dan teknologi bersama Joko Widodo Presiden dan Rudiantara Menkominfo.

Yang tak kalah menarik, Bill Gates pendiri Microsoft juga dikabarkan akan hadir bersama sang istri. Jerome Powell Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (AS) dipastikan juga akan hadir pada pertemuan ini.

7. Donald Trump Jadi Pembahasan?
Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia selalu membahas isu ekonomi terkini. Apakah yang sedang terjadi di perekonomian dunia saat ini?

Sebut saja naiknya harga minyak dan dolar yang bersamaan, gejolak politik Uni Eropa, krisis Venezuela dan beragam pasar negara berkembang, serta tentunya Donald J. Trump Presiden AS dan perang dagang. Tidak aneh bila masalah ini akan menjadi bahasan penting di ajang tahunan ini. (sa)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Visitasi yang bertajuk Pemulihan Pariwisata di Masa Pandemi Dalam Rangka Peningkatan PAD

admin

Saat Pengamanan Grand Balongpanggang Residence: “Harusnya ada kabar terlebih dahulu”

Penulis Kontroversi

Tim Penilai Kesatuan Gerak PKK, KKBPK Blusukan ke Desa Kedungsumber Balongpanggang Gresik

Penulis Kontroversi

Leave a Comment