Image default
Peristiwa Politik & Pemerintahan

Bangka punya Si Mata Kadal

Manajemen data dan perencanaan kades serta lurah dilakukan dengan mengacu pada perencanaan pembangunan kabupaten yang menjadi dasar penyusunan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa

Kontroversi Data Desa/Kelurahan: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meluncurkan aplikasi Si Mata Kadal (Sistem Informasi Manajemen Data Perangkat Desa dan Kelurahan) untuk menunjang kinerja kepala desa (kades) dan lurah di daerah itu.

“Sistem ini sarana bagi kades dan lurah dalam menyusun program perencanaan pembangunan di wilayahnya”, kata Sekda Kabupaten Bangka, Akhmad Mukhsin di Sungailiat. (07/10)

Dia mengatakan, pembangunan desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan.

Menurut dia, hal itu dilaksanakan dengan penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

“Desa harus menyusun perencanaan pembangunan sesuai dengan kewenangan lokal dan usul masyarakat,” katanya.

Manajemen data dan perencanaan kades serta lurah dilakukan dengan mengacu pada perencanaan pembangunan kabupaten yang menjadi dasar penyusunan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) melalui musyawarah perencanaan pembangunan desa.

Pembangunan kawasan pedesaan merupakan perpaduan pembangunan antardesa dalam satu kabupaten sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Rancangan pembangunan kawasan pedesaan sangat penting dan oleh karena itu dibahas dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan masyarakat,” katanya. (Kas)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Upaya Satlantas Polres Gresik Tekan Angka Laka Lantas Dengan Sosialisasi Millennial Road Safety Festival Kepada Pengguna Jalan

Penulis Kontroversi

BEM dan ORMEK Se Kabupaten Gresik Deklarasikan Pemilu Damai 2019

Penulis Kontroversi

Prof.Dr. Amin Rais. MA Singgung Banjir Dalam Tabligh Akbar

Penulis Kontroversi

Leave a Comment