Image default
  • Home
  • Budaya
  • Manfaat permen karet yang tak pernah disadari
Budaya Hobby & Komunitas Peristiwa Tanya Jawab & Misteri

Manfaat permen karet yang tak pernah disadari

Meski sering dianggap sebagai kebiasaan yang tidak sopan dan dan sisa permen bisa mengotori lingkungan, mengunyah permen karet ternyata mempunyai segudang manfaat

Kontroversi permen karet: Meski sering dianggap sebagai kebiasaan yang tidak sopan dan dan sisa permen bisa mengotori lingkungan, mengunyah permen karet

Permen karet adalah permen kunyah yang memiliki ciri khas untuk dapat dibuat gelembung dengan cara meniupnya usai dikunyah-kunyah. Biasanya permen karet bersifat lengket dan pada saat gelembung terkembang hingga batas tertentu, maka gelembung akan pecah dan mengenai wajah.

Meski sering dianggap sebagai kebiasaan yang tidak sopan dan dan sisa permen bisa mengotori lingkungan, mengunyah permen karet ternyata mempunyai segudang manfaat.

1. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat
Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan kinerja mental. Konsentrasi, daya ingat dan kecepatan bereaksi seseorang ternyata meningkat ketika mereka mengunyah permen karet.

Konon peningkatan sekitar 25 persen sampai 40 persen ini disebabkan karena bertambahnya aliran darah yang masuk ke otak saat orang mengunyah. Proses mengunyah menyebabkan aliran oksigen ke otak juga meningkat sehingga membantu memperbaiki daya ingat.

2. Meningkatkan kewaspadaan
Selain meningkatkan daya ingat, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah permen karet juga akan meningkatkan kewaspadaan.

Gerakan rahang saat mengunyah akan merangsang saraf dan bagian-bagian otak yang berhubungan dengan gairah, selain juga meningkatkan aliran darah. Hal ini membantu orang merasa lebih waspada dan tetap terjaga lebih lama. Permen karet rasa mint konon bermanfaat khusus untuk meningkatkan kewaspadaan.

3. Melawan stres dan rasa gelisah
Mengunyah permen karet adalah cara terbaik untuk melepas kebiasaan yang membuat seseorang senewen, misalnya menggigit kuku dan menggerakkan kaki.

Biasanya kebiasaan itu disebabkan karena perasaan stres yang berlebihan. Ternyata mengunyah permen karet akan menurunkan kadar hormon pemicu stres, yaitu kortisol.

4. Melindungi gigi
American Dental Association merekomendasikan mengunyah permen karet tanpa rasa 20 menit setelah makan karena terbukti bisa mengurangi karang gigi, melindungi enamel gigi, mengurangi gigi berlubang, dan menurunkan radang gusi.

Semua dampak itu berhubungan dengan meningkatnya aliran ludah yang menurunkan jumlah zat asam yang ada dalam mulut yang merupakan penyebab pengeroposan gigi.

Harus diingat bahwa permen karet yang disarankan adalah permen tanpa rasa. Permen karet yang mengandung gula justru akan menambah jumlah zat asam. Perlu juga dicari permen karet yang mengandung xylitol karena bisa menurunkan jumlah bakteri penyebab gigi keropos.

5. Menurunkan asam refluks dan mulas
Bagi orang yang sering mengalami asam refluks dan perut mulas, mengunyah permen karet setelah makan bisa membantu mengurangi asam dalam kerongkongan. Saat mengunyah permen karet, produksi air liur meningkat sehingga bisa membersihkan zat asam dengan cepat saat ditelan.

6. Membuat napas lebih segar
Untuk menghilangkan bau mulut bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet. Saat mengunyah permen karet, produksi air liur sehingga mulut anda menjadi basah. Dengan demikian perkembangan bakteri di mulut terhambat.

Bakteri inilah sebenarnya yang menyebabkan bau mulut yang tak sedap. Permen karet terbaik yang bisa membuat napas segar sekaligus mematikan bakteri dalam mulut adalah permen karet rasa cinnamon.

7. Memperbaiki kebiasaan makan
Permen karet merupakan salah satu jenis camilan yang rendah kalori, sehingga baik bagi orang yang sedang menjalani program diet. Biasanya, orang mengonsumsi camilan sekadar membuat mulut sibuk. Dengan mengunyah permen karet, mulut akan sibuk mengunyah, sama seperti ketika mengonsumsi camilan.

Secara singkat manfaat permen karet untuk diet merupakan salah satu jenis camilan yang tidak meningkatkan berat badan secara signifikan.

8. Membantu berhenti merokok
Ketika Anda mengunyah permen karet, Anda tidak hanya akan mengurangi keinginan untuk makan makanan ringan, tapi juga mengurangi keinginan untuk mengurangi konsumsi zat stimulan adiktif, seperti nikotin dan kafein. Permen karet bagus bagi Anda yang ingin berhenti merokok atau berhenti melakukan kebiasaan adiktif lainnya.

9. Meredakan mulut kering
Manfaat lain permen karet tanpa rasa yang berhubungan dengan mulut adalah meredakan mulut kering. Mengunyah permen karet tanpa gula akan merangsang produksi air liur hingga 10 kali lipat. Ini akan membantu mulut yang kering yang menyebabkan rasa tidak nyaman.

10. Meredakan sakit telinga saat terbang
Sakit telinga karena perubahan tekanan udara saat terbang dan mendarat membuat orang merasa tidak nyaman. Cara terbaik untuk menghilangkan rasa itu adalah dengan mengunyah permen karet yang akan memicu produksi air liur sehingga orang banyak melakukan gerakan menelan. Gerakan menelan ini akan menyamakan tekanan udara pada telinga.

11. Mencegah mual
Mual akibat “morning sickness ” pada ibu hamil atau mual karena goncangan bisa dicegah dengan mengunyah permen karet rasa herbal. Rasa jahe dan meningkatkan produksi air liur akan membantu menenangkan perut yang mual. (Abm/isa)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Presiden ajak TNI berantas komunisme dan warisan PKI

Penulis Kontroversi

5 Tanda Istri Ingin Bercinta, Suami Wajib Mengetahuinya

Penerbit asing beli 23 hak cipta buku Indonesia

Penulis Kontroversi

Leave a Comment