Image default
Hobby & Komunitas Profile

Menikmati Pembelajaran, Kiat Rahma Sugihartati Jadi Wisudawan Terbaik

Menyadari kesulitan yang kerapkali dihadapi mahasiswa adalah bagaimana menjaga agar passion untuk belajar tetap hidup, banyak mahasiswa ketika kuliah bersama di kelas, ia rajin, tapi ketika harus kerja mandiri untuk menulis disertasi, ia berhenti. Intinya, menikmati dan menjaga api semangat belajar tetap menyala itulah kunci sukses mahasiswa

Kontroversi Agen Perubahan: Menikmati proses pembelajaran merupakan salah satu kunci sukses Rahma Sugihartati dalam menempuh studi. Ia berusaha menikmati proses pembelajaran, termasuk membaca referensi dan mengerjakan tugas kuliah, sehingga mampu menjalani tanpa harus terbebani. Dosen Ilmu Informasi dan Perpustakaan (IIP) FISIP UNAIR ini akhirnya meraih predikat wisudawan terbaik S-3 FISIP UNAIR dalam wisuda September 2016. Predikat itu kian sempurna dengan raihan IPK yang juga sempurna, yakni 4.0.

“Saya menyadari kesulitan yang kerapkali dihadapi mahasiswa adalah bagaimana menjaga agar passion untuk belajar tetap hidup. Banyak mahasiswa ketika kuliah bersama di kelas, ia rajin, tapi ketika harus kerja mandiri untuk menulis disertasi, ia berhenti. Intinya, menikmati dan menjaga api semangat belajar tetap menyala itulah kunci sukses mahasiswa”, tutur Ketua Departemen IIP FISIP UNAIR ini.

Alumni SMA Santa Maria Surabaya ini melakukan penelitian sesuai kompetensinya dan terkait dengan dampak internet, perkembangan masyarakat informasi dan minat baca. Lalu, wanita kelahiran 1 April 1965 ini menulis disertasi

“Subkultur Anak Muda Digital Fandom Budaya Populer Global. Analisis Wacana Tentang Konsumsi dan Produksi Makna Teks Budaya di Era Digital”, katanya.

Ia memilih judul itu karena sesuai minat dan mata kuliah yang ia ajarkan (masyarakat informasi). Selain itu, kajian ini merupakan bagian dari perkembangan masyarakat post-modern yang jarang dikaji/diteliti.

Sukses menyelesaikan penelitian selama dua tahun ini juga tak lepas dari promotornya, Prof Heru Nugroho PhD dan Co-Promotornya, Prof Rachmah Ida PhD, Ibu satu anak ini merasa beruntung dibimbing oleh ahli di bidang yang ia teliti dan sangat memberi keleluasaan untuk mengeksplorasi analisis dan implikasi teoritik dari studi yang dia lakukan.

Rahma juga rajin menulis. Diantara bukunya yang sudah terbit adalah “Membaca, Gaya Hidup dan Kapitalisme” [2010; Graha Ilmu], “Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori-Teori Sosial Kontemporer” [2012; Prenada Kencana Media]. (M.A. Tsauro)


There is no ads to display, Please add some

Related posts

Kepala Desa Dawarblandong Sejahterahkan Warganya Melalui UMKM

Penulis Kontroversi

Kapolres Gresik Mendapat Kunjungan Rombongan Kemenkumham RI

Penulis Kontroversi

Dinas PMD kabupaten Gresik, gelar monitoring, evaluasi dan pelaporan, kegiatan pembangunan tahun anggaran 2019

Penulis Kontroversi

Leave a Comment